-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Diskusi 2 Tuton UT Universitas Terbuka ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi

 on Monday, January 29, 2024  



Diskusi 2 Tuton UT Universitas Terbuka ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi

Diskusi 2 Tuton UT Universitas Terbuka ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi


Pertanyaan Diskusi.2 ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi

Sebuah perusahaan transportasi yang memiliki kendaraan sebanyak 500 unit harus memikirkan risiko kendaraannya tertabrak, menyerempet atau diserempet kendaraan lain, atau bahkan kemungkinan dicuri. Perusahaan dapat melakukan pengalihan risiko tersebut dengan cara semua kendaraan diasuransikan. Pilihan lainnya, perusahaan dapat juga menyisihkan sejumlah uang setiap bulannya untuk menutupi kemungkinan risiko akibat hal-hal tersebut diatas.

Bagaimana tanggapan Saudara atas kasus tersebut. Silahkan diskusikan.


Jawaban

Dengan jumlah kendaraan yang cukup banyak yakni 500 unit, perusahaan dapat melakukan pengalihan risiko tersebut dengan cara semua kendaraan diasuransikan. Dalam perusahaan transportasi kendaraan adalah aset terpenting perusahaan selain SDM. Jadi penanganan masalah kendaraan harus menjadi yang prioritas utama selain driver, agar produktifitas perusahaan tetap bisa berjalan normal.

Perusahaan Transportasi tersebut harus mempunyai tujuan yang ingin dicapai sebelum terjadi kerugian yaitu tujuan ekonomi berarti bahwa perusahaan harus mempersiapkan potensi kerugian dengan cara yang paling ekonomis. Persiapan ini melibatkan analisis biaya program keselamatan, premi asuransi yang dibayar, dan biaya yang berkaitan dengan teknik lain untuk menangani kerugian.

Perusahaan asuransi adalah pilihan terbaik untuk membagi risiko perusahaan transportasi tersebut, karena asuransi kendaraan termasuk hal-hal sbb :

1) Segala macam jenis kendaraan bermotor yang memperoleh izin dikemudikan di jalan raya (mobil dan motor).
2) Peralatan tambahan yang terdapat dalam kendaraan bermotor tersebut (misalnya tape, radio, AC, TV, lampu kabut, dan sebagainya).
3) Tanggung jawab menurut hukum terhadap pihak III.

Polis asuransi kendaraan ini juga bisa all risk coverage. Sehingga Asuransi ini tidak hanya menyangkut risiko kecelakaan, tetapi juga risiko-risiko lain sehingga bisa meliputi perlindungan semua risiko (all risk coverage). Risiko yang termasuk dalam pertanggungan ini.

Kelebihan dari asuransi adalah kendaraan sudah langsung bisa tercover asuransi saat polis asuransi sudah tercetak dan sudah melakukan pembayaran premi pertama.

Jika perusahaan memilih menyisihkan dana bulanan untuk biaya perbaikan hal ini menjadi tidak efektif, karena kerusakan mobil tidak bisa diprediksi kecuali untuk maintenance rutin seperti ganti oli, service rem, kopling, dll yang bisa dijadwalkan perbaikannya, bagaimana jika kendaraan itu rusak pada saat pertama digunakan misal tabrakan, maka dana yang dibutuhkan akan sangat besar dan mungkin belum terkumpul cukup untuk membiayai perbaikan kendaraan tersebut. Jadi pengalihan risiko kepada perusahaan asuransi adalah paling tepat yang diterapkan pada perusahaan transportasi tersebut.

Demikian yang dapat saya sampaikan

terima kasih.

Sumber :
SURYANTO. ADBI4211. Materi pokok Manajemen Risiko dan Asuransi. Jakarta: Universitas Terbuka
Diskusi 2 Tuton UT Universitas Terbuka ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi 4.5 5 Bank soal UT Monday, January 29, 2024 Diskusi 2 Tuton UT Universitas Terbuka ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi Diskusi 2 Tuton UT Universitas Terbuka ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi Pertanyaan Diskusi.2 ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi Se...



No comments:

Post a Comment