-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

TUGAS.1 Tutorial Online TUTON UT Universitas Terbuka EKMA4569 PERENCANAAN PEMASARAN

 on Tuesday, December 12, 2023  

TUGAS.1 Tutorial Online (TUTON) UT Universitas Terbuka EKMA4569 PERENCANAAN PEMASARAN


TUGAS.1 Tutorial Online (TUTON) UT Universitas Terbuka EKMA4569 PERENCANAAN PEMASARAN

SOAL KASUS A:


Catatkan Pengiriman Lebih dari 1 Juta Paket Per Hari Berdiri sejak tahun 2014, SiCepat Ekspres sebagai perusahaan ekspedisi Tanah Air telah memasuki usianya yang ke-7 tahun. Di momen pertambahan usia kali ini, SiCepat Ekspres telah mencatatkan kinerja baik selama tahun 2020 dengan pengiriman paket lebih dari 1 juta paket per hari dan kenaikan transaksi lebih dari Rp 3,5 triliun atau tumbuh sekitar 194% dari tahun sebelumnya. Catatan positif ini didukung dengan melonjaknya volume pengiriman paket di momen Harbolnas 12.12 tahun 2020 lalu yang mencapai lebih dari 5 juta paket berkat produk HaLU (Harga Mulai Lima Ribu). Produk HaLU menjadi pilihan favorit baik seller maupun buyer di platform marketplace. Hingga saat ini, lebih dari 5 juta seller telah menjadi partner SiCepat Ekspres. “Pencapaian ini didukung sepenuhnya oleh kinerja team dan para partner,” kata Chief Executive Officer SiCepat Ekspres The Kim Hai. Pada 2021, SiCepat Ekspres menargetkan kenaikan pengiriman paket sebanyak tiga kali lipat atau pengiriman hingga 3 juta paket per hari. Untuk mencapai target tersebut, SiCepat Ekspres akan melakukan penambahan 100 pick up drop point outlet (PUDO) dan telah menjalin kerjasama ritel dengan PT LDN sehingga drop point SiCepat (SiCepat Point) akan ada di ritel seperti Alfamart, SRC dan ritel Telco. SiCepat Point kini telah mencapai lebih dari 1.655 titik di wilayah Jabodetabek-Bandung dan akan terus bertambah dan tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2021 ini.

“Dengan penambahan SiCepat Point yang terintegrasi oleh ritel seperti Alfamart, SRC dan ritel Telco di Jabodetabek dan Bandung, masyarakat dapat mengirim paket dengan mudah dan nyaman” kata Kim Hai. Pencapaian positif SiCepat Ekspres di tahun 2020 ini juga didukung oleh layanan SiCepat yang terintegrasi dengan aplikasi SiCepat, WhatsApp Bisnis SiCepat Klik, dan layanan customer service yang responsif. Sehingga, Sahabat SiCepat dan masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi terkait layanan dan promo SiCepat.

Sumber: https://www.marketeers.com/genap-usia-7-tahun-sicepat-ekspres-catatkan-pengirimanlebih- dari-1-juta-paket-per-hari/

Pertanyaan Soal Kasus A:

1. Jelaskan manfaat dilakukannya perencanaan pemasaran SiCepat Ekspres, kaitkan dengan teori/konsep relevan!

2. Terdapat perbedaan antara perencanaan pemasaran dengan perencanan perusahaan. Berdasarkan kasus A di atas, identifikasi mana data di kasus tersebut yang mencerminkan perencanan pemasaran SiCepatEkspres! (Dalam menjawab harap mendasarkan pada konsep/teori relevan)!

Jawaban kasus A

1). .Jelaskan manfaat dilakukannya perencanaan pemasaran SiCepat Ekspres, kaitkan dengan teori/konsep relevan!

