Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4476 Audit SDM KB 4 Beserta Kunci Jawaban
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1) Era yang menekankan pengelolaan SDM pada administrasi kepegawaian adalah ….
A. personalia
B. human resource
C. human capital
D. talent management
Jawaban.
A. personalia
Paradigma dalam pengelolaan SDM mengalami evolusi, dari personalia yang menekankan pada kontrol dan administrasi kepegawaian kemudian bergeser ke human resources yang menekankan pada layanan dan human capital yang fokus pada peningkatan kemampuan organisasi dalam mengambil keputusan.
2) Intensi konsumen untuk melakukan pembelian kembali (repeat order) adalah HR metrics yang mengukur ….
A. kesesuaian budaya organisasi untuk mencapai tujuan bisnis
B. konsistensi sikap manajemen dan SDM dalam mencapai target
C. keberhasilan SDM dalam mencapai tujuan strategis bisnis
D. konstitusi pelanggaran terhadap produk perusahaan
Jawaban.
C. keberhasilan SDM dalam mencapai tujuan strategis bisnis
3) Tingkat sejauh mana kebijakan kompensasi mendukung implementasi strategi adalah HR metrics yang mengukur ….
A. kesesuaian budaya organisasi untuk mencapai tujuan bisnis
B. konsistensi sikap manajemen dan SDM dalam mencapai target
C. keberhasilan SDM dalam mencapai tujuan strategis bisnis
D. sejauh mana praktik SDM terintegrasi dengan strategi bisnis
Jawaban.
D. sejauh mana praktik SDM terintegrasi dengan strategi bisnis
4) Manakah di antara pernyataan di bawah ini yang paling tepat?
A. Perusahaan harus menggunakan semua HR metrics yang ada
B. Semakin banyak HR metrics yang digunakan maka semakin baik
C. Perusahaan harus memilih beberapa HR metrics yang paling sesuai
D. Perusahaan harus memilih setiap jenis HR metrics yang ada
Jawaban.
C. Perusahaan harus memilih beberapa HR metrics yang paling sesuai
5) Era human capital dalam pengelolaan SDM menekankan pada ....
A. ketaatan
B. layanan
C. pengambilan keputusan
D. kesejahteraan SDM
Jawaban.
C. pengambilan keputusan
6) Era yang menekankan pengelolaan SDM pada talentship adalah ....
A. Human Resource
B. Human Capital
C. Talent Management
D. Strategic Human Resource
Jawaban.
B. Human Capital
7) Yang tidak termasuk ukuran keberhasilan investasi SDM adalah ....
A. biaya kecelakaan
B. biaya pengobatan karena sakit
C. turn over pegawai
D. kehadiran pegawai
Jawaban.
C. turn over pegawai
8) Human Metrics merupakan kumpulan berbagai ukuran untuk mengevaluasi keberhasilan pengelolaan SDM, salah satunya adalah evaluasi ....
A. efektivitas dan efisiensi MSDM
B. efisiensi anggaran
C. proses kerja
D. proses bisnis
Jawaban.
B. efisiensi anggaran
9) Penyataan paling tepat terkait evaluasi keberhasilan MSDM demi pencapaian tujuan perusahaan bisnis adalah ....
A. manajemen perusahaan berwenang memilih metrics
B. manajemen perusahaan harus memilih metrics sebanyak mungkin
C. manajemen perusahaan harus memilih beberapa metrics yang paling sesuai dan relevan
D. manajemen perusahaan diwajibkan memilih metrics tertentu saja yang kritikal
Jawaban.
A. manajemen perusahaan berwenang memilih metrics
10) HR Metrics sebagai suatu tools yang bertujuan mengevaluasi keberhasilan pengelolaan SDM mencakup hal hal berikut, kecuali evaluasi ....
A. proses bisnis
B. tingkat perputaran pegawai
C. tingkat ketidakhadiran
D. kepuasan kerja
Jawaban.
C. tingkat ketidakhadiran
11) Apabila suatu perusahaan memiliki karyawan sebanyak 900 orang dan formasi yang ada sebesar 1000 orang maka tingkat lowongan pekerjaan adalah sebesar ....
A. 5%
B. 10%
C. 20%
D. 15%
Jawaban.
B. 10%
100% - (900/1000)100% = 10%
12) Karyawan yang mengajukan pengunduran diri karena ingin bekerja di tempat lain dikenal dengan ....
A. PHK alami
B. unavoidable turnover
C. avoidable tunover
D. ketidakpuasaan pegawai
Jawaban.
C. avoidable tunover
PHK alami sering disebut dengan unavoidable turnover, sedangkan yang tidak alami dikenal dengan avoidable turnover
13) Perusahaan perlu mengendalikan tingkat turnover pegawainya karena ....kecuali
A. turnover menimbulkan biaya
B. perusahaan harus mencari karyawan baru
C. perusahaan harus mendidik karyawan baru
D. karyawan biasa disiplin
Jawaban.
D. karyawan biasa disiplin
4) Metode apa yang dianggap paling efektif dalam melakukan pengembangan SDM?
A. pelatihan
B. penugasan (assignment)
C. monitoring
D. coaching.
Jawaban.
B. penugasan (assignment)
Pelatihan hanya merupakan salah satu bentuk program pengembangan SDM. Program pengembangan SDM lain yang bisa jadi lebih efektif antara lain adalah penugasan (assigmnments), coaching, dan mentoring.
