Soal Ujian Universitas Terbuka Manajemen Operasi Jasa EKMA4369 Beserta Kunci Jawabannya
Manajemen Operasi Jasa EKMA4369 |
Pilihlah salah satu Jawaban yang paling tepat
A. Penelitian operasi (operation reseach)
B. Sain manajemen (management science)
C. Manajemen operasi (operation management)
D. Perancangan industrial (industrial engineering)
Jawab:
C. Manajemen operasi (operation management)
kegiatan bidang usaha fungsional dengan tanggung jawab jelas yang ada pada manajemen lini dan berkaitan dengan bidang manajemen dan pengelolaan semua proses individu seefektif mungkin disebut manajemen operasi (operation management)
C. Manajemen operasi (operation management)
kegiatan bidang usaha fungsional dengan tanggung jawab jelas yang ada pada manajemen lini dan berkaitan dengan bidang manajemen dan pengelolaan semua proses individu seefektif mungkin disebut manajemen operasi (operation management)
2. Kegiatan desain proses, tata letak, perencanaan produksi, pengendalian persediaan, pengendalian dan pengelolaan kualitas, perencanaan kapasitas, dan manajemen kerja adalah tanggung jawab bidang...
A. Manajemen operasi
B. Manajemen pemasaran
C. Manajemen keuangan
D. Manajemen sumber daya manusia
Jawab:
A. Manajemen operasi
kegiatan desain proses, tata letak, perencanaan produksi, pengendalian persedian, pengendalian dan pengelolaan kualitas, perencanaan kapasitas, dan manajemen kerja adalah tanggung jawab bidang manajemen operasi
A. Manajemen operasi
kegiatan desain proses, tata letak, perencanaan produksi, pengendalian persedian, pengendalian dan pengelolaan kualitas, perencanaan kapasitas, dan manajemen kerja adalah tanggung jawab bidang manajemen operasi
3. Dari segi pelayanan kepada pelanggan dan ciri penyampaiannya, kuadran yang tidak ada hubungan formal antara pelanggan dengan perusahaan jasa dan transaksi dilakukan tidak secara terus-menerus dapat diberikan contoh pada pelayanan...
A. Asuransi
B. Stasiun radio
C. Pembelian tiket di bioskop
D. Restoran
Jawab:
D. Restoran
restoran adalah contoh tidak adanya hubungan formal antara pelanggan dengan perusahaan jasa dan transaksi dilakukan tidak secara terus-menerus
D. Restoran
restoran adalah contoh tidak adanya hubungan formal antara pelanggan dengan perusahaan jasa dan transaksi dilakukan tidak secara terus-menerus
4. Hal yang tidak nampak di depan pelanggan, namun berisi personil, fasilitas, peralatan dan proses yang mendukung personil dan proses di baris depan disebut...
A. Front stage
B. Backstage
C. Front room
D. Back room
Jawab:
B. Backstage
baris belakang atau belakang layar (backstage) tidak nampak di depan pelanggan, namun berisi personil, fasilitas, peralatan, dan proses yang mendukung personil dan proses di baris depan
B. Backstage
baris belakang atau belakang layar (backstage) tidak nampak di depan pelanggan, namun berisi personil, fasilitas, peralatan, dan proses yang mendukung personil dan proses di baris depan
5. Jenis pelayanan dimana pelanggan harus menunjukkan produksi jasa disebut...
A. Jasa campuran (mixed service)
B. Jasa murni (pure service)
C. Jasa pemanufakturan yang diandaikan (quasi-manufacturing service)
D. Jasa massal (mass service)
Jawab:
B. Jasa murni (pure service)
jasa murni (pure service) pelanggan harus menunjukkan produksi jasa
B. Jasa murni (pure service)
jasa murni (pure service) pelanggan harus menunjukkan produksi jasa
6. Desain produk tidak dapat diubah dengan mudah karena perubahan desain produk akan menyebabkan perubahan...
A. Proses Produksi
B. Produk
C. Jasa
D. Fasilitas produksi
Jawab:
A. Proses Produksi
Desain produk tidak dapat diubah dengan mudah karena perubahan desain produk akan menyebabkan perubahan proses produksi
A. Proses Produksi
Desain produk tidak dapat diubah dengan mudah karena perubahan desain produk akan menyebabkan perubahan proses produksi
7. Alasan utama mengadakan desain dan pengembangan jasa adalah...
A. Memuaskan karyawan
B. Meningkatkan produksi
C. Memenuhi kebutuhan baru pelanggan dan perubahan kebutuhan pelanggan
D. Penambahan jenis produk
Jawab:
C. Memenuhi kebutuhan baru pelanggan dan perubahan kebutuhan pelanggan
karena alasan utama mengadakan desain dan pengembangan jasa adalah memenuhi kebutuhan baru pelanggan dan perubahan kebutuhan pelanggan
C. Memenuhi kebutuhan baru pelanggan dan perubahan kebutuhan pelanggan
karena alasan utama mengadakan desain dan pengembangan jasa adalah memenuhi kebutuhan baru pelanggan dan perubahan kebutuhan pelanggan
8. Hasil akhir dari seluruh tahapan proses pengembangan produk adalah...
A. Pengembangan konsep
B. Desain pada level sistem
C. Perincian desain
D. Peluncuran produk di pasar
Jawab:
D. Peluncuran produk di pasar
hasil akhir dari seluruh tahapan proses pengembangan produk adalah peluncuran produk dipasar
D. Peluncuran produk di pasar
hasil akhir dari seluruh tahapan proses pengembangan produk adalah peluncuran produk dipasar
9. Produk yang dihasilkan secara massal dengan desain dan pengembangan yang sangat terstruktur disebut...
A. Platform products
B. Quick-build products
C. High-risk products
D. Customized products
Jawab:
D. Customized products
customized products adalah produk yang dihasilkan secara massal dengan desain dan pengembangan yang sangat terstruktur
D. Customized products
customized products adalah produk yang dihasilkan secara massal dengan desain dan pengembangan yang sangat terstruktur
10. Definisi konsep pelayanan adalah...
A. Cara pelayanan disampaikan
B. Merupakan pengalaman pelayanan yang secara langsung dialami oleh pelanggan
C. Merupakan aspek kunci desain dan pengembang-an pelayanan yang tidak hanya sebagai elemen kunci proses desain, tetapi juga sebagai cara mengkongkritkan ciri pelayanan
D. Merupakan manfaat dan hasil pelayanan bagi pelanggan
Jawab:
C. Merupakan aspek kunci desain dan pengembang-an pelayanan yang tidak hanya sebagai elemen kunci proses desain, tetapi juga sebagai cara mengkongkritkan ciri pelayanan
definisi konsep pelayanan adalah merupakan aspek kunci desain dan pengembang-an pelayanan yang tidak hanya sebagai elemen kunci proses desain, tetapi juga sebagai cara mengkongkritkan ciri pelayanan
C. Merupakan aspek kunci desain dan pengembang-an pelayanan yang tidak hanya sebagai elemen kunci proses desain, tetapi juga sebagai cara mengkongkritkan ciri pelayanan
definisi konsep pelayanan adalah merupakan aspek kunci desain dan pengembang-an pelayanan yang tidak hanya sebagai elemen kunci proses desain, tetapi juga sebagai cara mengkongkritkan ciri pelayanan
11. Berdasarkan prioritas persaingan perusahaan dalam menawarkan produk dan jasa yang dihasilkannya, manajer operasi harus memilih...
