Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 3 Beserta Kunci Jawaban
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1) Salah satu tahap dari pengolahan informasi adalah output tersebut masuk kedalam memori jangka panjang, tahap tersebut merupakan tahapan ....
A. inspiratif
B. retensi
C. insentif
D. resisten
Jawaban .
B. retensi
B. retensi
2) Realita berperan sebagai keseluruhan kejadian individu berdasarkan hal berikut, kecuali ….
A. kebutuhan
B. keinginan
C. nilai
D. persepsi
Jawaban.
C. nilai
C. nilai
A. persepsi konsumen
B. pengalaman konsumen
C. kegiatan konsumen
D. keinginan konsumen
Jawaban.
A. persepsi konsumen
A. persepsi konsumen
A. Voluntary Attention
B. Perceptual Selection
C. Subliminal Perception
D. Advertising Wearout
Jawaban.
C. Subliminal Perception
C. Subliminal Perception
A. nafsu
B. ego
C. motivasi
D. superego
Jawaban.
C. motivasi
C. motivasi
A. Selectif Exposure
B. Selectif Attention
C. Perceptual Defense
D. a dan b saja yang benar
Jawaban.
D. a dan b saja yang benar
D. a dan b saja yang benar
A. Pengetahuan atribut produk
B. Pengetahuan tentang manfaat produk
C. Pengetahuan tentang kepuasan yangg diberikan produk bagi konsumen
D. a dan c benar
Jawaban.
D. a dan c benar
D. a dan c benar
A. kepuasan dengan harga, hubungan harga, efisiensi harga
B. hubungan harga, kekayaan modal, efisiensi harga
C. hubungan harga, kekayaan modal, kepuasan dengan harga
D. kekayaan modal, efisiensi harga, kepuasan dengan harga
Jawaban.
B. kesehatan
B. kesehatan
A. fisik
B. kesehatan
C. kebutuhan
D. keidealan
Jawaban.
B. kesehatan
B. kesehatan
A. seleksi perhatian
B. persepsi pertahanan
C. seleksi pembukaan
D. persepsi psikologi
Jawaban.
C. seleksi pembukaan
C. seleksi pembukaan
A. kedua
B. pertama
C. keempat
D. ketiga
Jawaban.
A. kedua
A. kedua
A. jasa, produk, dan merek
B. pembelian, penjualan, dan penawaran
C. konsumen, produsen, dan distributor
D. karakteristik produk, pengetahuan tentang manfaat produk, dan pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen.
Jawaban.
D. karakteristik produk, pengetahuan tentang manfaat produk, dan pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen.
D. karakteristik produk, pengetahuan tentang manfaat produk, dan pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen.
A. pemakaian
B. produk
C. pembelian
D. konsumen
Jawaban.
C. pembelian
C. pembelian
A. pemakaian
B. pembelian
C. produk
D. konsumen
Jawaban.
A. pemakaian
A. pemakaian
A. UU No. 8 tahun 1999
B. UU No. 7 tahun 2010
C. UU No. 10 tahun 2014
D. UU No.7 Tahun 2014
Jawaban.
D. UU No.7 Tahun 2014
D. UU No.7 Tahun 2014
A. subjektif
B. ekonomi
C. kosumen
D. objektif
Jawaban.
D. objektif
D. objektif
A. product contact-store contact-transaction
B. store contact-transaction-product contact
C. store contact-produk contact-transaction
D. transaction-store contact-product contact
Jawaban.
C. store contact-produk contact-transaction
C. store contact-produk contact-transaction
A. keuangan
B. fungsi
C. hilangnya kesempatan
D. waktu
Jawaban.
B. fungsi
B. fungsi
A. keuangan
B. fungsi
C. hilangnya kesempatan
D. waktu
Jawaban.
A. keuangan
A. keuangan
A. mencari outlet, pergi ke outlet, dan memasuki outlet
B. konsumen membayar produk tersebut
C. melihat produk dan membayarnya
D. mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir
Jawaban.
C. melihat produk dan membayarnya
C. melihat produk dan membayarnya
kerjakanlah latihan berikut!
1) Jelaskan tahap pengolahan informasi!
Jawaban.
