-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Kisi - Kisi Soal UAS UT EKMA4414 Manajemen Stratejik Beserta Kunci Jawaban

 on Thursday, November 28, 2019  

Kisi - Kisi Soal UAS UT EKMA4414 Manajemen Stratejik Beserta Kunci Jawaban


Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Dilihat dari perspektif pemilik, tujuan didirikannya perusahaan adalah .....

A. laba, harga saham, dan pangsa pasar
B. laba
C. laba dan harga saham
D. laba, harga saham, pangsa pasar, dan usia panjang

Jawaban :
D. laba, harga saham, pangsa pasar, dan usia panjang
Perusahaan didirikan dengan berbagai tujuan pokok: memperoleh laba, meningkatkan harga saham, meninggikan volume penjualan, dan mempertahankan keberlangsungan hidupnya.


2. Komponen manajemen strategik adalah .....

A. visi, lingkungan internal, dan strategi
B. visi, lingkungan bisnis, manajemen, dan strategi korporat
C. lingkungan, visi, dan strategi
D. lingkungan bisnis, manajemen, visi, dan strategi

Jawaban :
D. lingkungan bisnis, manajemen, visi, dan strategi
Manajemen strategik, setidaknya, memiliki empat komponen, yaitu: lingkungan bisnis, manajemen, visi, dan strategi.

3. Aliran pemikiran dalam manajemen strategik yang memberikan tekanan bahwa visi menjadi sumber energi utama manajemen dalam menumbuhkembangkan perusahaan disebut sebagai mazhab .....

A. prosesual
B. berbasis nilai
C. berbasis lingkungan
D. sumber daya

Jawaban :
B. berbasis nilai
Mazhab berbasis nilai memberikan tekanan pada pentingnya visi sebagai sumber energi utama dalam menumbuhkembangkan perusahaan.

4. Aliran pemikiran dalam manajemen strategik yang menyatakan bahwa lingkungan bisnis menjadi determinan terpenting keberhasilan perusahaan mencapai tujuannya disebut sebagai mazhab .....

A. sumber daya
B. berbasis lingkungan
C. berbasis nila
D. prosesual

Jawaban :
B. berbasis lingkungan
Mazhab lingkungan memberikan perhatian besar pada lingkungan bisnis. Sebaliknya, mazhab sumber daya menilai bahwa keberhasilan perusahaan lebih banyak ditentukan oleh penguasaan dan penggunaan sumber daya yang dimiliki. Mazhab berbasis nilai memberikan tekanan pada pentingnya visi sebagai sumber energi utama dalam menumbuhkembangkan perusahaan. Mazhab rasional menyatakan bahwa manajemen strategik disusun dan diimplementasikan sepenuhnya mengikuti proses yang logis-rasional, semuanya terancang dengan tahapan yang jelas dan linier. Sebaliknya mazhab proses menyatakan bahwa ada elemen seni dan intuisi dalam manajemen strategik dan oleh karena itu selalu terbuka kemungkinan adanya dadakan dan perubahan sesuai dengan perubahan konteksnya.

5. Tingkatan strategi yang dikenal dalam manajemen strategik adalah strategik .....

A. korporat, bisnis, dan fungsional
B. bisnis dan fungsional
C. korporat dan bisnis
D. jaringan, korporat, bisnis, dan fungsional

Jawaban :
A. korporat, bisnis, dan fungsional
Manajemen strategik juga mengenal tiga tingkatan (dataran) strategi. Strategi korporat digunakan oleh perusahaan yang telah memiliki lebih dari satu inti bisnis, terdiversifikasi dalam banyak ragam usaha. Strategi pada tingkatan bisnis menjelaskan tentang apa yang harus dilakukan oleh satu unit usaha strategis sebagai pembeda dalam harga dan keunikan untuk memperebutkan konsumen dan bersaing dengan perusahaan lain. Strategi fungsional menguraikan lebih jauh apa yang ada dalam strategi bisnis ke dalam manajemen fungsional agar lebih konkret dan terukur. Strategi korporat merupakan payung tertinggi dari kedua strategi yang disebut belakangan. Strategi bisnis dan fungsional merupakan terjemahan lebih jauh dari strategi korporat.

6. Pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan disebut sebagai …

A. Identifikasi lini .
B. Identifikasi aktor .
C. Identifikasi pokok persoalan .
D. Identifikasi semu

Jawaban :
Schoemaker dan Mavaddat (2000: 214) menyebut identifikasi aktor - yakni pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan – sebagai salah satu langkah (kedua) dalam membangun konstruksi skenario. Mereka adalah keseluruhan pemangku kepentingan (stakeholders), baik yang berada di dalam maupun di luar perusahaan. Di antaranya adalah pemegang saham, manajer, buruh, masyarakat, jurnalis, dan aktivis lembaga swadaya masyarakat.

7. Tahapan yang menuntut kedalaman dan ketelitian penelitian disebut dengan…

A. Identifikasi line .
B. Identifikasi pokok persoalan .
C. Identifiksi kekuatan penentuan utama .
D. Identifikasi aktor

Jawaban :
C. Identifiksi kekuatan penentuan utama
Tahapan ketiga ini adalah tahapan terpenting kedua setelah tahapan identifikasi pokok persoalan, yang merupakan tahapan pertama. Tahapan ini juga merupakan tahapan yang menuntut kedalaman dan ketelitian penelitian. Boleh dibilang tahapan ini memiliki karakter akademik paling tinggi dibanding tahapan yang lain. Dalam banyak kejadian, identifikasi ini tidak cukup hanya berdasar data sekunder dan sejarah masa lalu perusahaan dan penggalannya (babakannya), serta lingkungan bisnisnya, akan tetapi memerlukan bantuan kepekaan manajemen perusahaan dan tenaga ahli.

8. Jika kita perhatikan table Tren K-R, yang menyatakan kebutuhan privasi semakin meningkat ditunjukan dengan simbul..

A. F1 .
B. F59 .
C. 70 .
D. F67

Jawaban :
B. F59 .
T15 (F59) Kebutuhan privasi semakin meningkat.

9. Penggunaan internet sebagai media pembelajaran memberikan dampak yang signifikan pada kegiatan tersebut.  Kegiatan ini disebut dengan;

A. Digital .
B. Tatap Muka .
C. Pengajaran jarak jauh .
D. E-Learning

Jawaban :
D. E-Learning

10. Dibawah ini yang bukan merupakan tahapan dari penyusuanan scenario adalah:

A. Identifikasi Aktor .
B. Kemungkinan peluang .
C. Identifikasi Pokok .
D. Kekuatan penentu utama

Jawaban :
B. Kemungkinan peluang .

11. Manajemen mengevaluasi kekuatan perusahaan pada empat macam manajemen fungsional, salah satunya adalah manajemen operasional dengan bobot …

A. 20 %.
B. 15 %.
C. 25 %.
D. 40%

Jawaban :
D. 40%
Manajemen mengevaluasi kekuatan perusahaan pada empat macam manajemen fungsional: manajemen operasi dengan bobot 40%, manajemen pemasaran dengan bobot 20%, manajemen sumber daya manusia dengan bobot 25%, dan manajemen keuangan dengan bobot 15%. Sampai di sini total bobotnya adalah 100%.

12. Dalam matriks strategi utama (MSU) tersebut variable lingkungan eksternal dan internal disederhanakan dalam satu indicator yaitu;

A. Tinggi rendahnya pertumbuhan pasar dan Ketidak unggulan bersaing perusahaan.
B. Ketidak unggulan bersaing perusahaan.
C. Pasar bebas dalam keteraturan.
D. Tinggi rendahnya pertumbuhan pasar

Jawaban :
A. Tinggi rendahnya pertumbuhan pasar dan Ketidak unggulan bersaing perusahaan.
Dalam matriks strategi utama (MSU) tersebut variabel lingkungan eksternal dan internal
disederhanakan masing-masing dalam satu indikator saja, yakni tinggi rendahnya pertumbuhan pasar dan kuat tidaknya keunggulan bersaing perusahaan.


13. Kuadran satu dalam matriks SWOT -4K adalah bidang yang terbentuk oleh potongan sumbu…

A. Kekuatan perusahaan dan ancaman bisnis.
B. Kekuatan dan kelemahan perusahaan.
C. Kelemehan perusahaan dan peluang bisnis.
D. Kekuatan perusahaan dan peluang bisnis

Jawaban :
D. Kekuatan perusahaan dan peluang bisnis
Kuadran I terbentuk oleh potongan sumbu horizontal positif (kekuatan perusahaan) dan potongan sumbu vertikal positif (peluang bisnis).

