Soal Ujian UT EKMA 4216 Manajemen Pemasaran Beserta Kunci Jawaban
EKMA 4216 Manajemen Pemasaran |
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
A. kebutuhan
B. pertukaran nilai
C. pasar
D. individu
Jawab:
B. pertukaran nilai
B. pertukaran nilai
2. Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan pengkomunikasian nilai pelanggan superior. Yang dimaksud dengan nilai pelanggan superior adalah...
A. pengorbanan dikurangi dengan manfaat.
B. Jawaban Anda salah, seharusnya manfaat dikurangi dengan pengorbanan
C. manfaat kotor sebelum dikurangi pengorbanan pelanggan yang diwujudkan dalam pembayaran
D. manfaat bersih suatu produk (setelah dikurangi dengan pengorbanan pelanggan), yang lebih baik dibanding pesaing
Jawab:
D. manfaat bersih suatu produk (setelah dikurangi dengan pengorbanan pelanggan), yang lebih baik dibanding pesaing
D. manfaat bersih suatu produk (setelah dikurangi dengan pengorbanan pelanggan), yang lebih baik dibanding pesaing
3. Peran pemasaran dalam perusahaan pada jenjang operasional atau fungsional adalah ....
A. memutuskan kapan dan bagaimana cara melakukan kemitraan
B. menentukan bagaimana melakukan persaingan
C. didasarkan pada bauran pemasaran
D. mengkampanyekan orientasi pelanggan
Jawab:
C. didasarkan pada bauran pemasaran
C. didasarkan pada bauran pemasaran
4. Dalam pelakasanaan konsep pemasaran sebagai filosofi bisnis, pemasar melakukan koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran untuk tercapainya ....
A. kepuasan pelanggan
B. keuntungan jangka pendek perusahaan
C. kepuasan personil produksi dan pemasaran
D. harga lebih murah dibanding pesaing
Jawab:
A. kepuasan pelanggan
A. kepuasan pelanggan
5. Tanggung jawab manajer pemasaran suatu perusahaan dalam upaya membangun keterhubungan dengan pelanggan antara lain.. ..
A. penciptaan nilai pelanggan inferior
B. penolakan aktivitas retensi pelanggan
C. penciptaan laba jangka pendek perusahaan
D. fokus pada upaya penciptaan kepuasan pelanggan
Jawab:
D. fokus pada upaya penciptaan kepuasan pelanggan
D. fokus pada upaya penciptaan kepuasan pelanggan
6. Pemasaran yang dilakukan di dalam organisasi, khususnya oleh pimpinan kepada karyawan merupakan lingkup aktivitas konsep pemasaran holistik pada komponen ....
A. pemasaran internal
B. pemasaran tanggungjawab sosial
C. pemasaran terintegrasi
D. pemasaran keterhubungan
Jawab:
A. pemasaran internal
A. pemasaran internal
7. Tugas pemasar tidaklah mudah. Pemasar perlu memperhatikan lingkungan makro ekstern, salah satunya perlu mengetahui bagaimana cara hidup, keyakinan dan kesenangan calon konsumen sebagai bagian dari faktor....
A. sosial dan budaya
B. perekonomian
C. demografi
D. politik dan hukum
Jawab:
A. sosial dan budaya
A. sosial dan budaya
8. Proses manajemen pemasaran merupakan proses penyampaian nilai yang memberikan gambaran tentang tahapan-tahapan yang dilakukan oleh pemasar dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar atau pelanggan sasaran. Proses penyampaian nilai itu digambarkan dalam bentuk berbagai aktivitas yang ...
