-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Kisi-kisi Soal UAS UT EKMA4567 Perilaku Konsumen Beserta Kunci Jawaban

 on Tuesday, December 10, 2019  

Kisi-kisi Soal UAS UT EKMA4567 Perilaku Konsumen Beserta Kunci Jawaban

EKMA4567 Perilaku Konsumen Beserta Kunci Jawaban


Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1. Seseorang yang memanfaatkan, memakai, membeli, menggunakan dan menghabiskan hasil jasa atau barang dari produsen disebut dengan ....

A. Pemasok
B. Produsen
C. Konsumen
D. Pemasar

Jawaban :
C. Konsumen
Konsumen sering dikaitkan dengan pemanfaatan suatu jasa atau barang. Konsumen juga sering diartikan sebagai seseorang yang memanfaatkan, memakai, membeli, menggunakan, dan menghabiskan hasil jasa atau barang dari produsen.


2. Atribut terkait ketika membahas/membicarakan konsumen adalah sebagai berikut, kecuali:

A. Sikap
B. Inflasi
C. Persepsi
D. Preferensi

Jawaban :
B. Inflasi
Ketika berbicara tentang konsumen, maka atribut yang terkait diantaranya meliputi persepsi, preferensi, sikap, motivasi, penawaran produk baru dengan harga perdana, perilaku berani membayar lebih mahal untuk produk yang berkualitas, dan penggunaan produk baru.

3. Perilaku konsumen di dunia kerap terdapat persamaan dan dipersatukan oleh adanya merek global. Hal ini terjadi dikarenakan adanya persamaan persepsi akan…

A. Break-even point
B. Rantai pasokan
C. Globalisasi
D. Brand image (citra merek)

Jawaban :
D. Brand image (citra merek)
Adanya persatuan di dunia bukan saja oleh faktor agama, tetapi juga dapat dipersatukan oleh merek. Sebagai contoh merek produk barang mempersatukan orang adalah ketika kita berbicara tentang merek jam tangan Rolex. Orang Amerika, orang Australia, orang Eropa, ataupun orang Indonesia mempunyai image yang sama tentang merek Rolex.

4. Konsumen yang umumnya melakukan pembelian produk dengan tujuan konsumsi pribadi atau untuk diberikan ke orang lain adalah …

A. Preferensi konsumen
B. Konsumen bisnis
C. Konsumen rumah tangga
D. Konsumen individu

Jawaban :
D. Konsumen individu
Konsumen dibagi dua, yakni konsumen individu atau konsumen rumah tangga, dan konsumen organisasi. Konsumen individu umumnya melakukan pembelian produk dengan tujuan konsumsi pribadi atau untuk diberikan ke orang lain. Jenis konsumen kedua disebut dengan konsumen organisasi. Konsumen organisasi umumnya membeli produk, baik peralatan atau jasa untuk tujuan organisasi.

5. Komunikasi terpadu antara perusahaan dengan konsumen adalah arti luas dari …

A. Tujuan hidup
B. Kebutuhan
C. Promosi
D. Motivasi

Jawaban :
C. Promosi
Promotion atau Promosi adalah bauran pemasaran keempat. Promosi memiliki arti yang luas yang disebut dengan komunikasi terpadu, yaitu komunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Bauran promosi terdiri dari pemasaran langsung, penjualan pribadi, iklan, hubungan masyarakat, acara dan pengalaman, serta promosi penjualan. Promosi juga memiliki arti yang sempit yang disebut dengan promosi penjualan atau pemberian insentif, yaitu yang diberikan kepada konsumen atau saluran pemasaran agar mendorong konsumen untuk membeli produk dan mendorong saluran pemasaran untuk menjual lebih banyak. Insentif yang diberikan kepada konsumen disebut promosi konsumen

6. Dorongan dari dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu, disebut dengan ....

A. Pemasar .
B. Produsen .
C. Motivasi .
D. Pemasok

Jawaban :
C. Motivasi .
Arti dari motivasi adalah dorongan, sehingga arti motivasi dapat dikatakan sebagai adanya dorongan dari dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi juga merupakan sebuah proses yang menyebabkan orang melakukan sesuatu serta mengharapkan seseorang untuk melakukan perilaku yang bertujuan untuk melakukan sesuatu.