14. Posisi korporat tidak beda dengan posisi perusahaan yakni berada di kuadran …

A. IV.
B. III.
C. II
D. I

Jawaban :
C. II
Posisi perusahaan berada di kuadran II karena kekuatan perusahaan lebih kecil dibanding kelemahannya dan di sisi yang lain peluang bisnis lebih besar dari pada ancamannya (negatif-positif). Oleh karena itu, secara keseluruhan perusahaan diseyogiakan menggunakan strategi stabilisasi. Posisi korporat tidak berbeda dengan posisi perusahaan, yakni berada di kuadran II. Posisi tersebut diraih karena kekuatan yang dimiliki lebih besar dari pada kelemahannya, dan di sisi lain peluang bisnis yang dihadapi lebih rendah ancamannya (negatif-positif).

15. Ancaman bisnis bisa kita lihat pada indikator…

A. Variasi produk.
B. Modal terbatal.
C. Intensitas persaingan.
D. Stabilnya situasi krisis

Jawaban :
C. Intensitas persaingan.
Ancaman bisnis diukur dengan 4 indikator saja, yakni intensitas persaingan, pengaruh globalisasi, kredit macet, dan isu global tentang demokrasi, lingkungan hidup dan hak asasi manusia. Sekali lagi, tentu saja tidak termasuk kemungkinan adanya krisis moneter.

16. Perusahaan yang berada pada posisi kuadran I, yang terbentuk oleh sumbu internal dan ekstenal disarankan menggunakan strategi..

A. selektif.
B. Subyektif.
C. Agresif.
D. kompetitif

Jawaban :
C. Agresif.
Perusahaan yang berada pada posisi kuadran I – sebutlah begitu - yang terbentuk oleh sumbu IS (eksternal) dan FS (internal) diseyogiakan menggunakan strategi agresif.

17. Jika yang terjadi adalah pembentukan perusahaan disebabkan karena kuadran IV maka yang dilakukan  oleh perusahaan adalah strategi…

A. penetrasi pasar.
B. Joint and ventures.
C. penciutan.
D. diversifikasi

Jawaban :
D. diversifikasi
Perusahaan atau UBS yang berada di posisi kuadran IV diseyogiakan menggunakan strategi diversifikasi, baik diversifikasi konsentrik maupun konglomerasi. Perusahaan sesungguhnya memiliki keunggulan bersaing memadai, akan tetapi pasar yang kini menjadi lahan perusahaan tidak lagi menjanjikan.

18. Perusahaan yang berada pada kuadran IV pada matriks SWOT – 4K seharusnya melakukan kegiatan strategi…

A. Stabilisasi.
B. Penyehatan.
C. Diversifikasi.
D. Pertumbuhan

Jawaban :
C. Diversifikasi.

19. Strategi bisnis yang disarankan pada perusahaan pada posisi II maka strategi yang digunakan adalah…

A. Penyehatan.
B. Penyusutan.
C. Penyebaran.
D. Stabilitas

Jawaban :
D. Stabilitas
Perusahaan atau UBS yang berada di posisi kuadran II diharapkan menggunakan strategi stabilisasi karena perusahaan memiliki kelemahan yang cukup signifikan pada saat sesungguhnya masih tersedia peluang bisnis. Perusahaan belum memiliki keunggulan bersaing yang memadai dan oleh karena itu perusahaan tidak dapat mengubah potensi pasar menjadi keunggulan kinerja perusahaan. Manajemen berusaha mempertahankan penguasaan pasar yang dimiliki untuk mengurangi kelemahan perusahaan.Strategi bersaing dalam kuadran ini dapat berupa kombinasi atau alternatif dari berbagai strategi berikut ini: mempertahankan pasar yang telah dikuasai, pengembangan pasar dan produk dengan intensitas rendah, divestasi, dan likuidasi. Strategi pada kuadran II ini juga sering disebut dengan strategi konsolidasi. Strategi tersebut serupa (tetapi tidak sama) dengan strategi pada kuadran II MSU dan strategi WO (mini-maksi) pada matriks TOWS-K.

20. Analytical Hierarchical Process (AHP) adalah analisis yang digunakan untuk menentukan…

A. strategi/langkah kebijakan perusahaan.
B. bobot masing-masing indicator.
C. peluang dan ancaman perusahaan.
D. bobot peluang yang diharapkan.

