Diskusi 1 Tutorial Online UT Tugas Akhir Program Modul Manajemen Pemasaran (TAP) EKMA4500
Berdasarkan kasus kolaborasi antara Christian Dior dengan Nike Air Jordan, maka analisislah:
a). Berdasarkan daur hidup produk, pada tahap apa produk sepatu Sneakers Air Jordan 1 OG Dior berada dan jelaskan jawaban Saudara!
b). Strategi pemasaran apa yang digunakan untuk sepatu Sneakers Air Jordan 1 OG Dior pada tahap tersebut? Jelaskan jawaban Anda!
c). Strategi apa yang dipilih antara Christian Dior dengan Nike Air Jordan dalam memilih pasar sasaran (target market) produk sepatu Sneakers Air Jordan 1 OG Dior dan jelaskan alasan Saudara!
Jawaban :
A. Berdasarkan daur hidup prodek, pada tahap apa produk sepatu Sneakers Air Jordan 1 OG Dior berada dan jelaskan jawaban Saudara!
Produk sepatu Sneakers Air Jordan 1 OG Dior berada pada tahap kedewasaan karena Christian Dior dan Nike Air Jordan adalah merk-merk yang sudah lama mendunia, tahap kedewasaan ini ditandai tingkat penjualan melambat dan produk akan memasuki tahap yang relatif dewasa. Biasanya berlangsung lebih lama dibanding tahap sebelumnya, dan memiliki tantangan yang hebat bagi manajemen pemasaran. Christian Dior dan Nike Air Jordan adalah suatu brand fashion ternama didunia, dan dengan kolaborasi antara Charistian Dior dan Nike Air Jordan diharapkan akan mencapai pangsa pasar yang lebih luas dengan modifikasi produk yang berbeda dengan kulit yang digunakan berbahan premium dari italia dengan memadukan warna putih dan abu-abu sehingga terlihat lebih luxury.
B. Strategi pemasaran apa yang digunakan untuk sepatu Sneakers Air Jordan 1 OG Dior pada tahap tersebut? Jelaskan jawaban Anda!
Strategi pemasaran yang digunakan untuk sepatu Sneakers Air Jordan 1 OG Dior pada tahap ini yaitu Modifikasi pasar dan Modifikasi produk, perbaikan style dengan meningkatkan penampilan
estetika. Produk dengan style tertentu memberikan identitas yang unik pada pasarnya. karena kolaborasi antara dua brand ternama dunia ( Christian Dior dan NIke Air Jordan ) dengan sneaker yang berciri khas silhouette ini menjadi salah satu koleksi air jordan yang termahal saat ini, dan terdiri dari dua tipe, yaitu tipe low-top dan tipe high -top
c. Strategi apa yang dipilih antara Christian Dior dengan Nike Air Jordan dalam memilih pasar sasaran (target market) produk sepatu Sneakers Air Jordan 1 OG Dior dan jelaskan alasan Saudara!
Strategi yang dipilih adalah strategi Profil tinggi, strategi ini merupakan strategi pemasaran dengan menetapkan harga tinggi dan promosi tinggi. Karena persaingan semakin ketat , ratusan produk dalam satu katagori saling bersaing untuk memuaskan kebutuhan konsumen. maka dengan itu Christian Dior dengan Nike Air Jordan membuat ide baru untuk kolaborasi tersebut. selain itu bahwa Sneakers ini unik dan eksklusif, sehingga peminatnya cukup banyak di Indonesia dan dibanderol dengan harga yang sangat mahal.
Terima kasih.
Sumber:
ASTUTI, Sri Wahyuni. 2016. EKMA5206. Materi pokok manajemen pemasaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
www.swa.co.id
No comments:
Post a Comment