Latihan Soal Ujian Universitas Terbuka Manajemen Operasi Jasa EKMA4369 KB 6 Beserta Kunci Jawabannya
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1) Berikut bukan merupakan tujuan pengaturan tata letak ....
A. pemindahan orang, material, dan kertas kerja seminimal mungkin
B. penggunaan ruang semaksimal mungkin
C. fleksibilitas dalam pengaturan, pelayanan, dan pertumbuhan
D. lingkungan fisik yang memuaskan bagi karyawan. Hal ini meliputi pencahayaan, pengendalian suhu udara, ketenangan, kafetaria, kamar kecil, dan sebagainya
E. kenyamanan pelanggan selama pelayanan
Jawaban.
B. penggunaan ruang semaksimal mungkin
B. penggunaan ruang semaksimal mungkin
2) Bagaimana tata letak yang efektif itu?
A. Memudahkan karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya.
B. Memudahkan pelanggan dalam mendapatkan pelayanan.
C. Meningkatkan efisiensi perusahaan atau organisasi jangka panjang.
D. Memperbaiki koordinasi antar lini.
E. Semua jawaban benar.
Jawaban.
E. Semua jawaban benar.
E. Semua jawaban benar.
3) Faktor-faktor umum apa sajakah yang diperhatikan bila perusahaan akan mengatur tata letak?
A. Penggunaan ruang, orang, dan peralatan.
B. Berinteraksi dengan pesaing.
C. Tidak perlu memperhatikan moral karyawan.
D. Kapasitas proses operasional.
E. Lingkungan yang mendukung.
Jawaban.
A. Penggunaan ruang, orang, dan peralatan.
A. Penggunaan ruang, orang, dan peralatan.
4) Tata letak posisi tetap adalah ....
A. sekelompok karyawan yang siap memindahkan informasi
B. tata letak yang digunakan bila peralatannya besar dan berat, seperti gedung
C. mencari penggunaan mesin dalam proses yang berlangsung terusmenerus
D. mengalokasikan penggunaan mesin berdasarkan perilaku pelanggan
E. berkaitan dengan volume rendah dan variasi produk banyak
Jawaban.
B. tata letak yang digunakan bila peralatannya besar dan berat, seperti gedung
B. tata letak yang digunakan bila peralatannya besar dan berat, seperti gedung
5) Tata letak aliran fleksibel adalah ....
A. sekelompok karyawan yang siap memindahkan informasi
B. tata letak yang digunakan bila peralatannya besar dan berat, seperti gedung
C. mencari penggunaan mesin dalam proses yang berlangsung terus menerus
D. mengalokasikan penggunaan mesin berdasarkan perilaku pelanggan
E. berkaitan dengan volume rendah dan variasi produk banyak
Jawaban.
E. berkaitan dengan volume rendah dan variasi produk banyak
E. berkaitan dengan volume rendah dan variasi produk banyak
6) Keuntungan tata letak aliran fleksibel antara lain ....
A. murah
B. fleksibilitas dalam peralatan dan penugasan karyawan
C. sederhana dalam jadwal
D. dapat menggunakan karyawan dengan keahlian rendah
E. tidak kesulitan memindahkan barang
Jawaban.
B. fleksibilitas dalam peralatan dan penugasan karyawan
B. fleksibilitas dalam peralatan dan penugasan karyawan
7) Faktor yang diperhatikan dalam mengatur tata letak aliran lini adalah ....
A. aliran prosesnya fleksibel
B. membutuhkan karyawan terampil dan ahli
C. pekerjaan dikelompokkan dalam stasiun-stasiun kerja agar efisien dan efektif
D. menggunakan FMS
E. meminimalkan waktu untuk memindahkan barang
Jawaban.
C. pekerjaan dikelompokkan dalam stasiun-stasiun kerja agar efisien dan efektif
C. pekerjaan dikelompokkan dalam stasiun-stasiun kerja agar efisien dan efektif
8) Sel kerja yang lebih baik adalah bentuk sel ....
A. garis lurus
B. saling berhadapan
C. berbentuk huruf I
D. berbentuk U
E. tergantung prosesnya
Jawaban.
E. tergantung prosesnya
E. tergantung prosesnya
9) Bila permintaan pelanggan stabil, tata letak apakah yang paling baik diterapkan?
A. Tata letak aliran lini.
B. Tata letak aliran fleksibel.
C. Tata letak posisi tetap.
D. Tata letak kantor.
E. Tata letak campuran.
Jawaban.
