-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Kisi-Kisi Soal UAS UT Manajemen Operasi Jasa EKMA4369 Beserta Kunci Jawaban

 on Friday, December 13, 2019  

Kisi-Kisi Soal UAS UT Manajemen Operasi Jasa EKMA4369 Beserta Kunci Jawaban

Manajemen Operasi Jasa EKMA4369


Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Serangkaian kegiatan yang meliputi desain, operasi dan perbaikan system yang menciptakan dan
menyampaikan produk dan jasa. Definisi mengenai operasi tersebut dicetuskan oleh

A. Heizer dan Render
B. Chase
C. Krajewski
D. Johnston

Jawaban :
B. Chase


2. Manajer operasi bertanggung jawab atas beberapa keputusan sebagai berikut, kecuali

A. Perencanaan kebutuhan bahan dan JIT
B. Mengelola keragaman pelanggan
C. Pengaturan letak fasilitas
D. Rantai pasokan

Jawaban :
B. Mengelola keragaman pelanggan
Manajer operasi menerapkan fungsi manajemen dalam proses pembuatan keputusan. Menurut Heizer dan Render (2008), beberapa keputusan yang diambil oleh manajer operasi antara lain:
a. Desain produk dan jasa atau pelayanan
b. Manajemen kualitas
c. Desain proses dan kapasitas
d. Lokasi
e. Desain tata letak (layout)
f. Sumber daya manusia dan desain pekerjaan
g. Manajemen rantai nilai
h. Persediaan
i. Penjadwalan proyek dan kegiatan jangka menengah dan jangka pendek
j. Pemeliharaan atau perawatan

3. Salah satu prinsip manajemen dalam perencanaan dan penentuan operasi industri jasa, yaitu

A. Manajemen permintaan merupakan kunci system penyampaian jasa
B. Heterogenitas, Harga dan Internasionalisasi
C. Pelayanan, birokratik dan pemanufakturan
D. Penyampaian, Desain, Penjualan

Jawaban :
A. Manajemen permintaan merupakan kunci system penyampaian jasa

4. Perusahaan jasa selalu mengadaptasi strategi, proses manajerial dan budaya organisasi terhadap kenyataan penyediaan nilai yang dipersepsikan pelanggan. Terdapat enam prinsip manajemen jasa, salah satunya yaitu

A. Fokus internal
B. Sistem Reward mengandalkan pihak ketiga
C. Kustomisasi rendah
D. Usaha menjamin fleksibilitas dan kemungkinan mengadakan pemulihan dari kegagalan pelayanan, kontak personil harus diberdayakan

Jawaban :
D. Usaha menjamin fleksibilitas dan kemungkinan mengadakan pemulihan dari kegagalan pelayanan, kontak personil harus diberdayakan
Paulin et al.(1999) mengelaborasi enam prinsip manajemen jasa.
1, berfokus pada konsekuensi eksternal dari bisnis perusahaan berdasarkan pendapat bahwa kualitas yang dipersepsikan pelanggan mengendalikan profitabilitas.
2, meskipun keputusan strategik mengenai misi dan konsep pelayanan perlu disentralisasikan, dan
kenyataannya, pelanggan membantu penyedia jasa dalam memberikan pelayanan, sehingga perlu
desentralisasi dalam pengambilan keputusan yang dekat dalam hubungan antara perusahaan dan pelanggan.
3, dalam usaha menjamin fleksibilitas dan kemungkinan mengadakan pemulihan dari kegagalan pelayanan, kontak personil harus diberdayakan.
4, manajemen dengan budaya pelayanan supportive mengganti supervisi dengan peraturan.
5, sistem penghargaan harus merefleksikan beberapa pencapaian efisiensi internal.
6, efisiensi eksternal harus dinilai sepanjang mampu mencapai efisiensi internal. Banyak jasa profesional melibatkan tindakan dan interaksi orang dengan keahlian dan teknik khusus.

5. Berikut merupakan karakteristik jasa, yaitu

A. Intangibility, Tahan Lama dan Terpisah
B. Perishability, Parsial dan Homogen
C. Simultanitas, Cepat Rusak dan Partisipasi Pelanggan
D. Heterogenity, Cepat Rusak dan Parsial

Jawaban :
C. Simultanitas, Cepat Rusak dan Partisipasi Pelanggan

6. Berikut merupakan elemen structural dalam proses pengembangan jasa baru, kecuali

A. Kualitas .
B. Sistem Penyampaian .
C. Perencanaan Kapasitas .
D. Desain Fasilitas

Jawaban :
A. Kualitas .