Jawaban :
D. bobot peluang yang diharapkan.
Untuk mempertegas unsur kuantitatif tersebut, matriks SWOT-4K sering juga disusun dengan kombinasi alat analisis lain, yakni Analytical Hierarchical Process (AHP) untuk menentukan bobot masing-masing indikator. Di samping tentu saja masih juga karena kesederhanaan dan kemudahannya.

21. Pada tingkat pengukuran pasar dengan menggunakan matrik MP3, maka satu-satunya indicator yang digunakan adalah…

A. Daya dukung internal perusahaan .
B. Daya beli konsumen .
C. Pesaing .
D. Daya Tarik industri

Jawaban :
D. Daya Tarik industri

22. Agar dapat mengeliminir pengaruh inflasi dan kenaikan harga-harga barang, diseyoganya
menggunakan ukuran…

A. Unit pengelolaan produksi .
B. Usaha berlangsung .
C. Bahan baku .
D. Unit barang terjual .

Jawaban :
D. Unit barang terjual .
Agar dapat mengeliminir pengaruh inflasi dan kenaikan harga-harga barang, diseyogiakan menggunakan ukuran unit barang yang terjual, bukan jumlah rupiah yang diterima.

23. Pada matrik MP3 setelah mengetahui tingkat pertumbuhan pasar, langkah berikutnya adalah menentukan…

A. Titik determinan .
B. Titik pembagi sumbu vertikal .
C. Titik keseimbangan pasar .
D. Titik pembagi sumbu horizontal

Jawaban :
B. Titik pembagi sumbu vertikal .

24. Dalam menentukan titik pembagi sumber vertical MP3 adalah…

A. 20 % .
B. 30 % .
C. 10 % .
D. 40 %

Jawaban :
C. 10 % .

25. Perbandingan antara besarnya pangsa pasar relative yang dimiliki perusahaan disebut dengan …

A. Skala semi- long .
B. Market leader .
C. Usaha strategis .
D. Pangsa pasar relatif .

Jawaban :
D. Pangsa pasar relatif .

26. Keunikan kemampuan untuk terus dinamis disatu sisi dan keberanian menjaga yang serba inti, maka perusahaan berada pada posisi…

A. elit.
B. perkembang.
C. dewasa.
D. bangkrut

Jawaban :
A. elit.
Keunikan kemampuan untuk terus dinamis di satu sisi dan keberanian menjaga yang serba inti di sisi lain menjadikan perusahaan berada dalam posisi elit. Mereka mampu memperbaharui diri sendiri dan berhasil mencapai prestasi unggul berkelanjutan.

27. Kemampuan untuk mengelola perubahan dan kontinuitas disebut dengan..

A. misi.
B. target pasar.
C. kebutuhan.
D. Visi.

Jawaban :
D. Visi.
Kemampuan untuk mengelola perubahan dan kontinuitas itulah yang menjadi seni visi.

28. Suatu perekat yang menjadikan organisasi tetap solid, baik pada masa pertumbuhan, kejayaan maupun pada masa sulit disebut…

A. Dasar keputusan.
B. Misi perusahaan.
C. Tujuan inti.
D. Idiologi inti.

Jawaban :
D. Idiologi inti.
Ideologi inti menjadi perekat yang menjadikan organisasi tetap solid, baik pada masa pertumbuhan, kejayaan perusahaan, maupun pada masa sulit.

29. Merupakan ajaran dan keyakinan pokok yang dimilki perusahaan disebut dengan..

A. Nilai inti.
B. kesatuan tujuan.
C. obyek.
D. Tujuan

Jawaban :
A. Nilai inti.
Nilai inti merupakan ajaran dan keyakinan pokok yang dimiliki perusahaan. Biasanya hanya terdiri dari beberapa nilai yang dipercaya sebagai "timeless guiding principles" (Collins dan Porras, 1996: 66). Keberadaan dan kebenaran nilai-nilai ini tidak memerlukan justifikasi lingkungan bisnis dan prinsip- prinsip manajemen.

