-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4476 Audit SDM KB 2 Beserta Kunci Jawaban

 on Friday, February 7, 2020  

Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4476 Audit SDM KB 2 Beserta Kunci Jawaban

EKMA4476 Audit SDM


Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1) Audit perumusan kebijakan SDM bertujuan memeriksa ....

A. perusahaan memperlakukan pegawai secara adil dan objektif
B. pimpinan unit kerja terbantu dalam mengambil keputusan di bidang SDM
C. fungsi SDM dilakukan dengan benar
D. pedoman kerja telah disusun dengan benar

Jawaban.
C. fungsi SDM dilakukan dengan benar


2) Berikut adalah aspek yang terkait dengan audit kompatibilitas SDM, yaitu ....

A. sasaran dan strategi perusahaan
B. tuntutan perubahan bisnis
C. kebijakan dan prosedur manajemen SDM
D. organisasi SDM

Jawaban.
C. kebijakan dan prosedur manajemen SDM
Audit kompatibilitas merupakan suatu proses sistematik dan formal dalam rangka mengevaluasi keselarasan dan konsistensi sasaran dan strategi SDM dengan sasaran dan strategi korporat. Audit kompatibilitas menekankan pada keselarasan dan konsistensi strategi, kebijakan dan prosedur MSDM-BK dengan sasaran dan strategi korporat /perusahaan.

3) Strategi perusahaan yang menekankan peningkatan kinerja melalui pengurangan biaya dan perampingan dikenal sebagai ....

A. growth strategy
B. retrenchment
C. stability
D. performance’s strategy.

Jawaban.
B. retrenchment
Retrenchment, strategi di mana perusahaan menekankan pada peningkatan
kinerja perusahaan melalui pemotongan biaya, perampingan (downsizing), re-engineering, menjual atau menutup operasi bisnisnya. Strategi ini merupakan strategi yang umum diterapkan perusahaan saat ini apabila lingkungan usaha sangat terancam.

4) Kriteria yang termasuk kriteria filosofi MSDM guna memahami dan memenuhi harapan pegawai adalah ....

A. simplicity
B. equity
C. equality
D. clarity

Jawaban.
B. equity
Filosofi yang mengutamakan etika dan ketaatan asas demi terciptanya lingkungan kerja yang adil dengan menerapkan kriteria sebagai berikut.
a. Kinerja sebagai ukuran (equity).
b. Harapan pegawai dipahami dan dipenuhi (recipocity).
c. Bebas dari bias dan prasangka (importability).

5) Kebijakan perusahaan untuk merekrut karyawan dari luar dikenal dengan kebijakan ....

A. buying
B. building
C. borrowing
D. bouncing

Jawaban.
A. buying
Sebagai contoh menurut Ulrich (2005) dalam rangka memenuhi kebutuhan sumber daya manusia dengan keahlian atau kompetensi tertentu,manajemen menerapkan praktik pengelolaan sumber daya manusia dengan mengacu pada kebijakan berikut.
a. Kebijakan “membeli (buying)”, dalam arti bila di dalam perusahaan tidak ada pegawai yang memiliki keahlian atau kompetensi tersebut, manajemen akan merekrut pegawai dari luar perusahaan.
b. Kebijakan “membangun (building)”, dalam arti manajemen memilih melakukan pelatihan atau mengembangkan pegawai yang memiliki talenta yang dibutuhkan.
c. Kebijakan “meminjam (borrowing)”, dalam arti manajemen memilih meminjam pegawai yang memiliki keahlian atau kompetensi yang dibutuhkan tersebut dari perusahaan lain.
d. Kebijakan “bouncing”, dalam arti manajemen memilih pegawai yang  tepat, yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk mencapai sasaran perusahaan serta mengurangi jumlah pegawai yang menampilkan kinerja buruk.
e. Kebijakan “mengikat (binding)”, dalam arti manajemen memilih mempertahankan pegawai yang menampilkan kinerja tergolong tinggi, melakukan investasi dalam rangka mengembangkan keahlian untuk memenuhi tuntutan keahlian/kompetensi.
f. Kebijakan “mempromosikan (boosting)”, dalam arti manajemen memberikan promosi jabatan, memberi kesempatan kepada pegawai untuk mewujudkan kapasitas mereka sesuai tuntutan kompetensi jabatan.

