-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Diskusi 5 Tuton TAP UT Universitas Terbuka EKMA4500 – Tugas Akhir Program

 on Wednesday, January 17, 2024  



Diskusi 5 Tuton TAP UT Universitas Terbuka EKMA4500 – Tugas Akhir Program

Diskusi 5 Tuton TAP UT Universitas Terbuka EKMA4500 – Tugas Akhir Program



TUGAS AKHIR PROGRAM
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
(EKMA4500)


Penting!
Kerjakanlah soal ujian ini dengan jujur, karena pola jawaban ujian Anda akan diperiksa untuk mendeteksi kecurangan yang dilakukan selama ujian.
Jika terbukti melakukan kecurangan/contek-mencontek selama ujian,
Anda akan dikenai sanksi akademis berupa pengurangan nilai atau tidak diluluskan (diberi nilai E).


PT. Maharani Putri

PT. Maharani Putri adalah perusahaan yang memproduksi pakaian jadi (garmen) yang telah beroperasi sejak tahun 1989. Kantor pusat PT. Maharani Putri terletak di Jakarta dengan daerah pemasaran meliputi seluruh Indonesia. Sebagai produsen garmen yang telah bertahan selama lebih dari dua dekade, PT. Maharani Putri merupakan salah satu pemimpin pasar industri pakaian jadi saat ini di Indonesia.  Pangsa pasarnya mencapai 40% pasar pakaian jadi di Indonesia. Selain memenuhi permintaan dalam negeri, PT. Maharani Putri juga melayani pasar luar negeri yang meliputi wilayah Asia dan Eropa.

Sejak memulai operasinya, PT. Maharani Putri memiliki visi sebagai produsen pakaian wanita no. 1 di Indonesia. Visi tersebut dijabarkan dalam misi-misi perusahaan yang memfokuskan pada produksi busana kantor, gaun pesta, dan busana santai yang lebih ditujukan untuk segmen menengah ke atas. PT. Maharani Putri hanya melayani kelompok pembeli wanita saja dengan merek ”Woman1”  dan tidak melayani kelompok pembeli yang lain untuk mendukung visi yang telah ditetapkan di awal pendirian perusahaan. Pihak manajemen menganalisis bahwa kaum wanita merupakan kelompok pembeli yang paling menguntungkan karena memiliki keinginan yang tinggi untuk selalu mengikuti mode pakaian terbaru. Untuk meraih konsumen seluas-luasnya, PT. Maharani Putri memasarkan produknya melalui beberapa department store ternama yang tersebar di seluruh Indonesia. PT. Maharani Putri mensuplai langsung produk-produk mereka ke department-department store dengan masa daur hidup produk paling lama satu tahun. Untuk memperoleh produk ”Woman1”, konsumen dapat langsung membeli di department-department store tersebut. Cara ini merupakan cara paling efektif bagi PT. Maharani Putri karena daur hidup busana wanita akan mengalami pergantian yang sangat cepat sehingga tidak diperlukan saluran distribusi yang panjang.

PT. Maharani Putri saat ini memiliki satu pabrik di Bekasi. Seiring dengan semakin meningkatnya permintaan produk “Woman1”, pihak manajemen  berencana untuk mendirikan pabrik baru karena pabrik yang ada saat ini diperkirakan dalam lima tahun ke depan tidak mampu melayani permintaan yang semakin meningkat. Perusahaan memiliki dua alternatif lokasi yaitu di Cikarang, Semarang, atau di Surabaya. Dalam melakukan pemilihan lokasi, pihak manajemen telah menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh di setiap lokasi, bobot kepentingan setiap faktor, dan skor untuk masing-masing lokasi sebagai berikut.

No.

Faktor

Bobot

 

Skor

 

 

 

 

Cikarang

Semarang

Surabaya

1.

Ketersediaan dan biaya tenaga kerja

0,3

70

90

60

2.

Sumber bahan baku

0,2

60

80

50

3.

Sarana prasarana

0,1

70

70

70

4.

Infrastruktur

0,1

60

70

70

5.

Pajak daerah

0,1

70

80

60

6.