7. Dalam mendesain produk, perlu memperhatikan hal sebagai berikut

A. Memperhatikan homogenitas .
B. Standarisasi komponen dan mengurangi kompeksitas produk .
C. Quality Function Deployment .
D. Standarisasi tenaga kerja

Jawaban :
B. Standarisasi komponen dan mengurangi kompeksitas produk .

8. Mendapatkan input dan umpan balik dari pelanggan mengenai kebutuhan dan harapan pelanggan. Konsep ini disebut dengan

A. Intermediate approach .
B. Time-efficient .
C. Customer-focused .
D. Time-oriented

Jawaban :
C. Customer-focused .

9. Berikut merupakan tahapan model normative pengembangan jasa baru

A. Perumusan sasaran dan strategi jasa baru – penyusunan ide – pengembangan konsep – pengujian konsep – analisis bisnis .
B. Analisis bisnis – pengembangan konsep – penyusunan ide – otorisasi proyek .
C. Perumusan sasaran dan strategi jasa baru – otorisasi proyek – pelatihan personil – analisis bisnis .
D. Pengembangan konsep – otorisasi bisnis – analisis proyek – penyusunan ide

Jawaban :
A. Perumusan sasaran dan strategi jasa baru – penyusunan ide – pengembangan konsep – pengujian konsep – analisis bisnis .

10. Memberikan pelayanan yang unik yang membedakan dengan pesaing, merupakan salah satu strategi generic porter yang sering disebut sebagai

A. Uniqueness .
B. Strategi Diferensiasi .
C. Cost Leadership .
D. Strategi Fokus

Jawaban :
B. Strategi Diferensiasi .
Strategi pelayanan menurut Porter (1980) terdiri dari tiga macam strategi, yaitu:
a) Strategi kepemimpinan biaya (cost leadership strategy).
b) Strategi fokus (focus strategy).
c) Strategi diferensiasi (differentiation strategy).

11. Berbagai teknik baik informal maupun terstruktur yang digunakan untuk mengidentifikasi penyebab disebut

A. Matrix Data Analysis.
B. RCA (Root Cause Analysis).
C. SWOT.
D. AHP

Jawaban :
B. RCA (Root Cause Analysis).

12. Dimensi kualitas pelayanan menurut Parasuraman yaitu

A. Kualitas interaktif, kualitas fisik, kualitas korporasi.
B. Personal attention, reliability, tangible, convenience.
C. Tangibility, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty.
D. Conviviality, tangibles, reassurance, avidane of sarcasm

Jawaban :
C. Tangibility, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty.

13. Kepuasan merupakan hal setiap elemen, termasuk didalamnya karyawan perusahaan, karena karyawan yang puas akan mampu memuaskan konsumen. Pendapat tersebut merupakan konsep dari

A. Zero Deffect.
B. Perceived Quality.
C. Kualitas Pelayanan Internal.
D. Lingkungan kerja

Jawaban :
C. Kualitas Pelayanan Internal.

14. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan pemulihan pelayanan, yaitu

A. Memberikan pelatihan pada karyawan.
B. Cukup menampung keluhan konsumen.
C. Melakukan perdebatan dengan konsumen.
D. Mengurangi biaya karyawan

Jawaban :
A. Memberikan pelatihan pada karyawan.

15. Terdapat tiga orientasi dalam pengelolaan kualitas pelayanan yang harus diperhatikan yaitu

A. Orientasi kualitas, orientasi karyawan dan orientasi pelanggan.
B. Pemahaman manajemen, kepuasan dan sistem.
C. Orientasi kepuasan, orientasi pelanggan dan system informasi.
D. Orientasi kualitas, orientasi manajemen dan orientasi operasi

Jawaban :
A. Orientasi kualitas, orientasi karyawan dan orientasi pelanggan.

16. Batasan dalam operasional organisasi, pelaksanaan bisnis dan penyelesaian konflik antara berbagai ketidaksepakatan, merupakan konsep dari

A. Strategik .
B. Kebijakan .
C. Taktik .
D. Sasaran

Jawaban :
B. Kebijakan .

17. Implementasi strategi pelayanan terdiri dari 3 manfaat yaitu

A. Manfaat finansial, strategic dan pemasaran .
B. Integrasi operasi dan pemasaran, kinerja bisnis dan strategi bersaing .
C. Manajemen, pelanggan dan pengenalan teknologi .
D. Reputasi, operasi dan kekuatan tenaga kerja

Jawaban :
A. Manfaat finansial, strategic dan pemasaran .