7. Kebutuhan yang dilihat dari manfaatnya disebut dengan kebutuhan ...

A. Sikap .
B. Utilitarian .
C. Persepsi .
D. Preferensi

Jawaban :
B. Utilitarian .
Utilitarian yaitu, keinginan untuk mencapai beberapa manfaat fungsional atau praktis, seperti ketika seseorang meningkatkan konsumsi sayuran hijau untuk alasan gizi) atau mungkin hedonis (yaitu, kebutuhan pengalaman, yang melibatkan respon emosional atau fantasi). Suatu keinginan yang terpenuhi merupakan tujuan konsumen.

8. Seorang konsumen yang membeli baju berwarna merah dengan merek X (misalnya) merupakan pernyataan yang menunjukkan…

A. Rantai pasokan .
B. Specific goals .
C. Globalisasi .
D. Break-even point

Jawaban :
B. Specific goals .
Ketika seorang konsumen membeli baju berwarna merah. Pernyataan ini menunjukkan generic goals. Tetapi, ketika seorang konsumen membeli baju berwara merah dengan merek NEVADA baru disebut sebagai specific goals.

9. Motivasi merupakan sesuatu yang memberikan dorongan dalam diri seseorang sehingga menyebabkannya untuk kemudian …

A. Berpangku tangan .
B. Melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya .
C. Berdiam diri .
D. Tidak melakukan sesuatu

Jawaban :
B. Melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya .
Motivasi adalah penggerak dalam diri konsumen sehingga konsumen melakukan suatu tindakan misalnya membeli makanan dan mengonsumsinya. Daya dorong dalam diri konsumen berasal dari kebutuhan konsumen. Kebutuhan yang tidak terpenuhi menyebabkan konsumen melakukan tindakan untuk memenuhi kebutuhannya.

10. Pola konsumsi yang memberikan gambaran akan pilihan preferensi seseorang tentang bagaimana menggunakan waktu dan uang, disebut dengan …

A. Motivasi .
B. Tujuan hidup .
C. Kebutuhan .
D. Gaya hidup

Jawaban :
D. Gaya hidup
Gaya hidup adalah ekspresi dari dari kepribadian seseorang, sedangkan kepribadian merupakan refleksi dari internal konsumen, sehingga gaya hidup merupakan ekspresi eksternal dari karakteristik internal perilaku seseorang. Gaya hidup dapat diartikan bagaimana seseorang menggunakan waktunya ataupun sumberdayanya dalam melakukan kegiatannya pada saat bekerja atau berlibur.Termasuk didalamnya hobi dan kegiatan sosial serta kegiatan-kegiatan lain pada waktu luang. Gaya hidup biasanya tidak permanen dan cepat berubah.

11. Bagi seorang marketer (pemasar) dalam menawarkan produknya kepada konsumen agar mendapatkan capaian pemasaran yang optimal, maka perlu memperhatikan …

A. Ambisi konsumen
B. Persepsi konsumen
C. Pengalaman konsumen
D. Aktivitas konsumen

Jawaban :
B. Persepsi konsumen

12. Seorang remaja ingin membeli sebuah sebuah smartphone baru yang memiliki kapasitas memadai untuk menyalurkan hobinya membuat vlog (video blog). Remaja tersebut kemudian terdorong untuk mencari segala informasi akan smartphone dimaksud. Peristiwa ini merupakan contoh yang mencerminkan sikap…

A. Ego
B. Nafsu
C. Motivasi
D. Super ego

Jawaban :
C. Motivasi

13. Pengetahuan produk biasanya terdiri dari tiga jenis, yakni pengetahuan (konsumen) akan …

A. Konsumen, produsen dan distributor
B. Jasa, produk dan merek
C. Karakteristik produk, pengetahuan akan manfaat produk dan pengetahuan akan kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen
D. Pembelian, penjualan dan penawaran

Jawaban :
C. Karakteristik produk, pengetahuan akan manfaat produk dan pengetahuan akan kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen

14. Label merupakan salah satu petunjuk bermanfaat bagi konsumen terkait pengetahuan akan …

A. Produk
B. Konsumen
C. Pemakaian
D. Pembelian

Jawaban :
C. Pemakaian
Produsen berkepentingan untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Petunjuk pemakaian seringkali diwajibkan oleh peraturan dan perundang-undangan, yang disebut dengan label makan. Iklan seringkali memberikan informasi bagaimana produk itu digunakan.