A. Strategi aliran fleksibel (flexible flow strategy)
B. Strategi aliran lini (line flow strategy)
C. Strategi aliran (flow strategy)
D. Strategi menengah (intermedite flow strategy)
Jawab:
C. Strategi aliran (flow strategy)
berdasarkan prioritas persaingan perusahaan dalam menawarkan produk dan jasa yang dihasilkannya, manajer operasi harus memilih strategi aliran (flow strategy)
C. Strategi aliran (flow strategy)
berdasarkan prioritas persaingan perusahaan dalam menawarkan produk dan jasa yang dihasilkannya, manajer operasi harus memilih strategi aliran (flow strategy)
12. Perbedaan produk dan jasa dalam mempengaruhi bagaimana keputusan operasional digunakan,maka produk dalam...
A. Pemilihan lokasi dekat bahan baku dan tenaga kerja
B. Standar kualitas subyektif
C. Penjadwalan berkenaan dengan kemampuan bertemu pelanggan sesuai jadwal
D. Pemeliharaan bersifat perbaikan dan dilakukan terhadap pelanggan
Jawab:
A. Pemilihan lokasi dekat bahan baku dan tenaga kerja
perbedaan produk dan jasa dalam mempengaruhi bagaimana keputusan operasional digunakan, maka produk dalam pemilihan lokasi dekat bahan baku dan tenaga kerja
A. Pemilihan lokasi dekat bahan baku dan tenaga kerja
perbedaan produk dan jasa dalam mempengaruhi bagaimana keputusan operasional digunakan, maka produk dalam pemilihan lokasi dekat bahan baku dan tenaga kerja
13. Menurut Porter, Strategi pelayanan dengan memberikan pelayanan yang unik yang berbeda dari pesaing dinamakan...
A. Strategi diferensiasi (differentiation strategy)
B. Strategi kepemimpinan biaya (cost leadership strategy)
C. Strategi fokus (focus strategy)
D. Strategi biaya rendah (low cost strategy)
Jawab:
B. Strategi kepemimpinan biaya (cost leadership strategy)
menurut Porter, strategi pelayanan dengan memberikan pelayanan yang unik yang berbeda dari pesaing dinamakan strategi diferensiasi (differentiation strategy)
B. Strategi kepemimpinan biaya (cost leadership strategy)
menurut Porter, strategi pelayanan dengan memberikan pelayanan yang unik yang berbeda dari pesaing dinamakan strategi diferensiasi (differentiation strategy)
14. Kelompok strategi yang merupakan perilaku konsisten dalam seperangkat kegiatan disebut bentuk strategi sebagai...
A. Rencana
B. Model
C. Cara
D. Posisi
Jawab:
B. Model
kelompok strategi yang merupakan perilaku konsisten dalam seperangkat kegiatan disebut bentuk strategi sebagai model
B. Model
kelompok strategi yang merupakan perilaku konsisten dalam seperangkat kegiatan disebut bentuk strategi sebagai model
15. Kemampuan suatu organisasi jasa untuk memberikan perhatian kepada penerima jasa disebut...
A. Responsiveness
B. competence
C. Emphaty
D. Tangibles
Jawab:
C. Emphaty
Emphaty yang dimaksudkan dalam kualitas pelayanan adalah perhatian yang diberikan oleh pemberi jasa kepada penerima jasa
C. Emphaty
Emphaty yang dimaksudkan dalam kualitas pelayanan adalah perhatian yang diberikan oleh pemberi jasa kepada penerima jasa
16. Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan harus dapat diukur atau dibuat standarnya disebut...
A. reliability
B. Responsiveness
C. Assurance
D. Tangibles
Jawab:
D. Tangibles
Tangibles merupakan mencakup tersedianya bukti fisik dalam pelayanan seperti fasilitas fisik
D. Tangibles
Tangibles merupakan mencakup tersedianya bukti fisik dalam pelayanan seperti fasilitas fisik
17. Dimensi kualitas pelayanan meliputi: tangibility, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy merupakan pendapat yang dinyatakan oleh...
