-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 4 Beserta Kunci Jawaban

 on Thursday, August 22, 2019  

Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 4 Beserta Kunci Jawaban

 EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 4


Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

1) Proses belajar telah terjadi ketika seseorang konsumen memiliki perubahan ....

A. perilaku
B. emosi
C. pengetahuan
D. kebutuhan

Jawaban.
A. perilaku


2) Proses ketika seseorang memperoleh pengetahuan dan pengalaman merupakan definisi dari ………

A. motivasi
B. proses belajar
C. kebutuhan
D. kepribadian

Jawaban.
B. proses belajar

3) Terdapat dua kata kunci dalam proses belajar, yaitu………..

A. motivasi dan pengetahuan
B. emosi dan kognitif
C. kelompok dan sosial
D. pengetahuan dan pengalaman

Jawaban.
D. pengetahuan dan pengalaman

4) Saat mendengar, mencerna, dan mengingat saat kuliah dengan tatap muka, ada yang berbicara, ada yang mencatat, ada yang membaca buku. Hal tersebut merupakan proses belajar ....

A. kognitif
B. konatif
C. afektif
D. inspiratif

Jawaban.
A. kognitif

5) Teori yang mengatakan bahwa makhluk hidup, manusia maupun binatang adalah makhluk pasif disebut dengan proses belajar ....

A. conditional responses
B. classical conditioning
C. stimulus generalization
D. unconditional responses

Jawaban.
B. classical conditioning

6) Pada akhir percobaan Ivan Pavlov hanya membunyikan dawai, tanpa diberikan daging dan hasil dari percobaan tersebut menyebabkan anjing melakukan proses belajar .…

A. conditional responses
B. classical conditioning
C. unconditioned responses
D. stimulus generalization

Jawaban.
C. unconditioned responses

7) Proses belajar classical conditioning memiliki tiga prinsip, salah satunya adalah perusahaan menambahkan produk baru yang terkait antara satu jenis kepada produk lama dengan merek yang sama, seringkali disebut dengan ….

A. conditional responses
B. classical conditioning
C. stimulus generalization
D. unconditional responses

Jawaban.
C. stimulus generalization

8) Pengalaman pembeli terhadap suatu produk berdasarkan reward yang merupakan proses belajar …..

A. classical conditioning
B. instrumental atau operant conditioning
C. unconditional responses
D. conditional responses

Jawaban.
B. instrumental atau operant conditioning

9) Proses belajar yang mengamati tindakan dan perilaku orang lain dan konsekuensi dari perilaku seringkali disebut dengan proses belajar ……..

A. imitasi
B. modeling
C. penelitian
D. observational

Jawaban.
D. observational

10) Berikut adalah konsep utama yang diterapkan untuk membantu menjelaskan perilaku konsumen di pasar, kecuali…

A repetisi
B diskriminasi stimulus
C generalisasi stimulus
D transduksi stimulus

Jawaban.
D transduksi stimulus

11) Konsumen memutuskan membeli suatu produk karena adanya reward. Hal ini mengindikasikan konsumen tersebut telah belajar .…

A. operant conditioning
B. classical conditioning
C. rewarding conditioning
D. blocking conditioning

Jawaban.
A. operant conditioning

12) Teori instrumental dikembangkan oleh seorang psikolog Amerika bernama .…

A. Calvin Klein
B. Charles Darwin
C. Alexander Tozilan
D. BF. Skinner

Jawaban.
D. BF. Skinner

13) Operant conditioning adalah proses yang terjadi karena proses trial dan error, kemudian kebiasaan terbentuk akibat rewards yang diterima merupakan pendapat dari Schiffmann dan Kanuk tahun ....

A. 2008
B. 2009
C. 2010
D. 2011

Jawaban.
B. 2009

14) Pelayanan yang memuaskan dari bengkel Auto 2000 akan mendorong seorang konsumen kembali lagi ke bengkel tersebut. Hal ini termasuk …

A. positive reinforcement
B. negative reinforcement
C. punishment
D. natural reinforcement

Jawaban.
A. positive reinforcement

15) Pada iklan obat Cooling 5 digambarkan betapa rasa sakit yang diderita akibat radang tenggorokan dan merek obat yang diiklankan merupakan solusinya. Hal ini termasuk .…

A. positive reinforcement
B. negative reinforcement
C. punishment
D. natural reinforcement

Jawaban.
B. negative reinforcement

16) Menurut Engel, Blackwell dan Minard (1995) membagi jadwal penguatan menjadi ....

