Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 4 Beserta Kunci Jawaban
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
1) Proses belajar telah terjadi ketika seseorang konsumen memiliki perubahan ....
A. perilaku
B. emosi
C. pengetahuan
D. kebutuhan
Jawaban.
A. perilaku
A. perilaku
2) Proses ketika seseorang memperoleh pengetahuan dan pengalaman merupakan definisi dari ………
A. motivasi
B. proses belajar
C. kebutuhan
D. kepribadian
Jawaban.
B. proses belajar
B. proses belajar
3) Terdapat dua kata kunci dalam proses belajar, yaitu………..
A. motivasi dan pengetahuan
B. emosi dan kognitif
C. kelompok dan sosial
D. pengetahuan dan pengalaman
Jawaban.
D. pengetahuan dan pengalaman
D. pengetahuan dan pengalaman
4) Saat mendengar, mencerna, dan mengingat saat kuliah dengan tatap muka, ada yang berbicara, ada yang mencatat, ada yang membaca buku. Hal tersebut merupakan proses belajar ....
A. kognitif
B. konatif
C. afektif
D. inspiratif
Jawaban.
A. kognitif
A. kognitif
5) Teori yang mengatakan bahwa makhluk hidup, manusia maupun binatang adalah makhluk pasif disebut dengan proses belajar ....
A. conditional responses
B. classical conditioning
C. stimulus generalization
D. unconditional responses
Jawaban.
B. classical conditioning
B. classical conditioning
6) Pada akhir percobaan Ivan Pavlov hanya membunyikan dawai, tanpa diberikan daging dan hasil dari percobaan tersebut menyebabkan anjing melakukan proses belajar .…
A. conditional responses
B. classical conditioning
C. unconditioned responses
D. stimulus generalization
Jawaban.
C. unconditioned responses
C. unconditioned responses
7) Proses belajar classical conditioning memiliki tiga prinsip, salah satunya adalah perusahaan menambahkan produk baru yang terkait antara satu jenis kepada produk lama dengan merek yang sama, seringkali disebut dengan ….
A. conditional responses
B. classical conditioning
C. stimulus generalization
D. unconditional responses
Jawaban.
C. stimulus generalization
C. stimulus generalization
8) Pengalaman pembeli terhadap suatu produk berdasarkan reward yang merupakan proses belajar …..
A. classical conditioning
B. instrumental atau operant conditioning
C. unconditional responses
D. conditional responses
Jawaban.
B. instrumental atau operant conditioning
B. instrumental atau operant conditioning
9) Proses belajar yang mengamati tindakan dan perilaku orang lain dan konsekuensi dari perilaku seringkali disebut dengan proses belajar ……..
A. imitasi
B. modeling
C. penelitian
D. observational
Jawaban.
D. observational
D. observational
10) Berikut adalah konsep utama yang diterapkan untuk membantu menjelaskan perilaku konsumen di pasar, kecuali…
A repetisi
B diskriminasi stimulus
C generalisasi stimulus
D transduksi stimulus
Jawaban.
D transduksi stimulus
D transduksi stimulus
11) Konsumen memutuskan membeli suatu produk karena adanya reward. Hal ini mengindikasikan konsumen tersebut telah belajar .…
A. operant conditioning
B. classical conditioning
C. rewarding conditioning
D. blocking conditioning
Jawaban.
A. operant conditioning
A. operant conditioning
12) Teori instrumental dikembangkan oleh seorang psikolog Amerika bernama .…
A. Calvin Klein
B. Charles Darwin
C. Alexander Tozilan
D. BF. Skinner
Jawaban.
D. BF. Skinner
D. BF. Skinner
13) Operant conditioning adalah proses yang terjadi karena proses trial dan error, kemudian kebiasaan terbentuk akibat rewards yang diterima merupakan pendapat dari Schiffmann dan Kanuk tahun ....
A. 2008
B. 2009
C. 2010
D. 2011
Jawaban.
B. 2009
B. 2009
14) Pelayanan yang memuaskan dari bengkel Auto 2000 akan mendorong seorang konsumen kembali lagi ke bengkel tersebut. Hal ini termasuk …
A. positive reinforcement
B. negative reinforcement
C. punishment
D. natural reinforcement
Jawaban.