15. Persepsi konsumen terkait apa dan seberapa banyak yang dirinya ketahui akan kelas produk, disebut dengan pengetahuan …

A. Ekonomi
B. Subjektif
C. Konsumen
D. Objektif

Jawaban :
D. Objektif
Kategori kedua adalah pengetahuan objektif dan subjektif. Pengetahuan objektif dapat dinilai benar atau tidaknya suatu pengetahuan. Misalnya, jika seseorang mengatakan, “Gunung Merapi terletak di Jawa Timur” maka pendengar dapat menguji jawaban dari pernyataan tersebut. Dengan kata lain,
pengetahuan kategori ini dapat dievaluasi secara objektif di mana semua orang tahu bahwa Gunung Merapi berada di Jawa Tengah dekat dengan Magelang dan Yogja, dan gunung yang berada di Jawa Timur adalah Gunung Kelud. Berbeda halnya dengan pengetahuan objektif, terdapat pula pengetahuan subjektif yang cenderung sulit untuk diukur. Misalnya jika terdapat pernyataan seseorang “saya tahu banyak tentang Gunung Merapi”, maka pernyataan tersebut cenderung sulit untuk diukur. Dengan kata lain, pengetahuan subjektif maupun pengetahuan yang lainnya termasuk di dalamnya pengetahuan mengenai objek-objek tertentu, pengetahuan mengenai bangunan.

16. Suatu proses di mana seseorang meraih pengetahuan dan pengalaman, adalah definisi dari …

A. Proses belajar.
B. Kebutuhan.
C. Kepribadian.
D. Motivasi

Jawaban :
A. Proses belajar.
Antara dorongan dan perilaku akan muncul proses belajar, kemudian akan muncul proses mencari pengetahuan, proses kognitif dari seseorang.

17. Proses belajar setidaknya memiliki dua kata kunci di dalamnya, yaitu …

A. Pengetahuan dan pengalaman.
B. Motivasi dan pengetahuan.
C. Kelompok dan sosial.
D. Emosi dan kognisi

Jawaban :
A. Pengetahuan dan pengalaman.

18. Suatu kondisi ketika seorang konsumen meniru dari perilaku orang lain, maka hal tersebut dikenal sebagai …

A. Modeling.
B. Operant.
C. Negative impact.
D. Reward

Jawaban :
A. Modeling.
Konsumen seringkali meniru perilaku orang lain yang dianggapnya sebagai modeling. Ketika seseorang mengenakan baju yang sama atau mirip dengan orang lain, inilah yang disebut dengan modelling. Jadi tokoh tersebut menjadi model untuk membangun respon yang baru.

19. Salah satu penggunaan vicarious learning dalam strategi pemasaran adalah …

A. Penguatan positif.
B. Penguatan negatif.
C. Memfasilitasi respons.
D. Punishment

Jawaban :
A. Penguatan positif.

20. Pemanfaatan model dalam memperagakan suatu produk memiliki peranan sebagai …

A. Bintang iklan.
B. Fasilitator konsumen.
C. Benar semua.
D. Daya tarik konsumen

Jawaban :
C. Benar semua.

21. Strategi yang efektif digunakan dalam upaya mengubah sikap konsumen akan suatu produk maupun merek produk adalah membuat …

A. Kebutuhan umum menjadi kebutuhan khusus .
B. Daftar kebutuhan .
C. Kebutuhan khusus yang menonjol .
D. Daftar pengetahuan

Jawaban :
C. Kebutuhan khusus yang menonjol .
Schiffman dan Kanuk (2010) menyatakan bahwa Mengubah Fungsi dasar Motivasi adalah dengan pendekatan fungsional, yaitu “Strategi yang efektif untuk mengubah sikap konsumen terhadap produk atau merek adalah membuat kebutuhan khusus yang menonjol. Salah satu metode untuk mengubah motivasi dikenal dengan pendekatan fungsional. Menurut
pendekatan ini, sikap dapat diklasifikasikan ke dalam empat fungsi: fungsi utilitarian, fungsi ego-pertahanan, fungsi nilai ekspresif, dan fungsi pengetahuan”


22. Karakteristik sikap yang dapat memberikan gambaran akan suatu sikap dapat berubah seiring berlalunya waktu, disebut dengan…

A.Intensitas sikap .
B.Resistensi sikap .
C.Keyakinan sikap .
D.Persistensi sikap .

