Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 6 Beserta Pembahasannya
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1) Nilai, pemikiran, dan simbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan, dan kebiasaan seseorang dan masyarakat merupakan definisi ….
A. budaya
B. nilai
C. norma
D. adat
Jawaban.
A. budaya
A. budaya
2) Minum teh dan kopi selalu dengan gula merupakan contoh dari salah satu unsur budaya yaitu ….
A. larangan
B. mitos
C. konvensi
D. simbol
Jawaban.
C. konvensi
C. konvensi
3) Sebagian dari budaya popular berkaitan dengan teknologi ….
A. komunikasi
B. transportasi
C. fotografi
D. iklan
Jawaban.
D. iklan
D. iklan
4) Perusahaan melihat budaya dan mengembangkan pemahaman budaya tersebut menjadi produk merupakan hubungan antara ….
A. budaya dan strategi pemasaran
B. nilai dan startegi pemasaran
C. komunikasi dan strategi pemasaran
D. kepercayaan dengan strategi pemasaran
Jawaban.
A. budaya dan strategi pemasaran
A. budaya dan strategi pemasaran
5) Kepercayaan yang dianggap penting oleh masyarakat adalah pengertian dari ...
A. norms
B. customs
C. value
D. nilai dan norma
Jawaban.
C. value
C. value
6) Norma terbagi atas ....
A. enacted norms
B. cresive norms
C. A dan B Benar
D. A dan B Salah
Jawaban.
C. A dan B Benar
C. A dan B Benar
7) Beberapa perayaan hari-hari besar keagamaan adalah ….
A. Tabuik
B. Telur paskah
C. Maulid Nabi
D. Semuanya benar
Jawaban.
D. Semuanya benar
D. Semuanya benar
8) Mitos adalah ….
A. norma dalam kehidupan sehari-hari
B. unsur penting dari budaya
C. sesuatu yang memiliki arti
D. aturan dari masyarakat
Jawaban.
B. unsur penting dari budaya
B. unsur penting dari budaya
9) Budaya populer yang digunakan oleh banyak produsen untuk mengiklankan produknya yaitu ...
A. radio
B. pamflet
C. televisi
D. spanduk
Jawaban.
C. televisi
C. televisi
10) Hal yang terkait dalam budaya popular khususnya komputer, kecuali…..
A. telepon genggam
B. internet
C. komputer
D. faksimile
Jawaban.
D. faksimile
D. faksimile
11) Bagian dari budaya yang lebih luas dimana anggotanya saling berbagi nilai-nilai yang berbeda dari perilakunya merupakan ....
A. subnilai
B. submitos
C. subkonvensi
D. subkultur
Jawaban.
D. subkultur
D. subkultur
12) Dua fungsi kartu kredit yaitu ….
A. alat pembayaran (method of payment) dan sumber kredit yang bergulir (revolving credit)
B. alat pembayaran (method of payment) dan alat hutang (method of debt)
C. alat hutang (method of debt) dan sumber pendapatan (income resource)
D. sumber pendapatan (income resource) dan sumber pengeluaran (outcome resource)
Jawaban.
A. alat pembayaran (method of payment) dan sumber kredit yang bergulir (revolving credit)
A. alat pembayaran (method of payment) dan sumber kredit yang bergulir (revolving credit)
13) Kecenderungan pembelian item dalam mode dan berhubungan dengan diri kepatutan, sosial presentasi diri merupakan salah satu kelas sosial yang berada pada kelas .…
A. atas
B. menengah
C. pekerja
D. bawah
Jawaban.
B. menengah
B. menengah
14) Jenis kartu kredit yang banyak digunakan oleh keluarga adalah ...
A. Master Card Gold
B. Diners Club Gold
C. Visa Silver
D. Visa Gold
Jawaban.
C. Visa Silver
C. Visa Silver
15) Cara keluarga menggunakan kartu kredit yaitu sebagai ....
A. alat pembayaran
B. alat tukar
C. sumber kredit bergulir
D. Jawaban a dan b benar
Jawaban.
C. sumber kredit bergulir
C. sumber kredit bergulir
16) Bentuk lain dari pengelompokan masyarakat ke dalam kelas atau kelompok yang berbeda, disebut...
A. tingkatan sosial
B. kelas sosial
C. status sosial
D. perbedaan sosial
Jawaban.
B. kelas sosial
B. kelas sosial
17) Yang dipengaruhi oleh kelas sosial adalah, kecuali ....
A. jenis produk
B. merek yang dikonsumsi
C. jenis jasa
D. jawaban a,b dan c salah
Jawaban.
C. jenis jasa
C. jenis jasa
18) “....social class is defined as the division of members of a society into a hierarchy of distinct status classes, so that members of each class have relatively the same status and members of all other classes have either more or less status”. Merupakan pernyataan dari ….
