-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

TUGAS.3 Tutorial Online TUTON UT Universitas Terbuka EKMA4263 MANAJEMEN KINERJA

 on Thursday, December 14, 2023  

TUGAS.3 Tutorial Online TUTON UT Universitas Terbuka EKMA4263 MANAJEMEN KINERJA

TUGAS.3 Tutorial Online TUTON UT Universitas Terbuka EKMA4263 MANAJEMEN KINERJA

Soal Tugas.3 EKMA4263

Langkah perusahaan untuk memperbesar kegiatan bisnis, salah satunya dengan menggandeng investor. Namun tidak serta merta investor dapat bergabung atau menanamkan modalnya pada perusahaan yang dituju. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh perusahaan sehingga kerjasama yang dijalin menguntungkan kedua belah pihak.

a. Jelaskan beberapa alasan investor bergabung dengan perusahaan?

b. Jelaskan kriteria-kriteria yang harus dimiliki oleh perusahaan agar investor dapat menanamkan modalnya!

c. Jelaskan beberapa isu penting dalam menjalin hubungan dengan investor!.


Jawaban :

a. Jelaskan beberapa alasan investor bergabung dengan perusahaan?

Pihak yang paling berkepentingan dengan hasil-hasil finansial perusahaan adalah investor. Kinerja finansial merupakan unsur paling penting dari hasil kinerja organisasi/perusahaan yang harus dikelola berkenaan dengan kepentingan investor. Kepentingan investor merupakan jawaban atas pertanyaan: “apakah keinginan dan kebutuhan dari investor yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan/organisasi?”(Wibisono, 2006). Investor pada umumnya mengharapkan:

1. return, yaitu pengembalian modal yang ditanam dalam bentuk capital gain.
2. reward, dividen yang dibagikan kepada investor setiap tahun.
3. figure, data yang dibutuhkan untuk melakukan kajian terhadap prospek masa depan dan risiko unsur yang dimiliki.
4. falth, keyakinan pada tim

Definisi Investor

• Investor adalah seseorang atau lembaga yang memasukkan uang ke dalam sesuatu hal untuk membuat keuntungan finansial atau mendapatkan tingkat keuntungan tertentu. Investor memanfaatkan kendaraan investasi untuk mengembangkan uang mereka.

• Sedangkan menurut Nasarudin dan Surya di buku Aspek Hukum Pasar Modal, investor adalah suatu pihak baik perorangan atau lembaga yang berasal dari dalam negeri atau luar negeri yang melakukan suatu kegiatan investasi yang bersifat jangka panjang maupun jangka pendek.

Definisi Investasi

• Investasi mempunyai pengertian secara umum adalah suatu usaha penanaman modal atau sejumlah uang pada suatu perusahaan atau proyek tertentu. Berinvestasi memiliki tujuan yang sudah sangat jelas yaitu untuk mendapatkan suatu keuntungan.

• Menurut Sumanto (2006), investasi merupakan komitmen sejumlah dana suatu periode untuk mendapatkan pendapatan yang diharapkan di masa yang akan datang sebagai kompensasi unit yang diinvestasikan.

• Sedangkan Husnan dalam Anoraga dan Pakarti (2006) mendefinisikan investasi sebagai penggunaan uang dengan maksud memperoleh penghasilan. Investasi merupakan penanaman modal di dalam perusahaan, dengan tujuan agar kekayaan suatu korporasi atau perusahaan bertambah.

• Investasi juga didefinisikan sebagai barang-barang yang dibeli oleh individu ataupun perusahaan untuk menambah persediaan modal mereka (Mankiw, 2000)

Hasil penelitian yang dilakukan secara global di Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, Italia, Swiss, Swedia, Denmark, Australia, Jepang, Hongkong, dan Singapura menemukan 9 (sembilan) variabel finansial dan nonfinasial yang penting dalam keputusan investasi. Variabel tersebut adalah:

1. pendapatan (earnings),
yaitu laba bersih dari suatu bidang usaha pada satu periode.

