Latihan Soal Ujian Universitas Terbuka Manajemen Operasi Jasa EKMA4369 KB 5 Beserta Kunci Jawabannya
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1) Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan lokasi?
A. Banyaknya sumber daya yang diperlukan.
B. Kedekatan dengan pelanggan dan pemasok.
C. Kedekatan dengan bahan baku dan tenaga kerja ahli.
D. Faktor kualitatif dan kuantitatif.
E. Semua jawaban di atas salah.
Jawaban.
E. Semua jawaban di atas salah.
Menurut Haksever et al. (2000), beberapa pertimbangan dalam pemilihan lokasi meliputi:
a. Profil bisnis, yang meliputi ciri dan karakteristik bisnis yang dijalankan, dengan berbagai ukuran capaian atau keberhasilannya. Profil bisnis ini digunakan terutama untuk menentukan kriteria pemilihan lokasi yang sesuai.
b. Faktor-faktor lokasi yang dominan. Pemilihan lokasi untuk pelayanan tergantung pada beberapa faktor dan merupakan pilihan (trade-off) diantara manfaat dan biaya. Beberapa faktor yang dominan antara lain dekat dengan pelanggan (customer based), biaya lokasi (cost based), dekat dengan pesaing (competitor based), tersedianya sistem pendukung (support system), faktor lingkungan atau geografi, iklim bisnis, komunikasi (communication based), transportasi (transportation based), dan keinginan personal terhadap pimpinan.
c. Kriteria umum untuk pemilihan lokasi, yang meliputi kriteria subyektif dan kriteria obyektif.
d. Berbagai kesalahan umum yang dibuat dalam pemilihan lokasi. Kesalahan pada umumnya terjadi apabila perusahaan atau organisasi menutupi informasi yang diperlukan atau membatasi informasi yang masuk.
e. Multiple locations. Lokasi yang dipilih sebaiknya tidak hanya satu. Hal ini berarti perusahaan atau organisasi harus menentukan beberapa lokasi yang masuk nominasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.
E. Semua jawaban di atas salah.
Menurut Haksever et al. (2000), beberapa pertimbangan dalam pemilihan lokasi meliputi:
a. Profil bisnis, yang meliputi ciri dan karakteristik bisnis yang dijalankan, dengan berbagai ukuran capaian atau keberhasilannya. Profil bisnis ini digunakan terutama untuk menentukan kriteria pemilihan lokasi yang sesuai.
b. Faktor-faktor lokasi yang dominan. Pemilihan lokasi untuk pelayanan tergantung pada beberapa faktor dan merupakan pilihan (trade-off) diantara manfaat dan biaya. Beberapa faktor yang dominan antara lain dekat dengan pelanggan (customer based), biaya lokasi (cost based), dekat dengan pesaing (competitor based), tersedianya sistem pendukung (support system), faktor lingkungan atau geografi, iklim bisnis, komunikasi (communication based), transportasi (transportation based), dan keinginan personal terhadap pimpinan.
c. Kriteria umum untuk pemilihan lokasi, yang meliputi kriteria subyektif dan kriteria obyektif.
d. Berbagai kesalahan umum yang dibuat dalam pemilihan lokasi. Kesalahan pada umumnya terjadi apabila perusahaan atau organisasi menutupi informasi yang diperlukan atau membatasi informasi yang masuk.
e. Multiple locations. Lokasi yang dipilih sebaiknya tidak hanya satu. Hal ini berarti perusahaan atau organisasi harus menentukan beberapa lokasi yang masuk nominasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya.
2) Perusahaan jasa lebih mempertimbangkan faktor ....
A. kedekatan dengan pelanggan
B. kemudahan transportasi
C. kedekatan dengan pasar
D. tempat parkir yang nyaman
E. semua jawaban a – d benar
Jawaban.