A. Solomon
B. Peter dan Olson
C. Schiffman dan Kanuk
D. Loundon dan Della Bitta
Jawaban.
A. Solomon
A. Solomon
19) Perbedaan kelas sosial dapat menggambarkan hal-hal berikut ini, kecuali perbedaan ....
A. pengeluaran
B. pendapatan
C. nilai-nilai yang dianut
D. gaya hidup
Jawaban.
C. nilai-nilai yang dianut
C. nilai-nilai yang dianut
20) Faktor – faktor yang menentukan kelas sosial, antara lain...
A. ekonomi dan agama
B. ekonomi dan politik
C. pendidikan dan interaksi
D. politik dan lingkungan
Jawaban.
C. pendidikan dan interaksi
C. pendidikan dan interaksi
Kerjakanlah latihan berikut!
1) Bagaimana cara budaya mempengaruhi sikap dan perilaku?
Jawaban.
Budaya atau culture merupakan salah satu faktor lingkungan konsumen.Pengertian budaya dapat bersifat terlihat ataupun tidak terlihat seperti nilai ataupun simbol. Selain itu, budaya juga dapat berbentuk objek material seperti bangunan hasil karya manusia, pemikiran manusia ataupun nilai-nilai juga merupakan bagian dari budaya. Suatu nilai yang diterima oleh masyarakat dapat menjadi sebuah budaya seperti budaya kita kepada orang yang lebih tua memanggil dengan sebutan kakak, mas, mba. Hal tersebut telah diterima menjadi pemikiran oleh semua masyarakat, sehingga dapat dikatakan bahwa salah satu dari budaya masyarakat Indonesia, yaitu memanggil orang yang lebih tua atau yang memiliki posisi lebih tinggi tidak langsung menyebutkan nama, hal tersebut juga merupakan salah satu karakter masyarakat Indonesia. Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa budaya adalah segala nilai, pemikiran, dan simbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan, dan kebiasaan seseorang dan masyarakat.
Budaya atau culture merupakan salah satu faktor lingkungan konsumen.Pengertian budaya dapat bersifat terlihat ataupun tidak terlihat seperti nilai ataupun simbol. Selain itu, budaya juga dapat berbentuk objek material seperti bangunan hasil karya manusia, pemikiran manusia ataupun nilai-nilai juga merupakan bagian dari budaya. Suatu nilai yang diterima oleh masyarakat dapat menjadi sebuah budaya seperti budaya kita kepada orang yang lebih tua memanggil dengan sebutan kakak, mas, mba. Hal tersebut telah diterima menjadi pemikiran oleh semua masyarakat, sehingga dapat dikatakan bahwa salah satu dari budaya masyarakat Indonesia, yaitu memanggil orang yang lebih tua atau yang memiliki posisi lebih tinggi tidak langsung menyebutkan nama, hal tersebut juga merupakan salah satu karakter masyarakat Indonesia. Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa budaya adalah segala nilai, pemikiran, dan simbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan, dan kebiasaan seseorang dan masyarakat.
2) Apa saja Unsur-Unsur dalam Budaya?
Jawaban.
Unsur- unsur budaya diantaranya meliputi nilai, norma, kebiasaan, larangan, kovensi, mitos dan simbol yang terdapat pada suatu masyarakat.
Unsur- unsur budaya diantaranya meliputi nilai, norma, kebiasaan, larangan, kovensi, mitos dan simbol yang terdapat pada suatu masyarakat.
3) Jelaskan yang disebut dengan nilai (Value)
Jawaban.
Nilai merupakan kepercayaan atau segala sesuatu yang dianggap penting oleh seseorang atau suatu masyarakat. Nilai bisa berarti sebuah kepercayaan tentang suatu hal, namun nilai bukan hanya kepercayaan.Nilai biasanya jumlahnya relatif lebih sedikit. Nilai mengarahkan seseorang untuk berperilaku yang sesuai dengan budayanya. Nilai biasanya berlangsung lama dan sulit berubah. Nilai tidak terkait dengan suatu objek atau situasi. Nilai diterima oleh anggota masyarakat.
Nilai merupakan kepercayaan atau segala sesuatu yang dianggap penting oleh seseorang atau suatu masyarakat. Nilai bisa berarti sebuah kepercayaan tentang suatu hal, namun nilai bukan hanya kepercayaan.Nilai biasanya jumlahnya relatif lebih sedikit. Nilai mengarahkan seseorang untuk berperilaku yang sesuai dengan budayanya. Nilai biasanya berlangsung lama dan sulit berubah. Nilai tidak terkait dengan suatu objek atau situasi. Nilai diterima oleh anggota masyarakat.
4) Jelaskan yang disebut dengan Norma (Norms)
Jawaban.