A. positive reinforcement
A. positive reinforcement
15) Pada iklan obat Cooling 5 digambarkan betapa rasa sakit yang diderita akibat radang tenggorokan dan merek obat yang diiklankan merupakan solusinya. Hal ini termasuk .…
A. positive reinforcement
B. negative reinforcement
C. punishment
D. natural reinforcement
Jawaban.
B. negative reinforcement
B. negative reinforcement
16) Menurut Engel, Blackwell dan Minard (1995) membagi jadwal penguatan menjadi ....
A. total reinforcement dan partial reinforcement
B. total reinforcement
C. partial reinforcement
D. observational learning
Jawaban.
A. total reinforcement dan partial reinforcement
A. total reinforcement dan partial reinforcement
17) Ketika konsumen meniru perilaku dari orang lain dikenal sebagai ....
A. reward
B. operant
C. modeling
D. negative impact
Jawaban.
C. modeling
C. modeling
18) Tujuan dari penggunaan selebriti atau artis dalam iklan adalah untuk ....
A. meningkatkan penjualan
B. sebagai brand dari produknya
C. sebagai model yang dapat mempengaruhi konsumen
D. semua salah
Jawaban.
C. sebagai model yang dapat mempengaruhi konsumen
C. sebagai model yang dapat mempengaruhi konsumen
19) Salah satu penggunaan vicarious learning dalam strategi pemasaran ialah ….
A. penguatan negative
B. penguatan positif
C. punishment
D. memfasilitasi respons
Jawaban.
B. penguatan positif
B. penguatan positif
20) Penggunaan model untuk memperagakan produk adalah ....
A. fasilitator konsumen
B. daya tarik konsumen
C. sebagai bintang iklan
D. benar semua
Jawaban.
D. benar semua
D. benar semua
Kerjakanlah latihan berikut!
1) Apa yang dimaksud dengan proses belajar?
Jawaban.
Proses belajar terjadi ketika seseorang konsumen memiliki perubahan perilaku. Perubahan perilaku tersebut muncul akibat pengalaman, bukan akibat perubahan fisik pada seseorang.
Proses belajar terjadi ketika seseorang konsumen memiliki perubahan perilaku. Perubahan perilaku tersebut muncul akibat pengalaman, bukan akibat perubahan fisik pada seseorang.
2) Apa definisi proses belajar?
Jawaban.
Proses belajar adalah proses ketika seseorang memperoleh pengetahuan dan pengalaman
Proses belajar adalah proses ketika seseorang memperoleh pengetahuan dan pengalaman
3) Sebutkan apa saja syarat proses belajar?
Jawaban.
Terdapat empat syarat terjadinya proses belajar, yaitu motivasi, isyarat, respon, dan mendorong atau penguatan
Terdapat empat syarat terjadinya proses belajar, yaitu motivasi, isyarat, respon, dan mendorong atau penguatan
4) Jelaskan pengertian dari proses belajar kognitif!
Jawaban.
Proses belajar kognitif adalah bagaimana konsumen mengolah dan menyerap informasi. Proses belajar kognitif terjadi ketika konsumen menyerap informasi dan mengolah informasi karena sebenarnya konsumen melakukan proses belajar Kognitif. Saat mahasiswa sedang berada diruang kelas membaca buku, mendengarkan kuliah, mengomentari, itu juga merupakan contoh dari proses belajar Kognitif.
Proses belajar kognitif adalah bagaimana konsumen mengolah dan menyerap informasi. Proses belajar kognitif terjadi ketika konsumen menyerap informasi dan mengolah informasi karena sebenarnya konsumen melakukan proses belajar Kognitif. Saat mahasiswa sedang berada diruang kelas membaca buku, mendengarkan kuliah, mengomentari, itu juga merupakan contoh dari proses belajar Kognitif.
5) Jelaskan pengertian dari proses belajar classical conditioning!
Jawaban.
Proses belajar classical conditioning menganggap bahwa makhluk hidup, manusia maupun binatang adalah makhluk pasif yang bisa diajarkan perilaku tertentu melalui konsep pengulangan.
Proses belajar classical conditioning menganggap bahwa makhluk hidup, manusia maupun binatang adalah makhluk pasif yang bisa diajarkan perilaku tertentu melalui konsep pengulangan.
6) Jelaskan percobaan yang dilakukan oleh Ivan Pavlov.!
Jawaban.