Tidak dipungkiri bahwa perencanaan pemasaran yang dilakukan SiCepat Ekspres untuk memperoleh keuntungan penjualan dipengaruhi oleh ratusan faktor internal dan eksternal yang saling berinteraksi dalam cara yang kompleks. SiCepat Ekspres telah mencatatkan kinerja baik selama tahun 2020 dengan pengiriman paket lebih dari 1 juta paket per hari dan kenaikan transaksi lebih dari Rp 3,5 triliun atau tumbuh sekitar 194% dari tahun sebelumnya. Keuntungan penjualan SiCepat Ekspres dapat disimpulkan dalam empat poin berikut:

a. memaksimalkan pendapatan (revenue);
b. memaksimalkan keuntungan;
c. memaksimalkan Return on Investment;
d. meminimalkan biaya.

Perencanaan pemasaran SiCepat Ekspres diperlukan untuk mengatasi meningkatnya tekanan kompetisi, kompleksitas lingkungan, dan cepatnya perubahan teknologi. Perencanaan pemasaran memberi fokus pada SiCepat Ekspres sehingga dapat memaksimalkan keuntungan. Ada beberapa manfaat yang didapat melalui perencanaan pemasaran yang sudah dilakukan SiCepat Ekspres, yaitu:

1. Perencanaan pemasaran SiCepat Ekspres memperlihatkan gambaran pengoordinasian semua sumber daya untuk implementasi. Ini didapat dari dukungan sepenuhnya oleh kinerja team dan para partner. Hingga saat ini lebih dari 5 juta seller telah menjadi partner SiCepat Ekspres. Pencapaian positif SiCepat Ekspres di tahun 2020 ini juga didukung oleh layanan SiCepat yang terintegrasi dengan aplikasi SiCepat, WhatsApp Bisnis SiCepat Klik, dan layanan customer service yang responsif.

2. Perencanaan pemasaran SiCepat Ekspres menstimulasi pemikiran baru dan pemanfaatan optimal sumber daya. SiCepat Ekspres dalam mengoptimalkan sumber daya akan melakukan penambahan 100 pick up drop point outlet (PUDO) dan telah menjalin kerjasama ritel dengan PT LDN sehingga drop point SiCepat (SiCepat Point) akan ada di ritel seperti Alfamart, SRC dan ritel Telco. SiCepat Point kini telah mencapai lebih dari 1.655 titik di wilayah Jabodetabek-Bandung dan akan terus bertambah dan tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2021 ini.

3. Perencanaan pemasaran SiCepat Ekspres memberi gambaran pembagian tanggung jawab, tugas, dan pengaturan jadwal kegiatan.Ini dapat dilihat dari target penjualan Pada 2021, SiCepat Ekspres menargetkan kenaikan pengiriman paket sebanyak tiga kali lipat atau pengiriman hingga 3 juta paket per hari. Strategi dalam perencanaan pemasaran ini harus diimplementasikan. Karenanya penjadwalan dan pembagian tanggung jawab amat penting. Perencanaan pemasaran memberi struktur/outline yang jelas mengenai pembagian tanggung jawab ini. Sehingga Untuk mencapai target tersebut, SiCepat Ekspres akan melakukan penambahan 100 pick up drop point outlet (PUDO) dan telah menjalin kerjasama ritel dengan PT LDN sehingga drop point SiCepat (SiCepat Point) akan ada di ritel seperti Alfamart, SRC dan ritel Telco.

2. Terdapat perbedaan antara perencanaan pemasaran dengan perencanan perusahaan. Berdasarkan kasus A di atas, identifikasi mana data di kasus tersebut yang mencerminkan perencanan pemasaran SiCepatEkspres! (Dalam menjawab harap mendasarkan pada konsep/teori relevan)!

Perencanaan pemasaran didasarkan pada pasar, pelanggan, dan produk. Sementara perencanaan perusahaan berkaitan dengan sumber daya perusahaan. Perencanaan perusahaan biasanya merupakan penerapan perencanaan bisnis terhadap unit-unit yang berbeda dalam agregat bisnis. Tujuan utama perencanaan perusahaan adalah memberi visi jangka panjang kepada perusahaan.

Definisi Perencanaan pemasaran
Perencanaan pemasaran adalah pemanfaatan secara terencana sumber-sumber daya pemasaran untuk mencapai sasaran pemasaran. Mencari cara sistematik mengidentifikasi berbagai pilihan yang tersedia, memilih satu atau lebih pilihan tersebut, dan menjadwal serta menghitung biaya dalam melakukan kegiatan pemasaran untuk mencapai sasaran. Proses ini dapat didefinisikan sebagai perencanaan pemasaran.

