Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4366 Pengembangan SDM
EKMA4366 Pengembangan SDM
|
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1) Berikut ini adalah pengertian pengembangan SDM yaitu ....
A. aktivitas pembelajar yang sistematis dalam organisasi untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan organisasi
B. aktivitas pembelajaran yang terorganisir dalam organisasi untuk perbaikan kinerja dan/atau pertumbuhan pribadi dalam organisasi
C. upaya meningkatkan motivasi, sikap, kualitas dan kapabilitas individu dalam organisasi
D. upaya mendorong etos kerja setiap karyawan agar mampu melaksanakan tugas dengan efektif dan optimal
Jawab
C. upaya meningkatkan motivasi, sikap, kualitas dan kapabilitas individu dalam organisasi
Pengembangan SDM adalah
1) aktivitas pembelajaran yang terorganisir dalam organisasi dalam rangka perbaikan kinerja dan/atau pertumbuhan pribadi dengan tujuan meningkatkan pekerjaan, individual dan/atau organisasi,
2) pengembangan SDM meliputi bidang-bidang pelatihan dan pengembangan, pengembangan karier, dan pengembangan organisasi. Hal ini berkaitan dengan manajemen SDM, suatu bidang yang meliputi riset dan sistem informasi SDM, hubungan industrial, pembinaan karyawan, kompensasi dan benefit, seleksi dan penempatan staf, sistem manajemen kinerja, perencanaan SDM dan desain jabatan/organisasi.
C. upaya meningkatkan motivasi, sikap, kualitas dan kapabilitas individu dalam organisasi
Pengembangan SDM adalah
1) aktivitas pembelajaran yang terorganisir dalam organisasi dalam rangka perbaikan kinerja dan/atau pertumbuhan pribadi dengan tujuan meningkatkan pekerjaan, individual dan/atau organisasi,
2) pengembangan SDM meliputi bidang-bidang pelatihan dan pengembangan, pengembangan karier, dan pengembangan organisasi. Hal ini berkaitan dengan manajemen SDM, suatu bidang yang meliputi riset dan sistem informasi SDM, hubungan industrial, pembinaan karyawan, kompensasi dan benefit, seleksi dan penempatan staf, sistem manajemen kinerja, perencanaan SDM dan desain jabatan/organisasi.
2) Fokus utama pengembangan SDM adalah ....
A. perluasan pendayagunaan modal manusia (human capital) baik pada level organisasi maupun level regional dan nasional.
B. aktivitas pembelajar yang sistematis dalam organisasi untuk meningkatkan produktivitas dan laba perusahaan jangka waktu
C. upaya meningkatkan motivasi, sikap dan kapabilitas individu dalam organisasi
D. mengembangkan tenaga kerja unggul sehingga organisasi dan karyawan secara individual dapat melaksanakan pekerjaannya dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
Jawab
D. mengembangkan tenaga kerja unggul sehingga organisasi dan karyawan secara individual dapat melaksanakan pekerjaannya dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
Fokus utama pengembangan SDM adalah mengembangkan tenaga kerja unggul sehingga organisasi dan karyawan secara individual dapat melaksanakan pekerjaannya dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
D. mengembangkan tenaga kerja unggul sehingga organisasi dan karyawan secara individual dapat melaksanakan pekerjaannya dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
Fokus utama pengembangan SDM adalah mengembangkan tenaga kerja unggul sehingga organisasi dan karyawan secara individual dapat melaksanakan pekerjaannya dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
3) Bidang-bidang utama pengembangan SDM berdasarkan kajian ASTD (American Society for Training and Development) adalah ....
A. pelatihan dan pengembangan, pengembangan organisasi dan pengembangan karier
B. pelatihan dan pengembangan, organisasi belajar dan manajemen perubahan
C. pendidikan formal, pembelajaran berkelanjutan dan perbaikan kinerja serta produktivitas kerja
D. pembelajaran berkelanjutan, pengembangan karier dan peningkatan produktivitas kerja
Jawab
A. pelatihan dan pengembangan, pengembangan organisasi dan pengembangan karier
Berdasarkan kajian American Society for Training and Development (ASTD) dalam Craig (1996), pengembangan SDM sebagai pendayagunaan pelatihan dan pengembangan, pengembangan organisasi dan pengembangan karier secara terintegrasi untuk memperbaiki efektivitas individual, kelompok, dan organisasional.
