-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Soal Ujian UT Terbaru 2019 Latihan Mandiri EKMA4214 MSDM

 on Wednesday, July 3, 2019  

Soal Ujian UT Terbaru 2019 Latihan Mandiri EKMA4214 MSDM

Soal Ujian UT Terbaru 2019 Latihan Mandiri EKMA4214 MSDM


Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1.Unsur terpenting dalam organisasi adalah
a.Uang
b.Mesin       
c.Metode
d.Material     
e.Manusia

Jawaban. e.Manusia
MSDM juga merupakan kekuatan yang sangat besar yang membentuk kondisi di mana para karyawan dapat menemukan diri mereka sendiri (Berman, E. M., et al., 2001). Dalam praktek sehari-hari, MSDM merupakan area dimana para administrator bertanggung jawab terhadap para karyawan. Pekerjaan yang paling penting dari seorang administrator SDM adalah membantu organisasinya untuk mendapatkan dan menggunakan aset terpentingnya, yaitu karyawan, Saat ini perusahaan-perusahaan mulai menyadari bahwa sumber daya manusia adalah salah satu aset terpenting mereka.



2.Tahapan manajemen SDM dimulai dengan
a.Pelatihan
b.Penempatan
c.Kontrak kerja
d.Perencanaan
e.Pengembangan

Jawaban. d.Perencanaan
Pada prinsipnya, fungsi MSDM meliputi berbagai aktivitas yang secara signifikan mempengaruhi keseluruhan area kerja suatu organisasi yang terdiri atas perencanaan, pengangkatan dan pemberhentian karyawan; pengupahan dan pemberian tunjangan; penilaian kinerja, penghargaan dan pengembangan karier; pelatihan dan pengembangan; keselamatan dan kesehatan kerja,


3.Manajemen SDM yang berupa pemberian THR merupakan bagian dari
a.Perencanaan SDM
b.Penempatan SDM
c.Pemeliharaan SDM
d.Pengangkatan SDM
e.Pengembangan SDM

Jawaban. c.Pemeliharaan SDM


4.Menurut Berman, E.M. et all (2001), salah satu nilai-nilai tentang karyawan pada sektor tradisional adalah
a.Karyawan sebagai biaya
b.Karyawan sebagai kekayaan
c.Memperhatikan Pengakuan
d.Karyawan adalah tamu perusahaan
e.Karyawan menjadi fokus perubahan

Jawaban. a.Karyawan sebagai biaya
Nilai-Nilai Tentang Karyawan Tradisional:
(a)Ketidaksamaan sistem
(b)Karyawan sebagai biaya
(c)Fokus pada manajer
(d)Penilaian/sanksi/rangking


5.Nilai-nilai tentang kerja pada masa baru adalah:
a.Protektif
b.Analisis masalah
c.Fokus pada pakar
d.Fokus pada tradisi
e.Fokus pada pelanggan

Jawaban. e.Fokus pada pelanggan
Nilai-nilai tentang kerja pada masa baru
a.Fokus pelanggan (dikendalikan dari luar)
b.Fokus pada inovasi (perubahan)
c.Melihat peluang
d.Pengukuran adalah suatu peluang
e.Produktif
f.Kemampuan
g.Perlindungan


6.Salah satu tantangan terbesar di bidang MSDM akibat adanya perubahan secara teknologis adalah..
a.Mendorong kerja sama mutualistis
b.Mahalnya pemeliharaan sarana kerja
c.Pengelolaan semangat kerja bawahan
d.Melatih karyawan agar tetap dapat mengikuti kemajuan teknologi

Jawaban. d.Melatih karyawan agar tetap dapat mengikuti kemajuan teknologi
Munculnya teknologi dan pendekatan manajemen baru telah menambah tantangan yang dihadapi oleh manajer sumber daya manusia. Tingkat akselerasi teknologi yang terus meningkat menyebabkan sejumlah perusahaan melakukan operasi yang sangat berbeda dari sebelumnya. Dalam konteks manajemen sumber daya manusia, perhatian utama ditujukan pada dampak perubahan secara teknologi tersebut terhadap penyelenggaraan bisnis.Dalam waktu-waktu mendatang salah satu tantangan terbesar di bidang manajemen sumber daya manusia adalah melatih karyawan agar tetap dapat mengikut i kemajuan teknologi.