E. semua jawaban a – d benar
Faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh perusahaan jasa atau pelayanan antara lain:
a) Kedekatan dengan pelanggan. Pelanggan adalah faktor utama dalam menentukan lokasi perusahaan jasa, karena sifat pelayanan yang tidak dapat ditunda. Pelanggan akan memilih pelayanan yang mudah terjangkau karena akan menghemat biaya dan waktu pelanggan dalam mendapatkan pelayanan tersebut.
b) Biaya transportasi dan kedekatan dengan pasar. Kedekatan dengan pasar sama dengan kedekatan dengan pelanggan, sehingga meminimalkan biaya transportasi pelanggan dan waktu yang digunakan pelanggan dalam mendapatkan pelayanan.
c) Lokasi pesaing. Pemilihan lokasi juga berdampak pada persaingan. Manajer harus mempertimbangkan lokasi pesaing bukan hanya pesaing yang ada saat ini tetapi juga pesaing yang akan muncul di masa mendatang.
d) Faktor-faktor khusus lokasi. Berbagai faktor yang menjadi pertimbangan perusahaan jasa misalnya kemacetan lalu lintas jalan raya, tempat parkir yang nyaman, keamanan lokasi, atau kedekatan dengan sarana dan prasarana angkutan umum.
E. semua jawaban a – d benar
Faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh perusahaan jasa atau pelayanan antara lain:
a) Kedekatan dengan pelanggan. Pelanggan adalah faktor utama dalam menentukan lokasi perusahaan jasa, karena sifat pelayanan yang tidak dapat ditunda. Pelanggan akan memilih pelayanan yang mudah terjangkau karena akan menghemat biaya dan waktu pelanggan dalam mendapatkan pelayanan tersebut.
b) Biaya transportasi dan kedekatan dengan pasar. Kedekatan dengan pasar sama dengan kedekatan dengan pelanggan, sehingga meminimalkan biaya transportasi pelanggan dan waktu yang digunakan pelanggan dalam mendapatkan pelayanan.
c) Lokasi pesaing. Pemilihan lokasi juga berdampak pada persaingan. Manajer harus mempertimbangkan lokasi pesaing bukan hanya pesaing yang ada saat ini tetapi juga pesaing yang akan muncul di masa mendatang.
d) Faktor-faktor khusus lokasi. Berbagai faktor yang menjadi pertimbangan perusahaan jasa misalnya kemacetan lalu lintas jalan raya, tempat parkir yang nyaman, keamanan lokasi, atau kedekatan dengan sarana dan prasarana angkutan umum.
3) Analisis lokasi industri terutama memperhatikan ....
A. fokus pada biaya
B. fokus pada hasil
C. fokus pada tenaga kerja
D. fokus pada lingkungan
E. fokus pada pesaing
Jawaban.
E. fokus pada pesaing
E. fokus pada pesaing
4) Faktor yang bukan merupakan pertimbangan pemilihan lokasi perusahaan manufaktur adalah ....
A. kedekatan dengan pemasok
B. kedekatan dengan fasilitas perusahaan induk
C. biaya penggunaan, pajak, dan kepemilikan atau hak milik
D. kedekatan dengan pasar
E. jawaban A-D benar
Jawaban.
E. jawaban A-D benar
E. jawaban A-D benar
5) Faktor-faktor yang bukan merupakan pertimbangan pemilihan lokasi sarana umum seperti rumah sakit dan sekolah adalah ....
A. kemudahan dijangkau
B. lokasi rumah sakit dan sekolah lain
C. kesejukan lingkungan
D. perumahan penduduk
E. keramahan masyarakat
Jawaban.
E. keramahan masyarakat
E. keramahan masyarakat
6) Faktor kuantitatif yang digunakan sebagai pertimbangan pemilihan lokasi meliputi ....
A. faktor meningkatnya suhu politik
B. GDP/GNP masyarakat
C. biaya tenaga kerja dan biaya transportasi
D. tingkat inflasi dan resesi
E. tingkat suku bunga bank
Jawaban.
C. biaya tenaga kerja dan biaya transportasi
C. biaya tenaga kerja dan biaya transportasi
7) Faktor-faktor kualitatif digunakan sebagai pertimbangan pemilihan lokasi meliputi ....
A. upah dan biaya transportasi
B. faktor sosial dan politik
C. biaya transaksi dan konstruksi
D. biaya penelitian dan pengembangan
E. penghasilan perusahaan
Jawaban.
B. faktor sosial dan politik
B. faktor sosial dan politik
8) Keputusan pemilihan lokasi merupakan keputusan jangka ....
A. pendek
B. panjang
C. menengah
D. paruh waktu
E. semu jawaban di atas salah
Jawaban.
B. panjang
B. panjang
9) Yang bukan merupakan profil bisnis yang dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi adalah ....
A. lokasi dan tipe pasar
B. tipe pelayanan
C. perusahaan pesaing
D. faktor lokasi yang dominan
E. banyaknya lokasi yang diperlukan
Jawaban.