Percobaan Ivan Pavlov melakukan percobaan terhadap anjing untuk melihat proses belajar yang terjadi pada anjing. Ketika anjing tersebut mencium aroma daging maka ia akan mengeluarkan air liur.Suatu saat dilakukan uji coba berulang kali pada anjing, yaitu dengan membunyikan dawai kemudian diberikan daging yang menyebabkan anjing merespon dengan mengekluarkan air liur. Pada percobaan selanjutnya, ketika dawai dibunyikan tetapi tidak diberi daging, anjing tetap mengeluarkan air liur, jadi air liur itu yang disebut dengan respon tidak terkondisi (Unconditioned Responses).
Percobaan Ivan Pavlov melakukan percobaan terhadap anjing untuk melihat proses belajar yang terjadi pada anjing. Ketika anjing tersebut mencium aroma daging maka ia akan mengeluarkan air liur.Suatu saat dilakukan uji coba berulang kali pada anjing, yaitu dengan membunyikan dawai kemudian diberikan daging yang menyebabkan anjing merespon dengan mengekluarkan air liur. Pada percobaan selanjutnya, ketika dawai dibunyikan tetapi tidak diberi daging, anjing tetap mengeluarkan air liur, jadi air liur itu yang disebut dengan respon tidak terkondisi (Unconditioned Responses).
7) Berikan contoh aplikasi proses belajar classical conditioning dalam pemasaran?
Jawaban.
Contoh penggunaan classical conditioning dalam pemasaran adalah dengan menggunakan selebriti sebagai endorsement product. Salah satunya adalah bintang iklan motor Honda dengan menggunakan pembalap Marquez. Pembalap motor kelas dunia tersebut berfungsi sebagai unconditioned stimulus yaitu diharapkan menghasilkan respons tak terkondisi (konsumen akan menyukai pembalap tersebut), pembalap tersebut mendampingi motor merek Honda. Motor merek Honda tersebut adalah stimulus terkondisi yang diharapkan akan menghasilkan respons terkondisi yaitu konsumen menyukai motor Honda tersebut.
Contoh penggunaan classical conditioning dalam pemasaran adalah dengan menggunakan selebriti sebagai endorsement product. Salah satunya adalah bintang iklan motor Honda dengan menggunakan pembalap Marquez. Pembalap motor kelas dunia tersebut berfungsi sebagai unconditioned stimulus yaitu diharapkan menghasilkan respons tak terkondisi (konsumen akan menyukai pembalap tersebut), pembalap tersebut mendampingi motor merek Honda. Motor merek Honda tersebut adalah stimulus terkondisi yang diharapkan akan menghasilkan respons terkondisi yaitu konsumen menyukai motor Honda tersebut.
8) Apa yang dimaksud dengan prinsip pengulangan?
Jawaban.
Prinsip pengulanga berulang kali, namun terkadang menyebabkan kebosanan. Untuk mengurangi kebosanan dalam iklan biasanya akan membuat tema yang sama, namun dengan teknik yang berbeda.
Prinsip pengulanga berulang kali, namun terkadang menyebabkan kebosanan. Untuk mengurangi kebosanan dalam iklan biasanya akan membuat tema yang sama, namun dengan teknik yang berbeda.
9) Apa yang dimaksud dengan prinsip generalisasi stimulus?
Jawaban.
Generalisasi stimulus adalah kemampuan seorang konsumen untuk bereaksi sama terhadap stimulus yang berbeda.
Generalisasi stimulus adalah kemampuan seorang konsumen untuk bereaksi sama terhadap stimulus yang berbeda.
10) Jelaskan proses belajar Instrumental (Operant Conditioning)!
Jawaban.
Proses belajar instrumental atau operant conditioning tidak lain adalah pengalaman pembeli terhadap suatu produk berdasarkan reward yang dirasakan. Seseorang akan terdorong membeli lagi karena merasa nyaman dengan produk tersebut,
Proses belajar instrumental atau operant conditioning tidak lain adalah pengalaman pembeli terhadap suatu produk berdasarkan reward yang dirasakan. Seseorang akan terdorong membeli lagi karena merasa nyaman dengan produk tersebut,
11) Apa yang dimaksud dengan penguatan positif?
Jawaban.
Penguatan positif, yaitu ketika seseorang merasa nyaman karena mengkonsumsi suatu produk tertentu. Pengaruh dari penguatan positif adalah meningkatkan kecenderungan seorang konsumen untuk membeli ulang produk tersebut.
Penguatan positif, yaitu ketika seseorang merasa nyaman karena mengkonsumsi suatu produk tertentu. Pengaruh dari penguatan positif adalah meningkatkan kecenderungan seorang konsumen untuk membeli ulang produk tersebut.
