-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Contoh Soal TAKE HOME EXAM (THE) UT Universitas Terbuka ADBI4432 Bisnis Internasional beserta jawabannya

 on Tuesday, November 7, 2023  

Soal TAKE HOME EXAM (THE) UT Universitas Terbuka ADBI4432 Bisnis Internasional beserta jawabannya

Soal THE ADBI4432 - Bisnis Internasional

1. Pandemi Corona virus disease -2019 (Covid-19), telah mengubah peta globaliasi dunia. Globalisasi pasar yang membuat beberapa industri saling terkait dan dianggap sebagai motor penggerak roda perekonomian dunia tiba-tiba mengalami perlambatan. Hampir semua sektor usaha terimbas pandemi. Keguncangan tidak hanya melanda negara maju tetapi juga negara berkembang. Tidak hanya menghantam perusahaan berskala kecil dan menengah tetapi juga menyusahkan korporasi besar.

- Jelaskan faktor-faktor yang menjadi pemicu terjadinya globalisasi !
- Sektor bisnis mana yang paling terluka dan sektor usaha mana yang relatif lebih diuntungkan oleh pandemic covid-19 ini dan berilah penjelasan mengenai kerapuhan maupun kehandalan sector tersebut ? Berilah masing-masing 2 (dua) contoh sektor usaha.

Jawab :

1 a .PEMICU GLOBALISASI
Secara umum, ada dua faktor utama yang menjadi tren dan yang mengarahkan perekonomian pada globalisasi besar-besaran. Pertama adalah turunnya hambatan dalam arus masuk keluar produk serta jasa dan modal yang terjadi sejak berakhir Perang Dunia (PD) II. Kedua adalah perubahan teknologi, khususnya perkembangan dramatis yang terjadi tahun-tahun belakangan ini di bidang komunikasi, proses informasi, dan teknologi transportasi.

Menurunnya Hambatan Perdagangan dan Investasi
Sejak kurun waktu tahun 1920—1930, beberapa negara telah memberanikan diri untuk mengurangi hambatan dalam perdagangan internasional dan investasi luar negeri. Perdagangan internasional terjadi ketika perusahaan di suatu negara mengekspor barang dan jasa kepada perusahaan di negara lain. Investasi langsung ke luar negeri terjadi ketika perusahaan menginvestasikan sumber daya dalam aktivitas bisnis di luar negara asalnya. Beberapa hambatan dalam perdagangan internasional dapat dilihat dari tingginya tarif impor pada barang-barang pabrik. Tujuan utamanya adalah melindungi industri dalam negeri dari pesaing luar negeri.

Khusus mengenai hambatan impor, berdasarkan teori perdagangan internasional, ada dua jenis atau kelompok besar hambatan impor sebagai berikut.
a. Hambatan tarif terdiri atas
1) tarif impor atau bea masuk;
2) tarif ekspor.

b. Hambatan nontarif dapat diperinci menjadi
1) hambatan kuantitatif, yaitu kuota;
2) hambatan administrasi;
3) persyaratan kandungan lokal.

Kemudian, negara-negara yang tergolong negara industri membuat kesepakatan untuk mengurangi tarif dan hambatan perdagangan lainnya dengan kesepakatan yang berbentuk persetujuan dalam General Agreement on Tarif and Trade (GATT) yang saat ini anggotanya mencapai lebih dari 120 negara. Perjanjian dalam GATT ini diratifikasi dalam Uruguay Round (perputaran Uruguay) pada tahun 1993 yang semakin memantapkan berkurangnya hambatan-hambatan tarif dan dijaminnya proteksi untuk hak paten, merek, dan hukum dagang. Uruguay Round ini menjadi cikal bakal lahirnya World Trade Organization (WTO) yang mengatur sistem perdagangan internasional.

