Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 7 Beserta Pembahasannya
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1) Pembelian berbagai macam produk dan jasa oleh keluarga merupakan hasil .…
A. produksi
B. jasa
C. distribusi
D. interaksi dengan saling mempengaruhi antar anggota keluarga
Jawaban.
D. interaksi dengan saling mempengaruhi antar anggota keluarga
D. interaksi dengan saling mempengaruhi antar anggota keluarga
2) Keterkaitan rumahtangga dan keluarga mendasari adanya dua jenis rumahtangga, yaitu ….
A. keluarga dan bukan keluarga
B. rumahtangga dan anggota keluarga
C. rumahtangga bukan keluarga dan anggota keluarga
D. rumahtangga dikepalai wanita dan rumah tangga dikepalai laki-laki
Jawaban.
A. keluarga dan bukan keluarga
A. keluarga dan bukan keluarga
3) Jumlah rumahtangga bukan keluarga di Indonesia pada tahun 2012 lebih besar terdapat pada rumahtangga....
A. laki-laki
B. keluarga
C. wanita
D. pribadi
Jawaban.
C. wanita
C. wanita
4) Empat faktor dalam menentukan sejauh mana keputusan akan dibuat bersama-sama atau oleh satu atau pasangan lain adalah .…
A. sex-role stereotip, sumber spousal (suami-istri), pengalaman, dan status sosial-ekonomi
B. sex-role stereotip, sumber spousal (suami-istri), pengetahuan, dan status sosial-ekonomi
C. sex-role stereotip, sumber spousal (suami-istri), pengalaman, dan status pernikahan
D. sex-role stereotip, sumber spousal (suami-istri), permintaan, dan status sosial-ekonomi
Jawaban.
A. sex-role stereotip, sumber spousal (suami-istri), pengalaman, dan status sosial-ekonomi
A. sex-role stereotip, sumber spousal (suami-istri), pengalaman, dan status sosial-ekonomi
5) Istri ataupun suami dapat memutuskan produk atau merek apa yang akan dibelinya tanpa harus bertanya kepada suami dan begitu sebaliknya merupakan model pengambilan keputusan produk oleh keluarga yaitu keputusan .…
A. sepihak
B. autonomi
C. keluarga
D. pembelian
Jawaban.
B. autonomi
B. autonomi
6) Belum kawin, usia di bawah 65 tahun merupakan tahapan siklus hidup…
A. bujangan I
B. bujangan II
C. bujangan III
D. bujangan IV
Jawaban.
B. bujangan II
B. bujangan II
7) Mereka cenderung kekurangan waktu, sehingga mereka membeli nama merek terkenal untuk membuat belanja lebih mudah. Merupakan identifikasi jenis ibu …
A. ibu bekerja
B. rumah tangga dikepalai ibu
C. ibu tidak bekerja
D. tag perang
Jawaban.
D. tag perang
D. tag perang
8) Hukum yang mengatur tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera adalah …
A. Undang-Undang No 10 tahun 2002
B. Undang-Undang No. 5 tahun 2002
C. Undang-Undang No.5 tahun 1992
D. Undang-Undang No 10 tahun 1992
Jawaban.
D. Undang-Undang No 10 tahun 1992
D. Undang-Undang No 10 tahun 1992
9) Berikut ini merupakan rumahtangga bukan keluarga yaitu ….
A. suami dan istri
B. yang dihuni seorang wanita sendiri
C. saudara sekandung atau anggota keluarga lain yang tinggal satu rumah
D. orangtua tunggal
Jawaban.
B. yang dihuni seorang wanita sendiri
B. yang dihuni seorang wanita sendiri
10) Lingkungan yang paling dekat dengan konsumen (lingkungan mikro) adalah ….
A. keluarga
B. masyarakat
C. warga
D. komunitas
Jawaban.
A. keluarga
A. keluarga
11) Apa yang dikonsumsi oleh teman sekelompok, juga akan dikonsumsi oleh anggota lainnya. Inilah yang disebut .…
A. kelompok geng
B. kelompok acuan
C. kelompok persahabatan
D. kelompok komunitas
Jawaban.
B. kelompok acuan
B. kelompok acuan
12) Sekelompok orang yang menghindari berasosiasi atau terkait dengan kelompok lain dengan acuannya disebut kelompok …
A. inisiasi
B. acuan
C. persahabatan
D. komunitas
Jawaban.