6) Strategi kompetitif dikenal juga dengan istilah ....

A. value added strategy
B. functional’s strategy
C. business’s strategy
D. corporate’s strategy

Jawaban.
C. business’s strategy
Strategi Korporat (Grand Strategy) dijabarkan kedalam Strategi Bisnis. (Business Strategy). Dessler (2017) dalam bukunya Human Resource Management edisi Global merumuskan strategi bisnis sebagai Competitive Strategy, yaitu suatu strategi yang mengidentifikasikan bagaimana cara perusahaan membangun dan me mperkuat posisi bersaing dalam lingkup industri yang digeluti.Dalam hal ini strategi kompetitif yang bisa diterapkan perusahaan antara lain bisa berupa Cost Efficiency, Differentiation, Focus Strategy yang kemudian dijabarkan lebih lanjut ke dalam Strategi Fungsi (Functional Strategy), antara lain Strategi Pemasaran, Strategi Keuangan, Strategi Operasi, Strategi Sumber Daya Manusia.

7) Strategi MSDM merupakan penjabaran dari ....

A. business’s strategy
B. corporate’s strategy
C. competitive’s strategy
D. human capital’s strategy

Jawaban.
B. corporate’s strategy

8) Kebijakan manajemen dalam memilih pegawai yang tepat, memiliki kemauan dan kemampuan mencapai sasaran perusahaan adalah ....

A. binding
B. bouncing
C. promoting
D. empowering

Jawaban.
B. bouncing
Kebijakan “bouncing”, dalam arti manajemen memilih pegawai yang tepat, yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk mencapai sasaran perusahaan serta mengurangi jumlah pegawai yang menampilkan kinerja buruk.

9) Yang terkait efektivitas praktik MSDM-BK adalah ....

A. efektivitas penggunaan anggaran
B. efektivitas peralatan
C. efektivitas individu/pegawai
D. efektivitas alokasi uang

Jawaban.
C. efektivitas individu/pegawai
Efektivitas praktik MSDM-BK terkait efektivitas unit bisnis/unit kerja dan efektivitas tim kerja yang bersumber dari kinerja setiap pegawai di lingkungan perusahaan tersebut.

10) Aspek yang berdampak langsung pada produktivitas dan peningkatan kualitas produk/pelayanan adalah ....

A. audit sistem operasi
B. audit keuangan
C. audit sistem informasi
D. audit sistem MSDM

Jawaban.
D. audit sistem MSDM

1) Hasil atau output dari perencanaan SDM adalah ....

A. proyeksi kebutuhan SDM
B. ketersediaan SDM
C. strategi perusahaan
D. rencana aksi perencanaan SDM

Jawaban.
D. rencana aksi perencanaan SDM
setelah memproyeksikan kebutuhan dan ketersediaan SDM maka proses selanjutnya adalah membandingkan kedua proyeksi tersebut yang kemudian menghasilkan rencana aksi pengadaan pegawai dari dalam (internal staffing process) dan pengadaan pegawai dari luar perusahaan
(external staffing process) sebagai output dari perencanaan SDM-BK. Terkait dengan rencana aksi pengadaan pegawai ini, dalam audit perencanaan SDMBK auditor perlu memeriksa apakah perusahaan mempunyai perencanaan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek baik menyangkut jumlah dan kualifikasi SDM yang harus disediakan maupun jangka waktu pemenuhan kebutuhan tersebut.

12) Salah satu faktor eksternal yang memengaruhi kebutuhan SDM adalah ....

A. pertumbuhan ekonomi
B. kondisi sosial budaya
C. perkembangan industri
D. desain pekerjaan

Jawaban.
A. pertumbuhan ekonomi
Ada beberapa faktor yang memengaruhi kebutuhan SDM (input) sebagai berikut.
1) Faktor eksternal
a) Pertumbuhan ekonomi.
b) Kondisi sosial politik dan hukum.
c) Perkembangan teknologi.
d) Pesaing.
2) Faktor organisasi
a) Rencana strategis.
b) Anggaran.
c) Proyeksi tingkat produksi dan penjualan.
d) Usaha baru melalui merger dan akuisisi.
e) Desain pekerjaan dan organisasi.
3) Faktor tenaga kerja
a) Karyawan pensiun.
b) Karyawan pindah ke perusahaan lain.
c) PHK oleh perusahaan.
d) Karyawan meninggal.
e) Karyawan absen karena melahirkan, cuti, atau sekolah.