Peranan Perubahan Teknologi
Teknologi adalah salah satu sebab alasan munculnya fenomena globalisasi. Komputer, yang telah mempermudah beban telekomunikasi, kini lebih murah dan lebih canggih daripada sebelumnya. Pada kenyataannya, biaya komputer turun rata-rata 17 persen setahun selama 20 tahun terakhir, bahkan dengan kekuatan prosesnya meningkat secara dramatis. Satu contoh mengenai dampaknya pada komunikasi global adalah satu menit panggilan telepon dari New York ke London sebesar $300 (dalam dolar AS tahun 1996) pada tahun 1930, kini biayanya hanya sekitar satu dolar AS. Teknologi baru akan menuju integrasi bisnis global yang lebih jauh lagi, seperti internet yang semakin diterima sebagai media bisnis di seluruh dunia. Teknologi telah membantu perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah untuk memanfaatkan pasar baru yang disajikan globalisasi. Perusahaan-perusahaan inilah, tanpa dihalangi oleh kantor pusat besar dan birokrasi, dapat mengeksploitasi ceruk pasar global. Komputer, facsimile, dan e-mail telah menggantikan bagian-bagian dari struktur kantor tradisional. Perusahaan yang lebih kecil dapat beroperasi lebih efisien dalam basis geografi yang lebih luas dengan sedikit biaya operasional (overhead cost). Satu-satunya hambatan adalah imajinasi sang wirausahawan (Sadono, 2003). Sejak berakhirnya PD II, terjadi kemajuan di bidang komunikasi yang demikian pesat terhadap proses informasi dan teknologi transportasi yang kemudian menjadi awal timbulnya internet dan world wide web (www).

a. Microprocesors dan telekomunikasi
Microprocesors saat ini telah memacu perkembangan teknologi komunikasi. Setelah lebih dari 30 tahun, komunikasi global telah tumbuh dengan pesatnya yang diiringi dengan perkembangan di bidang teknologi satelit, optical fiber, dan wireless technology serta sekarang internet dan www.

b. Internet dan www
Internet merupakan sebuah jaringan dalam komputer yang dapat mengakses ke seluruh jaringan komputer lainnya di dunia tanpa mengenal batas waktu. Adanya ledakan besar-besaran di bidang informasi yang dikenal dengan information big bang telah membuat adanya dunia yang tanpa batas (borderless world). Setiap tahunnya para pengguna internet dan jaringan www semakin meningkat lebih dari 20%. Pada era global internet, www menjadi salah satu media utama yang dipakai perusahaan berskala global untuk memperkenalkan produknya di seluruh dunia, bahkan dimanfaatkan pula oleh perusahaan untuk melakukan kontak dan transaksi kepada konsumen dengan menggunakan credit card. Dalam hal ini, perusahaan global berupaya memperbaiki home page-nya pada internet agar dapat lebih menarik pengunjung atau konsumen.

c. Teknologi transportasi
Pada lingkungan ekonomi, perkembangan transportasi menjadi salah satu peran terpenting khususnya dalam hubungan antar negara.

Berkembangnya teknologi di bidang penerbangan dan perkapalan telah memudahkan diangkutnya berbagai container yang membawa produk darinegara asal ke negara tujuan. Sehingga dengan perkembangan teknologi transportasi ini telah membuat jarak antara negara di dunia ini menjadi lebih dekat dalam waktu yang lebih singkat (Rusdin, 2002).

1 b.Sektor yang paling dirugikan

Sektor Pariwisata
Tidak dapat dipungkiri sektor ini menjadi sektor pertama yang merasakan keterpurukan pada masa pandemi covid-19.Pasalnya sangat banyak negara-negara yang memberlakukan lockdown yang membuat otomatis bisnis pariwisata ini terhenti untuk dapat mencegah penyebaran virus corona antar negara.