Norma adalah aturan masyarakat tentang sikap baik dan buruk atau tindakan yang boleh dan tidak boleh. Norma terbagi ke dalam dua macam. Pertama, norma (enacted norms) yang disepakati berdasarkan aturan pemerintah dan ketatanegaraan. Biasanya berbentuk peraturan dan undang-undang. Norma ini harus dipatuhi oleh masyarakat dan dalam banyak hal. Jika norma tersebut dilanggar, akan dikenakan sanksi, misalnya pengendara yang tidak menaati lampu lalu lintas akan dikenakan tilang oleh polisi. Norma resmi tersebut akan berbeda antarprovinsi, antar kabupaten, dan antarnegara. Di Indonesia, mobil berjalan di sebelah kiri jalan, sedangkan di Amerika mobil ada di sebelah kanan jalan. Norma kedua disebut cresive norm, yaitu norma yang ada dalam budaya dan bisa dipahami dan dihayati jika orang tersebut berinteraksi dengan orang-orang dari budaya yang sama.
Norma adalah aturan masyarakat tentang sikap baik dan buruk atau tindakan yang boleh dan tidak boleh. Norma terbagi ke dalam dua macam. Pertama, norma (enacted norms) yang disepakati berdasarkan aturan pemerintah dan ketatanegaraan. Biasanya berbentuk peraturan dan undang-undang. Norma ini harus dipatuhi oleh masyarakat dan dalam banyak hal. Jika norma tersebut dilanggar, akan dikenakan sanksi, misalnya pengendara yang tidak menaati lampu lalu lintas akan dikenakan tilang oleh polisi. Norma resmi tersebut akan berbeda antarprovinsi, antar kabupaten, dan antarnegara. Di Indonesia, mobil berjalan di sebelah kiri jalan, sedangkan di Amerika mobil ada di sebelah kanan jalan. Norma kedua disebut cresive norm, yaitu norma yang ada dalam budaya dan bisa dipahami dan dihayati jika orang tersebut berinteraksi dengan orang-orang dari budaya yang sama.
5) Jelaskan yang dimaksud dengan kebiasaan (Customs)
Jawaban.
Kebiasaan adalah berbagai bentuk perilaku dan tindakan yang diterima secara budaya. Kebiasaan tersebut diturunkan dari generasi ke generasi secara turun temurun. Kebiasaan juga menyangkut berbagai jenis perayaan yang terus menerus dilakukan secara rutin, seperti upacara perkawinan, upacara pemakaman, upacara pelantikan pejabat, upacara ulang tahun, dan upacara keagamaan. Selama bertahun-tahun, orang Indonesia mempunyai kebiasaan saling berkirim ucapan selamat hari raya Idul Fitri menggunakan surat. Kebiasaan tersebut masih terus berlangsung walaupun telah ada telepon seluler dan internet. Kedua teknologi tersebut telah digunakan sebagai sarana mengirimkan ucapan selamat sebagai pengganti surat. Ini merupakan contoh bagaimana teknologi telah dimanfaatkan untuk membina hubungan sosial. Dalam kasus tersebut, teknologi tidak menghilangkan kebiasaan baik, malah melanggengkan dengan cara yang lebih efesien.
Kebiasaan adalah berbagai bentuk perilaku dan tindakan yang diterima secara budaya. Kebiasaan tersebut diturunkan dari generasi ke generasi secara turun temurun. Kebiasaan juga menyangkut berbagai jenis perayaan yang terus menerus dilakukan secara rutin, seperti upacara perkawinan, upacara pemakaman, upacara pelantikan pejabat, upacara ulang tahun, dan upacara keagamaan. Selama bertahun-tahun, orang Indonesia mempunyai kebiasaan saling berkirim ucapan selamat hari raya Idul Fitri menggunakan surat. Kebiasaan tersebut masih terus berlangsung walaupun telah ada telepon seluler dan internet. Kedua teknologi tersebut telah digunakan sebagai sarana mengirimkan ucapan selamat sebagai pengganti surat. Ini merupakan contoh bagaimana teknologi telah dimanfaatkan untuk membina hubungan sosial. Dalam kasus tersebut, teknologi tidak menghilangkan kebiasaan baik, malah melanggengkan dengan cara yang lebih efesien.
6) Apasaja Unsur-Unsur dalam Budaya
Jawaban.
Unsur- unsur budaya diantaranya meliputi nilai, norma, kebiasaan, larangan, kovensi, mitos dan simbol yang terdapat pada suatu masyarakat.
Unsur- unsur budaya diantaranya meliputi nilai, norma, kebiasaan, larangan, kovensi, mitos dan simbol yang terdapat pada suatu masyarakat.
7) Jelaskan yang dimaksud dengan larangan (Mores)
Jawaban.