2. arus kas (cash flow),
yaitu suatu laporan keuangan yang berisi pengaruh kas dari kegiatan operasi, kegiatan transaksi investasi, kegiatan transaksi pembiayaan/pendanaan, dan kenaikan atau penurunan bersih dalam kas suatu perusahaan selama periode tertentu

3. biaya (cost),
adalah seluruh pengorbanan (dalam bentuk satuan moneter) yang harus dikeluarkan untuk suatu proses produksi atau untuk mendapatkan manfaat tertentu
4. pengeluaran modal (capital expenditure),
merupakan biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membeli, memperbaiki, atau merawat aset jangka panjang yang diperlukan untuk keberlangsungan bisnis perusahaan.
5. penelitian dan pengembangan (R&D),
adalah aktifitas riset dasar untuk mendapatkan informasi kebutuhan pengguna (needs assessment), kemudian dilanjutkan kegiatan pengembangan (development) untuk menghasilkan produk dan mengkaji keefektifan produk tersebut.
6. kinerja pada sektor tertentu (segment performance),
adalah sebuah laporan yang mencantumkan hasil kinerja baik individu maupun tim dalam satu periode. Laporan ini digunakan untuk mengkomunikasikan kemajuan kepada karyawan dan memperkirakan kemajuan di masa depan kepada stakeholder
7. pernyataan tujuan yang strategis (statement of strategic global),
adalah sebuah penjabaran dari pernyataan misi, yang dikembangkan dengan spesifisitas yang lebih besar mengenai bagaimana agen akan melakukan misinya.
8. pengembangan produk baru (new product development),
adalah strategi dan proses yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengembangkan produk, memperbaiki produk lama atau memperbanyak kegunaan produk ke segmen pasar yang ada dengan asumsi pelanggan menginginkan unsur-unsur baru mengenai produk.
9. pangsa pasar (market Share)
adalah persentase penjualan yang dibukukan oleh suatu perusahaan dari keseluruhan penjualan para pesaing gabungan di industri tertentu. Artinya, market share adalah salah satu indikator yang digunakan suatu perusahaan dalam mengukur tingkat keberhasilan mereka terhadap kompetitornya. (Wibisono, 2006).

b. Jelaskan kriteria-kriteria yang harus dimiliki oleh perusahaan agar investor dapat menanamkan modalnya!

Menurut laporan Full Disclosure 2000: An International Study of Disclosure Practices yang diterbitkan Shelley Taylor & Associates, beberapa kriteria penting bagi sebagian besar investor untuk menanamkan modalnya, antara lain adalah:

1. strategi yang dimiliki organisasi/perusahaan,
Pengertian strategi dalam konteks organisasi adalah penetapan berbagai tujuan dan sasaran jangka panjang yang bersifat mendasar bagi sebuah organisasi, yang dilanjutkan dengan penetapan rencana aktivitas dan pengalokasian sumber daya yang diperlukan guna mencapai berbagai sasaran tersebut

2. pertumbuhan pendapatan per lembar saham (earning per share),
EPS atau laba per lembar saham adalah tingkat keuntungan bersih untuk tiap lembar sahamnya yang mampu diraih perusahaan pada saat menjalankan operasinya. Laba per lembar saham atau EPS di peroleh dari laba yang tersedia bagi pemegang saham biasa dibagi dengan jumlah rata – rata saham biasa yang beredar.

3. arus kas (cash flow),
yaitu suatu laporan keuangan yang berisi pengaruh kas dari kegiatan operasi, kegiatan transaksi investasi, kegiatan transaksi pembiayaan/pendanaan, dan kenaikan atau penurunan bersih dalam kas suatu perusahaan selama periode tertentu

4. pengalaman manajemen dalam pengelolaan organisasi/perusahaan,

5. riset dan pengembangan yang dilakukan perusahaan,
adalah aktifitas riset dasar untuk mendapatkan informasi kebutuhan pengguna (needs assessment), kemudian dilanjutkan kegiatan pengembangan (development) untuk menghasilkan produk dan mengkaji keefektifan produk tersebut.

6. utang jangka pendek dan jangka panjang yang ditanggung,
hutang jangka pendek adalah hutang yang harus segera dibayarkan dan dilunasi pembayarannya selama kurang dari satu periode akuntansi (kurang dari 1 tahun).

7. produk yang dihasilkan,
Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.

8. berita kurang baik yang berkaitan dengan isu-isu tertentu, seperti isu lingkungan,
politik, SARA, dan sebagainya,

9. pangsa pasar relatif terhadap pesaing,
adalah persentase penjualan yang dibukukan oleh suatu perusahaan dari keseluruhan penjualan para pesaing gabungan di industri tertentu. Artinya, market share adalah salah satu indikator yang digunakan suatu perusahaan dalam mengukur tingkat keberhasilan mereka terhadap kompetitornya

10. risiko dan tantangan di masa depan (Wibisono, 2006).

c. Jelaskan beberapa isu penting dalam menjalin hubungan dengan investor!.