13) Berikut merupakan aspek yang tercakup dalam proses kerja analisa jabatan, kecuali ....

A. struktur organisasi
B. proses bisnis unit kerja
C. metode, pengumpulan, dan pengolahan data
D. sistem prosedur SDM

Jawaban.
D. sistem prosedur SDM
Proses bisnis analisa jabatan mencakup struktur organisasi, proses bisnis unit kerja sebagai input, pengumpulan, dan pengolahan data jabatan/ pekerjaan yang terorganisir dengan metode yang tepat sebagai proses serta Uraian dan Persyaratan jabatan sebagai output.

14) Analisa Jabatan merupakan proses sistematis yang terarah dan bertujuan ....

A. melakukan analisa unit kerja
B. melakukan pengumpulan dan analisa data pekerjaan dalam rangka merumuskan uraian dan persyaratan jabatan
C. melakukan analisa proses bisnis unit kerja
D. melakukan pengumpulan dan analisa data tentang struktur organisasi

Jawaban.
D. melakukan pengumpulan dan analisa data tentang struktur organisasi
Analisa jabatan merupakan proses sistematis dalam rangka pengumpulan dan pengolahan data mengenai fungsi, tugas, tanggung jawab, hubungan kerjasama, kondisi kerja serta persyaratan jabatan, yang dimanfaatkan bagi keseluruhan aktivitas pengelolaan Sumber Daya Manusia, penyempurnaan struktur organisasi, juga sistem dan prosedur pengelolaan Sumber Daya Manusia.

15) Strategi rekrutmen berorientasi pandangan baru adalah ....

A. merekrut untuk jabatan yang kosong
B. memberikan tawaran gaji yang tidak fleksibel
C. mendapatkan SDM bertalenta dari dalam maupun luar perusahaan
D. merekrut tidak memerlukan suatu rencana khusus

Jawaban.
C. mendapatkan SDM bertalenta dari dalam maupun luar perusahaan
Strategi Rekrutmen Berorientasi Pandangan Baru
1. mendapatkan SDM bertalenta dari dalam maupun luar perusahaan
2. Mencari calon pelamar dari beragam sumber
3. Mencari SDM bertalenta kapan saja sekalipun semua jabatan sudah terisi
4. Bila perlu untuk mendapatkan kandidat yang kita inginkan lebih fleksibel dalam memberikan tawaran gaji
5. Merekrut tidak hanya merupakan proses menyaring tapi juga proses menjual perusahaan
6. Perusahaan harus mengembangkan strategi rekrutmen untuk setiap jenis talenta

16) Salah satu cakupan dalam tahapan proses rekrutmen adalah ....

A. penentuan metode
B. anggaran yang tersedia
C. jabatan lowong
D. persyaratan jabatan

Jawaban.
A. penentuan metode

17) Berikut adalah persyaratan administrasi sebuah proses seleksi, kecuali ....

A. kepemilikan SIM
B. IPK
C. persyaratan pendidikan formal
D. persyaratan pengalaman kerja

Jawaban.
A. kepemilikan SIM
Tahap I merupakan tahap seleksi administratif, di mana pelamar sudah memenuhi persyaratan administratif (misalnya persyaratan IP, persyaratan pendidikan formal, persyaratan pengalaman kerja, persyaratan kepemilikan SIM, dan lain-lain).

18) Salah satu aktivitas tes kompetensi dalam tahapan proses seleksi adalah ....

A. test akademik
B. test kesehatan
C. test potensi
D. wawancara pengguna

Jawaban.
C. test potensi

19) Proses rekrutmen dan seleksi merupakan proses pengadaan guna memenuhi kebutuhan pegawai tetap perusahaan kecuali bagi calon ….

A. pegawai struktural
B. pegawai profesional
C. dewan komisaris
D. pegawai pelaksana

Jawaban.
C. dewan komisaris

20) Efisiensi seleksi SDM suatu perusahaan terkait dengan ....

