-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 3 Beserta Kunci Jawaban

 on Friday, August 16, 2019  

Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 3 Beserta Kunci Jawaban

EKMA4567 Perilaku Konsumen

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1) Salah satu tahap dari pengolahan informasi adalah output tersebut masuk kedalam memori jangka panjang, tahap tersebut merupakan tahapan ....

A. inspiratif
B. retensi
C. insentif
D. resisten

Jawaban .
B. retensi


2) Realita berperan sebagai keseluruhan kejadian individu berdasarkan hal berikut, kecuali ….

A. kebutuhan
B. keinginan
C. nilai
D. persepsi

Jawaban.
C. nilai

3) Bagi seorang pemasar atau produser yang perlu diperhatikan yaitu ….

A. persepsi konsumen
B. pengalaman konsumen
C. kegiatan konsumen
D. keinginan konsumen

Jawaban.
A. persepsi konsumen

4) Proses stimulus yang lemah dan pendek menjadi dapat terlihat dan terdengar namun cukup kuat untuk dirasakan oleh satu atau lebih sel reseptor disebut ….

A. Voluntary Attention
B. Perceptual Selection
C. Subliminal Perception
D. Advertising Wearout

Jawaban.
C. Subliminal Perception

5) Seorang siswa yang ingin membeli handphone terdorong untuk mencari informasi apapun yang berkaitan dengan handphone tersebut. Peristiwa ini merupakan contoh yang mencerminkan sikap .....

A. nafsu
B. ego
C. motivasi
D. superego

Jawaban.
C. motivasi

6) Di bawah ini merupakan empat konsep penting tentang pengetahuan selektif, kecuali ….

A. Selectif Exposure
B. Selectif Attention
C. Perceptual Defense
D. a dan b saja yang benar

Jawaban.
D. a dan b saja yang benar

7) Pengetahuan produk di bagi menjadi tiga jenis, yaitu....

A. Pengetahuan atribut produk
B. Pengetahuan tentang manfaat produk
C. Pengetahuan tentang kepuasan yangg diberikan produk bagi konsumen
D. a dan c benar

Jawaban.
D. a dan c benar

8) Terdapat tiga strategi harga difokuskan pada nilai yang dipersepsikan, kecuali …

A. kepuasan dengan harga, hubungan harga, efisiensi harga
B. hubungan harga, kekayaan modal, efisiensi harga
C. hubungan harga, kekayaan modal, kepuasan dengan harga
D. kekayaan modal, efisiensi harga, kepuasan dengan harga

Jawaban.
B. kesehatan

9) Yang termasuk tipe merasakan risiko yaitu risik .…

A. fisik
B. kesehatan
C. kebutuhan
D. keidealan

Jawaban.
B. kesehatan

10) Berikut ini termasuk persepsi dibawah konsep, kecuali ....

A. seleksi perhatian
B. persepsi pertahanan
C. seleksi pembukaan
D. persepsi psikologi

Jawaban.
C. seleksi pembukaan

11) Pengetahuan memiliki beberapa kategori, pengetahuan objektif dan subjektif merupakan kategori ….

A. kedua
B. pertama
C. keempat
D. ketiga

Jawaban.
A. kedua

12) Pengetahuan produk biasanya terdiri dari tiga macam, yaitu pengetahuan....

A. jasa, produk, dan merek
B. pembelian, penjualan, dan penawaran
C. konsumen, produsen, dan distributor
D. karakteristik produk, pengetahuan tentang manfaat produk, dan pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen.

Jawaban.
D. karakteristik produk, pengetahuan tentang manfaat produk, dan pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen.

13) Pengetahuan tentang toko merupakan pengetahuan ....

A. pemakaian
B. produk
C. pembelian
D. konsumen

Jawaban.
C. pembelian

14) Label merupakan petunjuk bagi konsumen dalam pengetahuan ....

A. pemakaian
B. pembelian
C. produk
D. konsumen

Jawaban.
A. pemakaian

15) Hukum tentang Perdagangan dibuat dengan mengedepankan kepentingan nasional dan ditujukan untuk melindungi pasar domestik dan produk dalam negeri, membuat regulasi perdagangan dalam negeri dan memberikan perlindungan terhadap konsumen diatur dalam ....

A. UU No. 8 tahun 1999
B. UU No. 7 tahun 2010
C. UU No. 10 tahun 2014
D. UU No.7 Tahun 2014

Jawaban.
D. UU No.7 Tahun 2014

16) Persepsi konsumen mengenai apa dan berapa banyak yang dia ketahui mengenai kelas produk disebut pengetahuan ....

A. subjektif
B. ekonomi
C. kosumen
D. objektif

Jawaban.
D. objektif

17) Urutan perilaku membeli di bawah ini yang paling tepat adalah ....

A. product contact-store contact-transaction
B. store contact-transaction-product contact
C. store contact-produk contact-transaction
D. transaction-store contact-product contact

Jawaban.
C. store contact-produk contact-transaction

18) Ketika seseorang memutuskan menggunakan uangnya untuk naik haji, kemudian dilain sisi ia terpaksa tidak bisa membeli kendaraan bermotor. Maka konsumen tersebut mengalami salah satu persepsi resiko yaitu risiko .…

A. keuangan
B. fungsi
C. hilangnya kesempatan
D. waktu

Jawaban.
B. fungsi

19) Ketika seorang konsumen memutuskan untuk meminjam uang di bank, maka dalam satu tahun ke depan ia akan mengalami penurunan jumlah pendapatan, konsumen tersebut mengalami salah satu persepsi risiko, yaitu risiko …

A. keuangan
B. fungsi
C. hilangnya kesempatan
D. waktu

Jawaban.
A. keuangan

20) Ketika proses pembelian terjadi konsumen melakukan product contact, pada saat tersebut yang dilakukan konsumen yaitu …

A. mencari outlet, pergi ke outlet, dan memasuki outlet
B. konsumen membayar produk tersebut
C. melihat produk dan membayarnya
D. mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir

Jawaban.
C. melihat produk dan membayarnya


kerjakanlah latihan berikut!