7.Adanya berbagai tantangan bisnis menimbulkan berbagai implikasi manajemen SDM, di antaranya adalah implikasi kepemimpinan masa depan, maksudnya yaitu pemimpin pada semua level perusahaan harus...
a.bekerja secara efektif
b.Mengelola SDM secara efisien
c.Mendambakan dan berkomitmen untuk menang
d.Meningkatkan kesejahteraan karyawan perusahaan

Jawaban. c.Mendambakan dan berkomitmen untuk menang
implikasi tantangan bisnis pada kepemimpinan masa depan adalah para pemimpin pada semua level perusahaan harus mendambakan dan berkomitmen untuk menang.


8.Salah satu acuan yang digunakan sebelum melakukan rekrutmen karyawan adalah...
a.analisis jabatan
b.penilaian kinerja
c.penempatan karyawan
d.pemutusan hubungan kerja

Jawaban. a.analisis jabatan


9.Salah satu isi pokok analisis jabatan adalah...
a.beban kerja
b.besaran upah
c.spesifikasi jabatan
d.sistem penghargaan

Jawaban. c.spesifikasi jabatan
Hasil dari analisa jabatan adalah deskripsi jabatan dan spesifikasi jabatan. Proses analisa jabatan sendiri sebenarnya merupakan suatu pengumpulan data. Berbagai pendekatan dapat dipergunakan untuk melakukan studi terhadap suatu jabatan.


10.Salah satu variabel pokok MSDM dalam implementasi strategik adalah..
a.seleksi
b.suasana kerja
c.karakter atasan
d.sistem penghargaan

Jawaban. d.sistem penghargaan
Manajemen sumber daya manusia memiliki tanggung jawab pokok tiga dari lima variabel implementasi, yaitu tugas, orang, dan system penghargaan.


11.Yang bukan termasuk metode analisis jabatan adalah
a.kuesioner
b.observasi
c.wawancara
d.Deskripsi jabatan

Jawaban d.Deskripsi jabatan
Hasil dari analisa jabatan adalah deskripsi jabatan dan spesifikasi jabatan. Proses analisa jabatan sendiri sebenarnya merupakan suatu pengumpulan data. Berbagai pendekatan dapat dipergunakan untuk melakukan studi terhadap suatu jabatan.Metode yang bisa digunakan adalah:
a. kuesioner;
b. menuliskan cerita singkat (written narrative);
c. pengamatan (observasi);
d. wawancara (interview).


12.Yang termasuk penjelasan dalam deskripsi jabatan adalah
a.Pendidikan terakhir
b.Tinggi badan dan usia
c.Tugas dan Wewenang
d.Sertifikasi kompetensi yang harus dimiliki

Jawaban c.Tugas dan Wewenang
Deskripsi jabatan merupakan hasil pertama yang diperoleh dari analisis jabatan yang intinya merupakan penjelasan tentang deskripsi pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang pemangku jabatan dan bagaimana pekerjaan dilakukan. Komponen yang terkait dalam deskripsi jabatan terdiri dari identifikasi jabatan, ringkasan jabatan, tanggung jawab dan kewajiban,wewenang pemegang jabatan, standar kinerja,kondisi kerja dan spesfikasi jabatan.


13.Salah satu isi spesifikasi jabatan adalah..
a.resiko kerja
b.Kondisi kerja
c.Pengetahuan dan ketrampilan
d.Tanggung jawab dan kewajiban

Jawaban c.Pengetahuan dan ketrampilan
Pada umumnya isi dari suatu spesifikasi jabatan terdiri dari:
1. Identifikasi Jabatan
a. Nama.
b. Bagian.
2. Persyaratan Kerja
a. Pendidikan.
b. Tingkat kecerdasan minimum yang diperlukan.
c. Pengalaman.
d. Pengetahuan dan Keterampilan.
e. Persyaratan Fisik.
f. Status Perkawinan.
g. Jenis Kelamin.
h. Usia.
i. Kewarganegaraan.
j. Kualifikasi Emosi.
k. Kemampuan Khusus.


