-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Tugas 2 Tutorial Online UT Pengantar Ekonomi Mikro ESPA4111

 on Monday, May 8, 2023  

 Tugas 2. Pengantar Ekonomi Mikro ESPA4111

 

Tugas 2 Tutorial Online UT Pengantar Ekonomi Mikro ESPA4111

TUGAS 2

Pengantar Ekonomi Mikro/Modul 5

1.      Jelaskan kondisi untuk memperoleh keuntungan maksimal pada industri persaingan murni dalam jangka pendek!

2.      Jelaskan faktor-faktor penentu struktur pasar!

3.      Jelaskan pengertian keuntungan akuntansi, keutungan normal dan keuntungan ekonomis!

4.      Jelaskan apa maksud dari biaya ekonomis, biaya variabel, biaya tetap, biaya total, biaya rata-rata dan biaya marjinal!

Tuliskan nama dan NIM anda pada file  jawaban yang anda kirimkan!

Jangan asal mencopy paste jawaban dari sumber lain tanpa diolah terlebih dahulu, dan usahakan semua pertanyaan ini dijawab karena soal yang saya berikan semuanya ada di modul.

 

~Selamat bekerja~

Salam

Tutor

1. Jelaskan kondisi untuk memperoleh keuntungan maksimal pada industri persaingan murni dalam jangka pendek!

Dalam jangka pendek perusahaan pesaing murni mempunyai pabrik berskala tertentu dan berusaha memaksimumkan keuntungan atau meminimumkan kerugian dengan menyesuaikan output dengan cara mengubah banyaknya faktor-faktor produksi variabel yaitu bahan-bahan, tenaga kerja dan lain-lain yang digunakan Perusahaan produsen pesaing murni tidak bisa mempengaruhinya dan harus menerimanya dengan lebih dulu harus dilakukan dengan meminimumkan biaya untuk memproduksi sebanyak output yang diinginkan. Syarat maksimisasi keuntungan jangka pendek bisa didekati dengan pendekatan total atau pendekatan marjinal

  • Pendekatan total

Keuntungan maksimum diperoleh pada tingkat output dimana selisih atau jarak vertikal antara pendapatan total (TR) dan biaya total (TC) adalah maksimum. Kurva TR pada bentuk pasar industri ini berbentuk garis lurus menanjak.

  • Pendekatan marjinal,

Maksimisasi keuntungan dicapai dengan pedoman memproduksi pada tingkat output di mana pendapatan marjinal sama dengan biaya marjinal (MC = MR). Dalam jangka pendek, perusahaan memperoleh keuntungan super normal, perusahaan mungkin juga menderita kerugian dan masih tetap beroperasi. Dalam hal ini ia akan berusaha meminimumkan kerugian, tetapi kerugian harus lebih kecil daripada biaya tetap total. Bila kerugian lebih besar daripada biaya tetap total maka ia akan berhenti berproduksi dan menutup perusahaan. Meskipun menghentikan produksi, ia masih harus membayar biaya tetap total meskipun ia tak memproduksi output sama sekali.

Karena keseimbangan keuntungan maksimal dicapai bila, MC = MR di mana MR = P atau harganya maka kurva MC yang menanjak merupakan kurva penawaran individual perusahaan pesaing murni. Kurva penawaran individual, di mulai di bagian (titik) pada MC = AVC karena bila MC > AVC maka perusahaan akan menghentikan produksi karena kerugian akan lebih besar bila ia terus berproduksi. Bila menghentikan produksi ia hanya menanggung kerugian sebesar biaya

tetap total saja. Pada pasar persaingan murni MR = P maka P = MR MC. Ini disebut prinsip harga biaya marjinal.

2. faktor-faktor penentu struktur pasar!