A. inisiasi
A. inisiasi
13) Konsumen memiliki kewajiban moral untuk mengikuti apa yang dikatakan oleh orang yang dihormatinya, ada perasaan bersalah jika tidak mendengarkan kelompok acuan tersebut. Faktor penyebab seseorang mau mengikuti kelompok acuan berdasarkan pernyataan diatas adalah pengaruh …
A. situasional
B. keluarga
C. normative
D. lingkungan sosial
Jawaban.
C. normative
C. normative
14) Kelompok yang seringkali memberi informasi yang banyak untuk mengarahkan konsumen mengkonsumsi barang dengan jasa yang benar adalah ....
A. kelompok acuan
B. kelompok pegiat konsumen
C. komunitas
D. keluarga
Jawaban.
C. komunitas
C. komunitas
15) Kekuatan dari kelompok acuan terletak pada .…
A. hubungan keluarga
B. hubungan persahabatan
C. komunikasi bukan lisan
D. komunikasi lisan
Jawaban.
D. komunikasi lisan
D. komunikasi lisan
16) Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, kecuali ….
A. struktur sosial
B. watak
C. budaya sendiri
D. budaya lain
Jawaban.
A. struktur sosial
A. struktur sosial
17) Keluarga bagi anak kecil anggota keluarga dapat dikategorikan ….
A. groups
B. normative reference groups
C. comparative reference groups
D. relational reference groups
Jawaban.
B. normative reference groups
B. normative reference groups
18) Seorang artis atau public figure merupakan contoh reference groups ….
A. direct
B. relational
C. indirect
D. normative
Jawaban.
B. relational
B. relational
19) Di bawah ini adalah situasi yang mengakibatkan diperlukannya reference group bagi individu ….
A. individu tidak memiliki pengalaman langsung terhadap suatu produk atau jasa
B. individu tidak memiliki akses langsung terhadap informasi lengkap suatu produk atau jasa
C. banyaknya iklan-iklan suatu produk atau jasa
D. semua benar
Jawaban.
D. semua benar
D. semua benar
20) Berikut merupakan tiga macam pengaruh kelompok acuan, kecuali …
A. normatif
B. informasi
C. ekspresi nilai
D. pengaruh disosiasi
Jawaban.
A. normatif
A. normatif
Kerjakanlah latihan berikut!
1) Jelaskan yang dimaksud dengan Keluarga dan Studi Perilaku Konsumen
Jawaban.
Lingkungan yang paling dekat dengan konsumen adalah keluarga, karena sebagian besar konsumen tinggal dengan keluarga. Interaksi antar anggota keluarga menjadikan keluarga berpengaruh besar kepada konsumen
dalam pengambilan keputusan pembelian produk dan jasa. Adanya pengaruh besar dari keluarga kepada konsumen membuat keluarga menjadi daya tarik bagi para pemasar.
Dua alasan utama pentingnya mempelajari keluarga dari segi perspektif perilaku konsumen adalah pembelian berbagai macam produk dan jasa dilakukan oleh beberapa konsumen yang mengatasnamakan sebuah keluarga dan keputusan pembelian barang dan jasa dipengaruhi oleh anggota keluarga lainnya meskipun pembelian dilakukan oleh seorang anggota (individu)
Lingkungan yang paling dekat dengan konsumen adalah keluarga, karena sebagian besar konsumen tinggal dengan keluarga. Interaksi antar anggota keluarga menjadikan keluarga berpengaruh besar kepada konsumen
dalam pengambilan keputusan pembelian produk dan jasa. Adanya pengaruh besar dari keluarga kepada konsumen membuat keluarga menjadi daya tarik bagi para pemasar.
Dua alasan utama pentingnya mempelajari keluarga dari segi perspektif perilaku konsumen adalah pembelian berbagai macam produk dan jasa dilakukan oleh beberapa konsumen yang mengatasnamakan sebuah keluarga dan keputusan pembelian barang dan jasa dipengaruhi oleh anggota keluarga lainnya meskipun pembelian dilakukan oleh seorang anggota (individu)
2) Jelaskan yang dimaksud dengan Arti Keluarga dan Rumah Tangga?
Jawaban.