A. total reinforcement dan partial reinforcement
B. total reinforcement
C. partial reinforcement
D. observational learning

Jawaban.
A. total reinforcement dan partial reinforcement

17) Ketika konsumen meniru perilaku dari orang lain dikenal sebagai ....

A. reward
B. operant
C. modeling
D. negative impact

Jawaban.
C. modeling

18) Tujuan dari penggunaan selebriti atau artis dalam iklan adalah untuk ....

A. meningkatkan penjualan
B. sebagai brand dari produknya
C. sebagai model yang dapat mempengaruhi konsumen
D. semua salah

Jawaban.
C. sebagai model yang dapat mempengaruhi konsumen

19) Salah satu penggunaan vicarious learning dalam strategi pemasaran ialah ….

A. penguatan negative
B. penguatan positif
C. punishment
D. memfasilitasi respons

Jawaban.
B. penguatan positif

20) Penggunaan model untuk memperagakan produk adalah ....

A. fasilitator konsumen
B. daya tarik konsumen
C. sebagai bintang iklan
D. benar semua

Jawaban.
D. benar semua

Kerjakanlah latihan berikut!

1) Apa yang dimaksud dengan proses belajar?
Jawaban.
Proses belajar terjadi ketika seseorang konsumen memiliki perubahan perilaku. Perubahan perilaku tersebut muncul akibat pengalaman, bukan akibat perubahan fisik pada seseorang.

2) Apa definisi proses belajar?
Jawaban.
Proses belajar adalah proses ketika seseorang memperoleh pengetahuan dan pengalaman

3) Sebutkan apa saja syarat proses belajar?
Jawaban.
Terdapat empat syarat terjadinya proses belajar, yaitu motivasi, isyarat, respon, dan mendorong atau penguatan

4) Jelaskan pengertian dari proses belajar kognitif!
Jawaban.
Proses belajar kognitif adalah bagaimana konsumen mengolah dan menyerap informasi. Proses belajar kognitif terjadi ketika konsumen menyerap informasi dan mengolah informasi karena sebenarnya konsumen melakukan proses belajar Kognitif. Saat mahasiswa sedang berada diruang kelas membaca buku, mendengarkan kuliah, mengomentari, itu juga merupakan contoh dari proses belajar Kognitif.

5) Jelaskan pengertian dari proses belajar classical conditioning!
Jawaban.
Proses belajar classical conditioning menganggap bahwa makhluk hidup, manusia maupun binatang adalah makhluk pasif yang bisa diajarkan perilaku tertentu melalui konsep pengulangan.

6) Jelaskan percobaan yang dilakukan oleh Ivan Pavlov.!
Jawaban.
Percobaan Ivan Pavlov melakukan percobaan terhadap anjing untuk melihat proses belajar yang terjadi pada anjing. Ketika anjing tersebut mencium aroma daging maka ia akan mengeluarkan air liur.Suatu saat dilakukan uji coba berulang kali pada anjing, yaitu dengan membunyikan dawai kemudian diberikan daging yang menyebabkan anjing merespon dengan mengekluarkan air liur. Pada percobaan selanjutnya, ketika dawai dibunyikan tetapi tidak diberi daging, anjing tetap mengeluarkan air liur, jadi air liur itu yang disebut dengan respon tidak terkondisi (Unconditioned Responses).

7) Berikan contoh aplikasi proses belajar classical conditioning dalam pemasaran?
Jawaban.
Contoh penggunaan classical conditioning dalam pemasaran adalah dengan menggunakan selebriti sebagai endorsement product. Salah satunya adalah bintang iklan motor Honda dengan menggunakan pembalap Marquez. Pembalap motor kelas dunia tersebut berfungsi sebagai unconditioned stimulus yaitu diharapkan menghasilkan respons tak terkondisi (konsumen akan menyukai pembalap tersebut), pembalap tersebut mendampingi motor merek Honda. Motor merek Honda tersebut adalah stimulus terkondisi yang diharapkan akan menghasilkan respons terkondisi yaitu konsumen menyukai motor Honda tersebut.