A. Tata letak aliran lini.
A. Tata letak aliran lini.
10) Apakah yang dapat dimanipulasi manajer dalam menyusun tata letak eceran?
A. Rak diatur berubah-ubah agar pelanggan tidak bosan.
B. Penerangan harus sangat baik sehingga menghindari pencurian.
C. Perlu ber-AC agar nyaman.
D. Eceran yang bersifat swalayan harus memperhatikan kelonggaran antarrak.
E. Semua jawaban benar.
Jawaban.
E. Semua jawaban benar.
E. Semua jawaban benar.
11) Berdasarkan medan atau tempatnya, pelayanan dapat dibedakan menjadi ....
A. pelayanan pengiriman atau pengantaran seperti pengepakan dan jasa pos
B. pelayanan keadaan darurat, seperti polisi, pemadam kebakaran, dan ambulans
C. dukungan pelayanan purna jual dari peralatan, seperti pemasangan, perawatan, dan perbaikan
D. jawaban A - C benar
E. jawaban A - C salah
Jawaban.
D. jawaban A - C benar
D. jawaban A - C benar
12) Desain tata letak pelayanan berdasarkan fasilitas bertujuan ....
A. meminimalkan biaya
B. meminimalkan ruangan
C. memaksimalkan pendapatan
D. kemudahan pelayanan
E. penting bagi berbagai industri
Jawaban.
A. meminimalkan biaya
A. meminimalkan biaya
13) Berikut merupakan pernyataan mengenai tata letak proses, kecuali ....
A. merupakan tata letak fungsional
B. merupakan sekelompok kegiatan yang hampir sama/mirip
C. merupakan operasi intermittent
D. melayani kebutuhan yang berbeda dari orang-orang yang berbeda
E. semua jawaban benar
Jawaban.
E. semua jawaban benar
E. semua jawaban benar
14) Tata letak kantor memperhatikan ....
A. informasi dan data
B. kedekatan dan keleluasaan pribadi
C. jarak angkut dan kemudahan diakses
D. keterbukaan dan kegiatan
E. otonomi dan keindahan
Jawaban.
B. kedekatan dan keleluasaan pribadi
B. kedekatan dan keleluasaan pribadi
15) Pengecekan desain tata letak kantor meliputi ....
A. karyawan dalam satu kelompok kerja tidak perlu berdekatan
B. tempat penerimaan pelanggan/tamu harus atraktif dan menyenangkan
C. fasilitas pendukung dari pelanggan
D. ruang gudang bahan pendukung pelayanan dijauhkan
E. kamar mandi dan WC dijauhkan
Jawaban.
B. tempat penerimaan pelanggan/tamu harus atraktif dan menyenangkan
B. tempat penerimaan pelanggan/tamu harus atraktif dan menyenangkan
16) Pengaturan tata letak kantor menggunakan ....
A. peta kendali
B. peta hubungan
C. peta buta
D. gambar peta
E. peta kantor
Jawaban.
B. peta hubungan
B. peta hubungan
17) Pengaturan tata letak eceran memperhatikan ....
A. produk ditempatkan di rak tinggi agar aman dari jangkauan anakanak
B. lokasi masuk gang akan lebih menggelitik
C. mendistribusikan produk tambahan
D. lokasi yang terkemuka dan mudah dijangkau
E. semua jawaban benar
Jawaban.
D. lokasi yang terkemuka dan mudah dijangkau
D. lokasi yang terkemuka dan mudah dijangkau
18) Pelayanan yang baik memperhatikan ....
A. tanda atau simbol atau penunjuk
B. kondisi yang melatarbelakangi seperti pencahayaan, ketenangan, bau, dan lain-lain
C. fungsionalitas tata letak yang memudahkan pelanggan
D. jawaban A dan C saja yang benar
E. jawaban A - C benar
Jawaban.
E. jawaban A - C benar
E. jawaban A - C benar
19) Berikut adalah model tata letak gudang, kecuali ....
A. the out-and-back pattern
B. a route collection system
C. the continuous process
D. batch-picking system
E. pilihan tata letak tambahan
Jawaban.
C. the continuous process
1`. Pertama, berbagai cara penggunaan ruangan gudang menawarkan pilihan tata letak tambahan.