Keluarga diartikan sebagai sebuah kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan ikatan perkawinan, darah (keturunan yaitu anak dan/atau cucu), dan adopsi yang tidak selalu tinggal bersama dalam satu rumah. Rumah tangga memiliki arti yang lebih luas dimana keluarga menjadi bagian dari rumah tangga. Gambaran dari keluarga adalah hubungan antar anggota keluarga, sedangkan gambaran dari rumah tangga adalah pengelolaan suatu tempat tinggal oleh sekelompok orang yang tinggal bersama dalam satu rumah baik memiliki ikatan keluarga maupun tidak memiliki ikatan keluarga.
Keluarga diartikan sebagai sebuah kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan ikatan perkawinan, darah (keturunan yaitu anak dan/atau cucu), dan adopsi yang tidak selalu tinggal bersama dalam satu rumah. Rumah tangga memiliki arti yang lebih luas dimana keluarga menjadi bagian dari rumah tangga. Gambaran dari keluarga adalah hubungan antar anggota keluarga, sedangkan gambaran dari rumah tangga adalah pengelolaan suatu tempat tinggal oleh sekelompok orang yang tinggal bersama dalam satu rumah baik memiliki ikatan keluarga maupun tidak memiliki ikatan keluarga.
3) Jelaskan yang dimaksud dengan Rumah Tangga Keluarga dan Bukan Keluarga
Jawaban.
Rumah tangga keluarga adalah sebuah rumah tangga yang antaranggota memiliki ikatan karena hubungan perkawinan, darah, atau adopsi. Rumah tangga keluarga terdiri dari:
1. Rumah tangga suami dan istri.
2. Rumah tangga suami, istri, dan anak-anaknya.
3. Rumah tangga suami dan istri, dan anak-anaknya yang tinggal di rumah tangga yang berbeda (misalnya anak sekolah di luar kota atau sudah memiliki rumah sendiri).
4. Rumah tangga orang tua tunggal baik ayah saja atau ibu saja,
5. Rumah tangga lainnya (saudara kandung atau anggota keluarga lainnya yang tinggal bersama dalam satu rumah).
Rumah tangga bukan keluarga adalah sebuah rumah tangga yang antaranggota tidak memiliki ikatan oleh hubungan perkawinan, darah, dan adopsi. Rumah tangga bukan keluarga terdiri atas:
1. Rumah tangga yang dihuni oleh seorang pria sendiri.
2. Rumah tangga yang dihuni oleh seorang wanita sendiri.
3. Rumah tangga yang dihuni oleh dua orang atau lebih yang tidak terikat oleh hubungan keluarga.
Rumah tangga keluarga adalah sebuah rumah tangga yang antaranggota memiliki ikatan karena hubungan perkawinan, darah, atau adopsi. Rumah tangga keluarga terdiri dari:
1. Rumah tangga suami dan istri.
2. Rumah tangga suami, istri, dan anak-anaknya.
3. Rumah tangga suami dan istri, dan anak-anaknya yang tinggal di rumah tangga yang berbeda (misalnya anak sekolah di luar kota atau sudah memiliki rumah sendiri).
4. Rumah tangga orang tua tunggal baik ayah saja atau ibu saja,
5. Rumah tangga lainnya (saudara kandung atau anggota keluarga lainnya yang tinggal bersama dalam satu rumah).
Rumah tangga bukan keluarga adalah sebuah rumah tangga yang antaranggota tidak memiliki ikatan oleh hubungan perkawinan, darah, dan adopsi. Rumah tangga bukan keluarga terdiri atas:
1. Rumah tangga yang dihuni oleh seorang pria sendiri.
2. Rumah tangga yang dihuni oleh seorang wanita sendiri.
3. Rumah tangga yang dihuni oleh dua orang atau lebih yang tidak terikat oleh hubungan keluarga.
4) Jelaskan yang dimaksud dengan Jumlah Rumah Tangga?
Jawaban.
Jumlah Rumah Tangga jumlah keseluruhan Rumah tangga yang dikepalai oleh seorang pria atau seorang wanita. Rumah tangga pria merupakan rumah tangga yang dikepalai oleh seorang pria, sedangkan rumah tangga wanita adalah rumah tangga yang dikepalai oleh seorang wanita. Menurut BPS jumlah rumah tangga pria sebanyak (85,5%) dan kepala rumah tangga wanita sebanyak (14,42%).
