-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Soal UAS UT Universitas Terbuka HKUM4307 Hukum Persaingan Usaha Modul 2 Beserta Kunci Jawaban

 on Monday, March 11, 2024  



Kisi Kisi Soal UAS UT Universitas Terbuka HKUM4307 Hukum Persaingan Usaha Modul 2 Beserta Kunci Jawaban

Kisi Kisi Soal UAS UT Universitas Terbuka HKUM4307 Hukum Persaingan Usaha Modul 2 Beserta Kunci Jawaban


Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1) Hukum yang mengatur tentang interaksi perusahaan atau pelaku usaha di pasar disebut dengan …

A. Hukum Dagang
B. Hukum Perusahaan
C. Hukum Persaingan Usaha
D. Hukum Bisnis

Jawaban
C. Hukum Persaingan Usaha

2) Studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengalokasikan sumberdaya langka (scarce resources) yang diberikan oleh alam dan oleh generasi sebelumnya, yaitu ….

A. Ilmu Ekonomi
B. Ilmu Hayati
C. Ilmu Sosial
D. Ilmu Alam

Jawaban
A. Ilmu Ekonomi

3) Keterbatasan menyebabkan banyak hal terasa langka (scarce). Kelangkaan mencakup hal-hal di bawah ini kecuali ….

A. Kuantitas
B. Kualitas
C. Tempat dan waktu
D. Kesempatan

Jawaban
D. Kesempatan

4) Dalam konsep Ekonomi Mikro terdapat 2 (dua) pelaku ekonomi, yaitu

A. Rumah Tangga atau Household (HH) dan Perusahaan rintisan (Startup)
B. Rumah Jagal (Slaughters House) dan Perusahaan (Firm)
C. Rumah Tangga atau Household (HH) dan Perusahaan (Firm)
D. Rumah Jagal (Slaughters House) (SH) dan Perusahaan Rintisan (Startup)

Jawaban
C. Rumah Tangga atau Household (HH) dan Perusahaan (Firm)

5) Dalam memahami konsep dasar dari permintaan (demand), perlu diingat terdapat 2 (dua) konsep yang berbeda namun berkaitan, yaitu …

A. Jumlah yang diminta (quantity demanded) dan permintaan (demand)
B. Jumlah yang dikirim (quantity delivered) dan permintaan (demand)
C. Jumlah yang diminta (quantity demanded) dan pasokan (supply)
D. Jumlah yang dikirim (quantity delivered) dan pasokan (supply)

Jawaban
A. Jumlah yang diminta (quantity demanded) dan permintaan (demand)

6) Jumlah barang dan jasa yang ingin diminta oleh konsumen pada tingkat harga tertentu dikenal dengan ….

A. Jumlah yang diminta (quantity demanded)
B. Jumlah yang dikirim (quantity delivered)
C. Jumlah yang dipasok (quantity supply)
D. Jumlah yang diharapkan (quantity hoped)

Jawaban
A. Jumlah yang diminta (quantity demanded)

7) Berapa banyak dan jasa yang ingin diminta oleh konsumen tidak hanya dipengaruhi oleh faktor harga saja, melainkan juga oleh beberapa faktor lain. Faktor-faktor penentu permintaan tersebut seperti dibawah ini, kecuali ….

A. Harga barang itu sendiri
B. Harga barang lain yang terkait
C. Tingkat pendapatan per kapita
D. Kebudayaan

Jawaban
D. Kebudayaan

8) Pengertian biaya dalam ilmu ekonomi adalah biaya kesempatan. Konsep ini dipakai dalam analisis teori biaya produksi. Berkaitan dengan konsep tersebut, kita mengenal ada dua biaya yang dikenal yaitu ….

A. Biaya eksplisit (explicit cost) dan biaya implisit (implicit cost).
B. Biaya supply (supply cost) dan biaya implisit (implicit cost).
C. Biaya demand (demand cost) dan biaya implisit (implicit cost).
D. Biaya supply (supply cost) dan biaya demand (demand cost).

Jawaban
A. Biaya eksplisit (explicit cost) dan biaya implisit (implicit cost)

9) Orang yang mengkombinasikan berbagai faktor produksi untuk ditransformasi menjadi output berupa barang dan jasa adalah….

A. Wirausahawan (pengusaha)
B. Seseorang yang berorientasi masa depan (future oriented),
C. Seseorang yang kompeten (compentence)
D. Seseorang membangkitkan semangat (Enthusiasm)

Jawaban
A. Wira usahawan (pengusaha)

10) Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna….

