-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan KB 1 Beserta Kunci Jawaban

 on Thursday, January 23, 2020  

Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan KB 1 Beserta Kunci Jawaban

EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan


Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1) Pengertian rantai pasokan adalah ....

A. proses pengiriman produk jadi dari manufaktur sampai pada konsumen akhir yang melibatkan berbagai pihak.
B. pengubahan bahan baku dan bahan penolong menjadi barang jadi yang mempunyai nilai tambah melalui suatu proses transformasi.
C. suatu bentuk kerja sama dan koordinasi yang terdiri dari berbagai pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam memenuhi permintaan konsumen.
D. proses pemilihan pemasok untuk menjamin kelancaran produksi yang menghasilkan produk akhir bagi konsumen.

Jawaban.
A. proses pengiriman produk jadi dari manufaktur sampai pada konsumen akhir yang melibatkan berbagai pihak.


2) Manajemen rantai pasokan mempunyai arti ....

A. pelibatan pihak-pihak luar organisasi dalam proses transformasi bahan baku dan bahan penolong menjadi barang jadi yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
B. usaha mengkoordinasikan dan mengintegrasikan sejumlah aktivitas yang terkait dengan produk di dalam rantai pasokan untuk meningkatkan efisiensi operasi, kualitas, dan layanan pelanggan agar
dapat memperoleh keunggulan bersaing yang berkelanjutan bagi semua organisasi yang berkolaborasi.
C. usaha mengelola pengiriman barang jadi kepada konsumen akhir dengan memilih pihak-pihak yang terlibat di dalamnya yang mampu memberikan biaya yang paling murah.
D. pengelolaan aliran barang dan jasa dari pabrik manufaktur sampai kepada konsumen akhir yang meliputi berbagai pihak di luar organisasi yang terintegrasi secara sistematis.

Jawaban.
B. usaha mengkoordinasikan dan mengintegrasikan sejumlah aktivitas yang terkait dengan produk di dalam rantai pasokan untuk meningkatkan efisiensi operasi, kualitas, dan layanan pelanggan agar
dapat memperoleh keunggulan bersaing yang berkelanjutan bagi semua organisasi yang berkolaborasi.
Manajemen rantai pasokan dapat diartikan sebagai usaha  mengkoordinasikan dan mengintegrasikan sejumlah aktivitas yang terkait dengan produk di dalam rantai pasokan untuk meningkatkan efisiensi operasi, kualitas, dan layanan pelanggan agar dapat memperoleh keunggulan bersaing yang berkelanjutan bagi semua organisasi yang berkolaborasi (Wisner, Tan, dan Leong; 2009).

3) Tujuan rantai pasokan adalah ....

A. mempersingkat jalur distribusi produk dari pabrik ke konsumen.
B. memperkuat kerja sama antar pihak dalam pendistribusian barang sampai pada konsumen akhir.
C. mempercepat pengiriman barang sehingga barang dapat diterima konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat.
D. mencapai biaya yang minimum dan tingkat pelayanan yang maksimum.

Jawaban.
D. mencapai biaya yang minimum dan tingkat pelayanan yang maksimum.

4) Manajemen rantai pasokan mempunyai arti penting yang meliputi bidang-bidang utama, yaitu ...

A. keuangan, pemasaran, operasi, pengembangan sumber daya manusia, dan penganggaran.
B. produksi, persediaan, lokasi, transportasi, dan informasi.
C. koordinasi, integrasi, komunikasi, dan kerja sama.
D. pengelolaan sumber daya, keuangan, teknologi,

Jawaban.
B. produksi, persediaan, lokasi, transportasi, dan informasi.

5) Persediaan jenis yang dibeli oleh perusahaan tertentu sudah dalam bentuk barang jadi dan diperdagangkan kembali disebut barang ....