Jumlah Rumah Tangga jumlah keseluruhan Rumah tangga yang dikepalai oleh seorang pria atau seorang wanita. Rumah tangga pria merupakan rumah tangga yang dikepalai oleh seorang pria, sedangkan rumah tangga wanita adalah rumah tangga yang dikepalai oleh seorang wanita. Menurut BPS jumlah rumah tangga pria sebanyak (85,5%) dan kepala rumah tangga wanita sebanyak (14,42%).
5) Jelaskan yang dimaksud dengan Jumlah Anggota Keluarga?
Jawaban.
Jumlah anggota keluarga atau rumah tangga akan menentukan jumlah dan pola konsumsi suatu barang dan jasa. Para pemasar perlu mengetahui tidak hanya jumlah rumah tangga saja, tetapi juga jumlah anggota rumah
tangga secara keseluruhan, karena jumlah anggota rumah tangga menggambarkan jumlah penduduk sekaligus perbedaan gaya hidup dan pola konsumsi rumah tangga. Kepala rumah tangga menurut kelompok umur berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik tahun 2013. Secara keseluruhan, jenis rumah tangga di Indonesia berdasarkan kelompok umur kepala rumah tangga paling banyak dikepalai pria, dengan persentase terbesar terdapat pada kelompok umur 45-59 tahun (99,39%).
Jumlah anggota keluarga atau rumah tangga akan menentukan jumlah dan pola konsumsi suatu barang dan jasa. Para pemasar perlu mengetahui tidak hanya jumlah rumah tangga saja, tetapi juga jumlah anggota rumah
tangga secara keseluruhan, karena jumlah anggota rumah tangga menggambarkan jumlah penduduk sekaligus perbedaan gaya hidup dan pola konsumsi rumah tangga. Kepala rumah tangga menurut kelompok umur berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik tahun 2013. Secara keseluruhan, jenis rumah tangga di Indonesia berdasarkan kelompok umur kepala rumah tangga paling banyak dikepalai pria, dengan persentase terbesar terdapat pada kelompok umur 45-59 tahun (99,39%).
6) Jelaskan yang dimaksud dengan Peranan Anggota Keluarga dalam Pengambilan Keputusan Pembelian?
Jawaban.
Inisiator (initiator), seorang anggota keluarga yang memiliki ide atau gagasan untuk membeli atau mengonsumsi suatu produk; Pemberi pengaruh (influencer), seorang anggota keluarga yang selalu diminta pendapatnya mengenai suatu produk atau merek yang akan dibeli dan dikonsumsi; Penyaring informasi (gate keeper), seorang anggota keluarga yang menyaring semua informasi yang masuk ke dalam keluarga tersebut, Pengambil keputusan (decider), seorang anggota keluarga yang memiliki wewenang untuk memutuskan apakah membeli suatu produk atau suatu merek, Pembeli (buyer), seorang anggota keluarga yang membeli suatu produk atau yang diberi tugas untuk melakukan pembelia produk, Pengguna (user), seorang anggota keluarga yang menggunakan atau mengonsumsi suatu produk dan jasa.
Inisiator (initiator), seorang anggota keluarga yang memiliki ide atau gagasan untuk membeli atau mengonsumsi suatu produk; Pemberi pengaruh (influencer), seorang anggota keluarga yang selalu diminta pendapatnya mengenai suatu produk atau merek yang akan dibeli dan dikonsumsi; Penyaring informasi (gate keeper), seorang anggota keluarga yang menyaring semua informasi yang masuk ke dalam keluarga tersebut, Pengambil keputusan (decider), seorang anggota keluarga yang memiliki wewenang untuk memutuskan apakah membeli suatu produk atau suatu merek, Pembeli (buyer), seorang anggota keluarga yang membeli suatu produk atau yang diberi tugas untuk melakukan pembelia produk, Pengguna (user), seorang anggota keluarga yang menggunakan atau mengonsumsi suatu produk dan jasa.
7) Jelaskan yang dimaksud dengan Peranan Suami dan Istri dalam Pengambilan Keputusan Keluarga?
Jawaban.
Istri dominan dalam mengambil keputusan. Istri memegang kewenangan untuk memilih produk dan merek apa yang akan dibeli untuk dirinya dan keluarganya; Suami dominan dalam mengambil keputusan. Suami memegang kewenangan untuk memilih produk dan merek apa yang akan dibeli untuk dirinya dan keluarganya, Keputusan autonomi. Istri ataupun suami dapat memutuskan sebuah keputusan tanpa harus bergantung dari salah satunya, Keputusan bersama. Suami dan istri bersama-sama memutuskan sebuah pembelian.