Sumber tenaga

0,2

50

60

60

Pendirian pabrik baru tersebut selain untuk memenuhi permintaan dalam negeri yang semakin meningkat juga untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri. Saat ini pihak manajemen telah manganalisis bahwa produk rajutan memiliki potensi pasar yang cukup besar, terutama di Eropa. Untuk itu, pabrik baru tersebut dipersiapkan untuk memproduksi lini produk baju rajutan untuk memenuhi pasar luar negeri. Untuk memenuhi permintaan baju rajutan, pihak manajemen tengah mempersiapkan untuk membeli mesin rajut otomatis agar dapat mempercepat jumlah produksi. Terdapat dua pilihan mesin yang dapat dibeli yaitu merek ASIO dari Cina dan merek KUHLER dari Jerman. Mesin ASIO ditawarkan dengan harga Rp1.000.000.000,00 dan mampu memberikan masukan penghasilan sebesar Rp260.000.000,00 per tahun. Mesin KUHLER ditawarkan dengan harga Rp1.500.000.000,00 dan mampu memberikan penghasilan sebesar Rp320.000.000,00 per tahun. Untuk membeli mesin tersebut, pihak manajemen PT. Maharani Putri akan meminjam dana dari Bank sebesar Rp700.000.000,00 dan sisanya akan dipenuhi dari dana internal perusahaan.

Untuk mendukung operasi mesin baru, perusahaan memerlukan tenaga kerja-tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus terhadap pengoperasian mesin. Permasalahan yang harus dipecahkan berikutnya adalah mempertimbangkan metode rekrutmen yang paling sesuai bagi perusahaan. Menurut Manajer HRD, akan lebih menguntungkan bagi perusahaan jika mencari orang-orang lama yang berkompetensi baik untuk menempati jabatan supervisor pada lini mesin yang baru. Apabila menggunakan orang-orang baru, maka akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Orang-orang lama terbukti mempunyai loyalitas yang tinggi yang telah mendukung perusahaan selama ini sehingga mereka layak untuk mendapatkan posisi yang lebih baik. Orang-orang lama ini akan dianalisis dan dievaluasi untuk menilai kemampuan mereka menempati posisi baru. Untuk penempatan posisi tersebut, perusahaan akan menilai karyawan yang sudah ada di pabrik Bekasi saat ini yang menempati posisi group leader, yaitu satu posisi di bawah supervisor untuk dipilih sebagai supervisor lini mesin rajut baru. Seleksi awal yang akan dilakukan adalah menilai komitmen, kedisiplinan, dan masa kerja karyawan. Dalam pemberian upah tenaga supervisor yang baru tersebut, perusahaan akan mengutamakan pada keadilan pengupahan dengan melihat struktur upah saat ini di dalam perusahaan. Untuk pengangkatan seorang group leader menjadi supervisor, tingkat upah yang akan diberikan akan disesuaikan dengan tingkat upah supervisor yang lebih tinggi daripada group leader. 

PERTANYAAN

Berdasarkan kasus PT. Maharani Putri, maka analisislah:

 

1.        a)    Strategi yang ditempuh perusahaan dalam memilih pasar sasaran (target market) dan jelaskan alasan Saudara!

       b)  Jenis saluran distribusi yang digunakan PT. Maharani Putri dari produsen sampai ke konsumen dan jelaskan jawaban Saudara!

2.        Kota mana yang paling baik untuk dipilih dengan menggunakan The factor-rating method!. Jelaskan alasan Saudara!

25%

 

 

 

 

 

25%

3.        Hitunglah payback period tiap-tiap mesin, kemudian tentukan mesin manakah yang sebaiknya dibeli perusahaan. Jelaskan alasan Saudara!


25%

4.      a)   Sumber dan metode rekrutmen/cara pengisian lowongan  karyawan yang digunakan oleh PT. Maharani Putri untuk posisi supervisor di pabrik baru! Jelaskan jawaban Saudara!

      b)   Jenis keadilan pengupahan yang diterapkan perusahaan untuk supervisor lini mesin rajut! Jelaskan  jawaban Saudara!