A. dimulai dari pengukuran hasil dan diakhiri dengan implementasi rencana pemasaran
B. dimulai dari penganalisisan peluang pemasaran dan berakhir pada pengendalian pemasaran
C. terdiri dari proses identifikasi kendala dalam mencapai tujuan
D. terfokus pada proses penyusunan perencanaan strategis tanpa memperhatikan lingkungan eksternal
Jawab:
B. dimulai dari penganalisisan peluang pemasaran dan berakhir pada pengendalian pemasaran
B. dimulai dari penganalisisan peluang pemasaran dan berakhir pada pengendalian pemasaran
9. Tahap pertama yang perlu dilakukan manajemen dalam proses perencanaan strategis adalah ....
A. memilih strategi dan taktik
B. mengevaluasi hasil
C. menetapkan tujuan
D. menganalisis situasi bisnis
Jawab:
D. menganalisis situasi bisnis
D. menganalisis situasi bisnis
10. Salah satu masalah pokok yang digunakan untuk mengembangkan program pemasaran adalah ....
A. terbatasnya jumlah pegawai yang kompeten
B. bagaimana perusahaan mengalokasikan anggaran pada masing-masing alat bauran pemasaran
C. mengidentifikasi target penjualan pesaing
D. tingkat kesadaran masyarakat terhadap produk perusahaan
Jawab:
B. bagaimana perusahaan mengalokasikan anggaran pada masing-masing alat bauran pemasaran
B. bagaimana perusahaan mengalokasikan anggaran pada masing-masing alat bauran pemasaran
11. Memilih pelanggan sasaran, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginannya, serta menetapkan bauran pemasaran yang sesuai merupakan contoh implementasi fungsi perencanaan manajemen dari ....
A. taktik
B. strategi
C. tujuan
D. sasaran
Jawab:
B. strategi
B. strategi
12. Strategi yang dapat ditempuh perusahaan bila ingin mempunyai posisi yang kuat pada satu segmen saja merupakan strategi ....
A. konsentrasi segmen tunggal
B. konsentrasi segmen ganda
C. memasuki pasar
D. bauran pemasaran
Jawab:
A. konsentrasi segmen tunggal
A. konsentrasi segmen tunggal
13. Salah satu faktor demografis pribadi yang dapat dipakai untuk mensegmentasikan pasar konsumen yaitu ....
A. biaya hidup
B. jenis kelamin
C. kepribadian
D. kelas sosial
Jawab:
B. jenis kelamin
B. jenis kelamin
14. Jika Anda membeli barang dan jasa untuk dijual kembali guna memperoleh laba maka Anda tergolong dalam kelompok....
A. pasar internasional
B. pasar bisnis
C. pasar penjual
D. pasar pemerintah
Jawab:
C. pasar penjual
Pasar penjual membeli barang dan jasa untuk dijual kembali guna memperoleh laba
C. pasar penjual
Pasar penjual membeli barang dan jasa untuk dijual kembali guna memperoleh laba
15. Ukuran perusahaan, usia perusahaan, bahasa yang digunakan dan pola pertumbuhan adalah faktor-faktor yang digunakan perusahaan untuk mensegmentasikan ....
A. pasar konsumen
B. produk
C. harga
D. pasar bisnis
Jawab:
D. pasar bisnis
D. pasar bisnis
16. Salah satu persyaratan atau faktor yang harus dipertimbangkan untuk menunjang upaya mensegmentasikan pasar secara efektif adalah ....
A. bahasa yang digunakan
B. segmen pasar yang cukup luas
C. pola pertumbuhan
D. jenis industri
Jawab:
B. segmen pasar yang cukup luas
B. segmen pasar yang cukup luas
17. Apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menerapkan strategi penentuan sasaran pasar undifferentiated marketing?
A. mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli dengan membagi pasar ke dalam dua segmen
B. berusaha meninjau pasar secara keseluruhan dan mengembangkan satu macam produk untuk memenuhi keinginan semuanya
C. memusatkan pemasaran pada satu atau beberapa kelompok pembeli saja
D. membuat produk dan program pemasaran yang berbeda-beda pada setiap kelompok pembeli yang dilayani
Jawab:
B. berusaha meninjau pasar secara keseluruhan dan mengembangkan satu macam produk untuk memenuhi keinginan semuanya
B. berusaha meninjau pasar secara keseluruhan dan mengembangkan satu macam produk untuk memenuhi keinginan semuanya
18. Konsumen mempunyai preferensi yang sama, baik kualitas maupun harga adalah ciri preferensi .....
A. homogen
B. menyebar
C. mengelompok
D. homogenitas pasar
Jawab:
A. homogen
A. homogen
19. Aktivitas mental dan fisik seseorang yang secara nyata menggunakan barang dan jasa yang dibeli adalah definisi ....
A. perilaku pembelian pelanggan
B. perilaku sosial pembeli
C. perilaku konsumen
D. perilaku pasar
Jawab:
C. perilaku konsumen
C. perilaku konsumen
20. Suatu kelompok dimana seorang pemegang kartu kredit tertentu (gold, platinum) bercita-cita ingin menjadi milik/bagian kelompok pemegang kartu kredit tersebut dinamakan kelompok ....