Perencanaan pemasaran adalah suatu urut-urutan kegiatan menuju penetapan sasaran pemasaran dan formulasi rencana untuk mencapai sasaran tersebut. Dalam realisasinya, perencanaan pemasaran merupakan proses perencanaan tahapan-tahapan aktivitas dalam pemasaran yang melibatkan keseluruhan aspek dalam organisasi. Karenanya perencanaan pemasaran merupakan aktivitas pemasaran multifaset dan lintas fungsi (cross-fungtional).

Definisi Perencanaan Pemasaran Menurut Ahli
Menurut Malcom McDonald adalah perencanaan pemasaran proses manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Perencanaan tersebut merupakan urutan logis dan rangkaian aktivitas ke arah penetapan tujuan pemasaran, dan membuat rumusan rencana untuk mencapai tujuan.
Menurut Kurowski dan Sussman, perencanaan pemasaran adalah dokumen yang terdiri dari analisis situasi pemasaran saat ini, analisis peluang dan ancaman, sasaran pemasaran, strategi pemasaran, program tindakan, dan pendapatan yang diproyeksikan atau performa (dan keuntungan lainnya).

Data yang mencerminkan perencanan pemasaran SiCepatEkspres
SiCepat Ekspres menargetkan sasaran kenaikan pengiriman paket sebanyak tiga kali lipat pada tahun 2021 atau pengiriman hingga 3 juta paket per hari.

Perencanaan Pemasaran SiCepat Ekspres
Untuk mencapai target tersebut, SiCepat Ekspres akan melakukan penambahan 100 pick up drop point outlet (PUDO) dan telah menjalin kerjasama ritel dengan PT LDN sehingga drop point SiCepat (SiCepat Point) akan ada di ritel seperti Alfamart, SRC dan ritel Telco. SiCepat Point kini telah mencapai lebih dari 1.655 titik di wilayah Jabodetabek-Bandung dan akan terus bertambah dan tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2021 ini. Pencapaian positif SiCepat Ekspres di tahun 2020 ini juga didukung oleh layanan SiCepat yang terintegrasi dengan aplikasi  SiCepat, WhatsApp Bisnis SiCepat Klik, dan layanan customer service yang responsif.

SOAL KASUS B:

PUMA Running: Segmen Perempuan Adalah Masa Depan Olahraga Lari Banyak cara yang bisa dilakukan oleh para merek untuk menjaga dan memperpanjang daur hidup produk mereka. Salah satu cara yang paling umum adalah melakukan diversifikasi atau meremajakan produk yang sudah ada. Melakukan segmentasi pun juga penting. Termasuk memetakan ulang target segmen yang dituju. Hal ini yang sedang dilakukan oleh merek perlengkapan olahraga PUMA, khususnya untuk lini produk PUMA Running. Dengan semangat Disrupt, Breakaway, Change the game, PUMA Running tengah merombak produknya dan mengembangkan teknologi baru untuk menciptakan pengalaman lari yang lebih mudah bagi target konsumen mereka. Upaya ini dilakukan perusahaan untuk menjaga eksistensi yang telah dibangun sejak 75 tahun silam. Tonggak legasi ini pun diturunkan kepada para ikon pemecah rekor dunia, mulai dari pelari asal Etiopia Abebe Bikila, pelari asal Amerika Serikat Bill Rogers, pelari Jerman Sabrina Mockenhaupt, hingga sprinter asal Jamaika Usain Bolt. Untuk membangun masa depan bisnisnya, PUMA telah melakukan beragam penelitian dan pengujian dan berhasil menciptakan inovasi baru. Inovasi tersebut dirangkum ke dalam empat gaya kunci yang diberi tajuk Deviate, Velocity, Liberate, dan Eternity. Keempatnya dibekali dengan teknologi cutting-edge-supercritical foam, NITRO
Laboratorium dan mekanis PUMA sangat memerhatikan kebutuhan para pelari, hingga ke hal mendetail. Seperti pada bagian alas dengan bahan yang dibuat khusus dan fleksibel,” ujar Todd Falker, Product Line Manager PUMA Running. Menariknya, lini produk PUMA Running kali ini juga menyediakan desain khusus dari empat gaya tersebut untuk pelari perempuan. PUMA percaya, perempuan akan menjadi masa depan di olahraga lari. Untuk itu pula, PUMA telah menggandeng banyak ikon pelari perempuan, seperti Molly Seidel, Gesa Krouse, Aisha Praught Leer, Fiona O’Keefe, dan Taylor Werner demi menggaet target segmen perempuan.