C. perusahaan pesaing
profil bisnis yang dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi : Tipe pelayanan,
Ukuran bisnis, orang, penghasilan, Banyaknya lokasi yang diperlukan,Tipe pasar, Lokasi Pasar
Faktor lokasi yang dominan
C. perusahaan pesaing
profil bisnis yang dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi : Tipe pelayanan,
Ukuran bisnis, orang, penghasilan, Banyaknya lokasi yang diperlukan,Tipe pasar, Lokasi Pasar
Faktor lokasi yang dominan
10) Berikut adalah pertimbangan front office dalam memilih lokasi ....
A. adakah hambatan masuk
B. apakah pelayanan dilakukan oleh orang atau alat
C. apakah co-locating itu penting
D. bagaimana komunikasi dapat tercapai
Jawaban.
A. adakah hambatan masuk
Pertimbangan front office dalam memilih lokasi:
Pelanggan Eksternal (konsumen)
a. Adakah perpindahan ke luar lokasi?
b. Adakah hambatan masik?
c. Dapatkan media elektronik mensubstitusi ?
Pelanggan Internal (karyawan)
a. Apakah tersedia karyawan?
b. Apakah kios pelayanan sendiri merupakan suatu alternatif.
A. adakah hambatan masuk
Pertimbangan front office dalam memilih lokasi:
Pelanggan Eksternal (konsumen)
a. Adakah perpindahan ke luar lokasi?
b. Adakah hambatan masik?
c. Dapatkan media elektronik mensubstitusi ?
Pelanggan Internal (karyawan)
a. Apakah tersedia karyawan?
b. Apakah kios pelayanan sendiri merupakan suatu alternatif.
11) Metode penentuan lokasi yang memperhatikan faktor biaya tetap dan variabel adalah ....
A. metode penilaian faktor
B. metode titik impas
C. metode pusat gravitasi
D. metode muatan-jarak
E. metode transportasi
Jawaban.
B. metode titik impas
Analisis titik impas (break even analysis) dapat membantu manajer dalam membandingkan alternatif lokasi berdasarkan faktor-faktor kuantitatif yang ditunjukkan dengan biaya total. Beberapa tahapan metode tersebut adalah:
a. Menentukan biaya tetap dan biaya variabel untuk setiap lokasi. Biaya variabel merupakan bagian biaya total yang bervariasi mengikuti banyaknya output yang dihasilkan. Sementara itu, biaya tetap merupakan bagian dari biaya total yang konstan berapapun unit yang dihasilkan.
b. Tempatkan garis biaya total pada suatu grafik dengan sumbu vertikal (ordinat) biaya dan sumbu horizontal (aksis) unit yang dihasilkan (output).
c. Identifikasi lokasi biaya total terendah.
d. Tentukan lokasi dengan biaya terendah yang relevan.
B. metode titik impas
Analisis titik impas (break even analysis) dapat membantu manajer dalam membandingkan alternatif lokasi berdasarkan faktor-faktor kuantitatif yang ditunjukkan dengan biaya total. Beberapa tahapan metode tersebut adalah:
a. Menentukan biaya tetap dan biaya variabel untuk setiap lokasi. Biaya variabel merupakan bagian biaya total yang bervariasi mengikuti banyaknya output yang dihasilkan. Sementara itu, biaya tetap merupakan bagian dari biaya total yang konstan berapapun unit yang dihasilkan.
b. Tempatkan garis biaya total pada suatu grafik dengan sumbu vertikal (ordinat) biaya dan sumbu horizontal (aksis) unit yang dihasilkan (output).
c. Identifikasi lokasi biaya total terendah.
d. Tentukan lokasi dengan biaya terendah yang relevan.
12) Metode penentuan lokasi yang memperhatikan berbagai faktor kualitatif adalah ....
A. metode penilaian faktor
B. metode titik impas
C. metode pusat gravitasi
D. metode muatan-jarak
E. metode transportasi
Jawaban.
A. metode penilaian faktor
Metode penilaian faktor (factor rating method) merupakan salah satu dari beberapa metode kualitatif dalam pemilihan lokasi. Metode tersebut digunakan untuk memilih dan menentukan lokasi berdasarkan berbagai faktor yang menjadi pertimbangan. Faktor-faktor tersebut diberi bobot kepentingan, sedangkan masing-masing lokasi dinilai berdasarkan pengamatan tim peneliti.