A. disasosiatif
B. aspirasi
C. keanggotaan
D. asosiasi
Jawab:
B. aspirasi
kelompok aspirasi adalah suatu kelompok dimana seseorang beraspirasi menjadi milik kelompok tersebut
B. aspirasi
kelompok aspirasi adalah suatu kelompok dimana seseorang beraspirasi menjadi milik kelompok tersebut
21. Contoh peluang barang atau jasa yang dapat ditawarkan pemasar pada tahap keluarga sarang penuh I adalah ....
A. lemari es dan kompor
B. makanan bayi dan mainan anak-anak.
C. tabungan dan pelajaran musik
D. barang-barang mewah dan perbaikan rumah
Jawab:
B. makanan bayi dan mainan anak-anak.
B. makanan bayi dan mainan anak-anak.
22. Faktor yang bukan merupakan bagian dari hirarki kebutuhan manusia yang dikemukakan oleh Maslow adalah....
A. kebutuhan harga diri
B. kebutuhan keselamatan
C. kebutuhan sosial
D. kebutuhan mencoba hal baru
Jawab:
D. kebutuhan mencoba hal baru
mencoba hal baru adalah tidak termasuk dalam lima kebutuhan manusia menurut maslow
D. kebutuhan mencoba hal baru
mencoba hal baru adalah tidak termasuk dalam lima kebutuhan manusia menurut maslow
23. Tahapan apa yang akan langsung dilakukan konsumen setelah mencari informasi dalam proses pengambilan keputusan?
A. mengevaluasi berbagai alternatif
B. menentukan kebutuhan dan keinginan
C. membuat keputusan beli
D. mengevaluasi pasca beli
Jawab:
A. mengevaluasi berbagai alternatif
A. mengevaluasi berbagai alternatif
24. Produk yang mempunyai daya penarik rendah tetapi dapat memberikan manfaat yang tinggi kepada konsumen dalam jangka panjang merupakan pengertian produk ....
A. sangat diperlukan
B. spesial
C. shopping
D. bermanfaat
Jawab:D. bermanfaat
produk yang bermanfaat adalah produk yang mempunyai daya penarik rendah tetapi dapat memberikan manfaat yang tinggi kepada konsumen dalam jangka panjang
produk yang bermanfaat adalah produk yang mempunyai daya penarik rendah tetapi dapat memberikan manfaat yang tinggi kepada konsumen dalam jangka panjang
25. Volume penjualan yang mulai melambat pertumbuhannya, dan berada dalam kondisi stabil sebelum akhirnya menurun merupakan deskripsi produk yang berada pada tahap .... dalam daur hidup produk
A. kedewasaan
B. penurunan
C. perkenalan
D. pertumbuhan
Jawab:
A. kedewasaan
A. kedewasaan
26. Kegiatan berikut ini yang bukan merupakan bagian dari tahap pengembangan dan pengujian dalam tahap pengembangan produk baru adalah .....
A. pengujian konsep
B. penilaian laboratorium
C. tes kesukaan konsumen
D. pengujian tentang konsep produk
Jawab:
D. pengujian tentang konsep produk
D. pengujian tentang konsep produk
27. Pengujian pasar sebagai salah satu tahap dalam pengembangan produk baru dianggap sangat penting karena dapat.........
