Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 5 Beserta Pembahasannya
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1) Sikap dibedakan menjadi 3 macam yaitu ….
A. sosial, umum, pribadi
B. umum, khusus, intermediate
C. kognitif, afektif, dan konatif
D. baik, buruk, sedang
Jawaban.
C. kognitif, afektif, dan konatif
Sikap tersebut dibedakan menjadi 3 macam yaitu kognitif, afektif dan konatif.
Kognitif yaitu pengetahuan, Afektifnya yaitu perasaan dan konatif merupakan kecenderungan perilaku. Konatif adalah minat untuk melakukan tindakan atau intensi
C. kognitif, afektif, dan konatif
Sikap tersebut dibedakan menjadi 3 macam yaitu kognitif, afektif dan konatif.
Kognitif yaitu pengetahuan, Afektifnya yaitu perasaan dan konatif merupakan kecenderungan perilaku. Konatif adalah minat untuk melakukan tindakan atau intensi
2) Konsumen yang merokok seringkali sulit berhenti merokok, karena ia sangat menyukai merokok merupakan contoh dari karakteristik ….
A. resistensi sikap
B. intensitas sikap
C. persistensi sikap
D. keyakinan sikap
Jawaban.
A. resistensi sikap
resistensi sikap adalah sikap cenderung berlangsung lama dan sulit diubah.
A. resistensi sikap
resistensi sikap adalah sikap cenderung berlangsung lama dan sulit diubah.
3) Strategi yang efektif untuk mengubah sikap konsumen terhadap produk atau merek adalah membuat .…
A. keputusan umum menjadi kebutuhan khusus
B. kebutuhan khusus yang menonjol
C. daftar kebutuhan
D. daftar pengetahuan
Jawaban.
B. kebutuhan khusus yang menonjol
Schiffman dan Kanuk (2010) menyatakan bahwa Mengubah Fungsi dasar Motivasi adalah dengan pendekatan fungsional, yaitu “Strategi yang
efektif untuk mengubah sikap konsumen terhadap produk arau merek adalah membuat kebutuhan khusus yang menonjol. Salah satu metode untuk mengubah motivasi dikenal dengan pendekatan fungsional. Menurut pendekatan ini, sikap dapat diklasifikasikan ke dalam empat fungsi: fungsi utilitarian, fungsi ego-pertahanan, fungsi nilai ekspresif, dan fungsi pengetahuan”
B. kebutuhan khusus yang menonjol
Schiffman dan Kanuk (2010) menyatakan bahwa Mengubah Fungsi dasar Motivasi adalah dengan pendekatan fungsional, yaitu “Strategi yang
efektif untuk mengubah sikap konsumen terhadap produk arau merek adalah membuat kebutuhan khusus yang menonjol. Salah satu metode untuk mengubah motivasi dikenal dengan pendekatan fungsional. Menurut pendekatan ini, sikap dapat diklasifikasikan ke dalam empat fungsi: fungsi utilitarian, fungsi ego-pertahanan, fungsi nilai ekspresif, dan fungsi pengetahuan”
4) Karakteristik sikap yang menggambarkan bahwa sikap akan berubah karena berlalunya waktu disebut . . .
A. keyakinan sikap
B. intensitas sikap
C. persistensi sikap
D. resistensi sikap
Jawaban.
C. persistensi sikap
C. persistensi sikap
5) Dibawah ini salah satu empat fungsi dari sikap yang dikemukakan oleh Schiffman dan Kanuk (2010) adalah fungsi ....
A. mempertahankan ego
B. motivasi dasar
C. pemahaman konsumen
D. keyakinan konsumen
Jawaban.
A. mempertahankan ego
Sikap memiliki empat fungsi yaitu a) fungsi utilitarian,
b) fungsi mempertahankan ego,
c) fungsi ekpresi nilai, dan
d) fungsi pengetahuan.
A. mempertahankan ego
Sikap memiliki empat fungsi yaitu a) fungsi utilitarian,
b) fungsi mempertahankan ego,
c) fungsi ekpresi nilai, dan
d) fungsi pengetahuan.
6) Dibawah ini adalah unsur-unsur dari sikap, kecuali ….
A. kognitif
B. afektif
C. aktif
D. konatif
Jawaban.
C. aktif
Tricomponent Attitude Model merupakan model sikap yang memiliki komponen afektif, kognitif, dan konatif
C. aktif
Tricomponent Attitude Model merupakan model sikap yang memiliki komponen afektif, kognitif, dan konatif
7) Sikap dianggap memiliki tiga unsur, kecuali ....
A. afektif
B. objektif
C. kognitif
D. konatif
Jawaban.