Larangan adalah berbagai bentuk kebiasaan yang mengandung aspek moral, biasanya berbentuk tindakan yang tidak boleh dilakukan oleh seseorang dalam suatu masyarakat. Pelanggaran terhadap larangan tersebut akan mengakibatkan sanksi sosial. Larangan yang berlaku di masyarakat Indonesia bisa bersumber dari budaya atau dari nila-nilai agama.
Larangan adalah berbagai bentuk kebiasaan yang mengandung aspek moral, biasanya berbentuk tindakan yang tidak boleh dilakukan oleh seseorang dalam suatu masyarakat. Pelanggaran terhadap larangan tersebut akan mengakibatkan sanksi sosial. Larangan yang berlaku di masyarakat Indonesia bisa bersumber dari budaya atau dari nila-nilai agama.
8) Jelaskan yang dimaksud dengan konvensi (Conventions)
Jawaban.
Konvensi menggambarkan anjuran atau kebiasaan bagaimana seseorang harus bertindak sehari-hari dan biasanya berkaitan dengan perilaku konsumen, yaitu perilaku rutin yang dilakukan oleh konsumen. Beberapa contoh konvensi adalah makan bubur dengan sambal, minum teh dan kopi selalu dengan gula. Suami menyebut istrinya dengan panggilan mama, ibu, mami dan sebagainya. Menyebut orang yang dihormati dengan sebutan bapak atau ibu.
Konvensi menggambarkan anjuran atau kebiasaan bagaimana seseorang harus bertindak sehari-hari dan biasanya berkaitan dengan perilaku konsumen, yaitu perilaku rutin yang dilakukan oleh konsumen. Beberapa contoh konvensi adalah makan bubur dengan sambal, minum teh dan kopi selalu dengan gula. Suami menyebut istrinya dengan panggilan mama, ibu, mami dan sebagainya. Menyebut orang yang dihormati dengan sebutan bapak atau ibu.
9) Jelaskan yang dimaksud dengan mitos
Jawaban.
Mitos merupakan unsur penting dalam budaya lainnya. Mitos menggambarkan cerita atau kepercayaan yang mengandung nilai dan idealisme bagi suatu masyarakat. Mitos sering kali sulit dibuktikan kebenarannya. Masyarakat Jawa memiliki mitos yang banyak mengenai raja-raja mereka, termasuk mitos dari Wali Songo. Wali Songo adalah sembilan orang muslim yang menyebarluaskan agama Islam di pulau Jawa. Banyak mitos atau cerita yang beredar mengenai kehebatan metafisika dari Wali Songo terebut. Membedakan mana cerita yang benar dan mana cerita khayalan adalah sangat sulit. Masyarakat tradisional tampaknya menikmasti saja cerita-cerita mitos tersebut.
Mitos merupakan unsur penting dalam budaya lainnya. Mitos menggambarkan cerita atau kepercayaan yang mengandung nilai dan idealisme bagi suatu masyarakat. Mitos sering kali sulit dibuktikan kebenarannya. Masyarakat Jawa memiliki mitos yang banyak mengenai raja-raja mereka, termasuk mitos dari Wali Songo. Wali Songo adalah sembilan orang muslim yang menyebarluaskan agama Islam di pulau Jawa. Banyak mitos atau cerita yang beredar mengenai kehebatan metafisika dari Wali Songo terebut. Membedakan mana cerita yang benar dan mana cerita khayalan adalah sangat sulit. Masyarakat tradisional tampaknya menikmasti saja cerita-cerita mitos tersebut.
10) Jelaskan yang dimaksud dengan budaya popular
Jawaban.
Budaya berpengaruh terhadap perilaku kita sebagai konsumen, seperti bagaimana kita mengalokasikan uang atau waktu yang dimiliki. Selain itu, ada juga yang dikenal dengan istilah popular. Budaya popular adalah budaya yang dimiliki dan bisa diterima atau diakses oleh banyak orang dan sebagian berkaitan dengan teknologi iklan dimana hampir semua dapat mengakses iklan di televisi bahkan internet. Selain itu, televisi, musik, radio, pakaian dan aksesoris dan games juga merupakan bagian dari budaya popular
Budaya berpengaruh terhadap perilaku kita sebagai konsumen, seperti bagaimana kita mengalokasikan uang atau waktu yang dimiliki. Selain itu, ada juga yang dikenal dengan istilah popular. Budaya popular adalah budaya yang dimiliki dan bisa diterima atau diakses oleh banyak orang dan sebagian berkaitan dengan teknologi iklan dimana hampir semua dapat mengakses iklan di televisi bahkan internet. Selain itu, televisi, musik, radio, pakaian dan aksesoris dan games juga merupakan bagian dari budaya popular
11) Dimana saja konsumen dapat menemukan iklan?