Istri dominan dalam mengambil keputusan. Istri memegang kewenangan untuk memilih produk dan merek apa yang akan dibeli untuk dirinya dan keluarganya; Suami dominan dalam mengambil keputusan. Suami memegang kewenangan untuk memilih produk dan merek apa yang akan dibeli untuk dirinya dan keluarganya, Keputusan autonomi. Istri ataupun suami dapat memutuskan sebuah keputusan tanpa harus bergantung dari salah satunya, Keputusan bersama. Suami dan istri bersama-sama memutuskan sebuah pembelian.
8) Jelaskan yang dimaksud dengan Siklus Hidup Keluarga?
Jawaban.
Masa lajang (bujangan), Menikah, Memiliki anak, Membesarkan anak, Anak-anak keluar dari rumah (pindah), Orangtua sendiri tanpa anak, Pasangan tua.
Masa lajang (bujangan), Menikah, Memiliki anak, Membesarkan anak, Anak-anak keluar dari rumah (pindah), Orangtua sendiri tanpa anak, Pasangan tua.
9) Jelaskan yang dimaksud dengan Wanita Sebagai Konsumen?
Jawaban.
Studi yang dilakukan Leo Burnett berfokus pada pemasaran untuk perempuan. 4 jenis ibu yang disebutkan Leo Burnett :
1. June Cleaver, Sekuel
Wanita yang menjaga peran tradisional tinggal di rumah.Mereka kebanyakan putih, berpendidikan tinggi, dan kelas atas.
2. Tag Perang
Wanita yang dipaksa untuk bekerja tetapi tidak senang mengenai hal itu. Mereka cenderung kekurangan waktu, sehingga mereka membeli nama merek terkenal untuk membuat belanja lebih mudah.
3. Bahu Kuat
Wanita yang berada di tingkat pendapatan yang lebih rendah tetapi memiliki pandangan positif pada diri mereka sendiri dan masa depan mereka. Lebih dari sepertiga dari wanita di segmen ini adalah ibu tunggal. LeoShe menyimpulkan bahwa mereka adalah kandidat yang baik untuk mencoba merek-merek baru yang akan membantu mereka mengekspresikan diri
4. Mothers of Invention
Wanita-wanita ini menikmati menjadi ibu dan juga bekerja di luar rumah. Salah satu alasan untuk kepuasan mereka adalah bahwa suami mereka diterjunkan dengan banyak hal
Studi yang dilakukan Leo Burnett berfokus pada pemasaran untuk perempuan. 4 jenis ibu yang disebutkan Leo Burnett :
1. June Cleaver, Sekuel
Wanita yang menjaga peran tradisional tinggal di rumah.Mereka kebanyakan putih, berpendidikan tinggi, dan kelas atas.
2. Tag Perang
Wanita yang dipaksa untuk bekerja tetapi tidak senang mengenai hal itu. Mereka cenderung kekurangan waktu, sehingga mereka membeli nama merek terkenal untuk membuat belanja lebih mudah.
3. Bahu Kuat
Wanita yang berada di tingkat pendapatan yang lebih rendah tetapi memiliki pandangan positif pada diri mereka sendiri dan masa depan mereka. Lebih dari sepertiga dari wanita di segmen ini adalah ibu tunggal. LeoShe menyimpulkan bahwa mereka adalah kandidat yang baik untuk mencoba merek-merek baru yang akan membantu mereka mengekspresikan diri
4. Mothers of Invention
Wanita-wanita ini menikmati menjadi ibu dan juga bekerja di luar rumah. Salah satu alasan untuk kepuasan mereka adalah bahwa suami mereka diterjunkan dengan banyak hal
10) Jelaskan yang dimaksud dengan Sosialisasi Anak Sebagai Konsumen?
Jawaban.