2. Kedua, menggunakan berbagai model tata letak, seperti model keluar dan kembali (the out-and-back pattern), yaitu barang dipindahkan mondar-mandir dari dan ke dalam gudang. Kebutuhan bahan pada model ini tergantung dari besarnya dan kebutuhan persediaan.
3. Model lain adalah sistem pengumpulan rute (a route collection system), yaitu dengan memilih beberapa macam bahan atau produk untuk disampaikan pada pelanggan.
4. Model sistem pengambilan batch (batch-picking system), yaitu mengambil beberapa macam produk atau bahan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan sekelompok pesanan pelanggan dan disampaikan dalam satu alat pengangkut yang sama.
C. the continuous process
1`. Pertama, berbagai cara penggunaan ruangan gudang menawarkan pilihan tata letak tambahan.
2. Kedua, menggunakan berbagai model tata letak, seperti model keluar dan kembali (the out-and-back pattern), yaitu barang dipindahkan mondar-mandir dari dan ke dalam gudang. Kebutuhan bahan pada model ini tergantung dari besarnya dan kebutuhan persediaan.
3. Model lain adalah sistem pengumpulan rute (a route collection system), yaitu dengan memilih beberapa macam bahan atau produk untuk disampaikan pada pelanggan.
4. Model sistem pengambilan batch (batch-picking system), yaitu mengambil beberapa macam produk atau bahan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan sekelompok pesanan pelanggan dan disampaikan dalam satu alat pengangkut yang sama.
20) Beberapa ide yang membantu tata letak eceran ....
A. tempatkan produk yang paling menarik perhatian pelanggan di sekeliling toko
B. menggunakan lokasi yang terkemuka untuk produk yang mempunyai marjin tinggi dan dapat menggerakkan hati pelanggan untuk membelinya
C. mendistribusikan apa yang dikenal dengan produk yang kuat, yaitu produk yang mendominasi pembelian
D. menggunakan lokasi di ujung gang karena mempunyai tingkat ekspos yang tinggi
E. jawaban A - D benar
Jawaban
E. jawaban A - D benar
Ada beberapa ide yang membantu pengaturan tata letak eceran tersebut:
1. Tempatkan produk yang paling menarik perhatian pelanggan di sekeliling toko. Produk harian ditempatkan di satu sisi, sedang produk roti di sisi lainnya.
2. Menggunakan lokasi yang terkemuka untuk produk yang mempunyai marjin tinggi dan dapat menggerakkan hati pelanggan untuk membelinya.
3. Mendistribusikan apa yang dikenal dengan produk yang kuat, yaitu produk yang mendominasi pembelian.
4. Menggunakan lokasi di ujung gang karena mempunyai tingkat ekspos yang tinggi.
5. Menyampaikan misi secara teliti dalam memilih posisi departemen yang terpenting dalam perusahaan.
E. jawaban A - D benar
Ada beberapa ide yang membantu pengaturan tata letak eceran tersebut:
1. Tempatkan produk yang paling menarik perhatian pelanggan di sekeliling toko. Produk harian ditempatkan di satu sisi, sedang produk roti di sisi lainnya.
2. Menggunakan lokasi yang terkemuka untuk produk yang mempunyai marjin tinggi dan dapat menggerakkan hati pelanggan untuk membelinya.
3. Mendistribusikan apa yang dikenal dengan produk yang kuat, yaitu produk yang mendominasi pembelian.
4. Menggunakan lokasi di ujung gang karena mempunyai tingkat ekspos yang tinggi.
5. Menyampaikan misi secara teliti dalam memilih posisi departemen yang terpenting dalam perusahaan.
Kerjakanlah latihan berikut!
1) Jelaskan pentingnya tata letak fasilitas!
Jawaban.
Menurut Nahmias (2009), tujuan penentuan tata letak adalah:
a) Meminimalkan investasi yang dibutuhkan dalam peralatan baru.
b) Meminimalkan waktu yang diperlukan dalam produksi.
c) Menggunakan ruang yang ada secara efisien.
d) Menyediakan kenyamanan, keamanan, dan keleluasaan bagi karyawan.
e) Mempertahankan pengaturan yang fleksibel.
f) Meminimalkan biaya penanganan bahan.
g) Membantu proses pemanufakturan dan pelayanan.
h) Membantu struktur organisasi.