Jawaban.
Iklan sering sekali kita jumpai di berbagai media maupun tempat. Iklan biasanya disajikan bukan hanya melalui media cetak saja namun juga disajikan melalui media elektronik. Melalui media cetak konsumen dapat menemukan berbagai iklan di majalah-majalah, surat kabar, dll. Selain media cetak konsumen juga sering kali diperlihatkan iklan melalui media elektonik seperti televisi, radio, internet, dan lain-lain.
Iklan sering sekali kita jumpai di berbagai media maupun tempat. Iklan biasanya disajikan bukan hanya melalui media cetak saja namun juga disajikan melalui media elektronik. Melalui media cetak konsumen dapat menemukan berbagai iklan di majalah-majalah, surat kabar, dll. Selain media cetak konsumen juga sering kali diperlihatkan iklan melalui media elektonik seperti televisi, radio, internet, dan lain-lain.
12) Informasi apa saja yang konsumen peroleh dari televisi?
Jawaban.
Televisi merupakan salah satu media elektronik yang memiliki jangkauan yang sangat luas bagi masyarakat. Di televisi kita banyak menjumpai berbagai macam hal seperti berita, musik, politik, sosial, dan budaya. Beberapa konsumen juga memperoleh hiburan dari televisi. Contohnya adalah sebagian kalangan anak muda yang suka dengan musik. Mereka senang sekali dan merasa terhibur jika menonton idolanya bernyanyi di televisi. Konsumen juga bisa memperoleh banyak informasi melalui televisi. Misalkan bapak-bapak yang bekerja biasanya mereka akan menonton berita terlebih dahulu sebelum mereka bekerja lengkap dengan kopi atau teh hangatnya. Mereka dapat memperoleh berita yang sedang marak pada saat itu melalui program berita di televisi.
Televisi merupakan salah satu media elektronik yang memiliki jangkauan yang sangat luas bagi masyarakat. Di televisi kita banyak menjumpai berbagai macam hal seperti berita, musik, politik, sosial, dan budaya. Beberapa konsumen juga memperoleh hiburan dari televisi. Contohnya adalah sebagian kalangan anak muda yang suka dengan musik. Mereka senang sekali dan merasa terhibur jika menonton idolanya bernyanyi di televisi. Konsumen juga bisa memperoleh banyak informasi melalui televisi. Misalkan bapak-bapak yang bekerja biasanya mereka akan menonton berita terlebih dahulu sebelum mereka bekerja lengkap dengan kopi atau teh hangatnya. Mereka dapat memperoleh berita yang sedang marak pada saat itu melalui program berita di televisi.
13) Bagaimana hubungan musik dengan konsumen?
Jawaban.
Musik merupakan suatu hal yang tidak dapat terpisahkan dari beberapa kehidupan seseorang. Musik dianggap sebagai suatu hal yang bisa menghibur konsumen. Bahkan sebagian dari konsumen menganggap bahwa musik adalah bagian dari hidupnya. Hampir semua kalangan menikmati musik. Kita bisa melihat orang-orang diberbagai sudut ruangan, di sekolahan, kampus, bandara, dan terminal menikmati musik. Di mall ketika seseorang berbelanja sering kali mendengarkan musik. Musik sering kali digunakan di mall biasa berfungsi untuk memberikan nuansa yang nyaman ketika berbelanja. Musik juga biasanya juga digunakan untuk melengkapi iklan-iklan di televisi dengan tujuan agar iklan yang disampaikan lebih indah dan menarik.
Musik merupakan suatu hal yang tidak dapat terpisahkan dari beberapa kehidupan seseorang. Musik dianggap sebagai suatu hal yang bisa menghibur konsumen. Bahkan sebagian dari konsumen menganggap bahwa musik adalah bagian dari hidupnya. Hampir semua kalangan menikmati musik. Kita bisa melihat orang-orang diberbagai sudut ruangan, di sekolahan, kampus, bandara, dan terminal menikmati musik. Di mall ketika seseorang berbelanja sering kali mendengarkan musik. Musik sering kali digunakan di mall biasa berfungsi untuk memberikan nuansa yang nyaman ketika berbelanja. Musik juga biasanya juga digunakan untuk melengkapi iklan-iklan di televisi dengan tujuan agar iklan yang disampaikan lebih indah dan menarik.
14) Apakah saja fungsi radio bagi konsumen?
Jawaban.
Radio merupakan salah satu media elektronik yang hingga saat ini masih digunakan fungsinya untuk berbagai kepentingan. Radio dapat dikatakan sebagai media elektronik sederhana yang mempunyai jangkauan luas. Melalui radio seseorang bisa kirim salam untuk teman, kekasih, keluarga dan juga bisa mendengarkan lagu-lagu populer, berita terkini, ceramah, dan lain-lain. Radio memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki televisi. Radio bisa dibawa kemana-mana dan bisa didengarkan kapanpun terserah keinginan konsumen.