Sumber:
https://www.marketeers.com/puma-running-segmen-perempuan-adalah-masa-depan-olahragalari/

Pertanyaan Soal Kasus B:

1. Berdasarkan kasus B di atas, berikan analisis lingkungan dari target pasar Puma Running berdasar aspek demografi. Jelaskan juga aspek kebutuhan dan keinginan target pasar!

2. Berdasarkan kasus di atas, jelaskan dasar segmentasi pasar Puma Runnning dengan mengidentifikasi siapa yang membeli (berdasar aspek demografi, gaya hidup) dan mengapa  mereka membeli (berdasar aspek manfaat yang diinginkan)!

Jawaban kasus B

1). Berdasarkan kasus B di atas, berikan analisis lingkungan dari target pasar Puma Running berdasar aspek demografi. Jelaskan juga aspek kebutuhan dan keinginan target pasar!

Jika dilihat dari analisis lingkungan dari target pasar berdasarkan asfek Demografi khususnya konsumen yang suka berolah raga dan gaya, pada awalnya Puma Running hanya memasang target konsumen berjenis kelamin laki-laki. Upaya ini dilakukan perusahaan untuk menjaga eksistensi yang telah dibangun sejak 75 tahun silam. Tonggak legasi ini pun diturunkan kepada para ikon pemecah rekor dunia, mulai dari pelari asal Etiopia Abebe Bikila, pelari asal Amerika Serikat Bill Rogers, pelari Jerman Sabrina Mockenhaupt, hingga sprinter asal Jamaika Usain Bolt, dengan semangat Disrupt, Breakaway, Change the game. Namun saat ini Puma Running juga mulai membidik target konsumen perempuan. Karena lini produk PUMA Running kali ini juga menyediakan desain khusus dari empat gaya tersebut untuk pelari perempuan. PUMA percaya, perempuan akan menjadi masa depan di olahraga lari. Untuk itu pula, PUMA telah menggandeng banyak ikon pelari perempuan, seperti Molly Seidel, Gesa Krouse, Aisha Praught Leer, Fiona O’Keefe, dan Taylor Werner demi menggaet target segmen perempuan. Aspek kebutuhan dan keinginan target pasar Puma Running adalah kenyaman dan efisiensi ketika berlari.

2). Berdasarkan kasus di atas, jelaskan dasar segmentasi pasar Puma Runnning dengan mengidentifikasi siapa yang membeli (berdasar aspek demografi, gaya hidup) dan mengapa mereka membeli (berdasar aspek manfaat yang diinginkan)!

Segmentasi didasarkan pada kombinasi antara perilaku pelanggan dan karakteristik pelanggan :

Siapa yang membeli Puma Running
a). Demografi (Laki-laki dan perempuan)
b). Gaya hidup, kepribadian (olah ragawan, sporty, juara, keren, berkelas
Mengapa mereka membeli Puma Running

a). Aspek manfaat (kenyaman dan efisiensi ketika berlari, kualitas yang bagus, nyaman digunakan dan tahan lama)

Sumber :
TUMPAL, Daniel. 2015. EKMA4569. Materi pokok perencanaan pemasaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

TUGAS.1 Tutorial Online TUTON UT Universitas Terbuka EKMA4569 PERENCANAAN PEMASARAN 4.5 5 Bank soal UT Tuesday, December 12, 2023 TUGAS.1 Tutorial Online (TUTON) UT Universitas Terbuka EKMA4569 PERENCANAAN PEMASARAN SOAL KASUS A: Catatkan Pengiriman Lebih dari 1 Juta Pa...



No comments:

Post a Comment