A. Gronroos (1984)
B. Parasuraman et al (1988)
C. Hedvall dan paltschik (1989)
D. Lehtinen dan Lehtinen (1991)
Jawab:
B. Parasuraman et al (1988)
Parasuraman et al (1988) menyatakan bahwa dimensi kualitas pelayanan meliputi tangibility, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy
B. Parasuraman et al (1988)
Parasuraman et al (1988) menyatakan bahwa dimensi kualitas pelayanan meliputi tangibility, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy
18. Pendeketan yang digunakan dalam mengevaluasi kualitas pelayanan dimana klien dan personil menggunakan kriteria yang stabil ketika menilai kualitas interaksi disebut pendekatan...
A. Kejadian penting
B. Keefektifan
C. Sosiologi
D. Dimensional
Jawab:
D. Dimensional
pendekatan yang digunakan dalam mengevaluasi kualitas pelayanan adalah pendekatan dimensional karena klien dan personil menggunakan kriteria yang stabil ketika menilai kualitas interaksi
D. Dimensional
pendekatan yang digunakan dalam mengevaluasi kualitas pelayanan adalah pendekatan dimensional karena klien dan personil menggunakan kriteria yang stabil ketika menilai kualitas interaksi
19. Metode untuk mengukur kualitas pelayanan dengan membandingkan persepsi pelayanan yang diterima dan yang diharapkan disebut...
A. Servqual
B. Servperf
C. Skala EP
D. Hedperf
Jawab:
A. Servqual
Servqual mengukur kualitas pelayanan dengan membandingkan persepsi pelayanan yang diterima dan yang diharapkan
A. Servqual
Servqual mengukur kualitas pelayanan dengan membandingkan persepsi pelayanan yang diterima dan yang diharapkan
20. Menurut Krajewski et al. (2007) pelanggan adalah faktor utama dalam menentukan lokasi perusahaan jasa, karena sifat pelayanan yang tidak dapat ditundA. Pelanggan akan memilih pelayanan yang mudah terjangkau. Hal ini merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan jasa yaitu...
A. Lokasi pesaing
B. Biaya transportasi dan kedekatan dengan pasar
C. Kedekatan dengan pelanggan
D. Faktor-faktor khusus lokasi
Jawab:
C. Kedekatan dengan pelanggan
kedekatan dengan pelanggan adalah faktor utama dalam menentukan lokasi perusahaan jasa, karena sifat pelayanan yang tidak dapat ditundA. Pelanggan akan memilih pelayanan yang mudah terjangkau
C. Kedekatan dengan pelanggan
kedekatan dengan pelanggan adalah faktor utama dalam menentukan lokasi perusahaan jasa, karena sifat pelayanan yang tidak dapat ditundA. Pelanggan akan memilih pelayanan yang mudah terjangkau
21. Reaksi untuk mengobservasi perilaku pelanggan bila mereka harus memilih diantara pesaingnya, lebih tepat menggunakan strategi pemilihan lokasi yang disebut...
A. Pengklasteran kompetitif
B. Pemasaran jenuh
C. Perantara pemasaran
D. Mensubtitusikan komunikasi
Jawab:
A. Pengklasteran kompetitif
pengklasteran kompetitif (competitive clustering) merupakan reaksi untuk mengobservasi perilaku pelanggan bila mereka harus memilih diantara pesaingnya
A. Pengklasteran kompetitif
pengklasteran kompetitif (competitive clustering) merupakan reaksi untuk mengobservasi perilaku pelanggan bila mereka harus memilih diantara pesaingnya
22. Teknik matematika yang digunakan untuk menemukan lokasi pusat distribusi tunggal yang melayani sejumlah lokasi yang terkait, seperti pemasok, pelanggan disebut metode...