A. memastikan keberhasilan suatu produk baru di masa mendatang
B. mengurangi kerugian finansial dari produk lain
C. menghindari pemutusan hubungan kerja karyawan
D. mengukur reaksi dan dukungan konsumen di daerah pasar tertentu terhadap produk baru dan program pemasaran perusahaan
Jawab:
D. mengukur reaksi dan dukungan konsumen di daerah pasar tertentu terhadap produk baru dan program pemasaran perusahaan
D. mengukur reaksi dan dukungan konsumen di daerah pasar tertentu terhadap produk baru dan program pemasaran perusahaan
28. Pakaian, elektronik, dan perabot rumah tangga merupakan contoh dari produk ….
A. konvenien
B. shopping
C. spesial
D. industrial
Jawab:
B. shopping
B. shopping
29. Sekelompok produk yang dapat memuaskan segolongan kebutuhan tertentu dinamakan ....
A. bauran produk
B. daur hidup merek
C. product item
D. lini produk
Jawab:
D. lini produk
D. lini produk
30. Salah satu contoh produk yang betul-betul baru dan tidak ada produk substitusinya adalah ....
A. obat kanker
B. alat penyimpan data (flash disc) yang sekaligus dapat memutar lagu (MP3)
C. mobil model tahun yang akan datang
D. ponsel dengan fitur koneksi internet
Jawab:
A. obat kanker
A. obat kanker
31. Alasan perusahaan menggunakan strategi profil tinggi dalam tahap perkenalan adalah ....
A. perusahaan menghadapi persaingan potensial dan berusaha membangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnya
B. pasarnya sangat luas
C. mereka yang menginginkan produk tersebut bersedia membayar pada harga yang tinggi
D. perusahaan menghadapi pesaing-pesaing potensial
Jawab:
A. perusahaan menghadapi persaingan potensial dan berusaha membangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnya
A. perusahaan menghadapi persaingan potensial dan berusaha membangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnya
32. Modifikasi pasar dapat dilakukan dengan cara ....
A. menurunkan harga untuk menarik segmen-segmen baru
B. mengadakan periklanan yang lebih menarik atau promosi lain yang lebih agresif
C. perbaikan kualitas produk
D. mencari pembeli baru dan segmen pasar baru
Jawab:
D. mencari pembeli baru dan segmen pasar baru
D. mencari pembeli baru dan segmen pasar baru
33. Strategi utama yang dapat ditempuh perusahaan dalam menawarkan produk yang berada pada tahap perkenalan dalam daur hidup produknya adalah dengan ....
A. modifikasi produk
B. mengadakan perbaikan-perbaikan terhadap produknya
C. meningkatkan kesadaran produk dan memperluas pasar
D. meningkatkan kualitas produk
Jawab:
C. meningkatkan kesadaran produk dan memperluas pasar
C. meningkatkan kesadaran produk dan memperluas pasar
34. Perubahan harga akan mengakibatkan perubahan yang lebih kecil pada volume penjualan merupakan sifat permintaan ....
A. elastis
B. inelastis
C. unitary elasticity
D. inunitary elasticity
Jawab:
B. inelastis
B. inelastis
35. Kondisi dimana beberapa penjual menguasai pasar, sehingga harga yang ditetapkan dapat lebih tinggi merupakan jenis persaingan ....
A. oligopoli
B. persaingan tidak sempurna
C. monopoli
D. monopolistik
Jawab:
A. oligopoli
A. oligopoli
36. Salah satu metode penetapan harga yang bukan berorientasi pada biaya adalah metode penetapan harga....
A. mark-up
B. rate-of-return
C. paritas kompetitif
D. break-even
Jawab:
C. paritas kompetitif
C. paritas kompetitif
37. Keuntungan bagi perusahaan menggunakan perantara adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. mengurangi tugas produsen dalam kegiatan distribusi untuk mencapai konsumen
B. perantara dapat membantu di bidang penyimpanan dengan menyediakan fasilitas-fasilitas penyimpanan
C. membantu pengadministrasian persediaan lokal
D. membantu dalam penyortiran
Jawab:
C. membantu pengadministrasian persediaan lokal
option ini tidak ada kaitannya dengan keuntungan penggunaan perantara
C. membantu pengadministrasian persediaan lokal
option ini tidak ada kaitannya dengan keuntungan penggunaan perantara
38. Semua aktivitas yang secara langsung terkait dengan penjualan barang dan jasa pada konsumen akhir untuk digunakan sendiri, bukan untuk bisnis adalah pengertian dari ....
