-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Soal Latihan Ujian UT Universitas Terbuka EKMA4414 Manajemen Stratejik Modul 8 Beserta Kunci Jawaban

 on Monday, December 11, 2023  

Soal Latihan Ujian UT Universitas Terbuka EKMA4414 Manajemen Stratejik Modul 8 Beserta Kunci Jawaban

Soal Latihan Ujian UT Universitas Terbuka EKMA4414 Manajemen Stratejik Modul 8 Beserta Kunci Jawaban



Pertanyaan Essay

1) Kontroversi tentang apakah manajemen memilih strategi pertumbuhan yang berorientasi pada bisnis inti (core business) saja atau justru melakukan diversifikasi konglomerasi terus berlangsung. Jelaskan pendapat saudara tentang kontroversi tersebut dan sebisa mungkin tunjukkan posisi saudara!

2) Untuk mencapai target pertumbuhan perusahaan dengan lebih cepat manajemen sering harus berpindah jalur dari pertumbuhan internal ke pertumbuhan eksternal, termasuk merger dan akuisisi dan kerja sama dengan perusahaan lain. Apa pendapat saudara terhadap pernyataan tersebut? Jelaskan secara detail!

3) Jelaskan dua jenis dan sekaligus juga merupakan tahapan strategi penyehatan perusahaan yang saudara kenal!

4) Dalam situasi tertentu negara ter (di) paksa terlibat dalam penyehatan perusahaan. Jelaskan alasan yang menjadikan negara perlu terlibat dan apa yang saja kebijaksanaan yang biasanya dipilih!

Jawaban Soal Essay

1) Pada masa lalu yang jauh ketika manajemen masih belum sering ditekan untuk mencapai kinerja pertumbuhan perusahaan yang tinggi, terkesan mereka lebih nyaman mengimplementasikan strategi pertumbuhan berbasis bisnis inti. Dengan pilihan tersebut, risiko yang harus ditanggung relatif kecil dan di saat yang sama dinamika pengelolaan perusahaan juga lebih terkendali. Apalagi ketika itu manajemen juga menyadari bahwa tingkat persaingan antar perusahaan juga belum tinggi dan oleh karena itu strategi pertumbuhan berbasis bisnis inti telah dipandang cukup untuk memperebutkan pasar (peluang bisnis) yang tersedia. Kini semuanya telah berubah. Tekanan untuk mencapai kinerja pertumbuhan yang tinggi mendorong manajer untuk tidak punya pilihan lain kecuali menengok untuk mengimplementasikan strategi diversifikasi, termasuk diversifikasi konglomerasi. Perusahaan juga berada dalam lingkungan persaingan yang semakin intens. Yang diperlukan dalam pengambilan keputusan bisnis bukan saja ketepatan, tetapi juga kecepatan merebut peluang bisnis. Risiko kegagalan yang melekat pada pilihan strategi diversifikasi konglomerasi seolah-olah tenggelam oleh pertimbangan harapan kemungkinan keberhasilan yang hendak dicapai. Apalagi sejarah juga menunjukkan bahwa hanya perusahaan yang tumbuh terus menerus yang dapat mendominasi pasar. Setelah sekian lama strategi diversifikasi agak terlupakan, kini sepertinya mendapatkan tempat yang terhormat kembali.

2) Pada masa awal daur hidupnya, perusahaan biasanya memilih strategi pertumbuhan internal. Sumber daya dan pengalaman yang dimiliki masih sangat terbatas. Mereka juga masih belajar melakukan kalkulasi risiko bisnis. Pertumbuhan yang dihasilkan dari misalnya implementasi strategi pengembangan produk dan perluasan pasar dinilai telah memadai. Namun demikian, lama kelamaan seiring dengan usia perusahaan kinerja pertumbuhan yang diraih tersebut dinilai lamban, sekalipun lebih aman. Dari keberhasilan masa lalu yang pernah dicapai inilah manajemen juga memiliki rasa percaya diri yang lebih. Kombinasi antara adanya peluang bisnis dan kepercayaan diri yang semakin meninggi inilah yang kemudian dijadikan bekal oleh manajemen untuk melakukan akselerasi pertumbuhan perusahaan dengan tidak hanya mengimplementasikan strategi pertumbuhan internal. Akuisisi dan aliansi menjadi mantra baru manajemen. Ketika itu ekspektasi dan akselerasi keberhasilan mengalahkan pertimbangan risiko.

