-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Diskusi 5 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4475 – Pemasaran Strategik

 on Wednesday, January 24, 2024  



Diskusi 5 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4475 – Pemasaran Strategik

Diskusi 5 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4475 – Pemasaran Strategik


Pertanyaan Diskusi.5 Pemasaran Strategik EKMA4475


Jika Anda adalah “KONSULTAN PEMASARAN” yang diminta oleh travel agent untuk mengatasi penurunan bisnisnya, strategi apa yang saudara dapat sarankan?

Jawaban :

Dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini (mulai 2015), terjadi pergeseran pola konsumsi masyarakat menuju leisure economy. Leisure economy ditunjukkan dari situasi yang ada di masyarakat yang saat ini lebih tertarik menggunakan uangnya untuk kegiatan yang memberikan pengalaman menyenangkan seperti liburan, santai, enjoy life dll. BPS pada tahun 2015 menggolongkan komponen yang termasuk leisure adalah hotel, restoran, rekreasi dan kegiatan kebudayaan yang terus menunjukkan pertumbuhan signifikan. Pertumbuhan ekonomi leisure karena masyarakat mulai menyadari bahwa menikmati hidup dapat dilakukan bersamaan dengan aktivitas ekonomi produktif. Aktivitas leisure sangat identik dengan aktivitas konsumsi. Perkembangan Leisure economy di trigger oleh berkembangnya internet of thins (IoT) dan digitalisasi. “Traveloka effect” menyebabkan disrupsi sehingga posisi travel agent sebagai PERANTARA dalam kondisi “dying”. Yuswohady (2018) menjelaskan ada 4 alasan orang tidak menggunakan travel agent: harga mahal, tidak perlu melakukan pemesanan, tidak ada travel agent yang eksis dan lebih murah tanpa menggunakan travel agent

Cara masyarakat melakukan perjalanan atau traveling, saat ini telah berubah seiring berkembangnya internet. Mau tidak mau, masyarakat dituntut untuk melek teknologi, sehingga mereka tidak harus mengunjungi travel agent untuk menyiapkan keperluan travel tersebut. Melalui internet, para traveler dapat menyusun rencana liburan seperti memesan tiket pesawat, hotel, rental mobil, maupun tiket objek wisata. Maka dari itu penting bagi travel agent membuat strategi marketing yang relevan untuk menunjang bisnis travel agent tersebut.

Melalui internet para traveler bisa mendapatkan pilihan harga terbaik. Dalam mencari informasi atau review tempat wisata tertentu, para traveler akan sangat dimudahkan dengan berbagai konten yang dapat diakses lewat internet. Jadi dapat dikatakan bahwa, traveler di era teknologi informasi ini sangat mudah mendapatkan lebih banyak informasi daripada masa-masa sebelumnya.

Menanggapi fenomena tersebut, bisnis travel agent yang masih menggunakan kantor peminatnya menjadi semakin menurun karena pelanggan mulai beralih ke pemesanan online. Perubahan era digital memang bergerak semakin cepat yang membuat pasar juga ikut berubah secara signifikan. Untuk itu, bagi perusahaan yang bergerak pada bisnis travel agent disarankan menggunakan digital marketing yang dapat menunjang keberlangsungan usaha travel agent.

Berikut strategi pemasaran yang dapat digunakan travel agent agar dapat tetap bertahan di era digital ini dengan mulai menggunakan pemasaran online sebagai berikut:

1. Memanfaatkan Website atau Travel Blog
Untuk mensukseskan promosi travel agent bisa dilakukan melalui kerjasama dengan travel blogger. Karena keberadaan para travel blogger saat ini memberikan pengaruh besar bagi para netizen. Artinya strategi ini tepat untuk meningkatkan optimasi organik travel website perusahaan travel agent. Travel blogger yang menyajikan konten-konten berkualitas biasanya memiliki banyak penggemar dan pengunjung yang ramai. Mereka dapat merekomendasikan link alami menuju website travel agent kepada audiens mereka. Selain itu, travel agent juga harus menyiapkan platform miliknya sendiri untuk menyajikan informasi dan menginspirasi para audiens. Karena platform pribadi biasanya dapat memikat orang lain dengan pendekatan yang lebih personal.

2. Membuat Informasi Pemesanan Paket Travel online
Hampir semua platform tour dan travel di Indonesia, telah memasuki travel commerce. Meskipun, demikian travel agent perlu memberikan informasi dan contact person yang jelas, sehingga calon konsumen mudah untuk menghubungi perusahaan. Selanjutnya, sediakan laman khusus untuk menginformasikan cara pemesanan agar pelanggan dapat melakukan pesanannya saat itu juga.

3. Mulai menggunakan sistem pembayaran online yang aman
Di Indonesia, payment gateway telah banyak digunakan oleh toko online dalam upaya menjamin keamanan dan kemudahan transaksi pelanggan mereka. Karena dapat mengintegrasi berbagai metode pembayaran yang dilakukan oleh pembeli. Metode pembayaran yang dapat digunakan pembeli yaitu melalui transfer bank, kartu kredit, virtual account, maupun retail outlet seperti Alfamart. Jadi pembeli dari berbagai kalangan bisa melakukan transaksi dengan mudah untuk membeli produk dari travel agent.