Jawaban :
D.Persistensi sikap .
Persistensi Sikap. Tetapi ada juga sikap yang berubah karena waktu, hal inilah yang disebut dengan persistensi sikap.

23. Model sikap dari multi atribut Fishbein terdiri dari dua komponen, yakni ....

A.Bi dan Ei .
B.Ai dan Si .
C.Cid dan Ai .
D.Bi dan Ai

Jawaban :
A.Bi dan Ei .
sikap multi atribut Fishbein yang memiliki dua komponen. Komponen pertama yaitu Bi dan yang kedua ialah Ei, kemudian terdapat O yang menggambarkan sikap suatu objek. Bi merupakan komponen kekuatan kepercayaan bahwa objek tersebut memiliki atribut ke i, sedangkan Ei merupakan evaluasi ke i dan N merupakan jumlah atributnya. Jadi, jika
kita menyukai sesuatu maka sesuatu tersebut merupakan objek tetapi konsumen menyukai atribut dari objek tersebut.

24. Suatu komponen yang membedakan antara model sikap angka ideal dengan model multi atribut Fishbein adalah komponen yang ideal menurut …

A.Perusahaan .
B.Konsumen .
C.Produsen   .
D.Penjual

Jawaban :
B.Konsumen .

25. Model yang dapat memberikan informasi berharga akan sikap konsumen terhadap merek dari suatu produk dan sekaligus dapat memberi informasi akan merek ideal yang dirasakan konsumen merupakan …

A.Teori sikap mencoba .
B.Model sikap angka ideal .
C.Model sikap multi atribut Fishbein .
D.Teori sikap beralasan

Jawaban :
B.Model sikap angka ideal .
Model sikap ideal, dimana model ini sama dengan model multi atribut fishbein tetapi perbedaannya ada satu komponen lagi yaitu komponen yang ideal menurut konsumen. Misalnya, bagi saya yang sangat penting dalam membeli handphone yaitu komponen dan harga yang ideal.

26. Nilai, pemikiran dan simbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan dan kebiasaan seseorang dan masyarakat merupakan definisi...

A.Budaya.
B.Norma.
C.Adat.
D.Nilai

Jawaban :
A.Budaya.

27. Perusahaan melihat budaya dan mengembangkan pemahaman budaya tersebut menjadi produk merupakan hubungan antara…

A.Budaya dan strategi pemasaran.
B.Kepercayaan dengan strategi pemasaran.
C.Nilai dan strategi pemasaran.
D.Komunikasi dan strategi pemasaran

Jawaban :
A.Budaya dan strategi pemasaran.

28.Bagian dari budaya yang lebih luas dimana anggotanya saling berbagi nilai-nilai yang berbeda dari perilakunya merupakan…

A.Sub konvensi.
B.Sub kultur.
C.Sub nilai.
D.Sub mitos

Jawaban :
B.Sub kultur.

29.Bentuk lain dari pengelompokan masyarakat ke dalam kelas atau kelompok yang berbeda, disebut …

A,Perbedaan sosial.
B.Status sosial.
C.Tingkat sosial.
D.Kelas sosial.

Jawaban :
D.Kelas sosial.

30. Faktor-faktor yang menentukan kelas sosial, antara lain…

A.Ekonomi dan politik.
B.Politik dan lingkungan.
C.Pendidikan dan interaksi.
D.Ekonomi dan agama

Jawaban :
A.Ekonomi dan politik.