14.Larangan mempekerjakan anak di bawah umur tertuang dalam ...
a.UU nomor 3 tahun 2013
b.UU nomor 13 tahun 2013
c.UU nomor 17 tahun 2003
d.UU Nomor 13 Tahun 2003

Jawaban d.UU Nomor 13 Tahun 2003
Pada dasarnya organisasi/perusahaan tidak boleh mempekerjakan anak di bawah umur apalagi dipekerjakan pada pekerjaan yang buruk, sangat dilarang. Pasal 68 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 menyatakan bahwa pengusaha dilarang mempekerjakan anak. Kemudian Pasal 74 ayat (1) undang-undang yang sama menyatakan bahwa siapa pun dilarang mempekerjakan dan melibatkan anak pada pekerjaan- pekerjaan yang buruk.


15.Syarat-syarat yang harus dipenuhi pengusaha yang ingin mempekerjakan anak adalah...
a.Memiliki kecerdasan yang memadai
b.Memiliki postur badan setinggi orang dewasa
c.Harus ada ijin tertulis dari orang tua atau wali
d.Harus sudah mampu naik kendaraan bermotor

Jawaban c.Harus ada ijin tertulis dari orang tua atau wali
Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pengusaha yang ingin mempekerjakan anak adalah sebagai berikut.
a. Harus ada izin tertulis dari orang tua atau wali.
b. Perjanjian kerja dilakukan antara pengusaha dengan orang tua atau wali.
c. Waktu kerja maksimum 3 jam.
d. Pekerjaan dilakukan pada siang hari dan tidak mengganggu waktu sekolah.
e. Harus ada perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja.
f. Harus ada hubungan kerja yang jelas.
g. Harus diberi upah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


16.Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja...
a.perempuan lansia
b.perempuan janda
c.perempuan hamil
d.perempuan lajang

Jawaban c.perempuan hamil
Pekerja/buruh perempuan hamil, melahirkan, gugur kandungan, menyusui bayi.


17.Pada dasarnya, seleksi calon karyawan bertujuan untuk mencari kandidat ...
a.memiliki IQ tinggi
b.tepat dan berkualitas
c.sehat jasmani dan rohani
d.pandai bersosialisasi

Jawaban b.tepat dan berkualitas
Organisasi juga harus mengestimasi berapa banyak uang yang dapat dihemat dengan mengangkat karyawan yang berkualitas melalui sistem seleksi. Penghematan ini dapat berasal dari peningkatan hasil, seperti tingkat kuantitas maupun kualitas output yang lebih tinggi, berkurangnya tingkat absensi, menurunnya tingkat kecelakaan, atau berkurangnya perputaran karyawan.


18.Penempatan kerja haruslah bersifat objektif, artinya..
a.penempatan dilakukan berdasarkan kemampuan karyawan
b.masing-masing pihak bebas memilih tanpa adanya tekanan
c.informasi disampaikan kepada pelamar kerja secara jelas meiputi jenis pekerjaan, besaran upah, dan jam kerja
d.pekerjaan yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan dan persyaratan jabatan, serta tidak memihak kepentingan tertentu

Jawaban d.pekerjaan yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan dan persyaratan jabatan, serta tidak memihak kepentingan tertentu
Objektif, artinya organisasi/perusahaan agar menawarkan pekerjaan yang cocok kepada calon karyawan sesuai dengan kemampuan dan persyaratan jabatan yang dibutuhkan serta memperhatikan kepentingan umum dengan tidak memihak kepada kepentingan pihak tertentu.


19.Menurut Bernardin dan Russell (1998), upah lembur termasuk kategori
a.upah rutin
b.tunjangan jabatan
c.penghargaan pujian
d.kompensasi finansial

Jawaban d.kompensasi finansial
menurut Bernardin dan Russell (1998), kompensasi finansial langsung dapat dibagi ke dalam dua kategori, yaitu (1) program upah dan gaji (misal upah dasar, upah lembur, dan perbedaan shift) dan (2) pembayaran yang tergantung pada kinerja (misal, jasa yang meningkat, bonus, bagi hasil, dan komisi penjualan). Sedangkan yang termasuk dalam kompensasi non finansial adalah seperti penghargaan/hadiah (praise), harga diri, dan pengakuan (prestasi atau penemuan dan sebagainya).