Menurut Nahmias (2009), tujuan penentuan tata letak adalah:
a) Meminimalkan investasi yang dibutuhkan dalam peralatan baru.
b) Meminimalkan waktu yang diperlukan dalam produksi.
c) Menggunakan ruang yang ada secara efisien.
d) Menyediakan kenyamanan, keamanan, dan keleluasaan bagi karyawan.
e) Mempertahankan pengaturan yang fleksibel.
f) Meminimalkan biaya penanganan bahan.
g) Membantu proses pemanufakturan dan pelayanan.
h) Membantu struktur organisasi.
2) Jelaskan pengertian tata letak aliran fleksibel!
Jawaban.
Tata letak aliran fleksibel digunakan pada kantor yang langsung berhubungan dengan pelanggan (front office) dan job process dengan aliran kerja beragam, volume rendah, dan kastemisasi tinggi. Tata letak aliran fleksibel ini paling sesuai bila kegiatan operasi dilakukan intermittent dengan berbagai tipe pelanggan atau perusahaan manufaktur yang memiliki berbagai komponen yang berbeda-beda.
Tata letak aliran fleksibel digunakan pada kantor yang langsung berhubungan dengan pelanggan (front office) dan job process dengan aliran kerja beragam, volume rendah, dan kastemisasi tinggi. Tata letak aliran fleksibel ini paling sesuai bila kegiatan operasi dilakukan intermittent dengan berbagai tipe pelanggan atau perusahaan manufaktur yang memiliki berbagai komponen yang berbeda-beda.
3) Jelaskan pengertian tata letak aliran lini!
Jawaban.
Tata letak aliran lini digunakan pada pabrikasi (back office) dan proses lini yang memiliki aliran kerja linier dan tugas yang berulang-ulang. Manajer harus menentukan sumber daya bagi pelayanan, produk, atau tugas individual. Setiap stasiun atau pusat kerja (work station) atau departemen diatur sesuai jalur lini, seperti alur cucian mobil yang dilakukan secara otomatis.
Tata letak aliran lini digunakan pada pabrikasi (back office) dan proses lini yang memiliki aliran kerja linier dan tugas yang berulang-ulang. Manajer harus menentukan sumber daya bagi pelayanan, produk, atau tugas individual. Setiap stasiun atau pusat kerja (work station) atau departemen diatur sesuai jalur lini, seperti alur cucian mobil yang dilakukan secara otomatis.
4) Jelaskan pengertian tata letak campuran!
Jawaban.
Tata letak campuran merupakan tata letak yang mengombinasikan elemen-elemen dari proses yang berbeda dan proses lini. Beberapa fasilitas diatur dalam tata letak dengan aliran fleksibel dan yang lain diatur dalam tata letak lini. Tata letak campuran digunakan dalam fasilitas yang mempunyai kegiatan operasi pabrikasi dan rakitan (assembly).
Tata letak campuran merupakan tata letak yang mengombinasikan elemen-elemen dari proses yang berbeda dan proses lini. Beberapa fasilitas diatur dalam tata letak dengan aliran fleksibel dan yang lain diatur dalam tata letak lini. Tata letak campuran digunakan dalam fasilitas yang mempunyai kegiatan operasi pabrikasi dan rakitan (assembly).
5) Jelaskan pengertian tata letak posisi tetap!
Tipe tata letak ini digunakan dalam perusahaan manufaktur dan jasa dengan lokasi yang tetap, sementara karyawan dan peralatan didatangkan ke lokasi tersebut. Tata letak posisi tetap biasanya digunakan bila produk yang dihasilkan sulit dibawa, seperti gedung, lokomotif, bendungan, dan sebagainya. Tata letak posisi tetap meminimalkan waktu yang harus digunakan bila produk harus dipindahkan.
6) Jelaskan mengenai tata letak proses!
Jawaban.
Tata letak proses (process layouts) yang digunakan dalam perusahaan jasa memerlukan ruang yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pelanggan. Sebagian besar perusahaan jasa atau pelayanan menggunakan tata letak proses. Hal ini masuk akal karena adanya variasi dalam permintaan pelayanan. Tata letak pelayanan didesain dengan cara yang sama seperti tata letak proses dalam perusahaan manufaktur, walaupun tujuannya berbeda.
Tata letak proses (process layouts) yang digunakan dalam perusahaan jasa memerlukan ruang yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pelanggan. Sebagian besar perusahaan jasa atau pelayanan menggunakan tata letak proses. Hal ini masuk akal karena adanya variasi dalam permintaan pelayanan. Tata letak pelayanan didesain dengan cara yang sama seperti tata letak proses dalam perusahaan manufaktur, walaupun tujuannya berbeda.