18. Salah satu metode penentuan lokasi dengan teknik matematika yang digunakan untuk menemukan lokasi untuk pusat distribusi tunggal yang melayani beberapa titik yaitu

A. Factor rating method.
B. Center of Gravity Method.
C. Break even analysis.
D. Transportation method

Jawaban :
B. Center of Gravity Method.

19. Proses sistematis dan berulang untuk mendapatkan consensus mengenai pandangan para ahli secara panel disebut dengan metode

A. Metode Delphi.
B. Metode Gravitasi.
C. Metode Biaya Impas.
D. Metode Transportasi

Jawaban :
A. Metode Delphi.

20. Berikut merupakan factor-faktor yang dipertimbangkan dalam memilih lokasi, kecuali

A. Banyaknya sumber daya yang diperlukan.
B. Kedekatan dengan pemilik modal.
C. Factor kualitatif dan kuantitatif.
D. Kedekatan dengan pelanggan

Jawaban :
B. Kedekatan dengan pemilik modal.

21. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan untuk usaha jasa percetakan adalah sebagai berikut, kecuali

A. Jarak antar lokasi dengan pesaing.
B. Keramahan masyarakat.
C. Kemudahan dijangkau.
D. Akses

Jawaban :
B. Keramahan masyarakat.

22. Dalam memilih lokasi yang berada di tengah perumahan, seorang pengusaha harus memperhatikan berikut

A. Iklim.
B. Lalu lintas dan tingkat kemacetan.
C. Nilai tanah.
D. Lokasi pabrik

Jawaban :
B. Lalu lintas dan tingkat kemacetan.

23. Menurut Nahmias, tujuan penentuan tata letak adalah

A. Memuaskan konsumen .
B. Minimize waktu yang diperlukan untuk produksi .
C. Menambah biaya .
D. Meningkatkan kualitas

Jawaban :
B. Minimize waktu yang diperlukan untuk produksi .

24. Menurut Heizer dan Render, desain tata letak harus memperhatikan beberapa hal, kecuali

A. Penggunaan ruang, peralatan dan orang lebih baik .
B. Memperbaiki moral karyawan .
C. Optimalisasi interaksi dengan pelanggan .
D. Penambahan biaya

Jawaban :
D. Penambahan biaya

25. Terdapat dua macam pengaturan tata letak yaitu

A. Lini dan campuran .
B. Lini dan proses .
C. Tetap dan lini .
D. Relative dan absolut

Jawaban :
D. Relative dan absolut

26. Tata letak kantor harus memperhatikan factor-faktor berikut ini

A. Rasio orang dan barang .
B. Fungsionalitas .
C. Kedekatan dan fasilitas .
D. Kedekatan, privasi dan pilihan dalam tata letak kantor

Jawaban :
D. Kedekatan, privasi dan pilihan dalam tata letak kantor

27. Tempatkan produk paling menarik perhatian pelanggan di sekeliling toko, gunakan lokasi terkemuka untuk produk dengan perhatian dan margin tinggi, menggunakan lokasi yang terekspos bagi mata konsumen. Hal-hal tersebut merupakan ide dari yang membantu tata letak

A. Retail .
B. Proses .
C. Kantor .
D. Gudang

Jawaban :
A. Retail .

28. Salah satu keunggulan metode simulasi Monte Carlo yaitu

A. Mempelajari berbagai karakteristik operasi .
B. Merupakan salah satu pendekatan yang relative flexible dan nyata .
C. Membuat kesimpulan dan keputusan sesuai hasil simulasi .
D. Membuat tiruan kondisi nyata secara matematis

Jawaban :
B. Merupakan salah satu pendekatan yang relative flexible dan nyata .

29. Bila terdapat lebih dari satu server yang melayani pelanggan dengan jenis pelayanan yang sama, disebut

A. Model Antrean Single Channel .
B. Single Phase System .
C. Simulasi Monte Carlo .
D. Model Antrean Multi Channel

Jawaban :
D. Model Antrean Multi Channel

30. Salah satu predictor terhadap kepuasan konsumen dari sisi antrean yaitu

A. Disiplin antrean .
B. Fasilitas .
C. Persepsi terhadap waktu tunggu .
D. Harapan pelanggan

Jawaban :
C. Persepsi terhadap waktu tunggu .

31. Terdapat dua teknik mengelola waktu tunggu yaitu

A. Pengelolaan permintaan dan persepsi konsumen .
B. Pengelolaan SOP dan tenaga kerja .
C. Pengelolaan operasional dan pengelolaan persepsi .
D. Pengelolaan kepuasan dan harapan konsumen

Jawaban :
C. Pengelolaan operasional dan pengelolaan persepsi .