A. pelatihan dan pengembangan, pengembangan organisasi dan pengembangan karier
Berdasarkan kajian American Society for Training and Development (ASTD) dalam Craig (1996), pengembangan SDM sebagai pendayagunaan pelatihan dan pengembangan, pengembangan organisasi dan pengembangan karier secara terintegrasi untuk memperbaiki efektivitas individual, kelompok, dan organisasional.
4) Pengembangan SDM terfokus pada tujuan meningkatkan potensi seseorang dalam segala aspek melalui belajar sepanjang hayat dari Craig. Komponen utama dari pengertian ini adalah ....
A. kinerja manusia.
B. kinerja organisasi
C. belajar orang dewasa
D. iklim belajar dan peningkatan kinerja
Jawab
A. kinerja manusia.
A. kinerja manusia.
5) Marquardt dan Engel menyatakan keterampilan pengembangan SDM meliputi mengembangkan iklim belajar, desain program pelatihan, transfer informasi dan pengalaman, penilaian hasil, penyediaan konseling karier, menciptakan perubahan organisasi dan penyesuaian materi belajar. Komponen utama dari pengertian ini adalah ....
A. kinerja manusia.
B. kinerja organisasi
C. belajar orang dewasa
D. iklim belajar dan perbaikan kinerja
Jawab
D. iklim belajar dan perbaikan kinerja.
D. iklim belajar dan perbaikan kinerja.
6) Menurut Chalofsky dan Lincoln, pengembangan SDM adalah studi bagaimana seseorang dan kelompok dalam suatu organisasi dapat berubah melalui pembelajaran. Komponen utama dari pengertian ini adalah ....
A. kinerja manusia.
B. kinerja organisasi
C. belajar orang dewasa
D. iklim belajar dan perbaikan kinerja
Jawab
C. belajar orang dewasa.
C. belajar orang dewasa.
7) Swanson menyatakan pengembangan SDM adalah proses meningkatkan kinerja organisasi melalui kemampuan-kemampuan individu dalam organisasi. Komponen utama dari pengertian ini adalah ....
A. kinerja manusia.
B. kinerja organisasi
C. belajar orang dewasa
D. iklim belajar dan perbaikan kinerja
Jawab
B. kinerja organisasi
B. kinerja organisasi
8) Program pengembangan SDM dalam suatu organisasi dapat berbentuk formal, dengan kegiatan-kegiatan, seperti pelatihan secara klasikal, perkuliahan dan upaya perubahan terencana dalam organisasi. Selain itu, pengembangan SDM dapat berbentuk informal, seperti pembinaan karyawan oleh manajer, seperti ....
A. perkuliahan.
B. pembinaan manajer
C. konseling keluarga
D. rekreasi
Jawab
B. pembinaan manajer
B. pembinaan manajer
9) Upaya yang sistematis untuk mengalihkan pengetahuan atau keterampilan dari seseorang yang tahu dan mampu melakukan kepada seseorang yang tidak tahu dan tidak mampu melakukan adalah ....
A. pendidikan
B. pelatihan
C. pengembangan
D. pembelajaran
Jawab
B. pelatihan
Pelatihan (training), yaitu suatu upaya yang sistematis untuk mengalihkan pengetahuan atau keterampilan dari seseorang yang tahu dan dapat melakukan kepada seseorang yang tidak tahu dan tidak dapat melakukan.
B. pelatihan
Pelatihan (training), yaitu suatu upaya yang sistematis untuk mengalihkan pengetahuan atau keterampilan dari seseorang yang tahu dan dapat melakukan kepada seseorang yang tidak tahu dan tidak dapat melakukan.
10) Suatu proses jangka panjang yang dirancang untuk meningkatkan potensi dan efektivitas kinerja masa akan datang adalah ....
A. pendidikan
B. pelatihan
C. pengembangan
D. pembelajaran
Jawab
C. pengembangan
C. pengembangan
11) Tujuan pengembangan SDM menurut Lawrence adalah ….
