-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

TUGAS 3 Tutorial Online UT Pemasaran Strategik EKMA4475

 on Monday, May 15, 2023  

 TUGAS 3 Tutorial Online UT Pemasaran Strategik EKMA4475

TUGAS 3 Tutorial Online UT Pemasaran Strategik EKMA4475
1. Menurut pemahaman dan pandangan Anda, strategi apa yang digunakan GoJek untuk bersaing dengan Grab di pasar Indonesia? Jelaskan!

Strategi yang digunakan GoJek adalah Penetrasi Pasar Massal (Mass-Market Penetration)

Dalam pemasaran produknya GoJek menggunakan strategi sebagai berikut :
a) Menentukan tariff murah dan promo besar-besaran untuk menjaga pangsa pasar tetap tinggi
Salah satu strategi marketing yang diterapkan oleh GoJek adalah dengan menentukan tariff murah dan promo. Promo adalah salah satu bagian dari strategi marketing yang digunakan Gojek. Program promo yang dilakukan Gojek merupakan cara efektif untuk menarik minat calon konsumen. Ini merupakan cara untuk memperkenalkan layanan lebih luas lagi dan Menjaga pangsa pasar tetap tertinggi dalam pasar total. Konsumen jadi lebih untung karena hanya dengan membayar 10 ribu bisa di antar ke tujuan manapun, akan tetapi batas jarak ditentukan. Ada pula promo potongan harga hingga 20 ribu rupiah untuk memesan makanan di restoran manapun. Ditmbah pula voucher diskon di kafe atau tempat makan tertentu, sehingga pelanggan bisa mendapatkan harga lebih murah dari biasanya. Penentuan tarif harga juga bisa menjadi tolok ukur atau membangun citra. Soal harga, perusahaan memiliki standard yang cukup murah sehingga membuat pengguna ojek biasa beralih ke online Sasaran utama strategi ini adalah memperoleh dan mempertahankan pangsa pasar produk baru sebesar-besarnya. Tugas utama pemasaran adalah memastikan adopsi produk baru sebanyak mungkin agar efisiensi biaya segera tercapai dan kelompok pelanggan yang loyal segera dibangun sebelum pesaing memasuki pasar.

b) Penambahan fitur-fitur baru di tengah persaingan ketat

Sukses dengan transportasi online, Go-Jek lantas menambahkan fitur-fitur baru di tengah persaingan ketat. Tidak sekadar menawarkan jasa ride-sharing app, beberapa fasilitas lain yang menarik dan memudahkan masyarakat seperti Go-Car, Go-Food, Go-Mart, Go-Box, Go-Glam, Go-Clean, Go-Massage, Go-Tix dan Go-Med. Dengan adanya fitur tersebut, maka pada tahun 2016 Go-Jek mengalami peningkatan jumlah driver, yakni 250.000 roda dua dan empat, 3000 penyedia jasa dan 35.000 merchant Go-Food. Mengelola bisnis dengan sistem ini, mereka menciptakan suatu budaya timbal balik yang saling menguntungkan. Blue bird, salah satu kompetitor Gojek yang kuat akhirnya bergabung dan menjadi partner. Perusahaan-perusahaan logistik juga turut ikut join, sehingga mereka bisa memperbaiki service. Cara ini merupakan win win solution yang menciptakan ekosistem sehat. Berawal dari layanan transportasi, sekarang aplikasi Gojek memiliki lebih dari 20 layanan yang menjadi solusi buat tantangan sehari-hari. Berkat itu juga, Gojek menjadi salah satu platform teknologi terbesar yang melayani jutaan pengguna di Asia Tenggara dengan mengembangkan tiga Super-app: untuk customer, mitra driver dan mitra merchant. Lewat aplikasi Gojek, kamu bisa mengakses lebih dari 20 layanan mulai dari transportasi, pesan antar makanan, belanja, kirim-kirim barang, pembayaran, pijat, sampai bersih-bersih rumah dan kendaraan. Karena Gojek adalah aplikasi dengan ragam solusi untuk setiap situasi. Efek jaringan Gojek menjadi sangat besar, nilai meningkat dengan peningkatan basis pelanggan dan Kemampuan rekayasa produk yang kuat, mampu membangun memodifikasi produk dan lini produk untuk berbagai segmen dengan cepat Menurut Walker et al. (2006), program pemasaran perlu fokus pada dua taktik agar strategi Penetrasi Pasar Massal ini berhasil, yaitu pertama memperkenalkan produk secepat mungkin dan memotivasi pembeli secara agresi. Kedua, memudahkan konsumen membeli produk. 