 

25%

 

 

Selamat Mengerjakan

Utamakan Kejujuran



Jawaban :

Berdasarkan kasus PT. Maharani Putri, maka analisislah:

1.a) Strategi yang ditempuh perusahaan dalam memilih pasar sasaran (target market) dan jelaskan alasan Saudara!

 

Strategi yang ditempuh PT. Maharani Putri dalam memilih pasar sasaran (target market ) adalah Concentrated Marketing.

Dalam concentrated marketing ini perusahaan hanya memusatkan upaya pemasarannya pada satu atau beberapa kelompok pembeli saja. Biasanya, strategi ini dilakukan oleh perusahaan yang tidak berhasil melayani banyak kelompok pembeli, sehingga upaya pemasarannya hanya dipusatkan pada kelompok pembeli yang paling menguntungkan. sebagai alasan PT. Maharani Putri memiliki visi produsen pakaian wanita no 1 di Indonesia dengan memfokuskan pada produksi busana kantor, gaun pesta, dan busana santai dan PT ini hanya melayani kelompok pembeli wanita saja dengan merek “Woman 1” dengan menganalisis bahwa kaum wanita merupakan kelompok pembeli yang paling menguntungkan karena memiliki keinginan yang tinggi untuk selalu mengikuti mode pakaian terbaru

 

b)  Jenis saluran distribusi yang digunakan PT. Maharani Putri dari produsen sampai ke konsumen dan jelaskan jawaban Saudara!

 

Saluran distribusi yang digunakan adalah produsen – pengecer – konsumen

PT. Maharani Putri memasarkan produknya melalui departmen store (pengecer) dengan daur hidup produk paling lama 1 tahun kemudian untuk mendapatkan produk “Woman 1” konsumen dapat membeli di department store.

 

2. Kota mana yang paling baik untuk dipilih dengan menggunakan The factor-rating method!. Jelaskan alasan Saudara!

 

No.

Faktor

Bobot

 

Skor

 

 

 

 

Cikarang

Semarang

Surabaya

1.

Ketersediaan dan biaya tenaga kerja

0,3

70x0,3=21

90x0,3=27

60x0,3=18

2.

Sumber bahan baku

0,2

60x0,2=12

80x0,2=16

50x0,2=10

3.

Sarana prasarana

0,1

70x0,1=7

70x0,1=7

70x0,1=7

4.

Infrastruktur

0,1

60x0,1=6

70x0,1=7

70x0,1=7

5.

Pajak daerah

0,1

70x0,1=7

80x0,1=8

60x0,1=6

6.

Sumber tenaga

0,2

50x0,2=10

60x0,2=12

60x0,2=12

 

Total

1,0

63

77

60

 

Berdasarkan perhitungan tersebut maka lokasi Semarang adalah lokasi yang paling sesuai bagi perusahaan karena memiliki skor yang lebih tinggi daripada kota lainnya.

 

3. Hitunglah payback period tiap-tiap mesin, kemudian tentukan mesin manakah yang sebaiknya dibeli perusahaan. Jelaskan alasan Saudara!

 

Mesin ASIO ditawarkan dengan harga Rp1.000.000.000

mampu memberikan penghasilan sebesar Rp260.000.000 per tahun

Tahun ke-1 = Rp260.000.000

Tahun ke-2 = Rp260.000.000

Tahun ke-3 = Rp260.000.000

----------------------------------------- +

Total dalam 3 Tahun = Rp780.000.000

 

Kurang lagi = Rp1.000.000.000 - Rp780.000.000 = Rp220.000.000

PP Mesin ASIO

= 3 Tahun + [(Rp220.000.000/ Rp260.000.000 ]x 12 bulan)

= 3 Tahun + 10,15 Bulan

Jadi payback period Mesin ASIO adalah 3 Tahun 10,15 Bulan

 

Mesin KUHLER ditawarkan dengan harga Rp1.500.000.000

mampu memberikan penghasilan sebesar Rp320.000.000 per tahun

Tahun ke-1 = Rp320.000.000

Tahun ke-2 = Rp320.000.000

Tahun ke-3 = Rp320.000.000

Tahun ke-4 = Rp320.000.000

----------------------------------------- +

Total dalam 4 Tahun = Rp 1.280.000.000

 