B. objektif
Tricomponent Attitude Model merupakan model sikap yang memiliki komponen afektif, kognitif, dan konatif
B. objektif
Tricomponent Attitude Model merupakan model sikap yang memiliki komponen afektif, kognitif, dan konatif
8) Dibawah ini macam-macam karakteristik sikap, kecuali ....
A. keyakinan, konsistensi dan resistensi sikap
B. resistensi dan persestensi sikap
C. sikap postif, negatif, dan netral
D. sikap memiliki objek
Jawaban.
D. sikap memiliki objek
D. sikap memiliki objek
9) Sikap terdiri dari berbagai fungsi antara lain ....
A. utilitarian
B. ekspresi nilai
C. pengetahuan
D. semua benar
Jawaban.
D. semua benar
D. semua benar
10) Prilaku konsumen yang mengungkapkan penilaian konsumen kepada suatu produk apakah baik atau buruk disukai atau tidak disebut ....
A. konatif
B. afektif
C. kognitif
D. intensif
Jawaban.
B. afektif
B. afektif
11) Saya akan memakan jeruk. Pernyataan tersebut merupakan salah satu contoh model sikap dalam arti ….
A. kognitif
B. afektif
C. konatif
D. inspiratif
Jawaban.
C. konatif
model tiga komponen sikap Kognitif, afektif, dan konatif. Contohnya, jeruk mengandung vitamin C kemudian afektifnya ialah saya suka jeruk, lalu konatifnya ialah saya akan memakan jeruk
C. konatif
model tiga komponen sikap Kognitif, afektif, dan konatif. Contohnya, jeruk mengandung vitamin C kemudian afektifnya ialah saya suka jeruk, lalu konatifnya ialah saya akan memakan jeruk
12) Model sikap multi atribut Fishbein memiliki dua komponen yaitu ....
A. Ai dan Si
B. Cid an Bi
C. Bi dan Ai
D. Bi dan Ei
Jawaban.
D. Bi dan Ei
Bi merupakan komponen kekuatan kepercayaan bahwa objek tersebut memiliki atribut ke i, sedangkan Ei merupakan evaluasi ke i dan N merupakan jumlah atributnya. Mengatakan penting atau tidak penting, itulah yang disebut komponen evaluasi terhadap atribut. Komponen yang kedua yang disebut dengan kekuatan kepercayaan misalnya handphone merek A mempunyai disain yang sangat bagus atau handphone A yang memiliki disain yang kurang bagus, hal itulah yang disebut dengan kekuatan kepercayaan.
D. Bi dan Ei
Bi merupakan komponen kekuatan kepercayaan bahwa objek tersebut memiliki atribut ke i, sedangkan Ei merupakan evaluasi ke i dan N merupakan jumlah atributnya. Mengatakan penting atau tidak penting, itulah yang disebut komponen evaluasi terhadap atribut. Komponen yang kedua yang disebut dengan kekuatan kepercayaan misalnya handphone merek A mempunyai disain yang sangat bagus atau handphone A yang memiliki disain yang kurang bagus, hal itulah yang disebut dengan kekuatan kepercayaan.
13) Satu komponen yang membedakan antara model sikap angka ideal dengan multiatribut fishbein adalah komponen yang ideal menurut ….
A. penjual
B. konsumen
C. produsen
D. perusahaan
Jawaban.
B. konsumen
B. konsumen
14) Memperoleh keuntungan adalah penting bagi saya. Pernyataan tersebut merupakan contoh model sikap beralasan untuk mengukur dimensi evaluasi ....
A. alternatif
B. persepsi
C. konsekuensi
D. emosi
Jawaban.
C. konsekuensi
C. konsekuensi
15) Model tiga konsumen dalam sikap konsumen yang benar yaitu komponen ....
A. kognitif, afektif, intensif
B. kognitif, intensif, atribut
C. afektif, konatif, kognitif
D. afejtif, konatif, intensif
Jawaban.
C. afektif, konatif, kognitif
Sikap tersebut dibedakan menjadi 3 macam yaitu kognitif, afektif dan konatif. Kognitif yaitu pengetahuan, afektif adalah perasaan sedangkan konatif adalah kecenderungan melakukan suatu tindakan.
C. afektif, konatif, kognitif
Sikap tersebut dibedakan menjadi 3 macam yaitu kognitif, afektif dan konatif. Kognitif yaitu pengetahuan, afektif adalah perasaan sedangkan konatif adalah kecenderungan melakukan suatu tindakan.
16) Tiga atribut utama dalam model Fishbein adalah ....
A. atribut
B. ekspresi nilai
C. kepercayaan
D. evaluasi atribut
Jawaban.
