-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

TUGAS 1 UT Univesitas Terbuka Tugas Akhir Program EKMA4500 FAKULTAS EKONOMI PRODI MANAJEMEN

 on Wednesday, January 17, 2024  


TUGAS 1 UT Univesitas Terbuka Tugas Akhir Program EKMA4500 FAKULTAS EKONOMI PRODI MANAJEMEN

TUGAS 1 UT Univesitas Terbuka Tugas Akhir Program EKMA4500 FAKULTAS EKONOMI PRODI MANAJEMEN

TUGAS 1

Tugas Akhir Program.13

EKMA4500 

FAKULTAS EKONOMI

PRODI MANAJEMEN

 

PT. RAYA GARMINDO

PT. Raya Garmindo merupakan salah satu pemimpin pasar dalam industri pakaian jadi di Indonesia. Sejak didirikan pada tahun 1981, saat ini PT. Raya Garmindo berhasil menguasai 30% pangsa pasar industri pakaian jadi di Indonesia. Sebagai perusahaan yang telah berdiri selama 32 tahun, pimpinan PT. Raya Garmindo, Tuan Subroto Lee, mengaku telah mengalami pahit getirnya persaingan industri garmen di Indonesia. “Pengalaman merupakan guru yang paling sempurna”. Begitulah motto Tuan Subroto Lee. Berdasarkan pengalaman pula, PT. Raya Garmindo mampu bertahan dari badai krisis moneter dan ekonomi yang terjadi pada tahun 1998 dan tahun 2012.

Selama lebih dari tigapuluh tahun beroperasi, PT. Raya Garmindo memfokuskan bisnisnya pada pakaian anak-anak merek ”GOSK” yang ditujukan untuk kalangan menengah keatas. PT. Raya Garmindo tidak melayani kelompok pembeli yang lain karena memiliki visi sebagai kiblat busana anak nomor satu di Indonesia. Pihak manajemen menganalisis bahwa anak-anak merupakan kelompok pembeli yang paling menguntungkan disamping perusahaan tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukan lini produksi lainnya. Untuk itu, PT. Raya Garmindo hanya memproduksi pakaian anak-anak saja. Keputusan tersebut juga didasari pada keinginan untuk menjadi peimimpin pasar pakaian anak nomor satu di Indonesia. Untuk itu, dilakukan redesain lini produknya setiap tiga bulan sekali sehingga pembeli selalu mendapat produk dengan model-model baru. Untuk meraih konsumen seluas-luasnya, PT. Raya Garmindo memasarkan produknya melalui beberapa department store yang tersebar di seluruh Indonesia. PT. Raya Garmindo mensuplai langsung produk-produk mereka ke department-department store dan konsumen dapat membeli melalu department store tersebut. Cara ini merupakan cara paling efektif bagi PT. Raya Garmindo karena daur hidup busana anak akan mengalami pergantian yang sangat cepat sehingga tidak diperlukan saluran distribusi yang panjang.

Untuk menunjang kelancaran operasinya, PT. Raya Garmindo menerapkan metode EOQ dalam pengelolaan sediaan. Terdapat tiga bahan baku utama yang diperlukan secara terus menerus, yaitu bahan baku jenis A, jenis B, dan jenis C. Perusahaan ingin menganalisis pembelian bahan baku dalam satu tahun. Biaya pemesanan ketiga jenis bahan baku tersebut sama, yaitu sebesar Rp350.000 sekali pesan. Kebutuhan bahan baku A adalah sebesar 700 unit per bulan, bahan baku B sebesar 500 unit per bulan, dan bahan baku C adalah sebesar 850 unit per bulan. Biaya simpan untuk bahan baku A sebesar Rp15.000 per unit, bahan baku B sebesar Rp 16.000 per unit, dan bahan baku C sebesar Rp20.000 per unit.  

Pertanyaan:

Berdasarkan kasus PT. Raya Garmindo, maka analisislah:                                                                                                                                                        

1.        a)    Strategi yang ditempuh perusahaan dalam memilih pasar sasaran (target market) dan jelaskan alasan Saudara!

       b)  Jenis saluran distribusi yang digunakan PT. Raya Garmindo dari produsen sampai ke konsumen dan jelaskan jawaban Saudara!