3) Dikenal dua macam strategi penyehatan, yakni penyehatan operasional dan penyehatan strategis. Penyehatan operasional berusaha melakukan perubahan operasi perusahaan yang diperlukan untuk memperbaiki kinerja keuangan perusahaan, yang biasanya disebabkan semata-mata oleh kelemahan implementasi strategi. Tidak ada yang salah dalam isi (substansi) strategi termasuk di dalamnya tidak ditemukan kekeliruan dalam visi yang dipilih. Manajemen berusaha melakukan penghematan operasi dan di saat yang sama juga berusaha meningkatkan pendapatan perusahaan. Penyehatan strategis diperlukan ketika perusahaan dinilai menyimpang dari pilihan strategis yang sebelumnya telah ditetapkan. Perusahaan misalnya telah berada jauh dari visi yang ditetapkan, kehilangan posisi strategis di pasar, dan kesalahan dalam menetapkan isi strategi bersaing. Tentu saja pada ujungnya berbagai kesalahan tersebut berakibat lebih lanjut pada memburuknya kinerja keuangan perusahaan. Pada umumnya, perubahan yang diperlukan pada penyehatan strategis lebih signifikan – untuk tidak menggunakan kata radikal dibanding pada penyehatan operasional. Biasanya penyehatan operasional dilakukan terlebih dahulu karena sebelum sampai pada ketidaksehatan strategis biasanya perusahaan terlebih dahulu mengalami ketidaksehatan operasional. Sekalipun demikian hendaknya disadari bahwa kedua jenis penyehatan tersebut tidak sepenuhnya dapat dipisahkan, hanya sekedar untuk keperluan pembedaan saja.

4) Jika digunakan pandangan yang amat sempit, sehat tidaknya perusahaan semata-mata adalah urusan pemilik dan manajemen perusahaan. Jika hendak diperluas barangkali karyawan dan masyarakat sekitar juga memiliki kepentingan terhadap keberlangsungan hidup perusahaan. Tetapi jika ketidaksehatan perusahaan terjadi secara serentak dalam waktu bersamaan atau berdekatan, melibatkan demikian banyak perusahaan, dan dengan intensitas ketidaksehatan yang dalam, maka pemilik, manajemen, dan karyawan perusahaan bisa dipastikan tidak lagi memiliki kekuatan untuk memulihkan kembali kesehatan perusahaan. Jenis ketidaksehatan demikian biasa disebut dengan ketidaksehatan sistemik. Biasanya terjadi karena ada krisis ekonomi yang menjadikan lingkungan bisnis benar-benar tidak menyisakan peluang bisnis. Dalam situasi seperti itulah negara sepertinya mau tak mau harus terlibat membantu penyehatan perusahaan. Kebijaksanaan yang biasanya dipilih adalah: (1) memulihkan kembali lingkungan bisnis, (2) menyehatkan sektor keuangan dan perbankan terlebih dahulu, dan baru (3) menyehatkan sektor riil. Kebijaksanaan pertama jauh lebih mudah diimplementasikan, kebijaksanaan yang disebut ketiga paling sulit, dan kebijaksanaan yang kedua memiliki tingkat kesulitan di antara keduanya.

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1) Strategi yang mengarahkan sumber daya dan dana yang dimiliki untuk digunakan mengembangkan satu jenis produk tertentu yang menggunakan satu jenis teknologi produksi tertentu dalam satu pasar tertentu disebut sebagai strategi ….

A. pertumbuhan
B. konsentrasi
C. diversifikasi
D. produksi

Jawaban
B. Strategi konsentrasi. Strategi ini mengonsentrasikan atau memfokuskan sumber daya dan dana yang dimiliki untuk mengembangkan satu jenis produk tertentu yang menggunakan satu jenis teknologi pokok tertentu yang berada dalam pasar tertentu.

2) Strategi penambahan unit usaha strategis yang dimiliki yang menghasilkan barang yang sama atau serupa dengan yang sebelumnya telah dimiliki disebut sebagai strategi ….