A. mendorong dan mempercepat pemberdayaan SDM melalui strategi dan program pendidikan, pelatihan dan pengembangan serta perubahan terencana
B. mendorong dan mempercepat perubahan organisasi melalui kebijakan organisasi belajar, kepemimpinan dan komunikasi
terbuka antara manajer dan karyawan
C. mendorong dan mempercepat pendayagunaan SDM melalui kebijakan yang jelas dan kohesif di bidang pendidikan, pelatihan, kesehatan dan ketenagakerjaan
D. mendorong perbaikan kualitas hidup serta iklim kerja dan iklim belajar yang lebih kondusif bagi karyawan
Jawab
C. mendorong dan mempercepat pendayagunaan SDM melalui kebijakan yang jelas dan kohesif di bidang pendidikan, pelatihan, kesehatan dan ketenagakerjaan
Tujuan pengembangan SDM menurut Lawrence (2000) adalah untuk mendorong dan mempercepat pendayagunaan SDM melalui kebijakan yang jelas dan kohesif dalam bidang pendidikan, pelatihan dan kesehatan serta ketenagakerjaan pada semua jenjang baik skala organisasi maupun skala nasional.
C. mendorong dan mempercepat pendayagunaan SDM melalui kebijakan yang jelas dan kohesif di bidang pendidikan, pelatihan, kesehatan dan ketenagakerjaan
Tujuan pengembangan SDM menurut Lawrence (2000) adalah untuk mendorong dan mempercepat pendayagunaan SDM melalui kebijakan yang jelas dan kohesif dalam bidang pendidikan, pelatihan dan kesehatan serta ketenagakerjaan pada semua jenjang baik skala organisasi maupun skala nasional.
12) Upaya mendorong dan menetapkan prioritas pada pembelajaran dengan memperhatikan aspek-aspek yang memberikan kontribusi langsung pada tujuan organisasi termasuk gagasan utama yaitu ….
A. mengaitkan pengembangan SDM dengan tujuan organisasi
B. fokus pada organisasi belajar
C. perbaikan komunikasi
D. mengaitkan pembelajaran dengan pekerjaan
Jawab
A. mengaitkan pengembangan SDM dengan tujuan organisasi
A. mengaitkan pengembangan SDM dengan tujuan organisasi
13) Aktivitas yang diarahkan pada belajar melalui proses dan belajar dari kesalahan termasuk gagasan utama yaitu ....
A. mengaitkan pengembangan SDM dengan tujuan organisasi
B. fokus pada organisasi belajar
C. perbaikan komunikasi
D. mengaitkan pembelajaran dengan pekerjaan
Jawab
B. fokus pada organisasi belajar
Fokus pada organisasi belajar, yaitu fokus diarahkan pada belajar dari proses dan belajar dari kesalahan.
B. fokus pada organisasi belajar
Fokus pada organisasi belajar, yaitu fokus diarahkan pada belajar dari proses dan belajar dari kesalahan.
14) Pertimbangan tentang apa yang ingin dipelajari? Apa yang ingin dilakukan dengan pembelajaran di tempat kerja? Kendala apa yang akan dihadapi? Dan apakah dibutuhkan bantuan untuk menerapkan pembelajaran, termasuk gagasan utama yaitu ....
A. mengaitkan pengembangan SDM dengan tujuan organisasi
B. fokus pada organisasi belajar
C. perbaikan komunikasi
D. mengaitkan pembelajaran dengan pekerjaan
Jawab
D. mengaitkan pembelajaran dengan pekerjaan
Menghubungkan pembelajaran dengan pekerjaan, yaitu kritik terhadap pelatihan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Untuk itu perlu dipertimbangkan, yaitu Apa yang ingin Anda pelajari? Apa yang ingin Anda lakukan dengan pembelajaran baru jika kembali ke tempat kerja? Kendala apa yang akan Anda hadapi? dan Apakah Anda membutuhkan bantuan untuk menerapkan pembelajaran?
D. mengaitkan pembelajaran dengan pekerjaan
Menghubungkan pembelajaran dengan pekerjaan, yaitu kritik terhadap pelatihan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Untuk itu perlu dipertimbangkan, yaitu Apa yang ingin Anda pelajari? Apa yang ingin Anda lakukan dengan pembelajaran baru jika kembali ke tempat kerja? Kendala apa yang akan Anda hadapi? dan Apakah Anda membutuhkan bantuan untuk menerapkan pembelajaran?