Faktor-faktor yang menentukan bentuk atau struktur pasar adalah :

  1. Peraturan dan kebijakan pemerintah.

Misalkan untuk mencapai tujuan mendorong kemajuan teknologi atau untuk mencapai tujuan-tujuan lain, pemerintah memberikan hak paten kepada perusahaan-perusahaan penemu produk baru dan memberikan hak istimewa kepadanya sebagai satu-satunya produsen barang tersebut selama periode waktu tertentu. Contoh lain adalah tarif bea masuk yang merupakan rintangan perdagangan internasional serta penunjukan sebuah perusahaan sebagai importir tunggal suatu komoditi memberikan hak monopoli kepada beberapa industri domestik.

  1. Kebijakan dan praktek bisnis.

Merger atau penggabungan serta konsolidasi dan pembentukan grup-grup usaha telah mendorong ke arah bentuk struktur oligopoli atau monopoli. Persaingan harga yang sangat tajam dan saling mematikan menyebabkan jatuh bangkrutnya perusahaan-perusahaan dan berkurangnya jumlah para pesaing di dalam industri.

  1. Tingkat teknologi.

Teknologi berkembang sedemikian rupa hingga diperlukan skala produksi perusahaan besar agar dapat dicapai tingkat produksi yang efisien dengan biaya rendah. Teknologi produksi massaluntuk memenuhi permintaan konsumsi yang luas hanya memerlukankeberadaan sejumlah kecil perusahaan saja. Kemajuan teknologi telahmemaksa struktur pasar beberapa industri berat seperti industri mobil,besi, baja, dan alumunium cenderung berbentuk industri oligopoli. Beberapa perusahaan secara progresif serta agresif telah berkembangpesat melalui riset serta pengembangan produk dan meninggalkan ataubahkan mematikan perusahaan sejenis lain yang tak dapatmengimbanginya.

3. Jelaskan pengertian keuntungan akuntansi, keutungan normal dan keuntungan ekonomis!

  • Keuntungan akuntansi

Adalah keuntungan yang ditentukan dari pendapatan total dikurangi dengan biaya  eksplisit. Sedang biaya eksplisit adalah pembayaran-pembayaran yang harus dilakukan oleh perusahaan kepada para pemilik faktor produksi. Pembayaran-pembayaran atau pengeluaran-pengeluaran kas yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyewa atau membeli tenaga kerja, bahan baku, bahan bakar, jasa transportasi, sewa mesin-mesin dan peralatan serta gedung dan pabrik, rekening listrik, dan lain-lain.

  • keuntungan normal

Keuntungan normal adalah keuntungan aktual bila keuntungan ekonomis adalah nol. Keuntungan ekonomis dalam keseimbangan jangka panjang pada industri persaingan murni adalah nol.

  • keuntungan ekonomis

Keuntungan ekonomis adalah perbedaan atau selisih antara pendapatan total dengan biaya total, baik biaya eksplisit maupun biaya implisit.

Keuntungan ekonomis adalah pendapatan dikurangi biaya ekonomis. Dalam biaya ekonomis sudah termasuk keuntungan normal yaitu balas jasa untuk sumbangan faktor produksi wirausahawan. Ini merupakan balas jasa agar ia tetap beroperasi pada industri tersebut. Istilah keuntungan selanjutnya akan diartikan sebagai keuntungan ekonomis. Ini disebut juga keuntungan normal super.

4. Jelaskan apa maksud dari biaya ekonomis, biaya variabel, biaya tetap, biaya total, biaya rata-rata dan biaya marjinal!

  • Biaya ekonomis

Konsep biaya ekonomi timbul karena kenyataan sumber daya adalah langka atau terbatas kuantitasnya dan sumber daya mempunyai penggunaan alternatif Bila sejumlah tertentu faktor produksi digunakan untuk memproduksi barang-barang tertentu maka sejumlah barang-barang dan jasa-jasa lain yang bisa diproduksi dengan menggunakan sejumlah faktor produksi yang telah digunakan tersebut terpaksa dikorbankan atau hilang. Jadi biaya ekonomi merupakan besarnya pengorbanan atas barang alternatif yang hilang tak bisa diproduksi. Biaya ekonomis disebut juga biaya oportunitas. Bila seorang karyawan pabrik bekerja memproduksi mesin jahit maka sejumlah tertentu mesin tulis tak bisa diproduksi oleh karyawan tersebut pada waktu yang sama.