Tahapan pengolahan informasi dimulai dari masuknya stimulus, kemudian terjadi pemaparan selanjutnya tahap perhatian dimana konsumen memilih stimulus yang dianggap menarik untuk diperhatikan, kemudian konsumen memberikan arti kepada stimulus yang disebut dengan tahap pemahaman. Setelah member arti kepada stimulus, konsumen menyimpulkan suatu objek yang disebut dengan tahap penerimaan dan selanjutnya yaitu informasi masuk kedalam memori jangka panjang atau disebut dengan tahap retensi.
Tahapan pengolahan informasi dimulai dari masuknya stimulus, kemudian terjadi pemaparan selanjutnya tahap perhatian dimana konsumen memilih stimulus yang dianggap menarik untuk diperhatikan, kemudian konsumen memberikan arti kepada stimulus yang disebut dengan tahap pemahaman. Setelah member arti kepada stimulus, konsumen menyimpulkan suatu objek yang disebut dengan tahap penerimaan dan selanjutnya yaitu informasi masuk kedalam memori jangka panjang atau disebut dengan tahap retensi.
Jawaban.
Pemaparan adalah kondisi saat konsumen menerima stimulus. Stimulus tersebut bisa berbagai macam, bisa berbentuk produk, kemasan, iklan ataupun nama produsen.
Pemaparan adalah kondisi saat konsumen menerima stimulus. Stimulus tersebut bisa berbagai macam, bisa berbentuk produk, kemasan, iklan ataupun nama produsen.
Jawaban.
Konsumen memilih stimulus yang dianggap menarik untuk diperhatikan, karena konsumen tidak akan memperhatikan seluruh stimulus yang masuk pada panca indra konsumen
Konsumen memilih stimulus yang dianggap menarik untuk diperhatikan, karena konsumen tidak akan memperhatikan seluruh stimulus yang masuk pada panca indra konsumen
Jawaban.
Konsumen memahami stimulus yang ada sehingga tahapan ini juga dapat disebut dengan memberikan arti kepada stimulus
Konsumen memahami stimulus yang ada sehingga tahapan ini juga dapat disebut dengan memberikan arti kepada stimulus
Jawaban.
Penerimaan adalah kondisi saat konsumen menyimpulkan suatu objek yang kita amati, jadi persepsi konsumen tidak lain merupakan output dari penerimaan konsumen terhadap stimulus.
Penerimaan adalah kondisi saat konsumen menyimpulkan suatu objek yang kita amati, jadi persepsi konsumen tidak lain merupakan output dari penerimaan konsumen terhadap stimulus.
Jawaban.
Retensi adalah hasil output dari pengolahan informasi yang masuk kedalam memori jangka panjang atau long term memory.
Retensi adalah hasil output dari pengolahan informasi yang masuk kedalam memori jangka panjang atau long term memory.
Jawaban.
Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Pengetahuan memiliki beberapa kategori penggetahuan. Kategori pertama sering dibedakan dengan apakah pengetahuan deklaratif atau prosedur dan disebut dengan arti psikologi, yaitu kognitif. Kategori kedua adalah pengetahuan objektif dan subjektif.
Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Pengetahuan memiliki beberapa kategori penggetahuan. Kategori pertama sering dibedakan dengan apakah pengetahuan deklaratif atau prosedur dan disebut dengan arti psikologi, yaitu kognitif. Kategori kedua adalah pengetahuan objektif dan subjektif.
Jawaban.
Pengetahuan produk merupakan pengetahuan mengenai suatu produk, biasanya terdiri dari tiga macam, yaitu pengetahuan tentang karakteristik produk, pengetahuan tentang manfaat produk, dan ketiga pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen
Pengetahuan produk merupakan pengetahuan mengenai suatu produk, biasanya terdiri dari tiga macam, yaitu pengetahuan tentang karakteristik produk, pengetahuan tentang manfaat produk, dan ketiga pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen
Jawaban.
Pengetahuan pembelian adalah pengetahuan untuk mendapatkan sebuah barang atau jasa, terdiri dari pengetahuan tentang toko, lokasi produk dimana kita membeli produk.
Pengetahuan pembelian adalah pengetahuan untuk mendapatkan sebuah barang atau jasa, terdiri dari pengetahuan tentang toko, lokasi produk dimana kita membeli produk.
Jawaban.