 

2.         a. Jumlah pembelian paling optimal dengan metode EOQ untuk masing-masing jenis bahan baku.

        b.   Jika kapasitas gudang penyimpanan untuk ketiga bahan baku tersebut sebesar 1.600 unit, apakah perhitungan EOQ tsb dapat diterapkan ?

 

Selamat Mengerjakan

dan

Semoga Berhasil

 

Jawaban :

1. a) Strategi yang ditempuh perusahaan dalam memilih pasar sasaran (target market) dan jelaskan alasan Saudara!

Strategi yang ditempuh perusahaan dalam memilih pasar sasaran (target pasar) adalah Concentrated marketing karena pihak perusahaan memusatkan upaya pemasarannya pada kelompok anak-anak dari kalangan menengah ke atas saja. Perusahaan hanya memusatkan upaya pemasarannya pada satu atau beberapa kelompok pembeli saja. Seperti yang sudah di putuskan pihak perusahaan:

1. Perusahaan hanya memproduksi pakaian anak dari kalangan menengah keatas saja.

2. Perusahaan berkeinginan untuk menjadi pemimpin pasar pakaian anak nomor 1 di indonesia.

Keputusan-keputusan tersebut sesuai dengan tujuan dari strategi concentrated marketing, yaitu :

a. Untuk memperoleh kedudukan yang kuat dalam suatu segmen pasar yang dilayaninya.

b. Untuk memperoleh penghematan-penghematan dalam operasinya karena adanya spesialisasi dalam produksi, distribusi, dan promosi.

c. Untuk mendapatkan pengembalian investasi yang tinggi. Hal ini mungkin terjadi bilamana segmen pasarnya telah dipilih dengan tepat.


Untuk segmentasi yang diterapkan oleh PT. Raya Garmindo adalah segmentasi Demografis yang konsentrasi pada variabel umur dan penghasilan yaitu khusus pasar anak-anak dari kalangan menengah ke atas.

 

b). Jenis saluran distribusi yang digunakan PT. Raya Garmindo dari produsen sampai ke konsumen dan jelaskan jawaban Saudara!

Saluran distribusi yang digunakan PT. Raya Garmindo untuk memasarkan produknya dari produsen ke konsumen dengan saluran Produsen – Pengecer – Konsumen.

alasannya , agar konsumen PT. Raya Garmindo dapat membeli langsung melalui department store atau pengecer tersebut. Cara ini merupakan cara paling efektif bagi PT. Raya Garmindo untuk meraih konsumen seluas-luasnya sehingga daur hidup busana anak akan mengalami pergantian yang sangat cepat sehingga tidak diperlukan saluran distribusi yang panjang.

Jika dilihat dari saluran distribusi model Generik PT. Raya Garmindo menggunakan sistem Distribusi produk melalui keagenan distributor (distributor storage with package carrier delivery). Model distribusi produk ini lebih bersifat top-down di mana para produsen/manufaktur telah menunjuk keagenan pada principal atau distributor tertentu untuk memasarkan produknya untuk daerah atau negara tertentu. Seperti yang ditulis dalam artikel di atas, untuk meraih konsumen seluas-luasnya, PT. Raya Garmindo memasarkan produknya melalui beberapa department store yang tersebar di seluruh Indonesia. PT. Raya Garmindo mensuplai langsung produk-produk mereka ke department-department store dan konsumen dapat membeli melalu department store tersebut.

 

2. a). Jumlah pembelian paling optimal dengan metode EOQ untuk masing-masing jenis bahan baku.