A. biaya yang digunakan
B. jumlah dan kualifikasi pegawai terpilih memenuhi kebutuhan perusahaan
C. kualifikasi pegawai terpilih memenuhi tuntutan kompetensi yang dipersyaratkan.
D. selection-ratio

Jawaban.
A. biaya yang digunakan

21) Analisa kebutuhan pelatihan dapat dilakukan melalui ….

A. aspirasi pimpinan
B. analisa organisasi
C. analisa kompetensi pegawai
D. analisa pasar tenaga kerja

Jawaban.
D. analisa pasar tenaga kerja

22) Salah satu aspek proses fungsi pelatihan dan pengembangan SDM yang perlu diaudit ....

A. analisa kebutuhan pelatihan dan pengembangan pegawai
B. sarana dan prasarana
C. biaya
D. penentuan tujuan, metode dan kriteria keberhasilan pelatihan dan pengembangan

Jawaban.
A. analisa kebutuhan pelatihan dan pengembangan pegawai

23) Masukan atau input dalam sistem karier adalah….

A. perencanaan strategik SDM, aspirasi, minat dan motivasi pegawai
B. talent mapping SDM
C. perencanaan karier
D. pengembangan karier

Jawaban.
B. talent mapping SDM

24) Dokumentasi data pegawai terkait dengan beragam aspek termasuk hasil assesment , tertuang dalam bentuk ….

A. managerial, profesional dan staff inventory
B. talent mapping
C. job profile
D. personal inventory

Jawaban.
D. personal inventory
Proses mencakup tiga tahapan, yaitu: Pertama tahap assesment yang bertujuan menggali kompetensi pegawai dan data berupa indivual’s profile disimpan dalam bentuk Managerial Inventory, Profesional Inventory, dan Staff Inventory. Dalam hal ini auditor perlu memeriksa dan mengevaluasi apakah inventory tersebut sudah dilakukan dan apakah sudah dibuat matriks dengan hasil penilaian kinerja pegawai bersangkutan serta didokumentasikan dalam bentuk portofolio (peta kompetensi) SDM. Dalam hal ini tahap assesment merupakan bagian dari proses talent mapping.

25) Proses mengidentifikasi penyebab permasalahan kinerja individu atau organisasi dalam sistem manajemen kinerja dilakukan pada tahap….

A. perencanaan kinerja
B. diagnosa dan bimbingan kinerja
C. pengumpulan data dan komunikasi
D. evaluasi kinerja

Jawaban.
D. evaluasi kinerja

26) Dalam Penilaian Kinerja-BK pegawai salah satu aspek yang dinilai adalah ….

A. masa kerja
B. hasil assesment center
C. kompetensi perilaku
D. target unit kerja

Jawaban.
C. kompetensi perilaku

27) Tugas yang menarik dan menantang adalah bentuk dari kompensasi ….

A. langsung
B. tidak langsung
C. moneter
D. nonmoneter

Jawaban.
D. nonmoneter

28) Informasi survei gaji dapat diperoleh melalui ….

A. Departemen Tenaga Kerja
B. asosiasi industri
C. konsultan
D. analisa beban kerja

Jawaban.
A. Departemen Tenaga Kerja
Survei gaji dapat berasal dari:
1) Departemen Tenaga Kerja.
2) Asosiasi profesional.
3) Asosiasi industri atau perusahaan.
4) Konsultan.

29) Salah satu Audit Fungsi Balas Jasa-BK adalah ….

A. survey jabatan
B. persyaratan jabatan
C. evaluasi jabatan
D. Management by Objective (MBO)

C. evaluasi jabatan
Evaluasi jabatan adalah proses sistematis untuk menentukan nilai relatif jabatan yang menggambarkan berat ringannya jabatan (nilai jabatan) dalam sebuah organisasi. Evaluasi jabatan harus dilakukan untuk mencapai keadilan internal (internal equity).

30) Kompensasi langsung, yaitu ....