Sosialisasi anak sebagai konsumen diartikan sebagai sebuah proses dimana anak memperoleh pengetahuan dan keterampilan, dan sikap yang relevan dengan fungsinya sebagai seorang konsumen di pasar. Proses sosialisasi tersebut dapat juga diartikan sebagai sebuah proses bagaimana seorang anak memperoleh berbagai pengetahuan tentang barang dan jasa yang akan dikonsumsi, dan pencarian informasi mengenai barang dan jasa sebelum membeli, serta keterampilan untuk menawar barang dan jasa, Pergi berbelanja bersama anak-anak merupakan salah satu contoh sosialisasi anak sebagai konsumen. Anak dapat memperhatikan bagaimana orangtua memilih barang, mengambil, lalu meletakannya di keranjang. belanjaan, dan membawanya ke kasir untuk membayarnya. Orangtua secara langsung juga mengajarkan kepada anak-anaknya untuk membayar terlebih dahulu sebelum membuka kemasan barang atau mencicipi makanan yang dibelinya. Melalui kegiatan berbelanja tersebut, secara langsung orangtua membawa mereka kedunia nyata bagaimana proses transaksi produk dan jasa dilakukan oleh konsumen dan pelaku usaha.
Sosialisasi anak sebagai konsumen diartikan sebagai sebuah proses dimana anak memperoleh pengetahuan dan keterampilan, dan sikap yang relevan dengan fungsinya sebagai seorang konsumen di pasar. Proses sosialisasi tersebut dapat juga diartikan sebagai sebuah proses bagaimana seorang anak memperoleh berbagai pengetahuan tentang barang dan jasa yang akan dikonsumsi, dan pencarian informasi mengenai barang dan jasa sebelum membeli, serta keterampilan untuk menawar barang dan jasa, Pergi berbelanja bersama anak-anak merupakan salah satu contoh sosialisasi anak sebagai konsumen. Anak dapat memperhatikan bagaimana orangtua memilih barang, mengambil, lalu meletakannya di keranjang. belanjaan, dan membawanya ke kasir untuk membayarnya. Orangtua secara langsung juga mengajarkan kepada anak-anaknya untuk membayar terlebih dahulu sebelum membuka kemasan barang atau mencicipi makanan yang dibelinya. Melalui kegiatan berbelanja tersebut, secara langsung orangtua membawa mereka kedunia nyata bagaimana proses transaksi produk dan jasa dilakukan oleh konsumen dan pelaku usaha.
11) Jelaskan yang dimaksud dengan Kelompok Acuan dan Perilaku Konsumsi?
Jawaban.
Sekelompok orang dikatakan menjadi kelompok acuan jika satu atau lebih dan mereka sudah secara nyata mempengaruhi perilaku seseorang dengan cara melakukan pembelian atau melakukan konsumsi atau konsumen menggunakan kelompok tersebut sebagai dasar perbandingan atau sebuah referensi dalam membentuk sikap dan perilaku atau sudah menjadi kelompok acuan kalau standar mereka sudah mempengaruhi nilai sekelompok tersebut
Sekelompok orang dikatakan menjadi kelompok acuan jika satu atau lebih dan mereka sudah secara nyata mempengaruhi perilaku seseorang dengan cara melakukan pembelian atau melakukan konsumsi atau konsumen menggunakan kelompok tersebut sebagai dasar perbandingan atau sebuah referensi dalam membentuk sikap dan perilaku atau sudah menjadi kelompok acuan kalau standar mereka sudah mempengaruhi nilai sekelompok tersebut
12) Jelaskan yang dimaksud dengan kategori kelompok acuan?
Jawaban.
Ada beberapa macam kelompok acuan, yaitu kelompok formal dan informal,kelompok primer dan sekunder, serta kelompok aspirasi dan inisiasi.
Ada beberapa macam kelompok acuan, yaitu kelompok formal dan informal,kelompok primer dan sekunder, serta kelompok aspirasi dan inisiasi.
13) Jelaskan yang dimaksud dengan kelompok formal dan informal?
Jawaban.
Definisi dari kelompok formal dan nonformal adalah Kelompok formal adalah kelompok yang anggotanya terikat di dalam sebuah organisasi. Sedangkan,nonformal tidak mempunyai organisasi sosial yang secara tetap, sifat keanggotaan tidak tercatat.
Definisi dari kelompok formal dan nonformal adalah Kelompok formal adalah kelompok yang anggotanya terikat di dalam sebuah organisasi. Sedangkan,nonformal tidak mempunyai organisasi sosial yang secara tetap, sifat keanggotaan tidak tercatat.
