-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Diskusi 8 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4565 – Manajemen Perubahan

 on Wednesday, January 3, 2024  


Diskusi 8 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4565 – Manajemen Perubahan

Diskusi 8 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4565 – Manajemen Perubahan


Pertanyaan Diskusi 8 Tuton EKMA4565

1) Berikan penjelasan tentang kebaruan dan nilai manfaat dari inovasi. 

2) Apakah Anda setuju bahwa kesamaan antara inovasi, kreatifias, dan invensi adalah pada kebaruan? Jelaskan.

3) Terletak pada apa perbedaan dari ketiganya (inovasi, kreatifitas, dan invensi)? Jelaskan dengan contoh.

Jawaban :

1). Berikan penjelasan tentang kebaruan dan nilai manfaat dari inovasi.

Definisi kebaruan
Kebaruan menurut KBBI adalah perihal baru, sesuatu yang baru. Kebaruan adalah sebuah tema penting khususnya bagi perusahaan yang baru berdiri (new start-up), perusahaan yang hendak memasuki pasar baru (new entry), perusahaan yang hendak memperbaiki proses aktivitas (new organization) dan bahkan bagi perusahaan yang mengalami kegagalan dan hendak menyehatkan diri (organizational renewal). Mengadopsi hal-hal baru merupakan sebuah keharusan bagi perusahaan-perusahaan jika ingin tetap bertahan hidup dan bisa bersaing dalam kancah lingkungan yang sangat dinamis. Inovasi yang di dalamnya melibatkan unsur kebaruan dengan demikian merupakan salah satu bentuk solusi yang sangat disarankan bagi tipikal perusahaan. Baru dalam hal ini bisa berupa produk, jasa, metode produksi, membuka pasar baru, pasokan (supply), atau manajemennya baru (Johanessen et al. 2001). Berdasarkan unsur kebaruan dalam inovasi, secara umum inovasi biasanya dibedakan menjadi 4 macam yakni inovasi produk, jasa, proses dan administrasi atau manajemen (Damanpour, 1987; 1991; 1996; Van de Ven, 1986).

Adapun pengertian inovasi menurut para ahli diantaranya :

1). Menurut Everett M. Rogers, inovasi merupakan sebuah ide, gagasan, ojek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau pun diadopsi.

2). Menurut Kuniyoshi Urabe, inovasi merupakan setiap kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali pukul, melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif, meliputi banyak proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasian nya di pasar.

Nilai manfaat dari inovasi antara lain sebagai berikut :

1). Dapat memecahkan permasalahan yang terlihat tidak mungkin untuk diselesaikan. Ketika bisnis kita memiliki masalah yang sepertinya tidak pernah hilang karena sangat sulit untuk diselesaikan, kemungkinan salah satu penyebab utamanya adalah pelaku bisnis selalu mengandalkan solusi lama yang tidak efektif. Solusi ampuhnya yaitu perlu mendorong diri dan seluruh anggota tim bisnis untuk berpikir kreatif dan membangun inovasi baru dalam menyelesaikan masalah yang ada. Solusi yang inovatif akan menyelesaikan permasalahan bisnis yang sangat rumit.

2). Meningkatkan produktivitas diri dan karyawan di tempat kerja. Inovasi bisa membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas diri karyawan di tempat kerja. Misalnya, ketika atasan melakukan observasi selama beberapa kali, atasan menemukan banyak karyawan yang tidak bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Mereka suka mengundur-undur pekerjaan dan seringkali lewat dari tenggat waktu. Jika memang ini yang terjadi pada diri karyawan di kantor, maka inovasi dapat menjadi solusi yang terbaik. inovasi yang kuat di dalam perusahaan akan membuat para karyawannya menjadi lebih “hidup” kembali.

3). Dapat menampilkan kualitas yang unik.
Hampir semua pebisnis menciptakan kualitas yang unik disetiap produknya yang lebih menonjol dan berbeda daripada kompetitor lainnya. Dengan kualitas yang unik, bisnis akan semakin spesifik dan mengerucut. Sehingga, memiliki target pelanggan khusus untuk bisnis tersebut. Kita tidak perlu khawatir jika kompetitor akan berusaha untuk menarik perhatian pelanggan kita, karena pelanggan kita tahu keunikan dan kepuasan yang mereka mau hanya bisa didapatkan dari bisnis kita.