20.Pembayaran tetap yang diterima oleh karyawan secara reguler, baik dalam bentuk gaji rutin bulanan, mingguan, atau harian disebut..
a.Upah insentif
b.kompensasi total
c.kompensasi dasar
d.kompensasi tidak langsung

Jawaban c.kompensasi dasar
kompensasi dasar, yaitu pembayaran tetap yang diterima karyawan secara reguler, baik dalam bentuk gaji (misal, mingguan atau bulanan) atau upah jam-jaman.


21.Dalam teori keadilan upah, keadilan dibedakan dalam tiga hal, yaitu..
a.keadilan internal, eksternal, kelompok
b.keadilan keadilan dasar, insentif, langsung
c.keadilan internal, eksternal, dan individual
d.keadilan internal, eksternal, dan tidak langsung

Jawaban c.keadilan internal, eksternal, dan individual
Keadilan dibedakan dalam tiga jenis: keadilan internal, eksternal, dan individual (Fisher et al., 1990).


22.Salah satu kriteria kompensasi efektif adalah "layak", artinya..
a.mudah dipahami oleh karyawan
b.penghargaan yang diterima harus masuk akal
c.setiap orang harus dibayar adil sesuai dengan usaha, kemampuan, dan keahlian
d.memenuhi persyaratan minimum menurut pemerintah, serikat pekerja, dan manajer

Jawaban d.memenuhi persyaratan minimum menurut pemerintah, serikat pekerja, dan manajer
Layak : Kompensasi harus memenuhi persyaratan minimum menurut pemerintah, serikat pekerja, dan manajer.


23.Keadilan yang mengacu pada pembandingan upah antar jabatan atau pekerjaan serupa pada organisasi lain disebut dengan ...
a.Keadilan individu
b.Keadilan internal
c.Keadilan jabatan
d.Keadilan eksternal

Jawaban d.Keadilan eksternal
Keadilan eksternal mengacu pada pembandingan antar jabatan/pekerjaan yang serupa/mirip pada organisasi yang berbeda.


24.Salah satu kriteria pengukuran kinerja yang efektif menurut Ivancevich (1992) adalah..
a.Unik
b.Praktis
c.Kompleks
d.Ekonomis

Jawaban b.Praktis
Praktis. Kriteria harus mudah diukur, dan pengumpulan data dilakukan secara efisien.


25.Suatu pengukuran kinerja harus sesuai dengan output aktual. Hal ini merupakan makna dari kriteria ..
a.Praktis
b.Relevan
c.Objektif
d.Sensitivitas

Jawaban b.Relevan
Relevan. Suatu pengukuran kinerja harus sesuai dengan output aktual.


26.Contoh teknik penilaian kinerja yang termasuk dalam pendekatan keperilakuan adalah...
a.MBO
b.BARS
c.Ranking
d.Paired Comparison

Jawaban b.BARS
Skala penilaian berdasarkan perilaku (Behaviorally Anchored Rating Scales/BARS)


27.Teknik penilaian kinerja yang paling sederhana untuk mengurutkan peringkat karyawan disebut...
a.BOS
b.BARS
c.Ranking
d.Forced Distribution

Jawaban c.Ranking
Ranking adalah teknik sederhana yang dapat digunakan oleh para manajer untuk mengurutkan peringkat karyawan dalam departemen mereka mulai dari yang memiliki kinerja tertinggi hingga yang memiliki kinerja terendah.


28.Kesalahan penilaian kinerja yang terjadi karena penilai membiarkan  karakteristik tunggal dari seseorang sehingga mempengaruhi pertimbangan penilai. Ini merupakan penjelasan dari kesalahan penilaian kinerja yang disebut...
a.Recency
b.Leniency
c.halo effect
d.Kecenderungan tengah

Jawaban c.halo effect
Efek halo (Halo effect) Kesalahan umum lain yang sering terjadi dalam proses penilaian kinerja adalah efek halo. Hal ini terjadi apabila seorang penilai membiarkan karakteristik tunggal dari seorang karyawan mempengaruhi pertimbangan penilai dalam menilai karyawan yang bersangkutan.