A. Penilaian faktor
B. Analisis titik impas
C. Pusat gravitasi
D. Transportasi
Jawab:
C. Pusat gravitasi
metode pusat gravitasi merupakan teknik matematika yang digunakan untuk menemukan lokasi pusat distribusi tunggal yang melayani sejumlah lokasi yang terkait, seperti pemasok, pelanggan
C. Pusat gravitasi
metode pusat gravitasi merupakan teknik matematika yang digunakan untuk menemukan lokasi pusat distribusi tunggal yang melayani sejumlah lokasi yang terkait, seperti pemasok, pelanggan
23. Dalam pemilihan lokasi perusahaan terdapat 4 lokasi yaitu A, B, C, D. Banyaknya unit yang diangkut ke pelanggan dan letak masing-masing pelanggan perusahaan berturut-turut 3000, 2000, 1000, 2000. Koordinat X lokasi pelanggan masing-masing 40,50,100,80 dan koordinat Y lokasi pelanggan masing-masing 60,50,120,80. Dengan data yang tersedia, maka lokasi yang dipilih adalah lokasi yang berada pada koordinat titik...
A. Cx = 40 ; Cy = 50
B. Cx = 50 ; Cy = 60
C. Cx = 60 ; Cy = 70
D. Cx = 70 ; Cy = 80
Jawab:
C. Cx = 60 ; Cy = 70
Cx =(40)(3000)+(50)(2000)+(100)(1000)+(80)(2000) = 60
3000 + 2000 + 1000 + 2000
Cy = (60)(3000)+(50)(2000)+(120)(1000)+(80)(2000) = 70
3000 + 2000 + 1000 + 2000
C. Cx = 60 ; Cy = 70
Cx =(40)(3000)+(50)(2000)+(100)(1000)+(80)(2000) = 60
3000 + 2000 + 1000 + 2000
Cy = (60)(3000)+(50)(2000)+(120)(1000)+(80)(2000) = 70
3000 + 2000 + 1000 + 2000
24. Metode penentuan lokasi yang diterapkan dalam peramalan (forecasting), perencanaan strategik (strategic planning), strategi rantai pasokan (supply chain strategy), produktivitas, dan untuk megetahui hambatan dalam pengelolaan operasi internasional disebut metode...
A. Analisis titik impas
B. Pusat gravitasi
C. Transportasi
D. Delphi
Jawab:
D. Delphi
metode Delphi kemudian diterapkan dalam peramalan (forecasting), perencanaan strategik (Strategic planning), strategi rantai pasokan (supply-chain strategy), produktivitas, dan untuk mengetahui hambatan dalam pengelolaan operasi internasional
D. Delphi
metode Delphi kemudian diterapkan dalam peramalan (forecasting), perencanaan strategik (Strategic planning), strategi rantai pasokan (supply-chain strategy), produktivitas, dan untuk mengetahui hambatan dalam pengelolaan operasi internasional
25. Pentingnya tata letak fasilitas bagi organisasi perusahaan adalah ...
A. Dapat memperbaiki koordinasi antar lini departemen dan bidang fungsional
B. Mengurangi kemacetan
C. Tata letak tidak terdapat pada semua bidang karena setiap fasilitas mempunyai tata letak
D. Mengoptimalkan perpindahan, mengurangi kemacetan dan memaksimumkan penggunaan ruangan
Jawab:
A. Dapat memperbaiki koordinasi antar lini departemen dan bidang fungsional
tata letak fasilitas sangat penting bagi organisasi perusahaan karena dapat memperbaiki koordinasi antar lini departemen dan bidang fungsional
A. Dapat memperbaiki koordinasi antar lini departemen dan bidang fungsional
tata letak fasilitas sangat penting bagi organisasi perusahaan karena dapat memperbaiki koordinasi antar lini departemen dan bidang fungsional
26. Menurut Krajewski et al. (2007), tata letak yang digunakan pada pabrikasi (back office) dan proses lini yang memiliki aliran kerja linier dan tugas yang berulang-ulang yaitu...
