-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Diskusi 6 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan

 on Wednesday, December 27, 2023  



Diskusi 6 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan

Diskusi 6 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan


Pertanyaan Diskusi 6 Tuton EKMA4370

Investasi dalam dunia bisnis, dapat bersifat baru sama sekali atau perluasan dari proyek yang ada. Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut? Jelaskan dan berikan contohnya.
Investasi dalam dunia bisnis, dapat bersifat baru sama sekali atau perluasan dari proyek yang ada.

JAWABAN :

Saya setuju dengan pernyataan tersebut.
Dalam melakukan kegiatan investasi dapat dilakukan oleh siapapun dan profesi apapun bahkan tidak ada batasan bagi yang baru atau yang sudah lama dalam melakukan investasi. selagi seseorang itu punya cukup dana untuk di investasikan dan sesuai dengan yang dibutuhkan pihak penerima dana, maka investasi dapat dilakukan. Sebagaimana,investasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki dana atau tabungan berlebih dan menggunakan dana tersebut untuk penanaman modal pada sesuatu kegiatan bisnis, yang mana apabila kegiatan bisnis tersebut mendapat keuntungan maka pihak penanam modal atau disebut investor juga akan mendapatkan keuntungan. Kegiatan investasi baik dalam bidang industri atau di bidang lain, pada hakikatnya merupakan usaha menanamkan faktor-faktor produksi langka dalam proyek tertentu. Proyek investasi dapat bersifat baru sama sekali atau perluasan dari proyek yang ada. Pada umumnya, pendirian suatu proyek membutuhkan dana yang besar. Oleh karena itu, bagi investor swasta, aspek profitabilitas merupakan pertimbangan utama dalam berinvestasi. Hal ini tidak berarti bahwa proyek investasi swasta tidak akan mendatangkan manfaat makro atau sosial. Pendirian sebuah pabrik dapat menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu, jika pabrik tersebut berorientasi ekspor, berarti pabrik tersebut berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan valuta asing bagi negara. Atau jika pabrik tersebut menghasilkan produk yang mampu menggantikan produk impor, berarti pabrik tersebut berkontribusi dalam penghematan devisa. Tidak semua proyek yang dibangun mampu memetik manfaat seperti yang diharapkan. Memang, tidak sedikit ada proyek yang dapat beroperasi dengan baik sejak permulaan. Proyek yang gagal, tidak dapat begitu saja ditinggalkan tanpa menderita kerugian besar. Oleh karena itu, sebelum proyek investasi diputuskan, maka harus dilakukan evaluasi yang mendalam agar jangan sampai sesudah dilaksanakan, ternyata proyek tersebut tidak sesuai dengan harapan. Dengan evaluasi yang mendalam, diharapkan perusahaan akan mempunyai gambaran yang lebih rinci apakah proyek tersebut perlu ditindaklanjuti atau tidak. Dalam mengambil keputusan investasi tidak dapat di lakukan dengan terburu buru. harus dilakukan dengan penuh persiapan dan melihat setiap tahap proyek yang akan didirikan di teliti secara rinci dan mendalam dan tidak berpedoman pada letak yang strategis saja, guna meminimalisir tingkat kerugian yang mungkin akan muncul dimasa mendatang.

1. contoh investasi yang bersifat baru :
Pak Arif adalah seorang pedagang bakso yang sedang naik daun olahan baksonya sangat banyak yang meminati karena rasanya yang enak dan forsi yang banyak dengan harga ekonomis, yaitu 8.000/ porsi. perharinya Pak Arif menerima pesanan 1000 forsi dan menghasilkan pemasukan. Rp. 8.000.000/hari.
Melihat penjualan yang terus naik secara signifikan dan menghasilkan keuntungan yang besar sehingga tabungan Pak Arif terus bertambah, selama 1 tahun Pak Arif menabung hingga akhirnya Pak Arif memutuskan untuk membuka cabang dan sebagian dananya senilai Rp.1.000.000.000 disalurkan kepada temannya yang sedang merencanakan pembangunan hotel terapung berskala bintang 4 yang terletak di pantai kuta dengan lokasi yang sangat strategis di pinggiran pantai. setelah pertimbangan yang cukup matang dengan melihat setiap tahap proyek dengan rinci dan mendalam, membuat Pak Arif yakin untuk menyalurkan dananya untuk pembangunan hotel terapung tersebut. Sebagaimana dalam kegiatan investasi tersebut terdapat kesepakatan kontrak, Pak Arif akan mendapatkan keuntungan 10% / bulannya dari keuntungan dari pengoperasian hotel tersebut. Bisnis hotel terapung adalah investasi yang benar-benar baru dan akan segera digeluti oleh Pak Arif.

2. contoh investasi dari perluasan dari proyek yang ada.
Niken adalah seorang investor yang menanamkan modal dalam proyek pembangunan Aeon mall tangerang selatan. MaLl tersebut maju dengan signifikan dengan mencakup berbagai mitra bisnis yang ikut mengambil bagian sisi ruang pada mall tersebut untuk memasarkan produknya. Dengan kemajuan mall tersebut, pihak direksi pimpinan memutuskan untuk membuka cabang di kota lain dengan konsep bisnis yang sama. Mendengar keputusan tersebut, Niken selaku pihak investor pada pembangunan sebelumnya menawarkan diri sebagai investor dalam rencana pembangunan cabang, karna melihat lokasi yang strategis dan riwayat sebelumnya yang menguntungkan maka Niken yakin untuk menyalurkan dananya untuk pembangunan cabang tersebut.

Sumber :
LUBIS, S.B Hari. (2015). EKMA4370. Materi pokok kewirausahaan/ Modul 6. Jakarta: Universitas Terbuka
Diskusi 6 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan 4.5 5 Bank soal UT Wednesday, December 27, 2023 Diskusi 6 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan Diskusi 6 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan Pertanyaan Diskusi 6 Tuton EKMA4370 Investasi dalam dunia bisnis, dapat bersif...



No comments:

Post a Comment