A. metode penilaian faktor
Metode penilaian faktor (factor rating method) merupakan salah satu dari beberapa metode kualitatif dalam pemilihan lokasi. Metode tersebut digunakan untuk memilih dan menentukan lokasi berdasarkan berbagai faktor yang menjadi pertimbangan. Faktor-faktor tersebut diberi bobot kepentingan, sedangkan masing-masing lokasi dinilai berdasarkan pengamatan tim peneliti.
13) Metode penentuan lokasi yang memperhatikan biaya transpor dan unit yang diangkut ke lokasi gudang adalah ....
A. metode penilaian faktor
B. metode delphi
C. metode pusat gravitasi
D. metode muatan-jarak
E. metode transportasi
Jawaban.
E. metode transportasi
E. metode transportasi
14) Metode penentuan lokasi yang menggunakan berbagai pertimbangan para ahli secara panel adalah ....
A. metode penilaian faktor
B. metode delphi
C. metode pusat gravitasi
D. metode muatan-jarak
E. metode transportasi
Jawaban.
B. metode delphi
B. metode delphi
15) Perusahaan Quain akan mendirikan agen baru yang melayani beberapa pengecer. Adapun koordinat titik masing-masing lokasi pengecer beserta banyaknya unit yang harus diangkut adalah:
Koordinat titik lokasi agen yang baru tersebut adalah ....
A. 60 ; 70
B. 90 ; 60
C. 66,7 ; 93,3
D. 93,3 ; 66,7
E. 76,6 ; 93,6
16) Lokasi untuk bisnis jasa atau pelayanan, eceran, dan organisasi profesional, ditentukan dengan analisis biaya yang dilakukan dan harus memperhatikan berbagai hal penting lainnya berikut ini, kecuali ....
A. lingkungan dan persaingan
B. persaingan dan fasilitas fisik
C. periklanan dan promosi
D. kualitas kerja karyawan
E. kebijakan operasional organisasi
Jawaban.
C. periklanan dan promosi
C. periklanan dan promosi
17) Perusahaan akan memilih lokasi perusahaan dengan memperhatikan biaya tetap dan biaya variabel yang harus dikeluarkan di masing-masing lokasi. Data yang berhasil dikumpulkan adalah:
Pernyataan berikut ini yang benar adalah ....
A. bila perusahaan menghasilkan 0 – 6250 unit, lokasi B yang terbaik
B. bila perusahaan menghasilkan 6250-14286 unit, lokasi B yang terbaik
C. bila perusahaan menghasilkan lebih dari 14286 unit, lokasi B yang terbaik
D. bila perusahaan menghasilkan lebih dari 14286 unit, lokasi A yang terbaik
E. bila perusahaan menghasilkan 6250-14286 unit, lokasi C yang terbaik
Jawaban.
B. bila perusahaan menghasilkan 6250-14286 unit, lokasi B yang terbaik
B. bila perusahaan menghasilkan 6250-14286 unit, lokasi B yang terbaik
18) Bila matriks informasi biaya transportasi antarlokasi dan kapasitas optimal pabrik sebagai berikut.
Dengan menggunakan metode sudut barat laut, maka biaya totalnya adalah ....
A. $ 855
B. $ 1000
C. $ 955
D. $ 855
E. Semua jawaban salah
19) Pada kasus nomor 8 di atas, bila perusahaan menggunakan metode biaya terendah, biaya totalnya adalah ....
A. $ 855
B. $ 1000
C. $ 965
D. $ 855
E. Semua jawaban salah
20) Ada tiga karakteristik metode delphi, yaitu ....
A. anonim di antara para ahli dalam panel tersebut
B. mendapatkan tanggapan kelompok secara statistik dari kuesioner yang dirancang dengan baik
C. umpan balik yang terkendali
D. jawaban A-C salah
E. jawaban A-C benar
Jawaban.
E. jawaban A-C benar
Karakteristik metode delphi, yaitu: (1) anonim di antara para ahli dalam panel tersebut; (2)
mendapatkan tanggapan kelompok secara statistik dari kuesiner yang dirancang dengan baik; (3) umpan balik yang terkendali (McCarthy & Atthirawong, 2003).
E. jawaban A-C benar
Karakteristik metode delphi, yaitu: (1) anonim di antara para ahli dalam panel tersebut; (2)
mendapatkan tanggapan kelompok secara statistik dari kuesiner yang dirancang dengan baik; (3) umpan balik yang terkendali (McCarthy & Atthirawong, 2003).
No comments:
Post a Comment