7) Jelaskan mengenai tata letak kantor!
Jawaban.
Tata letak kantor menghendaki pengelompokan karyawan, peralatan, dan ruang untuk memberikan kenyamanan, keamanan, dan perpindahan informasi. Tata letak kantor mempertimbangkan perpindahan informasi, baik yang dibawa oleh individu dengan bertatap muka, melalui telepon atau komputer, dengan e-mail, diskusi kelompok, surat, atau pembicaraan lewat telepon internal. Perbedaan utama tata letak kantor adalah pentingnya aliran informasi. Meskipun perpindahan informasi dilakukan secara elektronik, analisis tata letak kantor masih memerlukan pendekatan berdasarkan tugas.
Tata letak kantor menghendaki pengelompokan karyawan, peralatan, dan ruang untuk memberikan kenyamanan, keamanan, dan perpindahan informasi. Tata letak kantor mempertimbangkan perpindahan informasi, baik yang dibawa oleh individu dengan bertatap muka, melalui telepon atau komputer, dengan e-mail, diskusi kelompok, surat, atau pembicaraan lewat telepon internal. Perbedaan utama tata letak kantor adalah pentingnya aliran informasi. Meskipun perpindahan informasi dilakukan secara elektronik, analisis tata letak kantor masih memerlukan pendekatan berdasarkan tugas.
8) Jelaskan mengenai tata letak eceran!
Jawaban.
Tata letak eceran didasarkan pada ide bahwa penjualan dan profitabilitas bervariasi bagi pelanggan. Banyak manajer operasi eceran mencoba memperlihatkan semua produk yang dijualnya kepada pelanggan agar dapat meraih keuntungan yang setinggi-tingginya.
Tata letak eceran didasarkan pada ide bahwa penjualan dan profitabilitas bervariasi bagi pelanggan. Banyak manajer operasi eceran mencoba memperlihatkan semua produk yang dijualnya kepada pelanggan agar dapat meraih keuntungan yang setinggi-tingginya.
9) Jelaskan mengenai tata letak gudang!
Jawaban.
Gudang merupakan kasus khusus karena gudang melayani berbagai departemen yang menggunakan berbagai proses. Kegiatan gudang terpusat pada satu lokasi. Terdapat berbagai pilihan tata letak gudang, yaitu pertama, berbagai cara penggunaan ruangan gudang menawarkan pilihan tata letak tambahan. Kedua, menggunakan berbagai model tata letak, seperti model keluar dan kembali (the out-and-back pattern), yaitu barang dipindahkan mondar-mandir dari dan ke dalam gudang. Kebutuhan bahan pada model ini tergantung dari besarnya dan kebutuhan persediaan. Model lain adalah sistem pengumpulan rute (a route collection system), yaitu dengan memilih beberapa macam bahan atau produk untuk disampaikan pada pelanggan. Model sistem pengambilan batch (batch-picking system), yaitu mengambil beberapa macam produk atau bahan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan sekelompok pesanan pelanggan dan disampaikan dalam satu alat pengangkut yang sama. Sasaran tata letak gudang adalah menemukan pilihan antara biaya penanganan bahan dan biaya yang berkaitan dengan ruang gudang.
Gudang merupakan kasus khusus karena gudang melayani berbagai departemen yang menggunakan berbagai proses. Kegiatan gudang terpusat pada satu lokasi. Terdapat berbagai pilihan tata letak gudang, yaitu pertama, berbagai cara penggunaan ruangan gudang menawarkan pilihan tata letak tambahan. Kedua, menggunakan berbagai model tata letak, seperti model keluar dan kembali (the out-and-back pattern), yaitu barang dipindahkan mondar-mandir dari dan ke dalam gudang. Kebutuhan bahan pada model ini tergantung dari besarnya dan kebutuhan persediaan. Model lain adalah sistem pengumpulan rute (a route collection system), yaitu dengan memilih beberapa macam bahan atau produk untuk disampaikan pada pelanggan. Model sistem pengambilan batch (batch-picking system), yaitu mengambil beberapa macam produk atau bahan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan sekelompok pesanan pelanggan dan disampaikan dalam satu alat pengangkut yang sama. Sasaran tata letak gudang adalah menemukan pilihan antara biaya penanganan bahan dan biaya yang berkaitan dengan ruang gudang.
No comments:
Post a Comment