4. Gunakan SEO Long Tail Keyword
Peran Search Engine Optimization (SEO) sangat penting untuk usaha travel agent online dalam upaya memenangkan persaingan pada mesin pencari. Karena SEO merupakan strategi khusus yang dapat mengoptimasi konten agar mendapat jangkauan pasar yang luas. Pada umumnya, masyarakat menginginkan informasi secara spesifik saat mereka mencari referensi objek wisata atau merencanakan perjalanan liburan. Sehingga, travel agent memiliki peluang besar untuk mempromosikan jasa yang ditawarkan melalui konten tersebut. Strategi ini juga cocok bagi travel agent yang menargetkan untuk mendapatkan pelanggan yang tertarik dengan program destinasi khusus.

5. Perencanaan Anggaran Pemasaran Online
Bisnis travel agent memiliki perbedaan dengan jenis usaha lain. Pengusaha travel agent harus mengelola budget pemasaran dengan hati-hati agar manfaat yang bisa diambil lebih banyak. Mengatur anggaran belanja pemasaran online dengan bijak dalam periode tertentu akan membantu kesuksesan pemasaran. Misalnya, ketika perusahaan sedang menghadapi periode low season, budget pemasaran harus dianggarkan menjadi dua kali lipat. Lalu, ketika musim libur tiba, Anda bisa mengurangi biaya promosi. Bisa juga Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, pemberian promo dapat dimasukkan ke dalam perencanaan sebagai strategi marketing untuk menarik minat konsumen. Untuk mengetahui seberapa berhasil rencana perusahaan, lakukan pengukuran kesuksesan atau tes sederhana untuk menguji strategi tersebut. Hasilnya dapat digunakan sebagai dasar perencanaan selanjutnya yang cocok dan relevan dengan kebutuhan target pasar perusahaan.

Sebagai contohnya :
Perusahaan Travel Agent Panorama Tours yang tetap bisa bertahan sampai saat ini karena telah beralih strategi pemasarannya dari perusahaan fisik ke strategi pemasaran online yang disebut travel management company, leisure and retail travel management, corporate incentives tours, online travel. Sehingga seberapapun keras persaingan yang dihadapi saat era digital ini Panorama Tours masih tetap eksis, walaupun saat ini banyak bermunculannya agen-agen traveling online yang berpromosi lewat aplikasi seperti traveloka, pagoda, pegi-pegi dan lain sebagainya, Panorama Tours tetap bisa menghadapi persaingan itu dengan ikut melakukan kegiatan pemasaran online serta meluaskan bisang usaha Travel Agent nya diantaranya travel management company, leisure and retail travel management dan lain sebagainya.

Panorama Tours tumbuh dan menjadi pemimpin pasar nasional dalam masa dekade pertama beroperasi. Menjadi perusahaan manajemen perjalanan dan wisata yang telah memenangkan berbagai penghargaan melalui inovasi dan perluasan ekspansi yaitu: Adikarya Wisata 2010, enam penghargaan IMAC selama 2008-2013, dua penghargaan Indonesia Tourism Award, tujuh rekor MURI dan ratusan penghargaan lainnya dari pemerintah, dewan pariwisata, lembaga independen, dsb, membuktikan bahwa Panorama Tours telah menjadi pemain kuat dalam industri pariwisata.

Layanan Panorama Tours mencakup travel management company, leisure and retail travel management, corporate incentives tours, online travel, dokumen perjalanan, waralaba bisnis perjalanan, panorama tours menyediakan one stop solution untuk melayani pelancong bisnis dan pengusaha. Dengan ratusan konsultan perjalanan sekitar 100 titik penjualan di seluruh Indonesia dan kantor regional di Malaysia, Singapura, dan Beijing, Panorama tours memberikan pelayanan untuk pelanggan lokal dan asing.

Unit bisnis dari travel management berfokus pada perusahaan dan Free Individual Travel (FIT) untuk memenuhi pasar yang sedang berkembang. Sebagai one stop travel solution, Corporate Business Development (CBD) memiliki lebih dari seribu corporate accounts dan mengukuhkan posisi sebagai salah satu agen perjalanan perusahaan terkemuka di Indonesia. Didukung oleh teknologi terbaru, state-of-art system dan tim profesional call centre yang memberikan bantuan 24 jam untuk melayani pelanggan perusahaan. Sementara, FIT Business Development (FBD) mengelola produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan retail dan perusahaan. FBD menawarkan tiket pesawat, tiket transportasi antar kota, hotel, perjalanan kapal pesiar, land arrangement, tiket masuk berbagai tempat wisata, paket bulan madu, paket perjalanan mewah, paket tiket dan hotel, dan juga tiket box dan tur dalam kota yang diperuntukkan bagi pelancong individu.FBD juga memperluas jaringannya secara online melalui e-commerce, website, dan sosial media.

Sekian dan terima kasih.

Sumber :
Ginting, Ginta. 2018. EKMA4568. Pemasaran jasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Simamora, Bilson. 2019. EKMA4475. Pemasaran Strategik (BMP). Jakarta: Universitas Terbuka
https://www.panorama-jtb.com. Diakses tanggal 26 Oktober 2020
https://www.xendit.co/id/blog/inilah-4-tips-strategi-marketing-untuk-bisnis-tour-dan-travel/

Diskusi 5 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4475 – Pemasaran Strategik 4.5 5 Bank soal UT Wednesday, January 24, 2024 Diskusi 5 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4475 – Pemasaran Strategik Diskusi 5 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4475 – Pemasaran Strategik Pertanyaan Diskusi.5 Pemasaran Strategik EKMA4475 Jika Anda adalah “KO...



No comments:

Post a Comment