A. perdagangan eceran
B. pengecer
C. pedagang besar
D. agen
Jawab:
A. perdagangan eceran
A. perdagangan eceran
39. Jenis jasa yang diberikan agen pelengkap bervariasi, misal jasa pembimbingan/konsultasi, bantuan bidang finansial, dan penyediaan informasi. Contoh agen pelengkap yang membantu dalam pengambilan keputusan adalah ....
A. bank
B. radio
C. surat kabar
D. lembaga penelitian
Jawab:
D. lembaga penelitian
D. lembaga penelitian
40. Faktor yang harus dipertimbangkan dari segi barang dalam pemilihan saluran distribusi adalah ....
A. jumlah pembeli potensial
B. jumlah pesanan
C. sumber pembiayaan
D. luasnya lini produk
Jawab:
D. luasnya lini produk
D. luasnya lini produk
41. Faktor yang harus dipertimbangkan produsen dari segi perantara dalam pemilihan saluran distribusi adalah ....
A. volume penjualan
B. luasnya lini produk
C. nilai unit
D. jumlah pembeli potensial
Jawab:
A. volume penjualan
A. volume penjualan
42. Jika perusahaan menawarkan barang konvenien, maka distribusi yang dapat dipakai adalah distribusi ....
A. selektif
B. intensif
C. eksklusif
D. ekstensif
Jawab:
B. intensif
B. intensif
43. Proses manajemen yang dilakukan oleh organisasi untuk berdialog dengan berbagai macam khalayak dengan cara mengembangkan, menyajikan dan mengevaluasi sejumlah pesan kepada khalayak stakeholder adalah pengertian dari ....
A. komunikasi massa
B. pemasaran keterhubungan
C. komunikasi pemasaran
D. komunikasi antar-perorangan
Jawab:
C. komunikasi pemasaran
C. komunikasi pemasaran
44. Kegiatan pengiriman pesan yang berupa iklan dalam komunikasi pemasaran disebut dengan ....
A. encoding
B. decoding
C. feedback
D. sender
Jawab:
A. encoding
A. encoding
45. Dalam proses adopsi, tahapan dimana pembeli mengambil keputusan untuk menerima atau menolak produk yang sudah dicoba disebut dengan tahap ....
A. kesadaran
B. evaluasi
C. percobaan
D. adopsi
Jawab:
D. adopsi
D. adopsi
46. Bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang, dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu disebut ....
A. penjualan tatap muka
B. periklanan
C. publisitas
D. promosi penjualan
Jawab:
B. periklanan
B. periklanan
47. Salah satu kegiatan dalam promosi penjualan adalah ....
A. komunikasi melalui media massa
B. kampanye melalui telepon (telemarketing)
C. peragaan/pertunjukan
D. konfrensi pers dan lobi
Jawab:
C. peragaan/pertunjukan
C. peragaan/pertunjukan
48. Di bawah ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh humas....
A. penyebaran informasi menggunakan media massa seperti: radio, televisi, surat-kabar, majalah, papan luar ruang atau baliho
B. kampanye melalui surat, telepon, fax, e-mail, dan alat non-pribadi lainnya
C. electronic shopping melalui katalog komputer yang on-line dari rumah ke toko
D. komunikasi korporat, lobying, dan konfrensi pers
Jawab:
D. komunikasi korporat, lobying, dan konfrensi pers
D. komunikasi korporat, lobying, dan konfrensi pers
49. Periklanan yang ditujukan untuk mendorong para penyalur agar bersedia meningkatkan permintaan suatu produk dengan menjualkan sebanyak-banyaknya kepada pembeli atau pengecer disebut dengan...
A. pull demand advertising
B. push demand advertising
C. pull supply advertising
D. push suplly advertising
Jawab:
B. push demand advertising
push demand advertising lebih ditujukan ke penyalur, bukan pembeli akhir
B. push demand advertising
push demand advertising lebih ditujukan ke penyalur, bukan pembeli akhir
50. Penyusunan anggaran periklanan untuk produk baru dengan memperhatikan faktor probabilitas dalam setiap keputusan agar produk tersebut tercapai kondisi yang optimal dapat menggunakan metode....
A. matematis
B. Bayesian
C. tugas
D. subyektif
Jawab:
B. Bayesian
B. Bayesian
No comments:
Post a Comment