14) Jelaskan yang dimaksud dengan kelompok primer dan sekunder?
Jawaban.
Definisi dari kelompok primer dan sekunder adalah kelompok primer adalah kelompok dengan keadaan yang terbatas kemudian interaksi dengan anggota dengan cara langsung dan biasanya memiliki ikatan emosional. Sedangkan, kelompok sekunder adalah kelompok yang memiliki ikatan yang lebih longgar dari kelompok primer.
Definisi dari kelompok primer dan sekunder adalah kelompok primer adalah kelompok dengan keadaan yang terbatas kemudian interaksi dengan anggota dengan cara langsung dan biasanya memiliki ikatan emosional. Sedangkan, kelompok sekunder adalah kelompok yang memiliki ikatan yang lebih longgar dari kelompok primer.
15) Jelaskan yang dimaksud dengan pengaruh kelompok acuan?
Jawaban.
Tiga faktor yang membuat seseorang mau mengikuti orang lain atau untuk kelompok acuannya pengaruh normatif adalah pengaruh yang kita ikuti dari orang tua, karena normatif harus mengikuti kelompok acuannya, bawahan mengikuti atasan ini juga pengaruh normative; pengaruh ekspresi nilai adalah kelompok acuan yang mempengaruhi seseorang melalui fungsinya sebagai pembawa ekspresi nilai; dan pengaruh informasi adalah kelompok yang seorang konsumen ikuti kerena pengaruh informasi
Tiga faktor yang membuat seseorang mau mengikuti orang lain atau untuk kelompok acuannya pengaruh normatif adalah pengaruh yang kita ikuti dari orang tua, karena normatif harus mengikuti kelompok acuannya, bawahan mengikuti atasan ini juga pengaruh normative; pengaruh ekspresi nilai adalah kelompok acuan yang mempengaruhi seseorang melalui fungsinya sebagai pembawa ekspresi nilai; dan pengaruh informasi adalah kelompok yang seorang konsumen ikuti kerena pengaruh informasi
16) Jelaskan yang dimaksud dengan kelompok acuan yang terkait dengan konsumen?
Jawaban.
Kelompok acuan yang terkait dengan konsumen adalah kelompok persahabatan, kelompok kerja, kelompok belanja, kelompok maya, kelompok pegiat konsumen, kelompok selebriti,
Kelompok acuan yang terkait dengan konsumen adalah kelompok persahabatan, kelompok kerja, kelompok belanja, kelompok maya, kelompok pegiat konsumen, kelompok selebriti,
17) Jelaskan yang dimaksud dengan komunikasi lisan?
Jawaban.
Kekuatan dari kelompok acuanterletak pada komunikasi lisan. Seringkali orang marketing menyebutnya komunikasi dari mulut kemulut. Hal itu keliru, karena sebenarnya yang benar adalah komunikasi dari mulut ketelinga, tetapi saya menyebutnya dengan komunikasi lisan. Konsumen biasanya akan meminta pendapat dari orang lain jika mereka:
1. tidak memiliki informasi yang cukup
2. produknya rumit dan sulit untuk dievaluasi
3. konsumen tidak memiliki kemampuan mengevaluasi produk atau jasa
4. karena diberi informasi lain karena akreditasinya dianggap sedang
5. karena orang berpengaruh lebih mudah dihubungi dibandingkan sumber lainnya
6. bila ada hubungan kuat dengan pembeli pengaruh dengan penerima pengaruh misalnya suami istri ayah anak.
Kekuatan dari kelompok acuanterletak pada komunikasi lisan. Seringkali orang marketing menyebutnya komunikasi dari mulut kemulut. Hal itu keliru, karena sebenarnya yang benar adalah komunikasi dari mulut ketelinga, tetapi saya menyebutnya dengan komunikasi lisan. Konsumen biasanya akan meminta pendapat dari orang lain jika mereka:
1. tidak memiliki informasi yang cukup
2. produknya rumit dan sulit untuk dievaluasi
3. konsumen tidak memiliki kemampuan mengevaluasi produk atau jasa
4. karena diberi informasi lain karena akreditasinya dianggap sedang
5. karena orang berpengaruh lebih mudah dihubungi dibandingkan sumber lainnya
6. bila ada hubungan kuat dengan pembeli pengaruh dengan penerima pengaruh misalnya suami istri ayah anak.
No comments:
Post a Comment