Radio merupakan salah satu media elektronik yang hingga saat ini masih digunakan fungsinya untuk berbagai kepentingan. Radio dapat dikatakan sebagai media elektronik sederhana yang mempunyai jangkauan luas. Melalui radio seseorang bisa kirim salam untuk teman, kekasih, keluarga dan juga bisa mendengarkan lagu-lagu populer, berita terkini, ceramah, dan lain-lain. Radio memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki televisi. Radio bisa dibawa kemana-mana dan bisa didengarkan kapanpun terserah keinginan konsumen.
15) Bagaimana perkembangan pakaian dan aksesoris pada saat ini?
Jawaban.
Pakaian sangat erat kaitannya dengan kehidupan konsumen. Pakaian memiliki fungsi utama, yaitu untuk menutupi dan melindungi di kegiatan sehari-hari. Pakaian memiliki perbedaan masing-masing di setiap negara. Bahkan di Indonesia sendiri pakaian setiap daerah berbeda-beda sesuai dengan daerah atau suku asal mereka. Pakaian zaman dulu hanya memiliki motif, bentuk, model yang sederhana. Namun, seiring dengan perkembangan zaman pakaian mengalami perubahan dari segi model, motif, dan lain-lain. Kini pakaian sudah menjadi fashion bagi kehidupan konsumen. Berbagai macam motif dan model kini banyak ditawarkan dipasaran. Bahkan harganya bisa mencapai ratusan juta.
Pakaian sangat erat kaitannya dengan kehidupan konsumen. Pakaian memiliki fungsi utama, yaitu untuk menutupi dan melindungi di kegiatan sehari-hari. Pakaian memiliki perbedaan masing-masing di setiap negara. Bahkan di Indonesia sendiri pakaian setiap daerah berbeda-beda sesuai dengan daerah atau suku asal mereka. Pakaian zaman dulu hanya memiliki motif, bentuk, model yang sederhana. Namun, seiring dengan perkembangan zaman pakaian mengalami perubahan dari segi model, motif, dan lain-lain. Kini pakaian sudah menjadi fashion bagi kehidupan konsumen. Berbagai macam motif dan model kini banyak ditawarkan dipasaran. Bahkan harganya bisa mencapai ratusan juta.
16) Bagaimana perkembangan permainan (Games) pada anak-anak pada saat ini?
Jawaban.
Permainan umumnya digunakan konsumen untuk hiburan. Permainan zaman dulu sangat berbeda. Zaman dulu anak-anak biasa melakukan permainan di lapangan, atau tempat lainnya ketika liburan, seperti main kelereng, petak umpet, dll. Permaianan zaman dulu memiliki banyak keuntungan, diantaranya dapat membuat anak memiliki rasa sosialisasi yang tinggi, hemat, mudah bergaul. Sedangkan pada zaman sekarang anak-anak disuguhkan berbagai macam permainan melalui gadget atau PC. Salah satu mesin game yang digemari anak-anak adalah Playstationatau biasa disebut PS. Melalui mesin Playstation anak-anak bisa bermain tanpa harus keluar rumah. Namun meskipun Playstation memiliki beberapa keunggulan. PS juga memiliki kekurangan, antara lain anak jadi malas belajar, anak malas makan, anak malas mandi, dan sosialisasi antar teman berkurang.
Permainan umumnya digunakan konsumen untuk hiburan. Permainan zaman dulu sangat berbeda. Zaman dulu anak-anak biasa melakukan permainan di lapangan, atau tempat lainnya ketika liburan, seperti main kelereng, petak umpet, dll. Permaianan zaman dulu memiliki banyak keuntungan, diantaranya dapat membuat anak memiliki rasa sosialisasi yang tinggi, hemat, mudah bergaul. Sedangkan pada zaman sekarang anak-anak disuguhkan berbagai macam permainan melalui gadget atau PC. Salah satu mesin game yang digemari anak-anak adalah Playstationatau biasa disebut PS. Melalui mesin Playstation anak-anak bisa bermain tanpa harus keluar rumah. Namun meskipun Playstation memiliki beberapa keunggulan. PS juga memiliki kekurangan, antara lain anak jadi malas belajar, anak malas makan, anak malas mandi, dan sosialisasi antar teman berkurang.
17) Sebutkan manfaat dari film bagi konsumen?
Jawaban.