C. kepercayaan
sikap multi atribut Fishbein yang memiliki dua komponen.Komponen pertama yaitu Bi dan yang kedua ialah Ei, kemudian terdapat O yang menggambarkan sikap suatu objek. Bi merupakan komponen kekuatan kepercayaan bahwa objek tersebut memiliki atribut ke i, sedangkan Ei merupakan evaluasi ke i dan N merupakan jumlah atributnya.
C. kepercayaan
sikap multi atribut Fishbein yang memiliki dua komponen.Komponen pertama yaitu Bi dan yang kedua ialah Ei, kemudian terdapat O yang menggambarkan sikap suatu objek. Bi merupakan komponen kekuatan kepercayaan bahwa objek tersebut memiliki atribut ke i, sedangkan Ei merupakan evaluasi ke i dan N merupakan jumlah atributnya.
17) Model yang akan memberikan informasi mengenai sikap konsumen terhadapa merek suatu produk dan sekaligus bisa memberikan informasi mengenai merek ideal yang dirasakan konsumen merupakan ….
A. model sikap multriatribut fishbein
B. model sikap angka ideal
C. teori sikap beralasan
D. teori sikap mencoba
Jawaban.
B. model sikap angka ideal
B. model sikap angka ideal
18) Evaluasi terhadap kepentingan suatu atribut yaitu ....
A. Ii
B. Wi
C. Xi
D. Ab
Jawaban.
B. Wi
B. Wi
19) Perasaan dan emosi seseseorang terhadap suatu produk atau merek disebut ....
A. kognitif
B. afektif
C. konatif
D. deskriptif
Jawaban.
B. afektif
B. afektif
20) Kecenderungan dari seseorang untuk melakukan tindakan tertentu disebut ....
A. kognitif
B. afektif
C. konatif
D. deskriptif
Jawaban.
C. konatif
C. konatif
Kerjakanlah latihan berikut!
1) Apakah definisi dari sikap menurut Blythe?
Jawaban.
Definisi dari sikap menurut Blythe adalah Suatu kecenderungan belajar untuk merespon akan suatu objek yang secara konsisten menguntungkan atau pilihan yang kurang menguntungkan
Definisi dari sikap menurut Blythe adalah Suatu kecenderungan belajar untuk merespon akan suatu objek yang secara konsisten menguntungkan atau pilihan yang kurang menguntungkan
2) Jelaskan karakteristik sikap tentang intensitas sikap dan resistensi sikap. Berikan contohnya.
Jawaban.
Insitas sikap menjelaskan tingkat kesukaan konsumen terhadap suatu objek. Misalnya, seseorang yang suka durian mungkin orang tersebut bisa setiap minggu makan durian, tetapi ada juga orang yang menyukai durian tetapi frekuensi konsumsinya tergantung situasi, mungkin hanya sekali dalam sebulan atau hanya dua minggu sekali. Insitas sikap ini menjelaskan tingkat kesukaan konsumen terhadap suatu objek. Resistensi sikap adalah suatu sikap yang cenderung berlangsung lama dan sulit diubah. Konsumen yang merokok seringkali sulit berhenti merokok, karena ia sangat menyukai merokok. Peringatan bahaya merokok tidak mengubah sikapnya untuk tidak menyukai merokok. Peringatan bahaya merokok yang akan membunuh perokok tidak memiliki arti bagi perokok. Perokok sangat resisten sikapnya terhadap rokok.
Insitas sikap menjelaskan tingkat kesukaan konsumen terhadap suatu objek. Misalnya, seseorang yang suka durian mungkin orang tersebut bisa setiap minggu makan durian, tetapi ada juga orang yang menyukai durian tetapi frekuensi konsumsinya tergantung situasi, mungkin hanya sekali dalam sebulan atau hanya dua minggu sekali. Insitas sikap ini menjelaskan tingkat kesukaan konsumen terhadap suatu objek. Resistensi sikap adalah suatu sikap yang cenderung berlangsung lama dan sulit diubah. Konsumen yang merokok seringkali sulit berhenti merokok, karena ia sangat menyukai merokok. Peringatan bahaya merokok tidak mengubah sikapnya untuk tidak menyukai merokok. Peringatan bahaya merokok yang akan membunuh perokok tidak memiliki arti bagi perokok. Perokok sangat resisten sikapnya terhadap rokok.
3) Sebutkan dan jelaskan fungsi sikap.