31.Pembelian berbagai macam produk dan jasa oleh keluarga merupakan hasil …

A.Interaksi dengan saling mempengaruhi antara anggota keluarga
B.Distribusi
C.Jasa
D.Produksi

Jawaban :
A.Interaksi dengan saling mempengaruhi antara anggota keluarga

32. Keterkaitan rumah tangga dan keluarga mendasari adanya dua jenis rumah tangga, yaitu …

A.Keluarga dan bukan keluarga
B.Rumah tangga dikepalai wanita dan rumah tangga dikepalai laki-laki
C.Rumah tangga bukan keluarga dan anggota keluarga
D.Rumah tangga dan anggota keluarga

Jawaban :
A.Keluarga dan bukan keluarga

33. Konsumen memiliki kewajiban moral untuk mengikuti apa yang dikatakan oleh orang yang dihormatinya, ada perasaan bersalah jika tidak mendengarkan kelompok acuan tersebut. Faktor penyebab seseorang mau mengikuti kelompok acuan berdasarkan pernyataan di atas adalah pengaruh dari…

A.Normatif
B.Lingkungan sosial
C.Situasional
D.Keluarga

Jawaban :
A.Normatif

34. Kelompok yang seringkali memberikan informasi yang banyak untuk mengarahkan konsumen mengkonsumsi barang dengan jasa yang benar adalah …

A.Kelompok pegiat konsumen
B.Keluarga
C.Kelompok acuan
D.Komunitas

Jawaban :
D.Komunitas

35. Berikut ini adalah situasi yang mengakibatkan diperlukannya reference group bagi individu …

A.Individu tidak memiliki pengalaman langsung terhadap suatu produk atau jasa
B.Semua benar
C.Banyaknya iklan-iklan suatu produk atau jasa
D.Individu tidak memiliki akses langsung terhadap informasi lengkap suatu produk atau jasa

Jawaban :
B.Semua benar

36. Kelemahan model manusia ekonomi adalah keterbatasan dalam ...

A.Memperoleh informasi.
B.Membeli produk.
C.Melakukan pembayaran.
D.Mendapatkan keuntungan

Jawaban :
A.Memperoleh informasi.
Konsumen rasional atau manusia ekonomi dipandang sebagai konsumen yang mengambil keputusan untuk memaksimumkan kepuasannya. Model manusia ekonomi ini dianggap memiliki kelemahan karena konsumen seringkali tidak memiliki informasi yang lengkap tentang semua barang dan jasa yang akan dibelinya, sehingga konsumen tidak selalu dapat mengambil keputusan yang memaksimumkan kepuasannya. Konsumen seringkali memiliki keterbatasan dalam memperoleh informasi.

37. Lima kriteria yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum menentukan sebuah keputusan, yaitu...

A.Promosi, merek, asal negara, kepercayaan dan lingkungan.
B.Harga, merek, asal negara, kepercayaan dan lingkungan.
C.Harga, merek, promosi, kepercayaan dan lingkungan.
D.Harga, merek, asal negara, pendidikan dan lingkungan

Jawaban :
B.Harga, merek, asal negara, kepercayaan dan lingkungan.

38. Keputusan konsumen seringkali dipengaruhi oleh ...

A.Persepsi konsumen.
B.Pengetahuan konsumen.
C.Keluarga.
D.Teman

Jawaban :
B.Pengetahuan konsumen.

39. Tujuan adanya peraturan pemerintah yang mengatur tentang label dan iklan pangan adalah...

A.Menguntungkan pelaku usaha.
B.Menciptakan perdagangan yang jujur dan bertanggung jawab.
C.Merugikan konsumen dalam pembelian produk pangan.
D.Meningkatkan harga produk pangan

Jawaban :
B.Menciptakan perdagangan yang jujur dan bertanggung jawab.

40. Iklan adalah media yang sangat efektif untuk mempromosikan produk. Tapi banyak informasi di iklan yang tidak sesuai dengan kandungan produk. Produsen mengelabui konsumen agar konsumen lebih tertarik membeli produk yang diproduksinya. Yang termasuk pengelabuan informasi secara klaim objektif adalah ...

A.Pencantuman label informasi produk yang tidak benar.
B.Produk kecantikan yang menyatakan bisa menghilangkan kerut-kerut wajah.
C.Saling klaim antara produsen motor yang beranggapan produknyalah yang terbaik.
D.Berbagai iklan operator selular yang membingungkan

Jawaban :
A.Pencantuman label informasi produk yang tidak benar.

Kisi-kisi Soal UAS UT EKMA4567 Perilaku Konsumen Beserta Kunci Jawaban 4.5 5 Bank soal UT Tuesday, December 10, 2019 Kisi-kisi Soal UAS UT EKMA4567 Perilaku Konsumen Beserta Kunci Jawaban Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 1. Seseorang yang ...



No comments:

Post a Comment