Industri Maskapai Penerbangan
Industri ini juga mengalami kerugian cukup tinggi akibat virus corona. Karena pandemi global saat ini, maskapai penerbangan terpaksa harus mengurangi penerbangan internasional untuk dapat mencegah terjadinya penyebaran yang semakin meluas.Akibat lainnya beberapa maskapai telah memilih opsi menutup operasi dan beberapa diantaranya melakukan PHK terhadap karyawannya untuk bisa mengurangi kerugian.

Sektor yang paling diuntungkan:
Usaha Jasa Kesehatan
Sektor usaha yang paling tumbuh pada saat krisis Covid-19 adalah sektor jasa kesehatan.Baik pada masa normal maupun pada saat krisis, masyarakat akan tetap memerlukan jasa layanan kesehatan serta produk kesehatan sebagai salah satu kebutuhan yang krusial untuk tetap bertahan hidup.

Bisnis Food and Beverage
usaha ini sangat menjanjikan dalam masa pandemi dikarenakan masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum di dalam kondisi apapun dan kondisi serba sulit sekalipun. Bisnis di sektor makanan dan minuman juga membutuhkan modal yang relatif lebih kecil, tenaga kerja yang tak terlalu banyak, namun dapat menghasikan margin laba yang besar dan dengan perputaran arus kas yang cepat

2.Swiss atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Switzerland adalah sebuah negara maju yang terletak di benua Eropa, tepatnya di Eropa Barat. Negara ini merupakan negara pengekspor ke 15 terbesar di dunia dengan nilai ekspor pertahun mencapai 302 milyar US dollar dan import senile 268 miyar US dollar. Swiss juga memiliki sikap politik internasional yang netral , sehingga membantu stabilitas perekonomian mereka. Dengan tingkat pengangguran yang rendah, GDP perkapitanya menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

Swiss merupakan negara daratan dan tidak memiliki wilayah laut, berbatasan dengan Italia di sebelah selatan, Perancis di sebelah barat, Jerman di sebelah utara serta Austria dan Liechtenstein disebelah timurnya. Sebagian besar wilayah Swiss berada di pengunungan Alpen. Hanya memiliki sedikit dataran yang rata, namun memiliki peternakan yang baik. Negara ini tidak memiliki kekayaan sumber daya alam baja tapi mampu tampil sebagai negara produsen jam dan berbagai mesin/alat ukur presisi terkenal.

Dengan menggunakan kerangka bisnis internasional (ekspor – impor), jelaskan apa yang terjadi di
Swiss hingga bisa menjelma menjadi negara maju di tengah keterbatasan SDA !


Jawab :

Swiss dikelilingi oleh negara-negara industri utama seperti Jerman, Prancis, dan Italia. Yang menjadi masalah, juga mirip Belgia, Swiss tidak memiliki sumber daya alam yang bisa diandalkan, sehingga sangat bergantung pada hasil impor. Karena kesadaran itu pula, Swiss pun memusatkan perhatian usahanya pada industri pertanian. Negara ini memiliki keunggulan dalam hal proses pengolahan makanan, memproduksi kebutuhan (makanan) multinasional, selain juga hebat dalam memproduksi jam tangan mewah. Di antara merek terkenal produksi mereka adalah Rolex dan Swatch. Sementara ekspor utama Swiss adalah bahan kimia, mesin, jam tangan, produk pertanian, dan bahan makanan.

3.Pengaruh perang tarif US-Cina terhdap perdagangan Indonesia. Dinamika perseteruan dua raksasa ekonomi dunia , AS dan China semakin sengit berlangsung. Sejak Maret 2018 hingga 20 Juni 2020, AS telah memberlakukan 11 kali penyesuaian tarif dagang. Total tarif AS yang diterapkan secara eksklusif untuk barang-barang China adalah sebesar 550 miliar dolar AS.