A. akuisisi
B. integrasi horizontal
C. diversifikasi
D. integrasi vertikal

Jawaban
B. Integrasi horizontal sesuai dengan namanya integrasi jenis ini berusaha menambah unit strategis yang sejenis/ serupa.

3) Pembelian perusahaan dengan tujuan misalnya untuk mempercepat laju pertumbuhan perusahaan disebut sebagai strategi ….

A. akuisisi
B. merger
C. integrasi
D. konsentrasi

Jawaban
A. Akuisisi adalah pembelian satu perusahaan oleh perusahaan lain sehingga kepemilikan dan pengelolaan perusahaan tersebut sepenuhnya ada pada perusahaan pembeli.

4) Salah satu variabel penting yang hampir selalu dipertimbangkan dalam melakukan akuisisi, tetapi di saat yang sama juga sering dinilai mempersulit implementasi strategi akuisisi adalah ....

A. motivasi
B. harga perusahaan yang dibeli
C. sinergi
D. integrasi

Jawaban
A. Sinergi biasanya merupakan alasan utama dalam melakukan akuisisi. Strategi ini dalam bentuk sinergi manajerial, finansial ataupun operasional
.
5) Jika dibuat sederhana, boleh di kata tidak ada perusahaan yang dapat terus tumbuh membesar dan berkelanjutan kecuali perusahaan tersebut secara konsisten mengimplementasikan strategi ….

A. akuisisi
B. integrasi
C. bisnis inti
D. diversifikasi konglomerasi

Jawaban
D. Diversifikasi konglomerasi. Hal ini didasari oleh asumsi bahwa strategi ini berusaha menyebarkan risiko bisnis pada berbagai alternatif, sehingga apabila terjadi penurunan pertumbuhan pada salah satu jenis usaha akan dapat ditutup oleh jenis usaha yang lain. Berbagai peluang bisnis juga dapat segera dimanfaatkan.

6) Salah satu indikator penting ketidaksehatan perusahaan yang muncul pada tahap awal kehidupan perusahaan adalah ….

A. penjualan mendatar
B. penjualan menurun
C. biaya meningkat
D. kredibilitas perusahaan menurun

Jawaban
A. penjualan mendatar

7) Salah satu indikator penting ketidaksehatan perusahaan yang biasanya muncul pada tahap akhir daur kehidupan perusahaan adalah ….

A. pengaduan konsumen meningkat
B. kepercayaan konsumen berkurang
C. penambahan utang tidak terkendali
D. kredibilitas perusahaan menurun

Jawaban
D. kredibilitas perusahaan menurun

8) Tahapan pertama yang biasanya dilakukan dari keseluruhan proses penyehatan perusahaan adalah ….

A. melakukan efisiensi
B. pergantian manajemen
C. melakukan evaluasi menyeluruh
D. menyusun rencana penyehatan

Jawaban
C. melakukan evaluasi menyeluruh

9) Ketidaksehatan perusahaan yang terjadi secara serentak, melibatkan banyak perusahaan, dengan tingkat intensitas ketidaksehatan yang dalam, dan biasanya disebabkan oleh krisis ekonomi sering dinamai sebagai … .

A. ketidaksehatan sporadis
B. ketidaksehatan sistemik
C. ketidaksehatan kombinasi
D. ketidaksehatan koordinatif

Jawaban
B. ketidaksehatan sistemik

10) Di samping halangan keluar dari pasar yang bersifat ekonomis, dikenal juga halangan keluar dari pasar yang bersifat ….

A. politis
B. pedagogis
C. psikologis
D. biologis

Jawaban
A. Psikologi halangan keluar pasar dibedakan menjadi dua yaitu ekonomi yang terkait dengan beban biaya yang harus ditanggung perusahaan dan psikologi.

Soal Latihan Ujian UT Universitas Terbuka EKMA4414 Manajemen Stratejik Modul 8 Beserta Kunci Jawaban 4.5 5 Bank soal UT Monday, December 11, 2023 Soal Latihan Ujian UT Universitas Terbuka EKMA4414 Manajemen Stratejik Modul 8 Beserta Kunci Jawaban Soal Latihan Ujian UT Universitas Terbuka EKMA4414 Manajemen Stratejik Modul 8 Beserta Kunci Jawaban Pertanyaan Essay 1) Kontroversi tentang...



No comments:

Post a Comment