A. Aliran fleksibel (flexible flow)
B. Aliran lini (line flow)
C. Campuran (hybrid)
D. Posisi tetap (fixed position)
Jawab:
B. Aliran lini (line flow)
aliran lini (line flow) digunakan pada pabrikasi (back office) dan proses lini yang memiliki aliran kerja linier dan tugas yang berulang-ulang
B. Aliran lini (line flow)
aliran lini (line flow) digunakan pada pabrikasi (back office) dan proses lini yang memiliki aliran kerja linier dan tugas yang berulang-ulang
27. Tujuannya adalah tercapainya kerjasama yang lebih dekat antar karyawan pada semua level, merupakan tujuan dari tata letak...
A. Kantor
B. Eceran
C. Gudang
D. Proses
Jawab:
A. Kantor
tujuan tata letak kantor adalah tercapainya kerjasama yang lebih dekat antar karyawan pada semua level
A. Kantor
tujuan tata letak kantor adalah tercapainya kerjasama yang lebih dekat antar karyawan pada semua level
28. Sebagian besar perusahaan jasa atau pelayanan menggunakan tata letak...
A. Kantor
B. Eceran
C. Gudang
D. Proses
Jawab:
D. Proses
karena sebagian besar perusahaan jasa atau pelayanan menggunakan tata letak proses dan dalam perusahaan jasa memerlukan ruang yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pelanggan
D. Proses
karena sebagian besar perusahaan jasa atau pelayanan menggunakan tata letak proses dan dalam perusahaan jasa memerlukan ruang yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pelanggan
29. Desain proses pelayanan menunjukkan pengaturan fasilitas pelayanan, di mana pelayanan disediakan, dan kapan proses pelayanan disusun dan disampaikan. Bila pola permintaan tidak dapat diubah, manajer harus memperhatikan strategi yang berorientasi operasi untuk mengendalikan tingkat penawaran pelayanan, seperti penjadwalan paruh waktu (part time) dan melatih personil penyedia jasa adalah pendapat menurut...
A. Sheu et al, 2003
B. Fritzsimmons & fritzsimmons, (2008)
C. Whiting dan donthu, (2006)
D. davis dan heineke (1994)
Jawab:
B. Fritzsimmons & fritzsimmons, (2008)
Fritzsimmons & Fritzsimmons (2008), menyatakan bila pola permintaan tidak dapat diubah, manajer harus memperhatikan strategi yang berorientasi operasi untuk mengendalikan tingkat penawaran pelayanan, seperti penjadwalan paruh waktu (part time) dan melatih personil penyedia jasa
B. Fritzsimmons & fritzsimmons, (2008)
Fritzsimmons & Fritzsimmons (2008), menyatakan bila pola permintaan tidak dapat diubah, manajer harus memperhatikan strategi yang berorientasi operasi untuk mengendalikan tingkat penawaran pelayanan, seperti penjadwalan paruh waktu (part time) dan melatih personil penyedia jasa
30. Satu atau lebih pelanggan (orang atau benda) yang menunggu untuk dilayani disebut...
A. Waktu tunggu
B. Populasi pelanggan
C. Fasilitas pelayanan
D. Pelanggan yang tidak sabar
Jawab:
A. Waktu tunggu
garis tunggu merupakan satu atau lebih pelanggan yang menunggu untuk dilayani. Pelanggan yang dimaksud bisa orang atau benda, seperti mesin yang memerlukan perawatan, pesanan yang menunggu dikirim, atau persediaan material untuk digunakan.
A. Waktu tunggu
garis tunggu merupakan satu atau lebih pelanggan yang menunggu untuk dilayani. Pelanggan yang dimaksud bisa orang atau benda, seperti mesin yang memerlukan perawatan, pesanan yang menunggu dikirim, atau persediaan material untuk digunakan.