Sedangkan, China telah menerapkan 14 kali penyesuaian tarif dagang. Total tarif China yang diterapkann secara eksklusif untuk barang-barang AS adalah 185 miliar dolar AS. Perang dagang tersebut membuat kawasan ASEAN menjadi pihak yang relative diuntungkan termasuk Indonesia. Sebagai salah satu pendiri ASEAN, Indonesia yang juga merupakan salah satu anggota G20, belum terlalu menarik bagi banyak perusahaan Amerika yang keluar dari China. Di Shanghai saja, menurut Komisi Perdagangan Kota, terdapat 701 korporasi global per akhir Agustus 2019. UNCTAD menyebutkan korporasi global yang kini berpusat di China mungkin akan merelokasi bisnisnya ke ASEAN. Salah satu negara yang paling menarik bagi merekan adalah Vietnam dan bukannya Indonesia

- Menurut anda faktor apa yang membuat Vietnam lebih menarik sebagai tujuan relokasi usaha
perusahaan-perusahaan Amerika tersebut?

- Apa yang sebaiknya dilakukan oleh pemerintah RI untuk memanfaatkan perseteruan AS –
China tersebut?


Jawaban :

3 a . Menurut saya ada beberapa faktor yang membuat Vietnam lebih dipilih sebagai tujuan investasi. Faktor-faktor tersebut membuat daya saing investasi Vietnam lebih baik dari Indonesia. Mulai dari peraturan ketenagakerjaan yang lebih luwes, longgar, kemudian upahnya yang relatif lebih rendah. Walaupun tidak selalu lebih rendah dari Indonesia sebetulnya. Lalu logistiknya juga lebih efisien. Kemudian ditambah posisi geografis Vietnam yang strategis karena bertetangga dengan China juga menjadi pertimbangan bagi investor untuk mengalihkan berinvestasi di Vietnam. Ditambah lagi sistem politiknya yang lebih sentralistik sehingga kepastian logistik lebih besar di Vietnam , lebih konsisten, lebih pasti artinya apa yang dikatakan pusat, itu yang dilakukan daerah sementara kalau di Indonesia tidak selalu bisa seperti itu . Jadi hal-hal itu yang memengaruhi investor ke Vietnam jadi lebih besar.

3 b. langkah -langkah strategis dalam memanfaatkan peluang untuk meraih keuntungan dari perang dagang AS-China.

• Menteri Perdagangan dan para diplomat hendaknya tidak hanya sebagai marketers, tetapi juga sebagai opportunity seekers guna meningkatkan kerjasama ekonomi/investasi, perdagangan dan turisme.

• mendorong upaya alih teknologi dan lahirnya ekonomi kreatif. Untuk itu kementerian dan lembaga terkait perlu lebih gesit mengambil langkah strategis guna menggenjot ekonomi kreatif dan melakukan alih teknologi.

• kementerian dan lembaga terkait serta pemerintah daerah hendaknya lebih responsif dan bekerja lebih serius mempercepat pemerataan pembangun infrastruktur dan peningkatan kwalitas sumber daya manusia, terutama di kawasan Indonesia timur yang memiliki potensi wisatawan yang besar.

4. Globalisasi menawarkan banyak cara dalam melakukan perluasan usaha. Indonesia sebagai negara yang meiliki SDA yang melimpah ternyata memiliki keterbatasan modal dalam mengelola potensi yang ada. Untuk itu melalui saluran globalisasi diundanglah para pemilik modal asing untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan dan pengembangan potensi yang ada.

• Sebutkan dua sektor yang menurut anda bisa menjadi unggulan Indonesia dalam mengundang
investor asing dan jelaskan alasannya !
• Sebutkan Cara-cara memasuki pasar luar negeri yang anda ketahui, dan jelaskan cara mana
yang paling baik menurut anda !


Jawab :

3. a
• Sektor Usaha Pariwisata
Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat berpotensi untuk menjadi tempat pariwisata bagi para wisatawan asing dari mancanegara hal ini tentunya dapat menarik para Investor asing Untuk melakukan Investasi di Indonesia. Contoh nya adalah Pulau Bali.