30. Nilai-nilai autentik unik milik perusahaan yang tidak perlu dipermasalahkan atau dibenarkan disebut…

A. Tujuan inti.
B. Keyakinan paling dalam.
C. Manfaat kekinian.
D. Nilai inti

Jawaban :
B. Keyakinan paling dalam.
Penemuannya bukan semata-mata merupakan proses logis dan ilmiah (intellectual exercise). Jangan ajukan pertanyaan nilai-nilai apa yang seharusnya kita miliki, tetapi What core values do we truly and passionately hold? " Hasilnya adalah nilainilai yang autentik unik milik perusahaan itu yang tidak perlu disalahkan atau dibenarkan oleh yang lain. Nilai-nilai tersebut berasal dari keyakinan paling dalam (inner belief) pendirinya yang meyakini bahwa kedua nilai tersebut perlu dijaga keabadiannya dalam praktek bisnis mereka.

31. Pengembangan produk juga sering dikaitkan dengan usaha memperpanjang…

A. Orientasi pasar sasaran
B. Siklus produksi
C. jaringan
D. Daur hidup barang

Jawaban :
D. Daur hidup barang

32. Strategi yang diterapkan pada produk dengan berbagai upaya mengikuti perkembangan disebut dengan …

A. Banyaknya produk
B. Keragaman produk
C. Ukuran dan model
D. Bentuk dan model

Jawaban :
C. Ukuran dan model

33. Dengan adanya penyempitan peluang pasar maka perlu diadakan …

A. jaringan
B. Orientasi produk
C. Keragaman produk
D. Inovasi produk

Jawaban :
D. Inovasi produk

34. kombinasi strategi konsentrasi dan perluasan pasar belum terpenuhi maka yang akan ditempuh adalah strategi…

A. Produksi masal
B. Ragam produk
C. bentuk dan model produk
D. Pengembangan produk

Jawaban :
D. Pengembangan produk

35. Salah satu variable pentingyang hamper selalu diperhitungkan dalam melakukan akuisisi  …

A. harga perusahaan yang dibeli
B. sinergi
C. motivasi
D. integrasi

Jawaban :
B. sinergi Sinergi biasanya merupakan alasan utama dalam melakukan akuisisi. Strategi ini dalam bentuk sinergi manajerial, finansial ataupun operasional

36. Posisi dimana perusahaan gagal menerapkan salah satu dari tiga kemungkinan strategi bersaing generic, maka status perusahaan tersebut adalah..

A. Generic produc.
B. Efek perubahan.
C. Organisasi vertikal.
D. Terperangkap ditengah.

Jawaban :
D. Terperangkap ditengah.
Perusahaan yang tak mampu memiliki salah satu keunggulan dari ketiga macam strategi generik tersebut biasanya akan menjadi perusahaan yang terperangkap di tengah (stuck in the middle) yang sama sekali tidak memiliki keunggulan bersaing. Perusahaan tersebut hampir tidak memiliki kekuatan mengembangkan diri. Sekiranya dapat tumbuh, lebih disebabkan oleh faktor non-ekonomis, untuk tidak menyebut nasib.

37. Di bawah ini adalah strategi bersaing generic yang memiliki kecenderungan diterapkannya pada level unit usaha strategi, kecuali…

A. Keungguan biaya.
B. Fokus.
C. Diferensiasi.
D. kompetisi/daya saing.

Jawaban :
D. kompetisi/daya saing.

38. Strategi bersaing generic menguraikan tentang strategi yang didasarkan pada …

A. Produk.
B. Kedalaman pasar.
C. Pengalaman.
D. Biaya

Jawaban :
B. Kedalaman pasar.

39. Perusahaan berusaha menawarkan barang yang dijual dengan harga yang rendah dibandingkan dengan satu kelompok industry tertentu, disebut dengan…

A. Keunggulan produk.
B. Strategi divestasi.
C. Deferensiasi.
D. Keunggulan biaya.

Jawaban :
D. Keunggulan biaya.

40. Perusahaan berusaha memproduksi dan memasarkan barang dengan karakter yang unik  dank has sehingga menjadi barang yang ekslusif bagi konsumen, strategi ini disebut dengan…

A. Strategi biaya.
B. Deferensiasi.
C. Keunggulan divestasi.
D. Keunggulan produk

Jawaban :
B. Deferensiasi.

Kisi - Kisi Soal UAS UT EKMA4414 Manajemen Stratejik Beserta Kunci Jawaban 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Thursday, November 28, 2019 Kisi - Kisi Soal UAS UT EKMA4414 Manajemen Stratejik Beserta Kunci Jawaban Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 1. Dilihat dari...



No comments:

Post a Comment