31. Sistem antrian pelayanan tunggal (single-channel queuing system) dapat dijumpai pada...
A. Pelayanan teller atau kasir bank
B. Pelayanan drive through
C. Pelayanan poliklinik di Rumah Sakit Umum
D. Pelayanan tiket di jalan tol
Jawab:
B. Pelayanan drive through
karena pelayanan drive through termasuk dalam sistem antrian pelayanan tunggal (single channel queuing system) ,pelayanan berdasarkan kedatangan menunggu untuk dilayani dengan mengabaikan panjangnya antrian yang ada
B. Pelayanan drive through
karena pelayanan drive through termasuk dalam sistem antrian pelayanan tunggal (single channel queuing system) ,pelayanan berdasarkan kedatangan menunggu untuk dilayani dengan mengabaikan panjangnya antrian yang ada
32. Rata-rata banyaknya unit atau pelanggan dalam
A. Ls = ? μ - ?
B. Ws = .1 μ - ?
C. Ls = .?2 . μ(μ - ?)
D. Ws = . ? . μ (μ - ?)
Jawab:
C. Ls = .? 2 . μ(μ - ?)
karena rumus
Ls = ? 2 μ (μ-?)
digunakan untuk menghitung rata-rata banyaknya unit atau pelanggaan dalam antrian
C. Ls = .? 2 . μ(μ - ?)
karena rumus
Ls = ? 2 μ (μ-?)
digunakan untuk menghitung rata-rata banyaknya unit atau pelanggaan dalam antrian
33. Tujuan penjadwalan adalah ...
A. Meminimalkan waktu memulai pekerjaan
B. Memaksimumkan waktu menanggapi permintaan pelanggan
C. Memaksimumkan persediaan barang dalam proses
D. Memaksimumkan penggunaan mesin dan peralatan
Jawab:
D. Memaksimumkan penggunaan mesin dan peralatan
tujuan penjadwalan adalah memaksimumkan penggunaan mesin dan peralatan
D. Memaksimumkan penggunaan mesin dan peralatan
tujuan penjadwalan adalah memaksimumkan penggunaan mesin dan peralatan
34. Model yang didasarkan pada teori, memenuhi persyaratan teori karena definisi, domain, hubungan, dan prediksi menunjukkan bagaimana dan mengapa mereka menerapkan dalam peramalan disebut model...
A. Pertimbangan (judgment)
B. Penghitungan (counting)
C. Perjalanan waktu (time series)
D. Sebab akibat (kausal)
Jawab:
D. Sebab akibat (kausal)
model sebab akibat (kausal) merupakan model yang didasarkan pada teori. model kausal memenuhi persyaratan teori karena definisi, domain, hubungan, dan prediksi menunjukkan bagaimana dan mengapa mereka menerapkan dalam peramalan
D. Sebab akibat (kausal)
model sebab akibat (kausal) merupakan model yang didasarkan pada teori. model kausal memenuhi persyaratan teori karena definisi, domain, hubungan, dan prediksi menunjukkan bagaimana dan mengapa mereka menerapkan dalam peramalan
35. Masalah penjadwalan pelayanan karena keterbatasan karyawan dapat diatasi dengan...
A. Menaikkan gaji karyawan
B. Menyusun jadwal kerja lembur
C. Memaksimumkan pemberian fasilitas karyawan
D. Menyediakan asrama bagi karyawan
Jawab:
B. Menyusun jadwal kerja lembur
menyusun jadwal kerja lembur merupakan salah satu solusi masalah penjadwalan pelayanan karena keterbatasan karyawan
B. Menyusun jadwal kerja lembur
menyusun jadwal kerja lembur merupakan salah satu solusi masalah penjadwalan pelayanan karena keterbatasan karyawan
36. Desain pekerjaan pelayanan yang menjelaskan tindakan yang dibutuhkan untuk menerima dan memproses informasi pelanggan dalam proses penyampaian jasa...
A. Media komunikasi
B. Kemampuan analisis tugas
C. Teknologi tugas
D. Sentralisasi
Jawab:
C. Teknologi tugas
teknologi tugas menjelaskan tindakan yang dibutuhkan untuk menerima dan memproses informasi pelanggan dalam proses penyampaian jasa
C. Teknologi tugas
teknologi tugas menjelaskan tindakan yang dibutuhkan untuk menerima dan memproses informasi pelanggan dalam proses penyampaian jasa
37. Perekrutan berarti mengidentifikasi dan menarik orang yang dapat mengisi posisi dalam perusahaan, kemudian membuka lamaran. Titik awal perekrutan adalah...