Jawaban.
a. Fungsi utilitarian: Konsumen sering menyukai suatu produk tertentu karena konsumen akan memperoleh manfaat dari mengonsumsi produk tersebut,
b. fungsi mempertahankan ego: konsumen menggunakan sesuatu, bisa jadi untuk mengurangi salah satu kelemahan yang ada pada dirinya,
c. fungsi ekpresi nilai: konsumen akan menyukai produk tertentu karenai sesuai dengan nilai yang dianutnya serta identitas sosialnya,
d. fungsi pengetahuan: konsumen yang menyukai suatu produk karena ia mempunyai pengetahaun yang sangat tinggi dan cukup banyak mengenai produk tersebut.
a. Fungsi utilitarian: Konsumen sering menyukai suatu produk tertentu karena konsumen akan memperoleh manfaat dari mengonsumsi produk tersebut,
b. fungsi mempertahankan ego: konsumen menggunakan sesuatu, bisa jadi untuk mengurangi salah satu kelemahan yang ada pada dirinya,
c. fungsi ekpresi nilai: konsumen akan menyukai produk tertentu karenai sesuai dengan nilai yang dianutnya serta identitas sosialnya,
d. fungsi pengetahuan: konsumen yang menyukai suatu produk karena ia mempunyai pengetahaun yang sangat tinggi dan cukup banyak mengenai produk tersebut.
4) Sebutkan dan berilah contoh model tiga komponen sikap!
Jawaban.
Kognitif, afektif, dan konatif. Contohnya, jeruk mengandung vitamin C kemudian afektifnya ialah saya suka jeruk, lalu konatifnya ialah saya akan memakan jeruk
Kognitif, afektif, dan konatif. Contohnya, jeruk mengandung vitamin C kemudian afektifnya ialah saya suka jeruk, lalu konatifnya ialah saya akan memakan jeruk
5) Model Fishbein memiliki dua komponen, yaitu Bi dan Ei. Apakah yang dimaksud dengan Bi dan Ei? Berikan contohnya!
Jawaban.
Bi merupakan komponen kekuatan kepercayaan bahwa objek tersebut memiliki atribut ke i, sedangkan Ei merupakan evaluasi ke i dan N merupakan jumlah atributnya. Mengatakan penting atau tidak penting, itulah yang disebut komponen evaluasi terhadap atribut. Komponen yang kedua yang disebut dengan kekuatan kepercayaan misalnya handphone merek A mempunyai disain yang sangat bagus atau handphone A yang memiliki disain yang kurang bagus, hal itulah yang disebut dengan kekuatan kepercayaan.
Bi merupakan komponen kekuatan kepercayaan bahwa objek tersebut memiliki atribut ke i, sedangkan Ei merupakan evaluasi ke i dan N merupakan jumlah atributnya. Mengatakan penting atau tidak penting, itulah yang disebut komponen evaluasi terhadap atribut. Komponen yang kedua yang disebut dengan kekuatan kepercayaan misalnya handphone merek A mempunyai disain yang sangat bagus atau handphone A yang memiliki disain yang kurang bagus, hal itulah yang disebut dengan kekuatan kepercayaan.
6) Apakah perbedaan model sikap angka ideal dengan model Fishbein? Jelaskan maksud dari Ab, Wi, Ii, Xi, n
Jawaban.
Komponen ideal menurut konsumen. Ab = sikap terhadap suatu merek
Wi = Tingkat kepentingan atribut ke I
Ii = Performansi ideal atribut ke I
Xi = Kepercayaan terhadap atribut ke I dari suatu merek
N = Jumlah atribut yang dievaluasi oleh konsumen.
Komponen ideal menurut konsumen. Ab = sikap terhadap suatu merek
Wi = Tingkat kepentingan atribut ke I
Ii = Performansi ideal atribut ke I
Xi = Kepercayaan terhadap atribut ke I dari suatu merek
N = Jumlah atribut yang dievaluasi oleh konsumen.
7) Berdasarkan model sikap beralasan, sebutkan faktor yang memengaruhi konsumen untuk cenderung melakukan suatu tindakan tertentu adalah sikap dan norma. Sebutkan dan jelaskan 2 norma subjektif!
Jawaban.
Norma subjektif terhadap perilaku belanja akan dipengaruhi oleh dua faktor. Faktor pertama adalah kepercayaan normatif bahwa kelompok acuan tertentu menginginkan seorang konsumen untuk melakukan perilaku belanja atau tindakan tertentu. Faktor kedua adalah motivasi yang sejalan dengan kelompok acuan atau motivasi untuk mengikuti anjuran kelompok acuan untuk melakukan tindakan tertentu.
Norma subjektif terhadap perilaku belanja akan dipengaruhi oleh dua faktor. Faktor pertama adalah kepercayaan normatif bahwa kelompok acuan tertentu menginginkan seorang konsumen untuk melakukan perilaku belanja atau tindakan tertentu. Faktor kedua adalah motivasi yang sejalan dengan kelompok acuan atau motivasi untuk mengikuti anjuran kelompok acuan untuk melakukan tindakan tertentu.
No comments:
Post a Comment