8) Apa yang dimaksud dengan prinsip pengulangan?
Jawaban.
Prinsip pengulanga berulang kali, namun terkadang menyebabkan kebosanan. Untuk mengurangi kebosanan dalam iklan biasanya akan membuat tema yang sama, namun dengan teknik yang berbeda.

9) Apa yang dimaksud dengan prinsip generalisasi stimulus?
Jawaban.
Generalisasi stimulus adalah kemampuan seorang konsumen untuk bereaksi sama terhadap stimulus yang berbeda.

10) Jelaskan proses belajar Instrumental (Operant Conditioning)!
Jawaban.
Proses belajar instrumental atau operant conditioning tidak lain adalah pengalaman pembeli terhadap suatu produk berdasarkan reward yang dirasakan. Seseorang akan terdorong membeli lagi karena merasa nyaman dengan produk tersebut,

11) Apa yang dimaksud dengan penguatan positif?
Jawaban.
Penguatan positif, yaitu ketika seseorang merasa nyaman karena mengkonsumsi suatu produk tertentu. Pengaruh dari penguatan positif adalah meningkatkan kecenderungan seorang konsumen untuk membeli ulang produk tersebut.

12) Apa yang dimaksud dengan penguatan negative?
Jawaban.
Penguatan negatif terjadi ketika orang merasa tidak nyaman karena tidak mengkonsumsi sesuatu, Penguatan negative ini adalah hal-hal negative atau sesuatu yang tidak menyenangkan yang dirasakan karena dia tidak membeli atau mengkonsumsi suatu produk.

13) Apa yang dimaksud dengan hukuman?
Jawaban.
Hukuman adalah sesuatu yang tidak menyenangkan karena telah melakukan perbuatan yang melanggar aturan, sehingga akan membuat konsumen untuk mengurangi kecenderungan konsumen untuk melakukan perbuatan itu lagi

14) Apa yang dimaksud dengan kepunahan (extinction)?
Jawaban.
Ada juga extinction atau biasa disebut kepunahan, yaitu ketika ada barang jelek mengecewakan akhirnya konsumen tidak menggunakan barang itu lagi, sehingga barang itu hilang di ingatan konsumen karena konsumen kecewa dengan produk tersebut.

15) Apa yang dimaksud dengan shaping?
Jawaban.
Shaping adalah suatu kondisi untuk mengarahkan konsumen agar melakukan suatu perilaku, Contoh shaping yaitu saat pengelolaan mall mengadakan pameran atau konser, sehingga pengunjung dating ke mall tersebut bukan hanya untuk menonton pameran dan konser, akan tetapi agar konsumen berbelanja di mall tersebut.

16) Sebutkan jadwal pemberian penguatan?
Jawaban.
a. Fixed-Interval Reinforcement dilakukan dengan memberi iming-iming atau imbalan.
b. Variable-Interval Reinforcement yaitu pemberian insentif atau penguatan yang diberikan pada interval waktu dalam satu periode.
c. Fixed-Ratio Reinforcement yaitu pemberian insentif atau hadiah dalam beragam bentuk (pemberian penguatan atau reinforcement) kepada konsumen yang telah melakukan suatu tindakan atau respons atau membeli sesuatu yang dipersyaratkan.

17) Jelaskan mengenai observational learning!
Jawaban.
Proses belajar observational learning dilakukan konsumen ketika mengamati tindakan dan perilaku orang lain dan konsekuensi dari perilaku tersebut. Konsumen seringkali meniru perilaku orang lain yang dianggapnya sebagai modeling.

Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 4 Beserta Kunci Jawaban 4.5 5 Bank Soal Universitas Terbuka Thursday, August 22, 2019 Latihan Soal Ujian UT EKMA4567 Perilaku Konsumen KB 4 Beserta Kunci Jawaban Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 1) Proses bel...



No comments:

Post a Comment