Untuk memperkenalkan produk secepat mungkin, perusahaan dapat melakukan:

-Meluncurkan iklan yang gencar melalui media yang luas untuk menghasilkan kesadaran produk pada pasar massal.
-Kegiatan wiraniaga yang intensif untuk memenangkan pengadopsi awal. Penggunaan insentif sangat memungkinkan untuk menghasilkan penjualan awal.
Daya tarik penjualan dan iklan menekankan manfaat dasar tipe produk baru. Penekanan ini dimaksudkan untuk dua tujuan. Pertama, memperoleh segmen konsumen paling besar. Umumnya, segmen paling besar adalah segmen yang menginginkan kebutuhan dasar. Menghindari diferensiasi produk berdasarkan manfaat.
-Promosi penjualan intensif untuk memicu terjadinya percobaan produk (misalnya melalui sampel, kupon, dan diskon kuantitas).
-Tambahkan variasi produk (perluasan lini, berbagai variasi produk) secepat mungkin.
Walaupun produk sudah dikenal atau disadari keberadaannya, agar cepat tersebar, harus diusahakan agar konsumen mampu membelinya. Walker et al. (2006) menggagas empat taktik, yaitu:
-Menetapkan harga penetrasi, yaitu harga yang relatif rendah agar terjangkau konsumen.
-Memberikan promosi besar-besaran kepada para perantara untuk membangun distribusi intensif.


2. Dalam kasus persaingan GoJek dan Grab di Indonesia, manakah yang lebih baik, pionir atau late entry?

Dalam kasus persaingan tersebut yang lebih baik adalah Gojek sebagai Pionir.

Keuntungan-keuntungan Gojek sebagai Pionir
1) Menjadi pilihan pertama. Gojek memiliki kesempatan mengembangkan atribut yang paling penting bagi segmen paling besar atau mempromosikan atribut penting yang membuat mereknya paling disukai. Apabila telah memasuki benak konsumen, klaim terhadap atribut penting tertentu, menciptakan kesulitan bagi late entry untuk mengajukan klaim yang sama. Late entry harus mencari diferensiasi yang bisa tidak penting bagi konsumen. 

2) Menentukan aturan permainan. Berbagai keputusan yang dibuat pionir tentang kualitas produk, harga, distribusi, garansi, layanan purnajual, promotional appeals dan anggaran, menjadi standar yang harus diikuti oleh late entry. Jika dibuat sedemikian, standar tersebut dapat menjadi penghalang pagi pesaing potensial untuk masuk. 

3) Skala ekonomi dan pengalaman. Pionir memiliki memperoleh skala ekonomi. Dengan menguasai segmen utama, penjualan pionir relatif besar dibanding late entry. Dengan prinsip skala ekonomi, keuntungan lanjutannya adalah biaya produksi yang lebih rendah. Biaya yang lebih rendah juga disumbang oleh akumulasi pengalaman atau pembelajaran, terutama pada produk-produk yang rumit secara teknologi. Dengan pengalaman perusahaan dapat membuat proses produksi yang lebih efisien.

4) Kemungkinan adanya efek jaringan positif (positive network effect). Nilai suatu produk bagi konsumen dapat meningkat dengan semakin banyaknya konsumen lain yang menggunakan suatu produk atau layanan. Para ahli ekonomi menamakannya efek jaringan positif. 

5) Peluang memperoleh hak eksklusif. Gojek dengan pemasaran nasionalis nya, yang menggunaan moto karya anak bangsa. Contoh pemasaran nasionalisme yang dimunculkan Gojek adalah dengan menggunakan produk lokal karya anak bangsa, maka hal tersebut akan mendukung perekononiam nasional dan membantu Indonesia bersaing di pasar global. Dengan menggunakan produk lokal maka akan tercipta lapangan kerja baru, dan membantu pemerintah mengurangi pengangguran. Dengan Nasionalisme tersebut Gojek akan mendapatkan peluang mempeoleh hak-hak ekslusif dari pemerintah misalnya sistem perijinan yang mudah dan cepat .


Demikian dan terima  kasih.

Sumber:
Simamora, Bilson. 2019. EKMA4475. Pemasaran Strategik. Jakarta: Universitas Terbuka
http://blog.ekrut.com/grab-akuisisi-uber-apa-strategi-gojek/. Di akses tanggal 9 November 2020
https://grapadinews.co.id/perbedaan-manajemen-bisnis-gojek-dan-grab-1/. Di akses tanggal 9 November 2020
https://moneytotem.com/strategi-marketing-gojek/. Di akses tanggal 9 November 2020
https://www.gojek.com/about/. Di akses tanggal 9 November 2020

TUGAS 3 Tutorial Online UT Pemasaran Strategik EKMA4475 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Monday, May 15, 2023 TUGAS 3 Tutorial Online UT Pemasaran Strategik EKMA4475  TUGAS 3 Tutorial Online UT Pemasaran Strategik EKMA4475 1. Menurut pemahaman dan pandangan Anda, strategi apa yang digunakan GoJek untuk be...



No comments:

Post a Comment