-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Diskusi 1 TAP Tugas akhir Program UT Universitas Terbuka EKMA4500

 on Thursday, July 6, 2023  

 Diskusi 1 TAP Tugas akhir Program UT Universitas Terbuka EKMA4500

Diskusi 1 TAP Tugas akhir Program UT Universitas Terbuka EKMA4500


Bahan wacana untuk dianalisa :

Air Jordan 1 OG Dior Seharga Rp200 Juta Masuk ke Indonesia

Jagat Sneakers dan fashion pertengahan tahun ini dihebohkan oleh peluncuran sepatu Sneakers Air Jordan 1 OG Dior. Hasil perpaduan dari dunia dan ide yang berbeda, kolaborasi antara Christian Dior dengan Nike Air Jordan. Hal ini mematahkan anggapan kalau rumah mode biasanya hanya menyajikan koleksi fashion bergaya couture.

Kolaborasi ini hadir karena Kim Jones, Creative Director Dior sangat menyukai Sneakers dengan salah satu “silhouette” favoritnya adalah Air Jordan 1. Atas ketertarikannya pada Sneakers ber-silhouette Air Jordan, maka lahirlah desain kolaborasi antara Jordan Brand dengan Dior ini. Kulit yang digunakan berbahan premium dari Italia dengan memadukan warna putih dan abu-abu sehingga terlihat lebih luxury.

Sneakers yang berciri khas silhouette ini menjadi salah satu koleksi Air Jordan yang termahal saat ini, terdiri dari dua tipe, yaitu tipe low-top yang dibanderol dengan harga berkisar Rp 90 juta - 130 juta, sedangkan untuk tipe high-top dibanderol dengan harga berkisar Rp 160 juta - 200 juta.

Euforia ini juga dirasakan termasuk oleh sneakerhead (pecinta Sneakers) di Indonesia. Kick Avenue, marketplace Sneakers di Indonesia, mengumumkan telah menghadirkan Sneakers kolaborasi dengan harga selangit tersebut di platform-nya.

“Banyak yang request kepada kami untuk mencari akses terhadap Sneakers ini. Sneakers yang paling ditunggu di tahun ini bisa didapatkan di platform Kick Avenue dengan harga yang transparan dan kompetitif, dan pastinya keaslian Sneakers selalu menjadi prioritas kami mengingat banyaknya produk-produk palsu yang sudah beredar,” ujar Christopher Eko, Co-founder Kick Avenue.

Eko menambahkan, bahwa Sneakers ini unik dan eksklusif, sehingga peminatnya cukup banyak di Indonesia. Kick Avenue akan menjadikan Air Jordan 1 OG Dior menjadi hadiah utama raffle produk-produk hype di hari terakhir event Kick Avenue Fair yang akan diselenggarakan akhir pekan ini.

“Siapapun dapat berpartisipasi dalam raffle ini dan berhak membawa pulang Sneakers Air Jordan 1 X Dior seharga ratusan juta rupiah tersebut,” ujar Eko.

Sumber: www.swa.co.id

Selamat siang , berikut jawaban saya pada diskusi ini

Berdasarkan kasus kolaborasi antara Christian Dior dengan Nike Air Jordan, maka analisislah:

a)Berdasarkan daur hidup produk, pada tahap apa produk sepatu Sneakers  Air Jordan 1 OG Dior berada dan jelaskan jawaban Saudara!

b). Strategi pemasaran apa yang digunakan untuk sepatu Sneakers  Air Jordan 1 OG Dior pada tahap tersebut? Jelaskan jawaban Anda!

c). Strategi apa yang dipilih antara Christian Dior dengan Nike Air Jordan dalam memilih pasar sasaran (target market) produk sepatu Sneakers  Air Jordan 1 OG Dior dan jelaskan alasan Saudara!

Jawaban :

A. Berdasarkan daur hidup prodek, pada tahap apa produk sepatu Sneakers  Air Jordan 1 OG Dior berada dan jelaskan jawaban Saudara!

Produk sepatu Sneakers Air Jordan 1 OG Dior berada pada tahap kedewasaan karena Christian Dior dan Nike Air Jordan adalah merk-merk yang sudah lama mendunia, tahap kedewasaan ini ditandai tingkat penjualan melambat dan produk akan memasuki tahap yang relatif dewasa. Biasanya berlangsung lebih lama dibanding tahap sebelumnya, dan memiliki tantangan yang hebat bagi manajemen pemasaran. Christian Dior dan Nike Air Jordan adalah suatu brand fashion ternama didunia, dan dengan kolaborasi antara Charistian Dior dan Nike Air Jordan diharapkan akan mencapai pangsa pasar yang lebih luas dengan modifikasi produk yang berbeda dengan kulit yang digunakan berbahan premium dari italia dengan memadukan warna putih dan abu-abu sehingga terlihat lebih luxury.

B. Strategi pemasaran apa yang digunakan untuk sepatu Sneakers  Air Jordan 1 OG Dior pada tahap tersebut? Jelaskan jawaban Anda!

Strategi pemasaran yang digunakan untuk sepatu Sneakers  Air Jordan 1 OG Dior pada tahap ini yaitu Modifikasi pasar dan Modifikasi produk, perbaikan style dengan meningkatkan penampilan

estetika. Produk dengan style tertentu memberikan identitas yang unik pada pasarnya. karena kolaborasi antara dua brand ternama dunia ( Christian Dior dan NIke Air Jordan ) dengan sneaker yang berciri khas silhouette ini menjadi salah satu koleksi air jordan yang termahal saat ini, dan terdiri dari dua tipe, yaitu tipe low-top dan tipe high -top

c. Strategi apa yang dipilih antara Christian Dior dengan Nike Air Jordan dalam memilih pasar sasaran (target market) produk sepatu Sneakers  Air Jordan 1 OG Dior dan jelaskan alasan Saudara!

Strategi yang dipilih adalah strategi Profil tinggi, strategi ini merupakan strategi pemasaran dengan menetapkan harga tinggi dan promosi tinggi. Karena persaingan semakin ketat , ratusan produk dalam satu katagori saling bersaing untuk memuaskan kebutuhan konsumen. maka dengan itu Christian Dior dengan Nike Air Jordan membuat ide baru untuk kolaborasi tersebut. selain itu bahwa Sneakers ini unik dan eksklusif, sehingga peminatnya cukup banyak di Indonesia dan dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Terima kasih.


Sumber:
ASTUTI, Sri Wahyuni. 2016. EKMA5206. Materi pokok manajemen pemasaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
www.swa.co.id
Diskusi 1 TAP Tugas akhir Program UT Universitas Terbuka EKMA4500 4.5 5 Bank soal UT Thursday, July 6, 2023 Diskusi 1 TAP Tugas akhir Program UT Universitas Terbuka EKMA4500  Diskusi 1 TAP Tugas akhir Program UT Universitas Terbuka EKMA4500 Bahan wacana untuk dianalisa : Air Jordan 1 OG Dior Seharga Rp200 Juta Ma...



No comments:

Post a Comment