4). Dapat membantu bisnis suatu perusahaan /organisasi dalam mengalahkan bisnis pesaing yang tangguh. Ketika kita adalah seorang pemikir inovatif dalam bisnis, maka secara otomatis kita dapat mengalahkan para pesaing terberat kita dalam bisnis. Kita akan lebih lihai dalam mencari cara untuk merancang produk-produk baru, terhubung dan meningkatkan customer service dengan kualitas yang dapat diandalkan, mempromosikan bisnis kita secara efektif, meningkatkan penjualan, serta mengembangkan strategi periklanan produk.

2). Apakah Anda setuju bahwa kesamaan antara inovasi, kreativitas dan invensi adalah pada kebaruan? Jelaskan !.

Iya saya setuju. Inovasi, kreativitas dan invensi ketiganya mengandung unsur kebaruan namun memiliki makna yang berbeda. Kreativitas merupakan prasyarat untuk terciptanya inovasi. Kreativitas oleh Sternberg didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk menghasilkan bukan hanya produk berkualitas tetapi juga baru. Sementara invensi merupakan sebuah ide /gagasan, sketsa/model untuk suatu hal (Palmberg, 1999). Definisi yang sama juga diberikan oleh Ahuja & Lampert (2001) yakni invensi adalah pengembangan ide baru.

3). Terletak pada apa perbedaan ketiganya (inovasi, kreativitas dan invensi)? Jelaskan dengan contoh!.

Sesungguhnya ketiga kata inovasi, kreativitas dan invensi memiliki kesamaan yakni unsur kebaharuan. Perbedaan dari ketiganya terletak pada nilai guna dari kebaruan tersebut. Kreativitas menghasilkan pengetahuan baru yang menjadi dasar untuk menemukan formula baru dan formula baru jika diwujudkan dalam realitas kehidupan akan memberi nilai guna dan membantu memecahkan persoalan yang sebelumnya tidak terpecahkan. Invensi yang memberi manfaat nyata inilah yang secara umum disebut sebagai inovasi.

Sebagai contoh dari kreativitas, invensi dan inovasi yaitu sebagai berikut :
a). Philo Farnsworth mendapatkan inspirasi penemuan televisi Ketika dia sedang duduk dibukit sambil memandang petakan lahan pertanian gandum yang rapi. Inpirasi ini memunculkan ide untuk membuat tabung sinar katoda yang mengeluarkan barisan titik-titik gelap terang yang teratur. Pada waktu itu Farnsworth berumur 14 tahun dan ide barunya terwujud setelah dia berusia 21 tahun. Contoh ini merupakan inovasi dan kreativitas.

b). Hukum Gravitasi Newton merupakan invensi yang muncul dari pengamatan visual terhadap buah apel yang jatuh dan bulan yang mengorbit bumi. Invensi memberikan kontribusi terhadap dunia ilmu pengetahuan.

c). Wright bersaudara bisa menemukan pesawat terbang dari saat mereka melihat seekor burung yang terbang, dan berfikir kenapa seekor burung bisa terbang sementara kita tidak bisa terbang? Hal itu menjadikan homework buat mereka berdua. Selanjutnya mereka terus mencoba dengan berbagai benda agar mereka bisa terbang. Mulai dengan memakai sayap-sayapan yang dibuat sama persis dengan aslinya, hingga dengan memakai mesin yang sampai sekarang kita gunakan. Wright bersaudara ini tidak mendapatkan sebuah keahlian dari Pendidikan melainkan dari pekerjaan. Pekerjaan yang mereka tekuni pada waktu itu adalah mekanik dimana selalu berurusan dengan mesin-mesin seperti mesin motor, mesin cetak dan lain-lain. Bukan karena Pendidikan diperguruan tinggi yang bisa membuat invensi tetapi dengan kreativitas dan keahlian berfikirnya maka terciptalah sebuah barang yang bermanfaat sampai saat ini.

Demikian dan terima kasih.

Sumber :
SOBIRIN, Achmad. (2014). EKMA4565. Materi pokok manajemen perubahan. Modul 6. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
http://eprints.walisongo.ac.id/6580/3/BAB%20II.pdf. Diakses tanggal 17 November 2020.
Diskusi 8 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4565 – Manajemen Perubahan 4.5 5 Bank soal UT Wednesday, January 3, 2024 Diskusi 8 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4565 – Manajemen Perubahan Diskusi 8 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4565 – Manajemen Perubahan Pertanyaan Diskusi 8 Tuton EKMA4565 1) Berikan penjelasan tentang keba...



No comments:

Post a Comment