-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4366 Pengembangan SDM KB 6 Beserta Kunci Jawaban

 on Monday, September 23, 2019  

Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4366 Pengembangan SDM KB 6 Beserta Kunci Jawaban

EKMA4366 Pengembangan SDM KB 6


Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1) Istilah pengembangan SDM pertama kali diperkenalkan oleh tokoh SDM yaitu ....

A. Malcolm Knowles
B. Leonard Nadler
C. Peter Senge
D. Richard A. Swanson

Jawaban.
B. Leonard Nadler
1969 Leonard Nadler menyarankan istilah Pengembangan SDM
1970 Malcolm Knowles menerbitkan buku Praktek Pendidikan Orang Dewasa Modern: Dari Pedagogi ke Andragogi.1990 Peter M. Senge menerbitkan buku Disiplin kelima: Seni dan Praktek Organisasi Belajar.


2) Satu organisasi profesional di bidang pelatihan dan pengembangan yang terbesar di dunia adalah ....

A. ASTD
B. AHRD
C. AECT
D. AMA

Jawaban.
A. ASTD
ASTD (The American Society for Training and
Development). ASTD sebagai organisasi profesional terbesar di dunia yang bergerak di bidang pengembangan, telah berupaya secara terus menerus mengembangkan bidang tersebut.

3) Akademi Pengembangan SDM Amerika (AHRD), suatu akademi internasional sarjana pengembangan SDM didirikan pada tahun ....

A. 500 SM
B. 1400
C. 1945
D. 1993

Jawaban.
D. 1993
1993 Pendirian Akademi Pengembangan SDM (AHRD), suatu akademi internasional sarjana pengembangan SDM dan Wayne Pace sebagai presiden.

4) Kompetensi profesi SM yang khususnya termasuk dalam bidang Pengembangan SDM adalah ....

A. Seleksi dan penempatan
B. Perencanaan SDM
C. Pengembangan karier
D. Kompensasi dan benefit

Jawaban.
C. Pengembangan karier

5) Suatu aktivitas identifikasi, penilaian, belajar terencana untuk membantu mengembangkan kompetensi utama karyawan dalam melaksanakan pekerjaan adalah ....

A. Pelatihan dan pengembangan
B. Pengembangan organisasi
C. Pengembangan karier
D. Riset SDM dan sistem informasi

Jawaban.
A. Pelatihan dan pengembangan

6) Seorang pakar yang mengkaji kompetensi dan menunjukkan bahwa semua jenis kompetensi seperti kreativitas, inovatif, keterampilan manajerial, dapat memprediksi kinerja individu dalam pekerjaan adalah ....

A. Mc Gregor
B. Mc Clelland
C. Swanson
D. Holton III

Jawaban
B. Mc Clelland

7) Suatu karakteristik dasar dari individual yang memiliki hubungan sebab akibat kepada acuan kriteria untuk mencapai kinerja unggul (superior performance) dalam pekerjaan atau situasi merupakan definisi dari ….

A. Kapabilitas
B. Motivasi
C. Kompetensi
D. Abiliti

Jawaban
C. Kompetensi

8) Suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian seluruh aktivitas SDM dalam organisasi yang berdasarkan pada kebutuhan kompetensi yang telah ditetapkan merupakan definisi dari ….

A. Manajemen SDM berbasis kompetensi
B. Manajemen SDM berbasis talenta
C. Pelatihan berbasis kompetensi
D. Pengembangan profesional

Jawaban
A. Manajemen SDM berbasis kompetensi

9) Satu model manajemen talenta yang ditujukan untuk membuat suatu penampungan karyawan yang memiliki bakat tinggi adalah ….

A. Talent Reservoir
B. Capital Reservoir
C. Competency
D. Assessmen

Jawaban
A. Talent Reservoir

10) Metode dan teknik seperti simulasi, in basket, analisis kasus, presentasi, dan business game banyak digunakan dalam proses yaitu ....

A. Selection test
B. Need analysis
C. Evaluation center
D. Assessment center

Jawaban
D. Assessment center


Kerjakanlah latihan berikut!

1) Sejarah pengembangan SDM.

Jawaban.
Swanson dan Holton (2001) menguraikan rentang waktu sejarah pengembangan SDM secara berurutan mulai dari awal sampai saat ini sebagai berikut.
1. Tahap Awal: Bertahan melalui kerja dan belajar serta penggunaan alat dan kerja sama yang menguntungkan.
2. Abad 100 – 300: Pengaruh filsafat dari Yunani dan pandangan pragmatis dari Romawi.
3. Abad Pertengahan: Pengaruh aliran monastik, metode magang (apprenticehip) dan perdagangan.
4. Abad Kebangkitan 1400-1800 (Renaissance): Pendidikan sekuler untuk anak laki-laki dan perempuan, belajar sensori, pengajaran pengalaman, pelatihan manual.
5. Abad Industri: Pelatihan dan pendidikan korporasi, pendidikan umum, peran pemerintah dalam pelatihan.
6. Abad ke-20: Terjadi evolusi organisasi dan komponen pengembangan SDM, pelatihan laboratoris, penelitian survei dan umpan balik, teknik pemecahan masalah, kualitas kehidupan kerja, perubahan strategik,  transformasi organisasi kerja, perubahan makna kerja.
7. Kemunculan komunitas riset HRD: Program awal universitas, akademi pengembangan SDM.

2) Roda Sumber Daya Manusia dari Donaldson dan Scannell.

Jawaban.
Pada umumnya kesembilan kompetensi bidang praktek SDM di atas menunjukkan seluruh aspek dalam manajemen SDM dalam rangka meningkatkan produktivitas, kualitas, inovasi dan kepuasan kerja serta kesiapan untuk perubahan . Sedangkan yang termasuk dalam bidang praktek pengembangan SDM khususnya adalah pelatihan dan pengembangan, pengembangan organisasi dan pengembangan karier.
roda sdm

3) Jelaskan perbedaan model kompetensi dan standar kompetensi dalam pengembangan SDM!

Jawaban.
Model kompetensi merupakan sejumlah kompetensi yang dibutuhkan dalam suatu jabatan atau pekerjaan dan dapat membedakan antara individu yang memiliki kinerja unggul (superior performers) dengan kinerja rata-rata (average performers). Sedangkan standar kompetensi merupakan rumusan mengenai kapabilitas yang harus dimiliki individu untuk melakukan suatu jabatan atau pekerjaan yang dilandasi atas pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan unjuk kinerja yang dipersyaratkan.

4) Jelaskan aspek-aspek dalam pengembangan SDM terpadu dari Noor Fuad dan Gofur Ahmad!

Jawaban.
Suatu gagasan terbaru tentang konsep dan penerapan pengembangan SDM dalam organisasi diajukan oleh Noor Fuad dan Gofur Ahmad pada tahun 2009 yang dikenal dengan ‘Integrated HRD” atau Pengembangan SDM Terpadu. Pengembangan SDM Terpadu tersebut terdiri atas aspek-aspek sebagai berikut.
1. Manajemen SDM Berbasis Kompetensi (Competency Based Human Resource Management).
2. Manajemen SDM Berbasis Talenta (Talent Based Human Resources Management).
3. Pelatihan Berbasis Kompetensi (Training Based Competency).
4. Pusat Penilaian (Assessment Center).
5. Pengembangan Profesional Berkelanjutan (Continuing Professional Development).

Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4366 Pengembangan SDM KB 6 Beserta Kunci Jawaban 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Monday, September 23, 2019 Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4366 Pengembangan SDM KB 6 Beserta Kunci Jawaban Pilihlah satu jawaban yang paling tepat...



No comments:

Post a Comment