12) Apa yang dimaksud dengan penguatan negative?
Jawaban.
Penguatan negatif terjadi ketika orang merasa tidak nyaman karena tidak mengkonsumsi sesuatu, Penguatan negative ini adalah hal-hal negative atau sesuatu yang tidak menyenangkan yang dirasakan karena dia tidak membeli atau mengkonsumsi suatu produk.
Penguatan negatif terjadi ketika orang merasa tidak nyaman karena tidak mengkonsumsi sesuatu, Penguatan negative ini adalah hal-hal negative atau sesuatu yang tidak menyenangkan yang dirasakan karena dia tidak membeli atau mengkonsumsi suatu produk.
13) Apa yang dimaksud dengan hukuman?
Jawaban.
Hukuman adalah sesuatu yang tidak menyenangkan karena telah melakukan perbuatan yang melanggar aturan, sehingga akan membuat konsumen untuk mengurangi kecenderungan konsumen untuk melakukan perbuatan itu lagi
Hukuman adalah sesuatu yang tidak menyenangkan karena telah melakukan perbuatan yang melanggar aturan, sehingga akan membuat konsumen untuk mengurangi kecenderungan konsumen untuk melakukan perbuatan itu lagi
14) Apa yang dimaksud dengan kepunahan (extinction)?
Jawaban.
Ada juga extinction atau biasa disebut kepunahan, yaitu ketika ada barang jelek mengecewakan akhirnya konsumen tidak menggunakan barang itu lagi, sehingga barang itu hilang di ingatan konsumen karena konsumen kecewa dengan produk tersebut.
Ada juga extinction atau biasa disebut kepunahan, yaitu ketika ada barang jelek mengecewakan akhirnya konsumen tidak menggunakan barang itu lagi, sehingga barang itu hilang di ingatan konsumen karena konsumen kecewa dengan produk tersebut.
15) Apa yang dimaksud dengan shaping?
Jawaban.
Shaping adalah suatu kondisi untuk mengarahkan konsumen agar melakukan suatu perilaku, Contoh shaping yaitu saat pengelolaan mall mengadakan pameran atau konser, sehingga pengunjung dating ke mall tersebut bukan hanya untuk menonton pameran dan konser, akan tetapi agar konsumen berbelanja di mall tersebut.
Shaping adalah suatu kondisi untuk mengarahkan konsumen agar melakukan suatu perilaku, Contoh shaping yaitu saat pengelolaan mall mengadakan pameran atau konser, sehingga pengunjung dating ke mall tersebut bukan hanya untuk menonton pameran dan konser, akan tetapi agar konsumen berbelanja di mall tersebut.
16) Sebutkan jadwal pemberian penguatan?
Jawaban.
a. Fixed-Interval Reinforcement dilakukan dengan memberi iming-iming atau imbalan.
b. Variable-Interval Reinforcement yaitu pemberian insentif atau penguatan yang diberikan pada interval waktu dalam satu periode.
c. Fixed-Ratio Reinforcement yaitu pemberian insentif atau hadiah dalam beragam bentuk (pemberian penguatan atau reinforcement) kepada konsumen yang telah melakukan suatu tindakan atau respons atau membeli sesuatu yang dipersyaratkan.
a. Fixed-Interval Reinforcement dilakukan dengan memberi iming-iming atau imbalan.
b. Variable-Interval Reinforcement yaitu pemberian insentif atau penguatan yang diberikan pada interval waktu dalam satu periode.
c. Fixed-Ratio Reinforcement yaitu pemberian insentif atau hadiah dalam beragam bentuk (pemberian penguatan atau reinforcement) kepada konsumen yang telah melakukan suatu tindakan atau respons atau membeli sesuatu yang dipersyaratkan.
17) Jelaskan mengenai observational learning!
Jawaban.
Proses belajar observational learning dilakukan konsumen ketika mengamati tindakan dan perilaku orang lain dan konsekuensi dari perilaku tersebut. Konsumen seringkali meniru perilaku orang lain yang dianggapnya sebagai modeling.
Proses belajar observational learning dilakukan konsumen ketika mengamati tindakan dan perilaku orang lain dan konsekuensi dari perilaku tersebut. Konsumen seringkali meniru perilaku orang lain yang dianggapnya sebagai modeling.
No comments:
Post a Comment