-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Latihan Soal Ujian UT ADPU4335 Administrasi Pertanahan Modul 2 KB 1

 on Tuesday, May 9, 2023  

Latihan Soal UAS UT ADPU4335 Administrasi Pertanahan Modul 2 KB 1

Latihan Soal Ujian UT ADPU4335 Administrasi Pertanahan Modul 2 KB 1

Soal Essay

1) Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen pertanahan!
2) Sebutkan kegiatan-kegiatan manajemen pertanahan secara operasional!
3) Jelaskan 3 kategori penyebab timbulnya permasalahan dalam bidang pertanahan!

Jawaban Latihan Essay

1) Manajemen pertanahan adalah upaya pemerintah di bidang pertanahan dalam menentukan dan mencapai sasaran dengan memanfaatkan sumber daya baik manusia maupun material melalui koordinasi dengan menjalankan fungsi-fungsi planning (perencanaan), executing atau pelaksanaan, organizing (pengorganisasian), persuading, leading, dan evaluating.
2) Kegiatan-kegiatan yang termasuk manajemen pertanahan adalah:
a. Merencanakan penyediaan dan penggunaan tanah;
b. Pertimbangan aspek tata guna tanah;
c. Pengadaan dan penataan penguasaan tanah;
d. Koordinasi penanganan masalah pertanahan;
e. Peningkatan pelayanan pertanahan;
f. Pengawasan pelaksanaan penggunaan tanah.
3) Permasalahan dalam bidang pertanahan dapat ditimbulkan oleh:
a. Masalah pertanahan yang bersifat administratif, yaitu masalahmasalah yang menyangkut tidak dipenuhinya kewajiban-kewajiban oleh pemegang hak menurut persyaratan yang ditetapkan menurut ketentuan yang berlaku, misalnya pemegang hak berubah kewarganegaraan, tumpang tindih pemegang hak (sertifikat ganda) karena kekeliruan administrasi.
b. Masalah yang bersifat yuridis perdata, yaitu masalah-masalah yang menyangkut gugatan terhadap suatu dasar hak/peralihan hak yang digunakan sebagai dasar pemberian hak atas tanah (originair) atau pencatatan pemindahan hak/balik nama (derivatif). Misalnya, tanah dijual dua kali.
c. Masalah yang bersifat yuridis administratif, yaitu masalah yang menyangkut perselisihan mengenai suatu hak utama (prioritas) untuk memperoleh hak atas tanah seperti sengketa yang menyangkut batas tanah karena penunjukan batas yang tidak benar

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1) Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama. Definisi tersebut memandang manajemen sebagai ….

A. seni
B. ilmu pengetahuan
C. proses
D. aktivitas kolektif

2) Berikut ini adalah unsur-unsur dasar manajemen menurut pendapat O.F. Peterson, kecuali ….

A. men
B. methods
C. materials
D. money

3) Ahli manajemen yang mengemukakan bahwa fungsi manajemen terdiri dari merencanakan, mengorganisasikan, memerintah/memimpin, mengkoordinasikan, dan mengendalikan adalah ....

A. Henry Fayol
B. Luther Gullick
C. G.R Terry
D. M. Manullang

4) Pengertian “bumi” dalam UUPA mencakup aspek-aspek berikut ini, kecuali ….

A. permukaan bumi
B. tubuh bumi
C. bagian bumi di bawah air
D. bangunan yang ada di permukaan bumi

5) Pelaksanaan rencana dalam mencapai tujuan melalui pengambilan keputusan, pengendalian sumber daya atau pelaksanaan fungsi manajemen dan perintah-perintah disebut fungsi ….

A. planning (perencanaan)
B. executing (pelaksanaan)
C. organizing (pengorganisasian)
D. controlling (pengawasan)

6) Hasil kegiatan pengumpulan dan pengolahan data pokok pertanahan adalah ….

A. peta
B. diagram
C. bagan
D. monografi

7) Berikut ini adalah karakteristik pelayanan yang baik, kecuali ….

A. kesederhanaan dalam prosedur dan persyaratan
B. tidak ada diskriminasi dalam pelayanan
C. keterbukaan mengenai mekanisme pelayanan
D. lokasi pelayanan yang mudah dijangkau masyarakat

8) Dalam melaksanakan fungsi pengawasan, peranan Kantor Pertanahan adalah ….