15) Prinsip-prinsip yang menjadi pedoman dalam praktek pengembangan SDM di dalam organisasi adalah ....
A. berdasarkan pada kepuasan dan harapan dari stakeholder
B. berorientasi pada proses dan perbaikan mutu berkelanjutan
C. meningkatkan daya saing
D. perubahan terencana
Jawab
A. berdasarkan pada kepuasan dan harapan dari stakeholder
Gilley dan Maycunich dalam Swanson dan Holton III (2001) mengungkapkan prinsip-prinsip yang menjadi pedoman dalam praktek pengembangan SDM sebagai berikut.
a. Mengintegrasikan disiplin teori eklektik.
b. Berdasarkan pada kepuasan dan harapan dari stakeholder.
c. Cepat tanggap dan bertanggung jawab.
d. Menggunakan evaluasi sebagai proses perbaikan berkelanjutan.
e. Dirancang untuk meningkatkan efektivitas organisasi.
f. Tergantung pada peta hubungan untuk meningkatkan efisiensi operasional.
g. Dihubungkan dengan sasaran dan tujuan bisnis yang strategis, organisasi.
h. Berdasarkan kemitraan.
i. Berorientasi pada hasil.
j. Mementingkan kredibilitas.
k. Memanfaatkan rencana strategis untuk membantu organisasi mengintegrasikan visi, misi, strategi dan praktek.
l. Tergantung pada proses analisis untuk mengidentifikasi prioritas.
m. Berdasarkan pada tujuan dan ukuran yang jelas.
n. Mendorong keragaman dan keadilan di tempat kerja.
A. berdasarkan pada kepuasan dan harapan dari stakeholder
Gilley dan Maycunich dalam Swanson dan Holton III (2001) mengungkapkan prinsip-prinsip yang menjadi pedoman dalam praktek pengembangan SDM sebagai berikut.
a. Mengintegrasikan disiplin teori eklektik.
b. Berdasarkan pada kepuasan dan harapan dari stakeholder.
c. Cepat tanggap dan bertanggung jawab.
d. Menggunakan evaluasi sebagai proses perbaikan berkelanjutan.
e. Dirancang untuk meningkatkan efektivitas organisasi.
f. Tergantung pada peta hubungan untuk meningkatkan efisiensi operasional.
g. Dihubungkan dengan sasaran dan tujuan bisnis yang strategis, organisasi.
h. Berdasarkan kemitraan.
i. Berorientasi pada hasil.
j. Mementingkan kredibilitas.
k. Memanfaatkan rencana strategis untuk membantu organisasi mengintegrasikan visi, misi, strategi dan praktek.
l. Tergantung pada proses analisis untuk mengidentifikasi prioritas.
m. Berdasarkan pada tujuan dan ukuran yang jelas.
n. Mendorong keragaman dan keadilan di tempat kerja.
16) Proses pengembangan SDM (HRD) yang sistematis dan terintegrasi adalah ....
A. analisis-desain-pengembangan
B. proposal-analisis-pengembangan-implementasi-assesmen
C. analisis-proposal-kreasi-implementasi-assesmen
D. kontrak-diagnosis-perencanaan-pengembangan-revisi
Jawab
A. analisis-desain-pengembangan
A. analisis-desain-pengembangan
17) Aktivitas menentukan kesenjangan kinerja yang ada dengan kinerja yang dimiliki karyawan dalam pengembangan SDM termasuk dalam tahap/langkah yaitu ....
A. analisis
B. desain
C. pengembangan
D. evaluasi
Jawab
A. analisis
Menganalisis kebutuhan kinerja yang terdapat di dalam organisasi. Sebelum mengadakan pelatihan, kita seharusnya menganalisis kesenjangan apa yang ada, yang tidak dimiliki oleh para karyawan, sementara hal tersebut dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan dan kinerja karyawan. Proses analisis ini sangat membantu kita untuk membuat sebuah program pelatihan, karena kita akan membuat pelatihan yang tepat sasaran, efektif, dan efisien. Sehingga ke depan kita dapat memperbaiki kinerja para karyawan pada sebuah perusahaan.