• Sektor Pertambangan Mineral dan Batubara.
Sektor ini sangat menarik di kalangan investor karena cadangan mineral dan batu bara di Indonesia yang begitu besar dan menjadi salah satu aset paling menarik secara global. Perusahaan pertambangan internasional sangat mengetahui reputasi Indonesia pada potensi dan kesempatan pertambangan, terutama di sektor batu bara.

3. b Cara-cara memasuki pasar luar negeri

1. Ekspor Langsung
Perusahaan melakukan ekspor langsung dengan cara menjual produknya langsung ke luar negeri atau melalui distributor yang mewakili kegiatan penjualan.

2. Lisensi
Metode kedua yaitu memberikan perizinan atau lisensi kepada perusahaan di negara lain untuk menggunakan properti perusahaanmu. Biasanya, properti ini bersifat intangible atau tidak terlihat, seperti trademark, hak paten, atau langkah produksinya. Perusahaan lain akan membayar lisensi yang diberikan sebagai biaya hak cipta. produk. Sebagai contoh adalah produsen coca cola melakukan pemasaran internasionalnya dengan lisensi pembotolan atau memberi hak pembotolan ke seluruh dunia. Coca cola hanya memasok sirop atau bahan baku dan memberikan pelatihan untuk memproduksi, mendistribusikan, dan menjual.

3. Joint venture atau patungan
Dengan joint venture, investor luar negeri dapat bergabung dengan investor lokal untuk membentuk usaha bersama atau patungan serta berbagi kepemilikan dan kendali. Keuntungannya, perusahaan bisa belajar dan memahami budaya serta kebutuhan masyarakat negara tujuan secrinci. Kelemahan dari joint venture ini menyangkut persamaan kebijakan investasi atau pemasaran, antara investor luar negeri dan dalam negeri.

4.Investasi langsung
Perusahaan multinasional dapat memasuki pasar luar negeri dengan cara kepemilikan langsung atas fasilitas perakitan atau manufaktur berbasis luar negeri. Keuntungan dari investasi langsung antara lain, perusahaan dapat menghemat biaya dalam bentuk tenaga kerja atau bahan mentah yang lebih murah, biaya angkut lebih murah, memberikan kesan baik di mata yang negara dituju karena menciptakan lapangan pekerjaan, serta mendapatkan kendali penuh atas usahanya.

Menurut saya cara paling baik untuk memasuki pasar luar negeri adalah dengan Joint Venture :
Kolaborasi dan kombinasi dari perusahaan membuat perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam joint venture dapat memasuki pasar dengan cakupan yang lebih luas dengan memanfaatkan jaringan-jaringan yang mereka miliki. Karena itu, joint venture sering digunakan oleh suatu perusahaan yang ingin memasuki pasar internasional dengan membangun kolaborasi dengan perusahaan lokal yang sudah memiliki jaringan bisnis yang baik sebelumnya. Oleh sebab itu, banyak bisnis melakukan joint venture pada proses awal mereka melakukan ekspansi ke pasar global.

Sumber Refrensi :
Purbasari, Ratih. 2021. Materi pokok bisnis internasional. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka.
https://www.merdeka.com/uang/penyebab-investor-lebih-pilih-vietnam-daripada-indonesia
diakses pada tgl 19-06-2022
https://www.liputan6.com/citizen6/read/3631335/5-negara-maju-ini-ternyata-minim-sumber-daya-alam
diakses pada tgl 19-06-2022

Contoh Soal TAKE HOME EXAM (THE) UT Universitas Terbuka ADBI4432 Bisnis Internasional beserta jawabannya 4.5 5 Bank soal UT Tuesday, November 7, 2023 Contoh Soal TAKE HOME EXAM (THE) UT Universitas Terbuka ABDI4432 Bisnis Internasional beserta jawabannya Soal TAKE HOME EXAM (THE) UT Universitas Terbuka ADBI4432 Bisnis Internasional beserta jawabannya 1. Pandemi Corona virus disease -2019 (Cov...



No comments:

Post a Comment