A. Menyiapkan deskripsi pekerjaan yang baik bagi posisi tertentu
B. Menentukan spesifikasi keahlian dan kemampuan yang harus dimiliki oleh calon karyawan
C. Mengumumkan lowongan pekerjaan dan dicari ke berbagai sumber
D. Mengumumkan lowongan pekerjaan dan dicari ke berbagai sumber
Jawab:
A. Menyiapkan deskripsi pekerjaan yang baik bagi posisi tertentu
titik awal perekrutan sumber daya manusia adalah menyiapkan deskripsi pekerjaan yang baik bagi posisi tertentu
A. Menyiapkan deskripsi pekerjaan yang baik bagi posisi tertentu
titik awal perekrutan sumber daya manusia adalah menyiapkan deskripsi pekerjaan yang baik bagi posisi tertentu
38. Meyakinkan manajemen bahwa dalam perusahaan tersebut tersedia sejumlah karyawan yang sesuai dengan tempat yang dibutuhkan dan keahlian yang diperlukan adalah tujuan dari...
A. Perencanaan SDM
B. Visi perubahan
C. Perencanaan operasional
D. Sasaran perusahaan
Jawab:
A. Perencanaan SDM
tujuan perencanaan SDM yaitu meyakinkan manajemen bahwa dalam perusahaan tersebut tersedia sejumlah karyawan yang sesuai dengan tempat yang dibutuhkan dan keahlian yang diperlukan
A. Perencanaan SDM
tujuan perencanaan SDM yaitu meyakinkan manajemen bahwa dalam perusahaan tersebut tersedia sejumlah karyawan yang sesuai dengan tempat yang dibutuhkan dan keahlian yang diperlukan
39. Usaha yang dapat dilakukan perusahaan jasa atau pelayanan dalam meningkatkan produktivitasnya antara lain karyawan harus mampu mengembangkan nilai-nilai organisasi dan memberikan kontribusi pada individu, yang disebut
A. Environmental domain
B. Organizational Domain
C. Job Domain
D. Interpersonal Domain
Jawab:
B. Organizational Domain
karena Organizational Domain adalah usaha yang dilakukan perusahaan jasa dimana karyawan yang mampu mengembangkan nilai-nilai organisasi inilah yang mampu memberikan kontribusi pada individu
B. Organizational Domain
karena Organizational Domain adalah usaha yang dilakukan perusahaan jasa dimana karyawan yang mampu mengembangkan nilai-nilai organisasi inilah yang mampu memberikan kontribusi pada individu
40. Perencanaan SDM yang digunakan lebih dari 3 tahun. Perubahan dalam perencanaan SDM dalam jangka waktu tertentu biasanya disebabkan oleh kondisi pasar yang menuntut agar SDM perusahaan tetap survive dan memenangkan persaingan disebut perencanaan SDM...
A. Jangka pendek
B. Jangka menengah
C. Jangka panjang
D. Yang mendasari ketertarikan pada perencanaan SDM dari beberapa segi perubahan
Jawab:
C. Jangka panjang
karena perencanaan SDM jangka panjang merupakan perencanaan SDM yang digunakan lebih dari 3 tahun. Perubahan dalam perencanaan SDM jangka panjang biasanya disebabkan oleh kondisi pasar yang menuntut agar SDM perusahaan tetap Survive dan memenangkan persaingan
C. Jangka panjang
karena perencanaan SDM jangka panjang merupakan perencanaan SDM yang digunakan lebih dari 3 tahun. Perubahan dalam perencanaan SDM jangka panjang biasanya disebabkan oleh kondisi pasar yang menuntut agar SDM perusahaan tetap Survive dan memenangkan persaingan
No comments:
Post a Comment