29.Menurut Edwin B Flippo, pelatihan dan pengembangan memiliki nilai penting berikut, kecuali... 
a.mempertinggi moral karyawan
b.meningkatkan produktivitas kerja
c.mengurangi pengawasan ketika bekerja
d.mempertinggi tingkat kecelakaan dalam bekerja

Jawaban d.mempertinggi tingkat kecelakaan dalam bekerja
Menurut Edwin B. Flippo, pelatihan dan pengembangan memiliki nilai penting dalam pengadaannya, beberapa nilai tersebut diantaranya:
a. meningkatkan produktivitas kerja, baik dalam kuantitas maupun kualitas kerja;
b. mengurangi tingkat kecelakaan dalam bekerja;
c. mengurangi pengawasan ketika bekerja;
d. meningkatkan stabilitas dan fleksibilitas organisasi;
e. mempertinggi tingkat moral karyawan.


30.Yang termasuk dalam metode pelatihan antara lain adalah..
a.on the job, simulasi, dan demonstrasi
b.simulasi, demonstrasi, dan rotasi pekerjaan
c.business game, rotasi, dan coaching and counseling
d.simulasi, on the job training, dan coaching and counseling

Jawaban a.on the job, simulasi, dan demonstrasi
1. On the job
  • Informal
  • formal
2. Vestibule training
3. Pelatihan kejuruan
4. Demonstrasi
5. Simulasi
6. Kelas
  • Kuliah
  • Konferensi
  • Studi kasus
  • Permainan peran
  • Programmed instruction

31.Indikator kebutuhan pelatihan adalah sebagai berikut, kecuali
a.Banyak keluhan karyawan
b.Terjadi kemacetan produk
c.Terjadi kemacetan pembayaran
d.Adanya peningkatan absensi yang tinggi

Jawaban c.Terjadi kemacetan pembayaran
Indikator suatu organisasi perlu mengadakan program pelatihan dan pengembangan diantaranya adalah sebagai berikut.
a. Adanya peningkatan absensi dan pergantian karyawan.
b. Tingkat kecelakaan kerja yang tinggi/meningkat.
c. Banyak keluhan karyawan.
d. Terjadinya kemacetan produksi.
e. Tingkat pemborosan yang tinggi (banyak bahan terbuang, produk cacat, dan sisa produksi banyak).
f. Penggunaan tenaga ahli/staf yang tidak efisien.
g. Banyak pekerjaan tidak terselesaikan/terpecahkan.


32.Hal-hal yang perlu kita lakukan saat menganalisis kebutuhan suatu pelatihan, diantaranya sebagai berikut, kecuali...
a.Analisis tugas
b.Analisis individu
c.Analisis organisasi
d.Analisis beban kerja

Jawaban d.Analisis beban kerja
Ada tiga hal yang dapat kita lakukan saat menganalisis kebutuhan suatu pelatihan, diantaranya:
1. Analisis Organisasi
2. Analisis Individu
3. Analisis Tugas


33.Hasil dari studi kasus dan business games adalah....
a.anekdot
b.video interaktif
c.uang hasil magang
d.on the job

Jawaban a.anekdot
Dokumentasi dari metode ini berupa anekdot.


34.Perusahaan yang wajib menerapkan Sistem Manajemen K3 karena alasan berikut, kecuali..
a.Memiliki tenaga kerja 75% perempuan
b.Memiliki tenaga kerja minimal 100 orang
c.Memiliki potensi bahaya karena bahan produksinya membahayakan
d.Memiliki potensi bahaya karena karakteristik pekerjaannya beresiko tinggi

Jawaban a.Memiliki tenaga kerja 75% perempuan
Setiap perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja sebanyak seratus orang atau lebih dan/atau mengandung potensi bahaya yang ditimbulkan oleh karakteristik proses atau bahan produksi yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja seperti peledakan, kebakaran, pencemaran dan penyakit akibat kerja, wajib menerapkan sistem manajemen K3. Dalam Pasal 87ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 menyatakan bahwa setiap perusahaan wajib menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan.


35.Cara mengukur keselamatan kerja dengan menunjukkan seberapa sering kejadian yang menyebabkan karyawan luka atau cacat disebut..
a.Tingkat tunggal
b.Tingkat kekerapan
c.Tingkat keparahan
d.Tingkat keselamatan

Jawaban.b.Tingkat kekerapan
Tingkat kekerapan digunakan untuk menunjukkan seberapa sering kejadian yang menyebabkan karyawan luka atau cacat. Luka atau cacat karyawan tersebut menyebabkan seseorang tidak dapat masuk kerja satu hari atau lebih setelah terjadinya kecelakaan kerja.