A. Banyak Penjual dan Pembeli
B. Produknya Homogen dan Informasi Sempurna (Perfect Knowledge)
C. Bebas Masuk dan Keluar Pasar
D. Banyak Penjual dan Pembeli, produknya Homogen dan Informasi Sempurna, dan bebas Masuk dan Keluar Pasar

Jawaban
D. Banyak Penjual dan Pembeli, produknya Homogen dan Informasi Sempurna, dan bebas Masuk dan Keluar Pasar

11) Istilah hukum persaingan usaha belum begitu dikenal dalam literatur hukum bisnis Islam. Beberapa buku yang membahas tentang tindak monopoli seperti perilaku dibawah ini, kecuali ….

A. Ikhtiar
B. ihtikar
C. ar-rukban
D. ta’alluq

Jawaban
A. Ikhtiar

12) Islam secara tegas melarang praktik monopoli. Praktik monopoli akan menyebabkan rusaknya sistem pasar dan inefisiensi dalam perekonomian, yang berarti melanggar ….

A. sistem perekonomian.
B. sistem tata surya
C. sistem kekebalan tubuh
D. sistem perdagangan

Jawaban
A. system perekonomian

13) Menahan barang untuk tidak beredar dipasar agar harganya menjadi naik definisi dari ….

A. Ikhtiar
B. Ihtikar
C. ar-rukban
D. ta’alluq

Jawaban
B. Ihtikar

14) Kompensasi setara diukur dan ditaksir oleh hal-hal yang setara, inilah yang disebut dengan inti keadilan atau dikenal dengan ….

A. jihad fi sabilillah
B. ikrar bi ghairi haqqin
C. irtafa’a al-sa’r
D. nfs al-adl

Jawaban
D. nfs al-adl

15) Larangan terhadap menjual dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar telah diterapkan oleh ….

A. Abu Bakar Shidik
B. Umar bin Khattab
C. Usman bin Affan
D. Ali bin Abi Thalib

Jawaban
B. Umar bin Khattab

16) Jual beli bersyarat adalah jual beli yang dilakukan dengan mensyaratkan sesuatu yang biasa disebut dengan ….

A. ta’alluq.
B. ar-rukban
C. irtafa’a al-sa’r
D. ikrar bi ghairi haqqin

Jawaban
A. ta’alluq

17) Perilaku atau upaya untuk mengaburkan informasi harga bagi konsumen yang selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk mencari keuntungan yang berlipat, dikenal sebagai ….

A. ta’alluq.
B. ar-rukban
C. irtafa’a al-sa’r
D. Ghaban Faahisy.

Jawaban
D. Ghaban Faahisy

18) Kolusi antara penjual satu dengan lainnya untuk mengatur harga pasar sehingga dapat merugikan konsumen dikenal sebagai perjanjian ….

A. Murabahah
B. Musyakharah
C. ba’y najasyi
D. ta’alluq

Jawaban
C. ba’y najasyi

19) Rasulullah melakukan pengawasan pasar atau dengan cara melihat langsung, pengawasan tersebut dikenal dengan ….

A. Al-Muhtasib
B. Musyakharah
C. ba’y najasyi
D. ta’alluq

Jawaban
A. Al-Muhtasib

20) Larangan monopoli di madinah adalah bagian dari hukum pasar (ahkam al-suq) yang diatur oleh ….

A. Syariat Islam.
B. Hukum Negara
C. Piagam Madinah
D. Hukum Agama

Jawaban
A. Syariat Islam

Kunci Jawaban Soal UAS Modul 2

1) C. Hukum Persaingan Usaha
2) A. Ilmu Ekonomi
3) D. Kesempatan
4) C. Rumah Tangga atau Household (HH) dan Perusahaan (Firm)
5) A. Jumlah yang diminta (quantity demanded) dan permintaan (demand)
6) A. Jumlah yang diminta (quantity demanded)
7) D. Kebudayaan
8) A. Biaya eksplisit (explicit cost) dan biaya implisit (implicit cost)
9) A. Wira usahawan (pengusaha)
10) D. Banyak Penjual dan Pembeli, produknya Homogen dan Informasi Sempurna, dan bebas Masuk dan Keluar Pasar
11) A. Ikhtiar
12) A. system perekonomian.
13) B. Ihtikar
14) D. nfs al-adl
15) B. Umar bin Khattab
16) A. ta’alluq
17) D. Ghaban Faahisy
18) C. ba’y najasyi
19) A. Al-Muhtasib
20) A. Syariat Islam
Soal UAS UT Universitas Terbuka HKUM4307 Hukum Persaingan Usaha Modul 2 Beserta Kunci Jawaban 4.5 5 Bank soal UT Monday, March 11, 2024 Soal UAS UT Universitas Terbuka HKUM4307 Hukum Persaingan Usaha Modul 2 Beserta Kunci Jawaban Kisi Kisi Soal UAS UT Universitas Terbuka HKUM4307 Hukum Persaingan Usaha Modul 2 Beserta Kunci Jawaban Pilihlah satu jawaban yang paling te...



No comments:

Post a Comment