-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi

 on Monday, January 29, 2024  



Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi

Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi


Pertanyaan Diskusi.1 ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi

Teman-teman pasti sudah membaca Modul 1. Dalam Modul 1 terdapat istilah Peril dan Hazard. Jelaskan masing-masing istilah ini dengan menggunakan bahasa Anda sendiri disertai dengan contohnya (contoh tidak boleh sama dengan yang ada di modul).


Jawaban.

Peril
Peril didefinisikan sebagai penyebab terjadinya kerugian. Peril disebut juga bencana atau musibah. Orang-orang dapat mengalami kerugian atau kerusakan karena terjadinya berbagai peril atau bencana. Jenis musibah yang sering ditemui adalah kebakaran, kecelakaan, ketidakjujuran, kecerobohan.

Bencana-bencana yang dapat menimpa harta-benda dan penghasilan seharusnya dicermati dan dipelajari oleh pengelola risiko sehingga perlindungan yang tepat dapat dilakukan untuk mengendalikannya.

Contoh peril:
- Kebakaran yang terjadi di sebuah pabrik kertas adalah peril,
- karyawan produksi yang terjatuh di lantai kerja adalah peril.
- Mobil yang dikendarai terguling di jalan raya adalah peril

Hazards
Dibalik suatu bencana atau peril biasanya ada penyebab sesungguhnya yang disebut Hazards. Hazards didefinisikan sebagai keadaan yang dapat meningkatkan atau menyebabkan terjadinya kerugian dari suatu musibah.

contoh dari hazards.
- Ban mobil yang sudah tipis,
- Instalasi kabel listrik yang longgar,
- lantai kerja yang licin, Jalan raya yang rusak,
- mesin yang tidak terawat atau
- pekerjaan yang berbahaya

Sebelum suatu musibah terjadi, selalu ada yang menjadi penyebab bencana tersebut. Contohnya, kebakaran yang terjadi di sebuah pabrik kertas adalah peril, tapi ada kemungkinan sebelum terjadi kebakaran ada kerusakan listrik yang menyebabkan percikan api sebagai pemicu awal kebakaran.

Demikian yang dapat saya sampaikan

Terima kasih.

Sumber :
SURYANTO. ADBI4211. Materi pokok Manajemen Risiko dan Asuransi/ Modul 1. Jakarta: Universitas Terbuka
https://zahiraccounting.com/id/blog/hazard-dan-peril-dalam-manajemen-risiko/
Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi 4.5 5 Bank soal UT Monday, January 29, 2024 Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi Pertanyaan Diskusi.1 ADBI4211 Manajemen Risiko Dan Asuransi Te...



No comments:

Post a Comment