1) Jelaskan tahap pengolahan informasi!
Jawaban.
Tahapan pengolahan informasi dimulai dari masuknya stimulus, kemudian terjadi pemaparan selanjutnya tahap perhatian dimana konsumen memilih stimulus yang dianggap menarik untuk diperhatikan, kemudian konsumen memberikan arti kepada stimulus yang disebut dengan tahap pemahaman. Setelah member arti kepada stimulus, konsumen menyimpulkan suatu objek yang disebut dengan tahap penerimaan dan selanjutnya yaitu informasi masuk kedalam memori jangka panjang atau disebut dengan tahap retensi.

2) Jelaskan arti dari Pemaparan!
Jawaban.
Pemaparan adalah kondisi saat konsumen menerima stimulus. Stimulus tersebut bisa berbagai macam, bisa berbentuk produk, kemasan, iklan ataupun nama produsen.

3) Apa yang dimaksud dengan perhatian?
Jawaban.
Konsumen memilih stimulus yang dianggap menarik untuk diperhatikan, karena konsumen tidak akan memperhatikan seluruh stimulus yang masuk pada panca indra konsumen

4) Apa yang dimaksud degngan pemahaman?
Jawaban.
Konsumen memahami stimulus yang ada sehingga tahapan ini juga dapat disebut dengan memberikan arti kepada stimulus

5) Apa yang dimaksud dengan penerimaan?
Jawaban.
Penerimaan adalah kondisi saat konsumen menyimpulkan suatu objek yang kita amati, jadi persepsi konsumen tidak lain merupakan output dari penerimaan konsumen terhadap stimulus.

6) Apa yang dimaksud dengan retensi?
Jawaban.
Retensi adalah hasil output dari pengolahan informasi yang masuk kedalam memori jangka panjang atau long term memory.

7) Jelaskan Arti dan Kategori Pengetahuan!
Jawaban.
Pengetahuan konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Pengetahuan memiliki beberapa kategori penggetahuan. Kategori pertama sering dibedakan dengan apakah pengetahuan deklaratif atau prosedur dan disebut dengan arti psikologi, yaitu kognitif. Kategori kedua adalah pengetahuan objektif dan subjektif.

8) Apa yang dimaksud dengan pengetahuan produk?
Jawaban.
Pengetahuan produk merupakan pengetahuan mengenai suatu produk, biasanya terdiri dari tiga macam, yaitu pengetahuan tentang karakteristik produk, pengetahuan tentang manfaat produk, dan ketiga pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen

9) Apa yang dimaksud dengan pengetahuan pembelian?
Jawaban.
Pengetahuan pembelian adalah pengetahuan untuk mendapatkan sebuah barang atau jasa, terdiri dari pengetahuan tentang toko, lokasi produk dimana kita membeli produk.

10) Apa yang dimaksud dengan toko online?
Jawaban.
Toko online adalah tempat untuk seseorang berbelanja melalui internet dan website atau blog tertentu. Di toko online seseorang dapat menemukan berbagai produk yang mereka sediakan dan jual. Berbeda dengan toko yang nyata pada umumnya, jika toko nyata menyediakan atau menampilkan barang dagangannya secara nyata, akan tetapi toko online hanya menampilkan harga dan keterangan dari produk atau barang yang dijual. Misalnya harga, ukuran, bahan, dll.

11) Jelaskan pengertian dari Pengetahuan Pemakaian?
Jawaban.
Suatu produk akan memberikan manfaat jika produk tersebut telah dikonsumsi atau digunakan dengan benar. Pengetahuan pemakaian berupa pengetahuan bagaimana cara untuk mengonsumsi sebuah barang atau jasa.

12) Apa isi UU No. 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan?
Jawaban.
Undang-undang No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dibuat dengan mengedepankan kepentingan nasional dan ditujukan untuk melindungi pasar domestik dan produk dalam negeri, dimana isinya adalah sebagai berikut:
a. Bahwa produk-produk yang diperdagangkan di dalam negeri semaksimal mungkin juga diproduksi di dalam negeri.
b. Menopang ketahanan ekonomi nasional melalui ketahanan pangan dan ketahanan energi, serta menjaga keseimbangan kepentingan produsen di hulu maupun kepentingan konsumen di hilir semaksimal mungkin
c. Bahwa kerangka perlindungan konsumen perlu ditegakkan melalui kewajiban penggunaan label berbahasa Indonesia untuk barangbarang yang diperdagangkan di dalam negeri dan ketentuan pemenuhan SNI.
d. Bahwa pelaku usaha di seluruh penjuru tanah air terutama pelaku KUMKM dapat bekerja lebih efisien dan berkembang lebih maju.
e. Menjadi dasar dan payung hukum bagi ketertiban dan tumbuh kembangnya pelaku usaha yang bergerak dalam sistem perdagangan melalui elektronik (e-commerce).
f. Kedaulatan rakyat dilindungi dengan dilibatkannya DPR dalam ratifikasi perjanjian kerjasama perdagangan internasional.
g. Bahwa pembentukan Komite Perdagangan Nasional diperlukan untuk membantu pemerintah dalam percepatan pencapaian pelaksanaan kebijakan perdagangan.

Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 3 Beserta Kunci Jawaban 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Friday, August 16, 2019 Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 3 Beserta Kunci Jawaban Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 1) Salah satu ...



No comments:

Post a Comment