32. Salah satu cara untuk mengurangi waktu tunggu adalah dengan

A. Menambah karyawan back office .
B. Mengurangi waktu persiapan .
C. Menambah jumlah penyedia jasa .
D. Mengurangi tempat tunggu pelanggan

Jawaban :
C. Menambah jumlah penyedia jasa .

33. Penerapan ERP dapat dilakukan pada bidang berikut, kecuali

A. SDM
B. Penjualan dan pemasaran
C. Layout
D. Akuntansi dan keuangan

Jawaban :
C. Layout

34. Mengurangi cycle time, mengurangi biaya persediaan, menambah kesempatan untuk mengadakan pengembangan dan meningkatkan standarisasi dan integritas system, merupakan manfaat dari

A. MRP
B. Semuanya benar
C. ERP
D. Manajemen rantai pasokan

Jawaban :
C. ERP

35. Jika data yang diperlukan adalah semua data masa lalu untuk semua variable dengan biaya relative sedang dan rentang waktu jangka sedang hingga jangka panjang dengan penerapan untuk peramalan permintaan, maka metode yang digunakan tersebut yaitu

A. Ekonometri
B. Exponential Smoothing
C. Regresi
D. Deplhi Method

Jawaban :
C. Regresi

36. Haksever menyatakan bahwa mudah melakukan perencanaan kapasitas manufaktur dibandingkan
perencanaan kapasitas pada perusahaan jasa, salah satu alasannya yaitu

A. Tidak banyak variasi dalam layanan jasa
B. Permintaan yang mudah diprediksi
C. Kapasitas maksimum dari beberapa system pelayanan tidak mempunyai fleksibilitas
D. Jasa bersifat tahan lama

Jawaban :
C. Kapasitas maksimum dari beberapa system pelayanan tidak mempunyai fleksibilitas

37. Salah satu indikator ketepatan penggunaan manajemen hasil yaitu

A. Perusahaan beroperasi dengan kapasitas tetap yang secara relatif
B. Persediaan awet
C. Biaya penjualan dan produksi rendah serta biaya perubahan kapasitas rendah
D. Permintaan tidak dapat disegmentasi

Jawaban :
A. Perusahaan beroperasi dengan kapasitas tetap yang secara relatif

38. Strategi SDM yang melekat pada organisasi sulit untuk ditiru, salah satu penyebabnya yaitu

A. Causal Ambiguity.
B. A dan B salah.
C. A dan B benar.
D. Path Dependency

Jawaban :
C. A dan B benar.

39. Perhatian utama berkaitan dengan hubungan antara external contingency dengan kebijakan dan praktek SDM. Konsep tersebut sering disebut sebagai

A. Contingency Approach.
B. Strategic Theories of HRM.
C. Normative Theories of HRM.
D. Descriptive Theories of HRM

Jawaban :
B. Strategic Theories of HRM.

40. Salah satu dimensi social dalam pelayanan yaitu

A. Hedonist Valorisation.
B. Behavioral Control.
C. Kepuasan konsumen.
D. Close Supervision

Jawaban :
A. Hedonist Valorisation.

41. Terdapat empat fase dalam perencanaan SDM, urutannya adalah sebagai berikut

A. Perencanaan SDM – monitoring pelaksanaan – penetapan sasaran.
B. Memperoleh data – desain penetapan sasaran – monitoring program – rencana tindak lanjut.
C. Analisis data – penyusunan sasaran SDM – penetapan rencana aksi – penetapan coordinator rencana.
D. Memperoleh data dan menganalisis data – penyusunan sasaran SDM – mendesain dan menerapkan program untuk mencapai sasaran – monitoring dan evaluasi program.

Jawaban :
D. Memperoleh data dan menganalisis data – penyusunan sasaran SDM – mendesain dan menerapkan program untuk mencapai sasaran – monitoring dan evaluasi program.

42. Berikut merupakan salah satu factor yang diperhatikan dalam seleksi karyawan

A. Appraising.
B. Stimulus variability.
C. Feedback and absenteeism.
D. Self generated

Jawaban :
B. Stimulus variability.

Kisi-Kisi Soal UAS UT Manajemen Operasi Jasa EKMA4369 Beserta Kunci Jawaban 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Friday, December 13, 2019 Kisi-Kisi Soal UAS UT Manajemen Operasi Jasa EKMA4369 Beserta Kunci Jawaban Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 1. Se...



No comments:

Post a Comment