A. baku
B. komoditas
C. setengah jadi
D. jadi

Jawaban.
B. komoditas
Barang komoditas (commodity): persediaan jenis ini adalah barang yang dibeli oleh perusahaan tertentu sudah dalam bentuk barang jadi dan diperdagangkan, dalam arti dijual kembali kepada konsumen. Di perusahaan tersebut, barang ini dapat diproses lagi, misalnya diganti bungkusnya atau diperkecil kemasannya, tetapi dapat juga dijual lagi langsung dalam bentuk asli seperti saat dibeli.

6) Hasil proses bahan baku untuk kemudian diproses lebih lanjut menjadi barang jadi disebut barang ....

A. setengah jadi
B. penolong
C. komoditas
D. proyek

Jawaban.
A. setengah jadi
bahan setengah jadi adalah hasil dari proses bahan baku. Bahan setengah jadi dapat langsung diproses di pabrik yang sama menjadi bahan jadi,

7) Hubungan antara dua perusahaan dalam rantai pasokan dapat berjalan dengan baik apabila terdapat keterkaitan dan sharing informasi diantara keduanya mengenai ….

A. aktivitas internal
B. kondisi keuangan
C. penyedia bahan baku
D. identitas pelanggan

Jawaban.
A. aktivitas internal

8) Berikut ini merupakan penentu keberhasilan manajemen rantai pasokan kecuali ....

A. dukungan sumber daya manusia
B. kepemimpinan
C. komitmen untuk berubah
D. perjanjian kerja sama

Jawaban.
D. perjanjian kerja sama
Keberhasilan manajemen rantai pasokan juga memerlukan:
a) Dukungan sumber daya manusia, kepemimpinan dan komitmen untuk berubah.
b) Memahami sejauh mana perubahan yang diperlukan.
c) Menyetujui visi dan proses inti manajemen rantai pasokan.
d) Komitmen pada perlunya sumber daya dan kekuasaan atau wewenang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

9) Langkah pertama dalam manajemen rantai pasokan adalah mengidentifikasi pelanggan utama atau pelanggan yang kritis dengan misi dagang perusahaan yang disebut dengan ....

A. demand management
B. customer service management
C. customer relationship management
D. supply management

Jawaban.
C. customer relationship management
Customer Relationship Management (CRM): langkah pertama
manajemen rantai pasokan adalah mengidentifikasi pelanggan utama atau pelanggan yang kritis dengan misi dagang perusahaan.

10) Proses dalam rantai pasokan yang menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dengan kemampuan supply perusahaan serta menentukan apa yang akan dibeli pelanggan dan kapan disebut ...

A. demand management
B. customer service management
C. customer relationship management
D. supply management

Jawaban.
A. demand management
Demand Management: proses ini harus menyeimbangkan kebutuhan pelanggan dengan kemampuan supply perusahaan, menentukan apa yang akan dibeli pelanggan dan kapan.

11) Yang disebut dengan persediaan adalah ...

A. produk akhir yang dimiliki perusahaan dan siap untuk dijual
B. beberapa jenis barang yang disimpan di gudang dengan tujuan tertentu
C. bahan baku yang diterima dari pemasok dan akan digunakan dalam proses produksi
D. barang yang ada di gudang yang akan digunakan untuk produksi

Jawaban.
B. beberapa jenis barang yang disimpan di gudang dengan tujuan tertentu

12) Tipe distribusi yang dilakukan dengan menjual produk sebanyak mungkin ke retail atau pedagang grosir disebut tipe distribusi ...

A. selektif
B. eksklusif
C. intensif
D. inklusif

Jawaban.
C. intensif
Distribusi intensif memiliki arti bahwa produk-produk yang didistribusikan dijual sebanyak mungkin ke retail atau pedagang grosir.

13) Tipe distribusi yang memberikan hak khusus kepada sebuah toko tunggal untuk menjual produk pada daerah tertentu disebut distribusi ....

A. selektif
B. eksklusif
C. intensif
D. inklusif

Jawaban.
B. eksklusif
Distribusi eksklusif apabila sebuah toko tunggal diberikan hak eksklusif untuk menjual produk pada daerah tertentu.