Film sebagai sarana tontonan dan hiburan bagi masyarakat luas bisa memiliki manfaat baik dan buruk. Salah satu manfaat dari menonton film adalah konsumen bisa menghibur diri dan menghilangkan dari kejenuhan. Namun juga memiliki dampak yang buruh bagi konsumen. Banyak anak muda yang membuang waktu sia-sia hanya untuk menonton film. Bahkan sering kita temukan berita tidak baik mengenai remaja karena melakukan dan meniru adegan yang tidak baik di film yang mereka tonton. Seperti pembunuhan, pemerkosaan, dan lain-lain.
Film sebagai sarana tontonan dan hiburan bagi masyarakat luas bisa memiliki manfaat baik dan buruk. Salah satu manfaat dari menonton film adalah konsumen bisa menghibur diri dan menghilangkan dari kejenuhan. Namun juga memiliki dampak yang buruh bagi konsumen. Banyak anak muda yang membuang waktu sia-sia hanya untuk menonton film. Bahkan sering kita temukan berita tidak baik mengenai remaja karena melakukan dan meniru adegan yang tidak baik di film yang mereka tonton. Seperti pembunuhan, pemerkosaan, dan lain-lain.
18) Apa saja yang dilakukan konsumen melalui Komputer?
Jawaban.
Banyak hal yang dilakukan oleh konsumen melalui komputer dengan internet, diantaranya chatting, bertukar informasi melaui email, dan lain-lain. Komputer yang menggunakan jaringan internet juga dapat digunakan sebagai media untuk berhubungan dengan telepon genggam melalui sebuah aplikasi. Misalnya, sebelumnya konsumen hanya dapat menerima SMS dari telepon genggam saja atau hanya dapat mengirim pesan SMS melalui telepon genggam. Namun dengan berkembang nya ilmu komputer berkembang pula kreativitas para pengembang aplikasi untuk membuat dan menyediakan aplikasi di komputer untuk dapat mengirim pesan SMS via komputer ke telepon genggam atau menerima SMS melalui komputer.
Banyak hal yang dilakukan oleh konsumen melalui komputer dengan internet, diantaranya chatting, bertukar informasi melaui email, dan lain-lain. Komputer yang menggunakan jaringan internet juga dapat digunakan sebagai media untuk berhubungan dengan telepon genggam melalui sebuah aplikasi. Misalnya, sebelumnya konsumen hanya dapat menerima SMS dari telepon genggam saja atau hanya dapat mengirim pesan SMS melalui telepon genggam. Namun dengan berkembang nya ilmu komputer berkembang pula kreativitas para pengembang aplikasi untuk membuat dan menyediakan aplikasi di komputer untuk dapat mengirim pesan SMS via komputer ke telepon genggam atau menerima SMS melalui komputer.
19) Apakah yang dimaksud dengan Subbudaya?
Jawaban.
Subkultur atau sub budaya adalah bagian dari budaya yang lebih luas dimana anggotanya saling berbagi nilai-nilai yang berbeda dari perilakunya. Anggota grup subkultur saling berbagi nilai-nilai / perilaku yang unik sesuai dengan sejarah sosial grup serta situasi pada saat ini. Anggota subkultur juga bagian dari budaya yang lebih luas dimana mereka berada, dan mereka secara umum saling berbagi nilai-nilai atau kepercayaan pada budaya inti.
Subkultur atau sub budaya adalah bagian dari budaya yang lebih luas dimana anggotanya saling berbagi nilai-nilai yang berbeda dari perilakunya. Anggota grup subkultur saling berbagi nilai-nilai / perilaku yang unik sesuai dengan sejarah sosial grup serta situasi pada saat ini. Anggota subkultur juga bagian dari budaya yang lebih luas dimana mereka berada, dan mereka secara umum saling berbagi nilai-nilai atau kepercayaan pada budaya inti.
20) Jelaskan mengapa jenis kelamin pada karakteristik demografi merupakan hal yang penting dalam pemasaran?
Jawaban.
Jenis kelamin juga mungkin menjadi dasar akan subbudaya. Meskipun relatif sedikit produk yang menspesifikan gender, telah terjadi pertumbuhan akan penerimaan kembali dalam beberapa tahun terakhir bahwa pria dan perilaku konsumsi perempuan berbeda dalam banyak hal.
Jenis kelamin juga mungkin menjadi dasar akan subbudaya. Meskipun relatif sedikit produk yang menspesifikan gender, telah terjadi pertumbuhan akan penerimaan kembali dalam beberapa tahun terakhir bahwa pria dan perilaku konsumsi perempuan berbeda dalam banyak hal.
21) Jelaskan seberapa penting pendidikan dan pekerjaan seorang konsumen?
Jawaban.
Pendidikan akan memengaruhi nilai-nilai yang dianut seseorang dan juga pendidikan akan memengaruhi selera terhadap barang dan jasa.
Pendidikan akan memengaruhi nilai-nilai yang dianut seseorang dan juga pendidikan akan memengaruhi selera terhadap barang dan jasa.