15) Karyawan yang harus mendapat prioritas pelatihan dan pengembangan menurut paradigma talent management adalah karyawan ....
A. yang kompetensinya rendah
B. yang kinerjanya rendah
C. baru
D. yang kinerja dan kompetensinya tinggi
Jawaban.
D. yang kinerja dan kompetensinya tinggi
16) Tingkat perputaran pegawai perlu dikendalikan untuk dapat membuat program tindak lanjut atas dasar pertimbangan utama ....
A. kualitas pegawai yang melamar jabatan kosong
B. jumlah dan kualitas pegawai yang meninggalkan perusahaan
C. tantangan dinamika bisnis perusahaan
D. biaya pengadaan pegawai baru
Jawaban.
B. jumlah dan kualitas pegawai yang meninggalkan perusahaan
17) Pernyataan di bawah ini yang paling benar adalah ....
A. tingkat turnover pegawai yang rendah selalu berarti baik
B. tingkat turnover pegawai yang tinggi selalu berarti baik
C. tingkat turnover pegawai merupakan salah satu indikator untuk mengukur efektivitas pengelolaan SDM
D. semua benar
Jawaban.
C. tingkat turnover pegawai merupakan salah satu indikator untuk mengukur efektivitas pengelolaan SDM
18) Salah satu faktor utama untuk memotivasi pegawai agar mereka tetap berkarir di perusahaan adalah ....
A. imbal jasa yang besar
B. hubungan yang harmonis dengan atasan, rekan, dan bawahan
C. pengembangan diri
D. tunjangan yang sesuai kebutuhan
Jawaban.
C. pengembangan diri
19) Audit MSDM secara umum terkait 3 aktivitas utama, yaitu audit ....
A. staffing, development, retention
B. training, development, retention
C. attraction, development, retention
D. attraction, training, development
Jawaban.
C. attraction, development, retention
20) Temuan audit berupa tingkat turn over tinggi berdampak positif bila ….
A. pegawai yang keluar tidak puas dalam bekerja
B. pegawai yang keluar tidak lagi produktif
C. pegawai baru adalah mereka yang mampu menyesuaikan diri
D. pegawai baru adalah mereka yang memiliki talenta
Jawaban.
B. pegawai yang keluar tidak lagi produktif
21) Berikut adalah dampak negatif dari kerja lembur, kecuali ....
A. menurunnya kepuasan kerja
B. menurunnya produktivitas
C. meningkatkan kesalahan
D. meningkatkan pendapatan karyawan
Jawaban.
D. meningkatkan pendapatan karyawan
22) Apabila dalam suatu bulan terdapat 200 jam kerja lembur dan dalam bulan tersebut ada 50 karyawan maka tingkat lembur pada bulan tersebut adalah
A. 4 jam
B. 0,25 jam
C. 2 jam
D. 3 jam
Jawaban.
A. 4 jam
200 jam/50 = 4 jam
23) Yang bukan merupakan faktor sistem sebagai penyebab kesalahan pekerja adalah ....
A. buruknya kualitas bahan baku
B. kurangnya kompetensi pegawai
C. mesin produksi yang sudah tua
D. prosedur kerja yang tidak tepat
Jawaban.
B. kurangnya kompetensi pegawai
24) Berapakah tingkat kesalahan yang terjadi apabila dari 15.000 transaksi terdapat 5 transaksi yang salah?
A. 3%
B. 1%
C. 0,03%
D. 2%
Jawaban.
C. 0,03% (5/15.000 x 100%) = 0.03%
25) Cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk menampung keluhan dan pengaduan dari karyawan adalah melalui ....
A. kotak saran
B. aplikasi intranet atau email
C. forum bipartit
D. melalui P4D
Jawaban.
D. melalui P4D (Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Daerah (P4D)
26) Salah satu yang merupakan cakupan audit praktik MSDM terkait evaluasi tingkat kesalahan pegawai adalah ….
A. turn over pegawai
B. zero defect
C. target bisnis
D. process business
Jawaban.
B. zero defect
27) Metode yang tepat dalam menangani keluhan atau tuntutan buruh adalah dengan menggunakan pola ….
A. integratif
B. agressif
C. repressif
D. responsif
Jawaban.
C. repressif
28) Cara efektif menangani keluhan pegawai adalah dengan menerapkan prinsip ….
A. keadilan
B. keterbukaan
C. kesetaraan
D. tripatit
Jawaban.
D. tripatit
29) Tingkat lembur pegawai yang tinggi mengidentifikasikan ....
A. produktivitas pegawai tidak optimal
B. pegawai mengalami burn out
C. semangat kerja pegawai menurun
D. kuantitas hasil kerja pegawai menurun
Jawaban.
A. produktivitas pegawai tidak optimal
30) Salah satu penyebab utama tingginya frekuensi dan tingkat absensi pegawai adalah kondisi ….
A. sarana prasarana yang belum mendukung
B. lingkungan kerja yang kurang nyaman
C. kematangan kerja pegawai yang rendah
D. kepemimpinan yang buruk dan iklim kerja yang belum kondusif
Jawaban.
D. kepemimpinan yang buruk dan iklim kerja yang belum kondusif
No comments:
Post a Comment