Diketahui :

- Biaya pemesanan (S) Rp350.000 / pesan

- Biaya penyimpanan A (HA) Rp15.000 per unit

- Biaya penyimpanan B (HB) Rp16.000 per unit

- Biaya penyimpanan C (HC) Rp20.000 per unit


- Kebutuhan bahan baku A (DA) = 700 unit per bulan

- Kebutuhan bahan baku B (DB)=  500 unit per bulan

- Kebutuhan bahan baku C (DC) = 850 unit per bulan

 

Jumlah pembelian paling optimal dengan metode EOQ untuk masing-masing jenis bahan baku. Q = √2(D.S)/H

 

Q = Jumlah optimal barang per pemesanan (EOQ)

D = Permintaan tahunan barang sediaan, dalam unit

S = Biaya pemesanan setiap kali pesan

H = Biaya penyimpanan per unit per tahun

Bahan Baku A

QA = √2(D.S)/H

QA = √2(700 x 350.000)/15.000

QA = √2(16.333,33)

QA = √ (32.666,67)

QA = 180.7

Pembelian paling optimal optimal bahan baku A = 181 unit

 

Bahan Baku B

QB = √2(D.S)/H

QB = √2(500 x 350.000)/16.000

QB = √2(10.937,5)

QB = √ (21875)

QB = 147.9

Pembelian paling optimal optimal bahan baku B = 148 unit

 

Bahan Baku C

QC = √2(D.S)/H

QC = √2(850 x 350.000)/20.000

QC = √2(14.875)

QC = √ (29.750)

QC = 172.48

Pembelian paling optimal optimal bahan baku C = 172 unit

 

b). Jika kapasitas gudang penyimpanan untuk ketiga bahan baku tersebut sebesar 1.600 unit, apakah perhitungan EOQ tsb dapat diterapkan ?

 

Tujuan menggunakan EOQ adalah agar perusahaan mempunyai persediaan bahan baku yang cukup dan di perolehnya biaya persediaan yang serendah mungkin. Jumlah bahan baku persediaan yang optimal sekarang yang ada adalah 2.050 (= 700 + 500+850) unit, jika kapasitas di hanya 1.600 unit itu artinya kapasitas gudang masih kurang dan masih banyak space ruang yang menganggur. Gudang masih bisa menampung lagi 450 unit bahan baku.

Perhitungan EOQ bisa diterapkan karena syarat-syarat dapat dipenuhi oleh perusahaan untuk menggunakan EOQ antara lain: Biaya pemeliharaan barang setiap unit setiap tahun selalu sama, biaya pemesanan untuk setiap kali pemesanan besarnya selalu sama dan tentunya tidak ada kendala atau batasan mengenai jumlah barang dapat dipesan.

Adapun asumsi-asumsi EOQ  sebagai berikut.

a. Jumlah kebutuhan barang selama setahun dapat diperkirakan dan kebutuhan barang sepanjang tahun relatif stabil.

b. Hanya ada dua macam biaya yang relevan, yaitu biaya pemesanan dan biaya pemeliharaan barang.

c. Biaya pemesanan untuk setiap kali pemesanan besarnya selalu sama, tidak terpengaruh oleh jumlah yang dipesan.

d. Biaya pemeliharaan barang setiap unit setiap tahun selalu sama. Dengan kata lain, biaya pemeliharaan barang ini bersifat variabel, tergantung pada jumlah barang yang disimpan dan lama waktu penyimpanan.

e. Usia barang relatif lama. Tidak cepat menjadi aus, busuk atau rusak.

f. Harga barang setiap unit barang selalu sama (stabil).

g. Tidak ada kendala atau batasan mengenai jumlah barang dapat dipesan.

Sekian dan terima kasih.


Sumber :
DHARMMESTA, Basu Swastha. (2015). EKMA4216. Materi pokok manajemen pemasaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
GURITNO, Adi Djoko. (2014). EKMA4371. Materi pokok manajemen rantai pasokan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Ali Muktiyanto [et.al]. (2014). EKMA4478. MATERI pokok analisis kasus bisnis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka


TUGAS 1 UT Univesitas Terbuka Tugas Akhir Program EKMA4500 FAKULTAS EKONOMI PRODI MANAJEMEN 4.5 5 Bank soal UT Wednesday, January 17, 2024 TUGAS 1 UT Univesitas Terbuka Tugas Akhir Program EKMA4500 FAKULTAS EKONOMI PRODI MANAJEMEN TUGAS 1 UT Univesitas Terbuka Tugas Akhir Program EKMA4500 FAKULTAS EKONOMI PRODI MANAJEMEN TUGAS 1 Tugas Akhir Program.13 EKMA4500   ...



No comments:

Post a Comment