22) Jelaskan alasan pendapatan konsumen merupakan hal yang penting dalam pemasaran?
Jawaban.
Pendapatan semua anggota keluarga akan menentukan daya beli dari keluarga atau rumah tangga tersebut. Para pemasar dan produsen sering menggunakan pendapatan sebagai dasar untuk melakukan segmentasi pasar atau pengelompokkan konsumen.
Pendapatan semua anggota keluarga akan menentukan daya beli dari keluarga atau rumah tangga tersebut. Para pemasar dan produsen sering menggunakan pendapatan sebagai dasar untuk melakukan segmentasi pasar atau pengelompokkan konsumen.
23) Jelaskan mengapa pengeluaran dan kredit dapat menjadi indikator pendapatan?
Jawaban.
Pengeluaran sering digunakan sebagai indikator untuk memprediksi pendapatan konsumen. Pengeluaran adalah bagian dari pendapatan konsumen yang digunakan untuk membeli semua barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen. Konsumen seringkali lebih mudah memberikan informasi jumlah pengeluarannya dibandingkan jumlah pendapatannya. Semakin tinggi pendapatan seorang konsumen maka semakin tinggi pula pengeluaran dari konsumen tersebut. Seringkali konsumen berhutang untuk membiayai pengeluarannya yang lebih besar dari pendapatannya. Konsumen seringkali menabung sisa pendapatannya yang tidak dihabiskan untuk pengeluarannya. Oleh karena itu jumlah pengeluaran, jumlah tabungan dan jumlah cicilan pembayaran hutang dapat dijadikan sebagai indikator pendapatan.
Pengeluaran sering digunakan sebagai indikator untuk memprediksi pendapatan konsumen. Pengeluaran adalah bagian dari pendapatan konsumen yang digunakan untuk membeli semua barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen. Konsumen seringkali lebih mudah memberikan informasi jumlah pengeluarannya dibandingkan jumlah pendapatannya. Semakin tinggi pendapatan seorang konsumen maka semakin tinggi pula pengeluaran dari konsumen tersebut. Seringkali konsumen berhutang untuk membiayai pengeluarannya yang lebih besar dari pendapatannya. Konsumen seringkali menabung sisa pendapatannya yang tidak dihabiskan untuk pengeluarannya. Oleh karena itu jumlah pengeluaran, jumlah tabungan dan jumlah cicilan pembayaran hutang dapat dijadikan sebagai indikator pendapatan.
24) Bagaimana cara melakukan pengukuran Kelas Sosial?
Jawaban.
Ada 2 pendekatan untuk mengukur status sosial: single item index dan multi item index. Single item index memperkirakan status sosial berdasarkan satu dimensi. Status individu dipengaruhi oleh beberapa dimensi. Single item index secara umum kurang akurat dalam memprediksi status sosial individu atau memperkirakan posisi individu di komunitasnya. Ada 3 item utama single item index, yaitu (1) pendidikan (2) pekerjaan (3) pendapatan. Pemasar berfikir bahwa mereka tidak berpengaruh langsung pada perilaku konsumsi, tidak seperti menentukan status lalu kemudian mempengaruhi perilaku. Penggunaan variabel kelas sosial jelas dipengaruhi 2 studi, masing-masing dikembangkan a multi index untuk mengukur kelas sosial. Pendekatan dasar dari studi ini untuk menentukan, melalui analisis yang detail tentang komunitas kecil, kelas dimana anggota kelompoknya menemukan kecocokan. Lalu mengukur indikator atau faktor yang berhubungan dengan status dimana memiliki bobot dalam perilaku yang akan mereproduksi tugas tugas kelas yang sebenarnya
Ada 2 pendekatan untuk mengukur status sosial: single item index dan multi item index. Single item index memperkirakan status sosial berdasarkan satu dimensi. Status individu dipengaruhi oleh beberapa dimensi. Single item index secara umum kurang akurat dalam memprediksi status sosial individu atau memperkirakan posisi individu di komunitasnya. Ada 3 item utama single item index, yaitu (1) pendidikan (2) pekerjaan (3) pendapatan. Pemasar berfikir bahwa mereka tidak berpengaruh langsung pada perilaku konsumsi, tidak seperti menentukan status lalu kemudian mempengaruhi perilaku. Penggunaan variabel kelas sosial jelas dipengaruhi 2 studi, masing-masing dikembangkan a multi index untuk mengukur kelas sosial. Pendekatan dasar dari studi ini untuk menentukan, melalui analisis yang detail tentang komunitas kecil, kelas dimana anggota kelompoknya menemukan kecocokan. Lalu mengukur indikator atau faktor yang berhubungan dengan status dimana memiliki bobot dalam perilaku yang akan mereproduksi tugas tugas kelas yang sebenarnya
No comments:
Post a Comment