A. analisis
Menganalisis kebutuhan kinerja yang terdapat di dalam organisasi. Sebelum mengadakan pelatihan, kita seharusnya menganalisis kesenjangan apa yang ada, yang tidak dimiliki oleh para karyawan, sementara hal tersebut dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan dan kinerja karyawan. Proses analisis ini sangat membantu kita untuk membuat sebuah program pelatihan, karena kita akan membuat pelatihan yang tepat sasaran, efektif, dan efisien. Sehingga ke depan kita dapat memperbaiki kinerja para karyawan pada sebuah perusahaan.
18) Aktivitas menyusun program pelatihan, menyiapkan materi dan instruktur serta uji coba program termasuk dalam tahap ....
A. analisis
B. desain
C. pengembangan
D. evaluasi
Jawab
C. pengembangan
Langkah 3: Pengembangan
Setelah mendapatkan desain dan strategi-strategi yang dibutuhkan, selanjutnya adalah tahap pengembangan. Kita harus mengembangkan segala jenis desain yang telah dirancang, baik dalam unsur peserta, materi, serta instruktur yang dibutuhkan dalam proses pelatihan tersebut. Hal ini ditujukan agar hasil yang akan dicapai lebih optimal. Jika tidak ada proses pengembangan, maka pelatihan akan bersifat statis.
C. pengembangan
Langkah 3: Pengembangan
Setelah mendapatkan desain dan strategi-strategi yang dibutuhkan, selanjutnya adalah tahap pengembangan. Kita harus mengembangkan segala jenis desain yang telah dirancang, baik dalam unsur peserta, materi, serta instruktur yang dibutuhkan dalam proses pelatihan tersebut. Hal ini ditujukan agar hasil yang akan dicapai lebih optimal. Jika tidak ada proses pengembangan, maka pelatihan akan bersifat statis.
19) Faktor penentu dalam pengembangan SDM seperti demografi, keragaman, kualifikasi dan keterampilan termasuk dalam ....
A. tren utama.
B. struktur
C. respons individu
D. metode rekrutmen
Jawab
A. tren utama
Untuk mengetahui lingkungan usaha organisasi, maka 3 (tiga) tren utama yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut.
a. Demografi, yaitu karakteristik populasi/tenaga kerja, contoh usia, jenis kelamin atau status sosial. Hal ini mungkin akan berhubungan dengan tunjangan pensiun, paket asuransi.b. Diversitas, yaitu variasi dalam populasi/tenaga kerja, contoh suku,
gender dan jenis kelamin.
c. Kualifikasi dan keterampilan, yaitu tingkat keterampilan tinggi untuk memenuhi kebutuhan industri yang modern.
A. tren utama
Untuk mengetahui lingkungan usaha organisasi, maka 3 (tiga) tren utama yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut.
a. Demografi, yaitu karakteristik populasi/tenaga kerja, contoh usia, jenis kelamin atau status sosial. Hal ini mungkin akan berhubungan dengan tunjangan pensiun, paket asuransi.b. Diversitas, yaitu variasi dalam populasi/tenaga kerja, contoh suku,
gender dan jenis kelamin.
c. Kualifikasi dan keterampilan, yaitu tingkat keterampilan tinggi untuk memenuhi kebutuhan industri yang modern.
20) Sebaran Geografi, norma dan nilai karier serta perbedaan usia generasi termasuk faktor penentu dalam pengembangan SDM yaitu ....
A. tren utama
B. struktur
C. respons individu
D. metode rekrutmen
Jawab
C. respons individu
Respons Individu Untuk mengetahui bagaimana respons individu terhadap perubahan dalam pasar tenaga kerja, perlu dipahami.
a. Sebaran Geografi, yaitu seberapa jauh lokasi tinggal karyawan dari tempat kerja? Jarak yang jauh membutuhkan transportasi dan fasilitas sebagai biaya yang harus dikeluarkan.
b. Struktur Jabatan, yaitu norma-norma dan nilai-nilai dari perbedaan karier dalam organisasi.
c. Perbedaan Generasi, yaitu kategori perbedaan usia dari karyawan yang memiliki karakteristik tertentu, misalnya perilaku dan harapannya terhadap organisasi.