36. Menurut Byars dan Rue (1997), ada empat elemen dasar yang paling sukses dalam program K3, kecuali...
a.sikap positif terhadap keselamatan kerja harus ada dan terpelihara
b.program harus mendapat dukungan tulus dari semua level manajemen
c.setiap orang atau departemen tidak harus menguasai program keselamatan kerja karena sudah menjadi tanggung jawab komite K3.
d.perlu dinyatakan secara jelas bahwa seluruh manajer oprasi harus menganggap keselamatan kerja sebagai bagian integral dalam tugasnya

Jawaban.c.setiap orang atau departemen tidak harus menguasai program keselamatan kerja karena sudah menjadi tanggung jawab komite K3.
Menurut Byars dan Rue (1997), saat ini ada empat elemen dasar yang paling sukses dalam program keselamatan kerja, yaitu:
Pertama, program harus mendapat dukungan yang tulus, baik dari manajemen puncak maupun manajemen.
Kedua, harus dinyatakan secara jelas bahwa bahwa keselamatan kerja menjadi tanggung jawab manajer operasi. Seluruh manajer operasi harus menganggap bahwa keselamatan kerja menjadi bagian integral dalam tugas mereka.
Ketiga, sikap positif terhadap keselamatan kerja harus ada dan terpelihara. Semua karyawan harus percaya bahwa program keselamatan kerja adalah bermanfaat dan membuahkan hasil
Keempat, Setiap orang atau departemen harus menguasai program keselamatan kerja dan bertanggung jawab terhadap pelaksanaannya.


37.Pada dasarnya, keselamatan dan kesehatan kerja yang diterapkan di perusahaan bersifat..
a.rehabilitasi korban kecelakaan
b.pengobatan terhadap penyakit
c.pencegahan terhadap kecelakaan kerja
d.pemberantasan terhadap penyakit menular

Jawaban.c.pencegahan terhadap kecelakaan kerja


38. Menurut Ivancevich, program perawatan kesehatan preventif meliputi hal-hal berikut, kecuali...
a.pemberian gizi yang lebih baik
b.program olahraga secara teratur
c.tidak merokok dan minum alkohol
d.program wisata di setiap akhir pekan

Jawaban.d.program wisata di setiap akhir pekan


39.Isi dari spesifikasi jabatan merupakan ...
a.persyaratan minimal untuk jabatan tertentu
b.memberikan penghargaan kepada karyawan
c.menuliskan atau membuat tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk jabatan tersebut
d.proses memahami apa tanggung jawab setiap jabatan dan kontribusi hasil jabatan tersebut terhadap pencapaian hasil atau tujuan organisasi

Jawaban.a.persyaratan minimal untuk jabatan tertentu
Spesifikasi jabatan adalah persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh orang yang menduduki suatu jabatan, agar ia dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan baik. Spesifikasi jabatan ini dapat disusun secara bersama-sama dengan Uraian Jabatan, tetapi dapat juga di susun secara terpisah. Beberapa hal yang pada umumnya dimasukkan dalam spesifikasi jabatan adalah sebagai berikut.
1. Persyaratan pendidikan, latihan dan pengalaman kerja.
2. Persyaratan pengetahuan dan keterampilan.
3. Persyaratan fisik dan mental.
4. Persyaratan umur dan jenis kelamin.


40.Dengan memiliki karyawan yang bersedia melakukan kerja lembur, maka perusahaan dapat menghindari ….
a.biaya perekrutan
b.biaya overhead pabrik
c.tingkat absensi karyawan
d.tingkat kerusakan produk

Jawaban, a.biaya perekrutan
Dengan memiliki karyawan yang bersedia melakukan kerja lembur, maka organisasi dapat menghindari biaya perekrutan dan sekaligus memiliki tambahan karyawan. Kerja lembur dapat memberikan pendapatan tambahan bagi karyawan.

Soal Ujian UT Terbaru 2019 Latihan Mandiri EKMA4214 MSDM 4.5 5 Bank soal UT Wednesday, July 3, 2019 Soal Ujian UT Terbaru 2019 Latihan Mandiri EKMA4214 MSDM Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 1.Unsur terpenting dalam org...



1 comment:

  1. Sangat membantu..Terima kasih, dan teruskan updatenya ya..

    ReplyDelete