  • Biaya variabel

Biaya variabel merupakan biaya-biaya yang dapat dikendalikan oleh pengusaha dalam jangka pendek dengan cara mengubah tingkat produksi.Menurut Wikipedia.org Biaya variabel adalah biaya yang berubah secara proporsional dengan aktivitas bisnis. Biaya variabel adalah jumlah biaya marjinal terhadap semua unit yang diproduksi. Hal ini juga dapat dianggap biaya normal. Biaya tetap dan biaya variabel membentuk dua komponen dari total biaya. Biaya langsung, bagaimanapun, adalah biaya yang dapat dengan mudah dikaitkan dengan objek biaya tertentu. Namun, tidak semua biaya variabel adalah biaya langsung. Sebagai contoh, biaya overhead variabel produksi adalah biaya variabel yang merupakan biaya tidak langsung, tidak langsung menjadi suatu biaya. Biaya variabel kadang-kadang disebut biaya tingkat-unit karena mereka bervariasi dengan jumlah unit yang diproduksi.

  • Biaya Tetap

Dalam ekonomi, biaya tetap adalah pengeluaran bisnis yang tidak bergantung pada tingkat barang atau jasa yang dihasilkan oleh bisnis tersebut Pengeluaran ini berkaitan dengan waktu, seperti gaji atau beban sewa yang dibayar setiap bulan.

  • Biaya Total

Biaya total/ total cost (TC) yaitu jumlah keseluruh biaya tetap dan biaya variabel yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan sejumlah produk dalam suatu periode tertentu.

Berdasarkan pengertian tersebut, biaya total dapat dirumuskan sebagai berikut:

TC = FC + VC

Keterangan:

TC= biaya total (total cost)

FC= biaya tetap (fixed cost)

VC= biaya variabel (variable cost)

  • Biaya Rata-rata

Untuk setiap tingkat output bisa dihitung biaya rata-rata dengan membagi biaya total dengan kuantitas output yang bersangkutan. Ini merupakan biaya per satuan output. Bagi pengusaha, biaya total rata-rata merupakan hal penting untuk membandingkan dengan harga yang biasanya dinyatakan'per satuan produk.

Biaya rata-rata/ average (AC) yaitu biaya produksi per unit produk yang dihasilkan Average Cost (AC) dapat dirumuskan sebagai berikut:

AC= TQ / Q

Keterangan:

AC= biaya rata-rata (average cost)

TC= biaya total (total cost)

Q= kualitas barang dan jasa

  • Biaya marjinal

Biaya marjinal adalah peningkatan biaya total yang berasal dari produksi satu unit output produksi. Biaya marjinal mengukur biaya input tambahan yang diperlukan untuk memproduksi tiap unit output berikutnya. Karena biaya tetap tidak berubah ketika ada biaya output, biaya marjinal mencerminkan perubahan biaya variabel.


Terima Kasih

Sumber :

Mansoer, Faried Widjaya, Dr. MA.  2014. Materi pokok pengantar ekonomi mikro/MODUL4-5. Edisi 2. Cet. 12. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

https://id.wikipedia.org/wiki/Biaya_variabel. Biaya variabel

https://id.wikipedia.org/wiki/Biaya_tetap. Biaya Tetap

https://id.wikipedia.org/wiki/Biaya_marjinal. Biaya Marjinal

 

Tugas 2 Tutorial Online UT Pengantar Ekonomi Mikro ESPA4111 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Monday, May 8, 2023 ESPA4111,UT,TUTON  Tugas 2. Pengantar Ekonomi Mikro ESPA4111   TUGAS 2 Pengantar Ekonomi Mikro/ M odul 5 1.       Jelaskan kondisi untuk memperoleh keu...



No comments:

Post a Comment