C. respons individu
Respons Individu Untuk mengetahui bagaimana respons individu terhadap perubahan dalam pasar tenaga kerja, perlu dipahami.
a. Sebaran Geografi, yaitu seberapa jauh lokasi tinggal karyawan dari tempat kerja? Jarak yang jauh membutuhkan transportasi dan fasilitas sebagai biaya yang harus dikeluarkan.
b. Struktur Jabatan, yaitu norma-norma dan nilai-nilai dari perbedaan karier dalam organisasi.
c. Perbedaan Generasi, yaitu kategori perbedaan usia dari karyawan yang memiliki karakteristik tertentu, misalnya perilaku dan harapannya terhadap organisasi.
21) Keunggulan kompetitif Canon sehingga tetap bertahan .…
A. Membentuk task force
B. Mengindentifikasi kompetensi inti
C. Melahirkan karyawan yang inovatif
D. Memiliki modal dan teknologi
Jawab
B. Mengindentifikasi kompetensi inti
B. Mengindentifikasi kompetensi inti
22) Faktor penentu keberhasilan perusahaan Canon terutama di bidang pengembangan SDM .…
A. Menciptakan system pengembangan kompetensi internal
B. Bergerak menjadi organisasi pebelajar
C. Memnfaatkan secara optimal pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman individu
D. Semua jawaban diatas benar
Jawab
D. Semua jawaban diatas benar
D. Semua jawaban diatas benar
23) Manajemen perusahaan Bosch mengukur kontribusi pelatihan terhadap kinerja individu dan organisasi dengan cara .…
A. Proses review kinerja dan gaji
B. Mereview prestasi kerja dan kinerja serta mengajukan perbaikan gaji yang memadai
C. Proses review pelatihan dan pengembangan
D. Semua jawaban benar
Jawab
D. Semua jawaban benar
Pendekatan pelatihan dan pengembangan yang penting di Bosch adalah penggunaan proses diagnostik terstruktur formal. Mekanisme diagnostik dan evaluasi difokuskan pada efektivitas dan kinerja individu, yaitu:
1. proses review kinerja dan gaji;
2. me-review prestasi kerja dan kinerja serta mengajukan perbaikan gaji yang memadai;
3. proses review pelatihan dan pengembangan.
D. Semua jawaban benar
Pendekatan pelatihan dan pengembangan yang penting di Bosch adalah penggunaan proses diagnostik terstruktur formal. Mekanisme diagnostik dan evaluasi difokuskan pada efektivitas dan kinerja individu, yaitu:
1. proses review kinerja dan gaji;
2. me-review prestasi kerja dan kinerja serta mengajukan perbaikan gaji yang memadai;
3. proses review pelatihan dan pengembangan.
24) Keberhasilan organisasi dalam jangka panjang ditentukan oleh .…
A. Modal
B. Teknologi
C. Infrastruktur
D. Faktor intangible
Jawab
D. Faktor intangible
Berdasarkan studi kasus dapat disimpulkan bahwa keberhasilan organisasi dalam jangka panjang bukan ditentukan oleh modal, teknologi dan infrastruktur, melainkan ditentukan oleh faktor-faktor intangible seperti merek, kepuasan pelanggan, perbaikan proses berkelanjutan, karyawan inovatif.
D. Faktor intangible
Berdasarkan studi kasus dapat disimpulkan bahwa keberhasilan organisasi dalam jangka panjang bukan ditentukan oleh modal, teknologi dan infrastruktur, melainkan ditentukan oleh faktor-faktor intangible seperti merek, kepuasan pelanggan, perbaikan proses berkelanjutan, karyawan inovatif.
25) Proses review pada pelatihan dan pengembangan melibatkan ….
A. Individu karyawan
B. Manajer
C. Profesional PSDM
D. Semua pihak yang disebutkan di atas
Jawab
D. Semua pihak yang disebutkan di atas
Proses review pelatihan dan pengembangan adalah partisipasi semua pihak seperti individu karyawan, manajer dan ahli pelatihan dalam proses review. Hal ini menunjukkan bahwa pertimbangan profesional dari staf pelatihan yang selaras dengan kebutuhan operasional perusahaan yang telah ditetapkan.