A. menentukan pihak yang berhak memperoleh izin lokasi
B. mengawasi pelaksanaan pemberian izin lokasi kepada pimpinan proyek
C. mengawasi pelaksanaan pembangunan proyek
D. menentukan lokasi proyek

9) Sengketa yang menyangkut batas tanah karena penunjukan batas tanah yang tidak benar termasuk kategori permasalahan pertanahan yang bersifat ….

A. yuridis-administratif
B. yuridis-perdata
C. administratif
D. yuridis

10) Hasil pertimbangan aspek tata guna tanah dibuat dalam bentuk ....

A. dokumen pokok tanah
B. data pokok tanah
C. risalah Pemeriksaan Tanah
D. fatwa tata guna tanah

Kunci Jawaban Tes Formatif 1

1) C. Definisi tersebut memandang manajemen sebagai suatu proses karena menyiratkan adanya proses untuk mencapai suatu tujuan yang dilakukan melalui orang lain.

2) B. O.F. Peterson mengatakan bahwa unsur dasar manajemen ada tiga, yaitu men (manusia), materials (material), dan money (uang). Berarti yang tidak termasuk adalah methods (metode).

3) A. Cukup jelas.

4) D. Berdasarkan Pasal 1 ayat 4 jo Pasal 4 ayat 1 UUPA, pengertian “bumi” meliputi permukaan bumi yang ada di daratan dan di bawah air termasuk tubuh bumi di bawahnya. Jadi yang tidak termasuk adalah bangunan di atas permukaan bumi.

5) B. Dalam manajemen, pelaksanaan rencana dalam mencapai tujuan melalui pengambilan keputusan, pengendalian sumber daya atau
pelaksanaan fungsi manajemen dan perintah-perintah merupakan bagian dari fungsi executing (pelaksanaan).

6) A. Hasil kegiatan pengumpulan dan pengolahan data pokok berupa peta yang menguraikan data dari berbagai segi.

7) D. Kondisi yang ideal bagi suatu pelayanan ditetapkan dalam Keputusan Menteri Penertiban dan Pendayagunaan Aparatur Negara No. 06 Tahun 1995 yang menguraikan bahwa pelayanan yang baik harus mengandung kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan mengenai mekanisme dan tata cara peraturan pelayanan yang diinformasikan secara terbuka luas dan mudah dimengerti oleh masyarakat, efisiensi, ekonomis dalam hal biaya pelayanan, keadilan, ketetapan waktu dalam setiap tahap proses pelayanan, serta kuantitatif pelayanan. Jadi yang tidak termasuk kriteria pelayanan yang baik adalah lokasi yang mudah dijangkau.

8) B. Tugas yang diberikan kepada Kantor Pertanahan hanya bersifat pengawasan terhadap pelaksanaan pemberian izin lokasi kepada pimpinan proyek atau investor sesuai dengan Surat Edaran Kepala BPN No. 580.2-5568-DIII tanggal 6 Desember 1990 dan No. 580-2-3071 tanggal 23 September 1991 tentang Mekanisme dan Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Pengadaan Tanah.

9) A. Masalah tersebut termasuk masalah pertanahan yang bersifat yuridis administratif, karena menyangkut perselisihan mengenai suatu hak utama (prioritas) untuk memperoleh hak atas tanah.

10) C. Berdasarkan ketentuan Permendagri No. 6 Tahun 1986, setiap pertimbangan aspek tata guna tanah harus merupakan satu kesatuan pendapat berupa Fatwa Panitia Pemeriksaan Tanah A dan B dalam bentuk Risalah Pemeriksaan Tanah.


Latihan Soal Ujian UT ADPU4335 Administrasi Pertanahan Modul 2 KB 1 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Tuesday, May 9, 2023 Latihan Soal Ujian UT ADPU4335 Administrasi Pertanahan Modul 2 KB 1 Latihan Soal UAS UT ADPU4335 Administrasi Pertanahan Modul 2 KB 1 Soal Essay 1) Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen pertanahan! 2) S...



No comments:

Post a Comment