-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan

 on Sunday, December 24, 2023  


Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan

Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan


Pertanyaan Diskusi 1

Kewirausahaan mempunyai peran dalam meningkatkan perekonomian. Apa yang Anda ketahui mengenai peranan kewirausahaan dalam perekonomian?

Jawaban :

Wirausahawan boleh dianggap sebagai katalisator yang secara agresif berusaha mengubah dunia usaha. Para wirausahawan inilah yang akan menggerakkan roda perekonomian negara. Merekalah yang mampu mengenali dan memanfaatkan peluang dan selanjutnya mengubah peluang tersebut menjadi suatu usaha yang layak dilaksanakan

Seperti yang dikatakan oleh McClelland bahwa suatu negara akan mampu mencapai kemakmuran jika jumlah wirausahawan negara tersebut paling sedikit mencapai 2% dari jumlah penduduknya.

Oleh karena itu peranan dari kewirausahaan dinilai sangat penting dan bisa mendorong pembangunan ekonomi nasional. Betapa besar peran para wirausahawan ini dalam menggerakkan roda perekonomian suatu negara.

Peran-peran dari kewirausahaan antara lain:
1. Wirausaha dapat menciptakan usaha baru yang kreatif dan inovatif serta menyerap tenaga kerja dengan usaha yang mereka bangun.

2. Dengan berkembangnya usaha usaha dari para wirausaha sehingga dapat meningkatkan perputaran roda ekonomi negara.

3. Para wirausaha dapat mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial yaitu mengurangi kesenjangan pendapatan, kesenjangan kekayaan, dan mengurangi jurang antara kaya dan miskin. Pertumbuhan ekonomi berkualitas dapat tercipta dengan semakin berkembangnya usaha-usaha para wirausaha.

4. Dengan terus munculnya usaha-usaha baru yang mapan dari para wirausaha sehingga kemampuan para wirausaha untuk membayar pajak semakin tinggi maka dengan demikian pendapatan sektor pajak negara akan meningkat.

Demikian yang dapat saya sampaikan

Terima kasih

Sumber :
LUBIS, S.B Hari. 2015. EKMA4370. Materi pokok kewirausahaan/ Modul 1. Jakarta: Universitas Terbuka
Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan 4.5 5 Bank soal UT Sunday, December 24, 2023 Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan Pertanyaan Diskusi 1 Kewirausahaan mempunyai peran dalam meningkatkan perekon...



No comments:

Post a Comment