D. Semua pihak yang disebutkan di atas
Proses review pelatihan dan pengembangan adalah partisipasi semua pihak seperti individu karyawan, manajer dan ahli pelatihan dalam proses review. Hal ini menunjukkan bahwa pertimbangan profesional dari staf pelatihan yang selaras dengan kebutuhan operasional perusahaan yang telah ditetapkan.
Kerjakanlah latihan berikut!
1) Jelaskan perbedaan antara pelatihan, pendidikan, dan pengembangan!
Jawab
Yang dimaksudkan dengan Pelatihan adalah upaya untuk mentransfer pengetahuan dari orang yang „tahu dan dapat melakukan‟ kepada orang yang tidak tahu dan tidak dapat melakukan. Sedangkan Pendidikan merupakan pembelajaran yang terencana dan terstruktur yang bertujuan untuk mengembangkan wawasan. Adapun Pengembangan SDM adalah suatu upaya yang terintegrasi dan menyeluruh untuk mengubah pekerjaan yang berkaitan dengan perilaku dengan menggunakan strategi dan teknik pembelajaran.
Yang dimaksudkan dengan Pelatihan adalah upaya untuk mentransfer pengetahuan dari orang yang „tahu dan dapat melakukan‟ kepada orang yang tidak tahu dan tidak dapat melakukan. Sedangkan Pendidikan merupakan pembelajaran yang terencana dan terstruktur yang bertujuan untuk mengembangkan wawasan. Adapun Pengembangan SDM adalah suatu upaya yang terintegrasi dan menyeluruh untuk mengubah pekerjaan yang berkaitan dengan perilaku dengan menggunakan strategi dan teknik pembelajaran.
2) Apakah tujuan pengembangan SDM?
Jawab
Tujuan pengembangan SDM menurut Lawrence (2000) adalah untuk mendorong dan mempercepat pendayagunaan SDM melalui kebijakan yang jelas dan kohesif dalam bidang pendidikan, pelatihan dan kesehatan serta ketenagakerjaan pada semua jenjang baik skala organisasi maupun skala nasional. Sedangkan Ronald R. Sims (2006) berpendapat bahwa tujuan pengembangan SDM adalah untuk meningkatkan kinerja, sehingga aktivitas pengembangan SDM seharusnya dirancang dengan menggunakan informasi analisis jabatan yang berkaitan dengan apa yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan pengembangan SDM adalah meningkatkan kinerja organisasi dengan memaksimalkan efisiensi dan kinerja karyawan melalui pengembangan pengetahuan danketerampilan, tindakan dan standar, motivasi, insentif, sikap dan lingkungan kerja.
Tujuan pengembangan SDM menurut Lawrence (2000) adalah untuk mendorong dan mempercepat pendayagunaan SDM melalui kebijakan yang jelas dan kohesif dalam bidang pendidikan, pelatihan dan kesehatan serta ketenagakerjaan pada semua jenjang baik skala organisasi maupun skala nasional. Sedangkan Ronald R. Sims (2006) berpendapat bahwa tujuan pengembangan SDM adalah untuk meningkatkan kinerja, sehingga aktivitas pengembangan SDM seharusnya dirancang dengan menggunakan informasi analisis jabatan yang berkaitan dengan apa yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan pengembangan SDM adalah meningkatkan kinerja organisasi dengan memaksimalkan efisiensi dan kinerja karyawan melalui pengembangan pengetahuan danketerampilan, tindakan dan standar, motivasi, insentif, sikap dan lingkungan kerja.
3) Bagaimana proses pengembangan SDM?
Jawab
Pengembangan SDM sebagai sebuah proses bahwa pengembangan SDM dipandang sebagai suatu fungsi organisasional, departemen, dan pekerjaan meliputi proses pelatihan dan pengembangan, proses pengembangan sistem pembelajaran dan proses pelatihan untuk sistem kinerja.
Pengembangan SDM sebagai sebuah proses bahwa pengembangan SDM dipandang sebagai suatu fungsi organisasional, departemen, dan pekerjaan meliputi proses pelatihan dan pengembangan, proses pengembangan sistem pembelajaran dan proses pelatihan untuk sistem kinerja.
No comments:
Post a Comment