A. tunjangan kesehatan
B. gaji atau upah
C. tunjangan transport
D. jamsostek

Jawaban.
B. gaji atau upah
1. Kompensasi Nonmoneter
a. Kompensasi yang berasal dari pekerjaan itu sendiri:
1) Tugas yang menarik.
2) Kesempatan untuk pengembangan diri.
3) Karier.
4) Tantangan yang memotivasi.
b. Kompensasi dari lingkungan pekerjaan
1) Rasa aman.
2) Suasana bekerja.
3) Pujian dan pengakuan.
4) Simbol status.
2. Kompensasi Moneter
a. Kompensasi langsung
1) Gaji atau upah.
2) Komisi.
3) Bonus.
4) Insentif .
b. Kompensasi tidak langsung
1) Asuransi kesehatan.
2) Jamsostek.
3) Tunjangan transpor.
4) Tunjangan perumahan.

31) Kompetensi seseorang pada dasarnya diperoleh melalui pendidikan formal yang dijalaninya, kecuali ....

A. kemampuan manajerial
B. kemampuan berpikir analitis
C. kemampuan kepemimpinan
D. kemampuan bekerjasama

Jawaban.
D. kemampuan manajerial

32) Hard competence sesorang pegawai adalah kemampuannya terkait ....

A. leadership
B. team building
C. marketing
D. customer orientation

Jawaban.
C. marketing

33) Keterampilan kepemimpinan seseorang pada dasarnya merupakan suatu ....

A. traits
B. bawaan
C. minat
D. yang dipelajari

Jawaban.
D. yang dipelajari

34) Salah satu kategori kompetensi atribut pribadi adalah ....

A. integrity
B. visionary leadership
C. fostering change
D. people development

Jawaban.
A. integrity
aspek kualitas pribadi yang mumpuni dalam hal soft competence mencakup integrity, passion & enthusiasm, self driving/ improvement, positive thinking, synergic orientation, creativity &
innovation, customer service orientation, business accument, strategic partnership, visionary leadership, strategic thinking and decision making, fostering change dan people development serta senantiasa memberikan kinerja terbaik atas dasar visi dan nilai nilai pribadi yang selaras dengan visi dan nilainilai perusahaan/korporat.

35) Salah satu kompetensi manajerial adalah kemampuan ....

A. integrity
B. pengambilan keputusan strategik
C. motivasi bersaing
D. pelayanan prima

Jawaban.
B. pengambilan keputusan strategik

36) Nilai-nilai inti perusahaan seyogianya mencerminkan ....

A. kebijakan perusahaan
B. visi dan misi unit bisnis
C. sistem prosedur perusahaan
D. budaya perusahaan

Jawaban.
D. budaya perusahaan
nilai-nilai inti/utama yang
merupakan cerminan budaya perusahaan yang ingin dibangun merupakan butir kritikal yang perlu dicermati dalam proses audit MSDM-BK karena akan menjadi cikal bakal panduan manajemen guna menerapkan fungsi perencanaan dan pengadaan, pengembangan serta pemeliharaan sumber daya manusia yang ada di perusahaan termasuk didalamnya upaya mencari calon pegawai Top Talent guna mewujudkan visi dan misi perusahaan. Upaya mana bersumber pada proses Talent Mapping yang mau tidak mau harus dipersiapkan dan dilaksanakan dengan baik dan benar.

37) Dalam membangun budaya perusahaan, kompetensi kritis yang paling dituntut dari seorang pemimpin adalah ....

A. organizatinal leadership
B. transformational leadership
C. cultural leadership
D. team’s leadership

Jawaban.
C. cultural leadership

38) Manifestasi budaya perusahaan dapat dilihat pada penggunaan ....

A. non artefacts
B. jargon
C. dokumentasi perusahaan
D. asesoris ruangan

Jawaban.
B. jargon

39) Basis persyaratan kompetensi yang mutlak harus dimiliki seluruh pegawai tercermin pada perumusan ....

A. nilai-nilai masyarakat
B. nilai-nilai kunci
C. nilai-nilai unit bisnis
D. nilai-nilai inti/utama

Jawaban.
D. nilai-nilai inti/utama

40) Dalam membangun budaya kewirausahaan, kompetensi kritis yang dituntut adalah kompetensi ….

A. self development
B. creativity
C. entrepreneuship
D. risk management

Jawaban.
C. entrepreneuship

Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4476 Audit SDM KB 2 Beserta Kunci Jawaban 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Friday, February 7, 2020 Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4476 Audit SDM KB 2 Beserta Kunci Jawaban Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 1) A...



No comments:

Post a Comment