14) Produk-produk dengan biaya per-unit yang tinggi membutuhkan rantai pasokan yang lebih pendek (lebih sedikit anggota) dengan tujuan agar ....

A. mempermurah harga jual
B. menekan biaya distribusi
C. menyederhanakan aliran rantai pasokan
D. meminimalkan total investasi persediaan

Jawaban.
D. meminimalkan total investasi persediaan
Produk-produk dengan biaya per-unit yang tinggi membutuhkan investasi persediaan yang cukup besar. Sebagai konsekuensinya, produk-produk yang bernilai tinggi membutuhkan rantai pasokan yang lebih pendek (lebih sedikit anggota) untuk meminimalkan total investasi persediaan.

15) Tingkat dukungan pasar juga dapat mempengaruhi usaha penjualan suatu produk. Untuk produk baru dengan identifikasi merek yang rendah memerlukan jenis penjualan yang ….

A. agresif
B. selektif
C. eksklusif
D. intensif

Jawaban.
A. agresif
Untuk produk-produk baru dengan sedikit dukungan pasar dan identifikasi merek yang rendah membutuhkan penjualan yang lebih agresif.

16) Semua aktivitas pemenuhan permintaan konsumen yang dinyatakan secara kuantitatif disebut dengan ….

A. pengukuran rantai pasokan
B. kinerja rantai pasokan
C. aliran rantai pasokan
D. kuantitatif rantai pasokan

Jawaban.
B. kinerja rantai pasokan
Kinerja manajemen rantai pasokan adalah semua
aktivitas pemenuhan permintaan konsumen yang dinyatakan secara kuantitatif. Hasil akhirnya adalah angka atau persentase dari aktivitas pemenuhan permintaan pelanggan oleh perusahaan.

17) Penilaian persediaan yang diperoleh dengan cara membagi rata-rata nilai agregat persediaan berdasarkan penjualan per minggu berdasar biaya (at cost) disebut ....

A. persediaan tahunan
B. nilai rata-rata persediaan
C. persediaan bulanan
D. minggu pasokan

Jawaban.
D. minggu pasokan
Minggu pasokan adalah penilaian persediaan yang diperoleh dengan cara membagi rata-rata nilai agregat persediaan berdasarkan penjualan per minggu berdasar biaya (at cost).
Minggu pasokan = Nilai agregat rata-rata persediaan/Penjualan mingguan

18) Semakin tinggi perputaran persediaan berarti akan menurunkan ….

A. modal kerja
B. margin kontribusi
C. pendapatan
D. aset tetap

Jawaban.
A. modal kerja

19. Kasus berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan no. 19 dan no. 20. Sebuah perusahaan mencatat bahwa penjualan produk tahun sebelumnya adalah sebesar Rp3.410.000.000,00 dan perusahaan beroperasi selama 52 minggu per tahun. Perusahaan menggunakan tujuh item dalam persediaannya, yaitu tiga item bahan baku, dua item barang setengah  jadi, dan dua item barang akhir. Tabel berikut menggambarkan  tingkat persediaan rata-rata tahun lalu.

SOAL NO.19


Berapakah rata-rata penjualan bulanannya ?
A. Rp62.375.500
B. Rp63.756.840
C. Rp65.576.923
D. Rp67.771.432

Jawaban.
C. Rp65.576.923
SOAL NO.20


20) Berapakah minggu pasokannya?

A. 3,5 minggu
B. 4,5 minggu
C. 5,5 minggu
D. 6,5 minggu

Jawaban.
C. 5,5 minggu
Minggu pasokan adalah Rp360.500.000,00 : Rp65.576. 923 = 5,5 minggu

Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan KB 1 Beserta Kunci Jawaban 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Thursday, January 23, 2020 Soal Latihan Ujian Universitas Terbuka EKMA4371 Manajemen Rantai Pasokan KB 1 Beserta Kunci Jawaban Pilihlah satu jawaban yang palin...



No comments:

Post a Comment