-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4565 – Manajemen Perubahan

 on Friday, December 29, 2023  



Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4565 – Manajemen Perubahan

Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4565 – Manajemen Perubahan



Pertanyaan Diskusi 1Tuton EKMA4565

Berikan pendapat anda tentang perubahan skala mikro dan skala makro. Jelaskan bagaimana keterkaitannya

Jawaban :

Perubahan pada skala makro (perubahan masyarakat)
Perubahan pada skala makro (perubahan masyarakat) adalah skala perubahan yang menguraikan terjadinya pergeseran-pergeseran tata kehidupan manusia yang bersifat struktural dan sering kali menyebabkan kejutan kultural (cultural shock) bagi siapa saja yang tidak siap menghadapinya.

Seperti yang dikatakan Alvin Toffler dalam bukunya The Third Wave, tahap perkembangan manusia dibagi ke dalam tiga gelombang perubahan yaitu:
1). gelombang pertama era pertanian (agrarian era),
2). gelombang kedua era industri (industrial era) dan
3). gelombang ketiga era pasca industri atau sering dikenal pula sebagai era informasi (post industrial, atau information era).

Pergeseran dari gelombang satu ke gelombang yang lain selalu ditandai oleh perubahan atau tepatnya lompatan besar yang menyebabkan karakteristik pada satu era berbeda dengan karakteristik era lainnya.

Perubahan pada skala mikro (perubahan Organisasi)
Perubahan pada skala Mikro adalah perubahan-perubahan yang terjadi di dalam organisasi. Dimana pelaku dari perubahan organisasi ini adalah masyarakat itu sendiri yang juga merupakan pelaku bagi perubahan skala makro. Selanjutnya anggota masyarakat pada dasarnya bisa dibedakan menjadi dua yaitu:
1). anggota masyarakat sebagai individu
2). anggota masyarakat sebagai bagian dari kelompok atau organisasi.

Berdirinya berbagai organisasi adalah sebagai ajang bagi seseorang melakukan kegiatan sehari-hari merupakan contoh bahwa individu merupakan bagian dari sebuah organisasi. Oleh karenanya wajar jika dikatakan bahwa organisasi merupakan entitas yang menjembatani hubungan timbal balik antara individu dengan masyarakat. Ini menegaskan bahwa pada perubahan-perubahan masyarakat, pemicunya adalah inovasi-inovasi individu dalam sebuah organisasi. Dengan kata lain organisasi memiliki peran penting dalam perubahan masyarakat.

Keterkaitan antara Perubahan pada skala makro dan Perubahan pada skala mikro
Kedua jenis perubahan ini mempunyai keterkaitan yang tidak bisa dipisahkan. Perubahan yang terjadi pada skala makro pasti akan berimbas pada perubahan pada skala mikro mengingat organisasi merupakan bagian integral dari masyarakat. Demikian sebaliknya, perubahan yang terjadi pada skala mikro, misalnya perubahan pada organisasi politik seperti yang telah terjadi di Indonesia pada akhirnya berpengaruh terhadap tata kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

Demikian yang dapat saya sampaikan

terima kasih.

Sumber :
SOBIRIN, Achmad. 2014. EKMA4565. Materi pokok manajemen perubahan/ Modul 1. Jakarta: Universitas Terbuka
Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4565 – Manajemen Perubahan 4.5 5 Bank soal UT Friday, December 29, 2023 Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4565 – Manajemen Perubahan Diskusi 1 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4565 – Manajemen Perubahan Pertanyaan Diskusi 1Tuton EKMA4565 Berikan pendapat anda tentang perub...



No comments:

Post a Comment