Pengelolaan kepuasan investor merupakan isu yang paling krusial karena mereka adalah stakeholder terpenting. Hal ini berawal dari adanya kecenderungan untuk menciptakan nilainilai (value) stakeholder yang berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1990-an. Pada tahun tersebut, stakeholder value menjadi perhatian setiap senior executive perusahaanperusahaan publik. Paham ini kemudian mempengaruhi budaya bisnis (business culture) perusahaan-perusahaan Jerman, Jepang, dan bahkan beberapa negara blok komunis (Wibisono, 2006).

Beberapa isu penting terkait dalam menjalin hubungan dengan investor dapat dirinci sebagai berikut (Wibisono, 2006).

1. Siapakah yang Paling Berperan dalam Mengendalikan Perusahaan?
Pemegang saham perusahaan biasanya dianggap pemilik. Oleh karena itu, secara hukum, ia mempunyai pengaruh yang kuat.

2. Pengembalian atas Investasi yang Ditanamkan
Pemegang saham membeli saham perusahaan yang belum tentu memberikan keuntungan bagi pemegang saham. Pemegang saham berharap bahwa uang yang mereka investasikan akan memberikan keuntungan di masa yang akan datang. Risiko yang diambil oleh pemegang saham mungkin saja besar, namun total return (dividen dan nilai saham) dari investasi yang dilakukan dapat lebih besar dibandingkan bunga dari menyimpan uang di deposito bank atau fixed interestment lainnya.

3. Loyalitas Investor
Teknologi industri telah mengubah cara mendapatkan informasi yang dapat digunakan dalam proses analisis dan juga cara menyebarluaskannya ke seluruh dunia. Monitoring harga saham di bursa saham internasional, sangat mudah melalui internet sehingga banyak perusahaan saat ini lebih fokus pada monitoring dan mengatur pemegang saham utama (core shareholder) yang memiliki loyalitas terhadap perusahaan.

4. Perubahan Nilai Saham bagi Investor
Harga saham dan khususnya nilai pasar (market value) dapat berubah setiap hari. Dalam kondisi normal, pergerakan harga dapat diakibatkan oleh laporan perusahaan tentang hasil yang dicapai atau harapan yang dicanangkan oleh para pembeli saham. Namun demikian, pergerakan saham tersebut juga sering diakibatkan oleh apa yang disebut sentimen pasar (market sentiment), yang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Investor mendapatkan isyarat dari laporan perusahaan lain pada sektor industri sejenis, laporan analis pada perusahaan dan sektor yang spesifik, persepsi investor lain, aksi yang berhubungan dengan masa depan sektor tersebut, laporan dan analisis di koran, biaya dari Basic Raw Material, serta prospek ekonomi dari berbagai negara dan kawasan di mana perusahaan tersebut beroperasi.

5. Fokus Investor pada Perusahaan yang Merger
Pada perusahaan yang melakukan merger dengan perusahaan lain, terdapat perbedaan prioritas strategi perusahaan dalam menciptakan kepuasan bagi investor. Pada sisi sales revenue, akan terdapat perluasan area geografis penjualan dan jalur distribusi, cross selling products dan layanan untuk meningkatkan penetrasi pasar, serta optimasi batas (margin) melalui manajemen harga yang teliti. Pada sisi operation cost terjadi pengurangan pekerja akibat adanya penggabungan dua perusahaan. Faktor lain yang berhubungan dengan investor adalah proses internal perusahaan dalam mengelola risiko, mengatur komunikasi dengan investor, dan media. Jika perusahaan tidak menerapkan manajemen kinerja yang efisien untuk memprediksi risiko bisnis, maka kesalahan akan ditimpakan kepada para eksekutif. Oleh sebab itu, sistem manajemen kinerja yang berkaitan dengan investor perlu dilengkapi dengan peta model kegagalan (failure mode map) yang memungkinkan untuk memprediksi risiko yang akan timbul serta antisipasi yang harus dilakukan seperti yang terlihat pada gambar berikut ini (Wibisono, 2006).

Peta model kegagalan


Sumber :
Dharma, Surya. (2014). Materi pokok manajemen kinerja (EKMA4263). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka




TUGAS.3 Tutorial Online TUTON UT Universitas Terbuka EKMA4263 MANAJEMEN KINERJA 4.5 5 Bank soal UT Thursday, December 14, 2023 TUGAS.3 Tutorial Online TUTON UT Universitas Terbuka EKMA4263 MANAJEMEN KINERJA TUGAS.3 Tutorial Online TUTON UT Universitas Terbuka EKMA4263 MANAJEMEN KINERJA Soal Tugas.3 EKMA4263 Langkah perusahaan untuk memperbesar k...



No comments:

Post a Comment