Kurang lagi = Rp1.500.000.000 - Rp 1.280.000.000= Rp220.000.000

PP Mesin KUHLER

= 4 Tahun + [(Rp220.000.000/ Rp320.000.000 ]x 12 bulan)

= 3 Tahun + 8,25 Bulan

Jadi payback period Mesin KUHLER adalah 4 Tahun 8,25 Bulan

 

Berdasarkan penghitungan diatas, maka Mesin yang sebaiknya dibeli oleh PT Maharani Putri adalah adalah Mesin ASIO karena memiliki payback period lebih singkat yaitu 3 Tahun 10,15 Bulan


4.a) Sumber dan metode rekrutmen/cara pengisian lowongan  karyawan yang digunakan oleh PT. Maharani Putri untuk posisi supervisor di pabrik baru! Jelaskan jawaban Saudara!

a.   Sumber dan metode rekrut karyawan yang digunakan oleh PT. Maharani Putri adalah merekrut karyawan dari dalam perusahaan (sumber internal)

Dengan alasan akan lebih menguntungkan bagi perusahaan jika mencari orang-orang lama yang berkompetensi baik , dan terbukti mempunyai loyalitas yang tinggi yang telah mendukung perusahaan selama ini,  orang lama ini akan dianalisis dan dievaluasi untuk menilai kemampuan mereka menempati posisi baru apabila menggunakan orang-orang baru maka akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit .

Cara pengisian lowongan karyawan  adalah dengan cara promosi Jabatan

dari posisi jabatan group leader menjadi jabatan supervisor ( satu posisi dibawah supervisor untuk dipilih sebagai supervisor lini mesin lajut baru).

Dengan menggunakan sumber karyawan internal PT. Maharani Putri dapat memilih beberapa cara yaitu:

1). Melalui tranfer,  yaitu mentranfer seorang karyawan dari satu jabatan ke jabatan lain yang serupa dalam satu perusahaan.

2). Melalui promosi, yaitu mempromosikan seorang karyawan dari satu jabatan yang lebih rendah ke jabatan yang lebih tinggi tingkatannya.

3). Melalui upgrade, yaitu meningkatkan level pendidikan atau keahlian seorang karyawan yang pada saat ini memegang jabatan.

b) Jenis keadilan pengupahan yang diterapkan perusahaan untuk supervisor lini mesin rajut! Jelaskan  jawaban Saudara!

Jenis keadilan pengupahan yang diterapkan perusahaan untuk supervisor lini mesin rajut adalah keadilan pengupahan dari dalam perusahaan  (internal).

perusahaan akan mengutamakan pada pengupahan dengan melihat struktur upah saat ini yang ada di dalam perusahaan, tingkat upah yang diberikan akan disesuaikan dengan tingkat upah supervisor yang lebih tinggi dari pada group leader. atau jabatan yang rendah akan memperoleh penghasilan tingkat rendah dan sebaliknya jabatan yang tinggi akan memperoleh penghasilan yang tinggi.

Demikian dan terima kasih.

Sumber :
DHARMMESTA, Basu Swastha. 2015. EKMA4216. Materi pokok manajemen pemasaran. Jakarta: Universitas Terbuka
ARIANI, Dorothea Wahyu. 2016. EKMA4215. Materi pokok manajemen operasi/. Jakarta: Universitas Terbuka
Ali Muktiyanto [et.al]. EKMA4478.MATERI pokok analisis kasus bisnis. Jakarta: Universitas Terbuka
ISWANTO, Yun. 2015. EKMA4214. Materi pokok manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Universitas Terbuka


Diskusi 5 Tuton TAP UT Universitas Terbuka EKMA4500 – Tugas Akhir Program 4.5 5 Bank soal UT Wednesday, January 17, 2024 Diskusi 5 Tuton TAP UT Universitas Terbuka EKMA4500 – Tugas Akhir Program Diskusi 5 Tuton TAP UT Universitas Terbuka EKMA4500 – Tugas Akhir Program TUGAS AKHIR PROGRAM PROGRAM STUDI MANAJEMEN (EKMA4500) Penting! Ke...



No comments:

Post a Comment