Toko online adalah tempat untuk seseorang berbelanja melalui internet dan website atau blog tertentu. Di toko online seseorang dapat menemukan berbagai produk yang mereka sediakan dan jual. Berbeda dengan toko yang nyata pada umumnya, jika toko nyata menyediakan atau menampilkan barang dagangannya secara nyata, akan tetapi toko online hanya menampilkan harga dan keterangan dari produk atau barang yang dijual. Misalnya harga, ukuran, bahan, dll.
Toko online adalah tempat untuk seseorang berbelanja melalui internet dan website atau blog tertentu. Di toko online seseorang dapat menemukan berbagai produk yang mereka sediakan dan jual. Berbeda dengan toko yang nyata pada umumnya, jika toko nyata menyediakan atau menampilkan barang dagangannya secara nyata, akan tetapi toko online hanya menampilkan harga dan keterangan dari produk atau barang yang dijual. Misalnya harga, ukuran, bahan, dll.
Jawaban.
Suatu produk akan memberikan manfaat jika produk tersebut telah dikonsumsi atau digunakan dengan benar. Pengetahuan pemakaian berupa pengetahuan bagaimana cara untuk mengonsumsi sebuah barang atau jasa.
Suatu produk akan memberikan manfaat jika produk tersebut telah dikonsumsi atau digunakan dengan benar. Pengetahuan pemakaian berupa pengetahuan bagaimana cara untuk mengonsumsi sebuah barang atau jasa.
Jawaban.
Undang-undang No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dibuat dengan mengedepankan kepentingan nasional dan ditujukan untuk melindungi pasar domestik dan produk dalam negeri, dimana isinya adalah sebagai berikut:
a. Bahwa produk-produk yang diperdagangkan di dalam negeri semaksimal mungkin juga diproduksi di dalam negeri.
b. Menopang ketahanan ekonomi nasional melalui ketahanan pangan dan ketahanan energi, serta menjaga keseimbangan kepentingan produsen di hulu maupun kepentingan konsumen di hilir semaksimal mungkin
c. Bahwa kerangka perlindungan konsumen perlu ditegakkan melalui kewajiban penggunaan label berbahasa Indonesia untuk barangbarang yang diperdagangkan di dalam negeri dan ketentuan pemenuhan SNI.
d. Bahwa pelaku usaha di seluruh penjuru tanah air terutama pelaku KUMKM dapat bekerja lebih efisien dan berkembang lebih maju.
e. Menjadi dasar dan payung hukum bagi ketertiban dan tumbuh kembangnya pelaku usaha yang bergerak dalam sistem perdagangan melalui elektronik (e-commerce).
f. Kedaulatan rakyat dilindungi dengan dilibatkannya DPR dalam ratifikasi perjanjian kerjasama perdagangan internasional.
g. Bahwa pembentukan Komite Perdagangan Nasional diperlukan untuk membantu pemerintah dalam percepatan pencapaian pelaksanaan kebijakan perdagangan.
Undang-undang No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dibuat dengan mengedepankan kepentingan nasional dan ditujukan untuk melindungi pasar domestik dan produk dalam negeri, dimana isinya adalah sebagai berikut:
a. Bahwa produk-produk yang diperdagangkan di dalam negeri semaksimal mungkin juga diproduksi di dalam negeri.
b. Menopang ketahanan ekonomi nasional melalui ketahanan pangan dan ketahanan energi, serta menjaga keseimbangan kepentingan produsen di hulu maupun kepentingan konsumen di hilir semaksimal mungkin
c. Bahwa kerangka perlindungan konsumen perlu ditegakkan melalui kewajiban penggunaan label berbahasa Indonesia untuk barangbarang yang diperdagangkan di dalam negeri dan ketentuan pemenuhan SNI.
d. Bahwa pelaku usaha di seluruh penjuru tanah air terutama pelaku KUMKM dapat bekerja lebih efisien dan berkembang lebih maju.
e. Menjadi dasar dan payung hukum bagi ketertiban dan tumbuh kembangnya pelaku usaha yang bergerak dalam sistem perdagangan melalui elektronik (e-commerce).
f. Kedaulatan rakyat dilindungi dengan dilibatkannya DPR dalam ratifikasi perjanjian kerjasama perdagangan internasional.
g. Bahwa pembentukan Komite Perdagangan Nasional diperlukan untuk membantu pemerintah dalam percepatan pencapaian pelaksanaan kebijakan perdagangan.
No comments:
Post a Comment