-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Diskusi 8 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan

 on Wednesday, December 27, 2023  



Diskusi 8 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan

Diskusi 8 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan

Pertanyaan Diskusi 8 Tuton EKMA4370 Kewirausahaan

Berikan contoh kasus mengenai riset pemasaran di Indonesia pada usaha baru atau usaha yang berukuran kecil.

Jawaban :

Riset pemasaran berarti melakukan riset terhadap pasar untuk menentukan bentuk pemasaran yang tepat bagi bisnis. Riset pasar merupakan metode efektif dalam melihat kebutuhan dan keinginan pasar, mencari tahu berbagai peluang yang ada hingga preferensi konsumen.

Karena dinamika industri yang fluktuatif, sebuah bisnis akan sulit bertahan tanpa melakukan riset pasar dan mencari tahu keinginan para konsumen. Riset pasar berarti mengumpulkan data dari target pasar yang menjadi sasaran produk atau jasa dari suatu bisnis. Data-data yang dikumpulkan berupa kebutuhan pasar, peluang bisnis, tantangan, hingga informasi mengenai kompetitor.

Setelah data terkumpul, maka bisa dilakukan analisis yang berujung pada pengetahuan akan tren, posisi bisnis di tengah persaingan, dan mencari segmen pasar. Setelah menemukan jawaban-jawaban ini, langkah bisnis selanjutnya adalah menentukan keputusan, misalnya, menambah diskon, membuka cabang, atau menambah karyawan.

Definisi riset pemasaran Menurut Wikipedia adalah suatu desain, pengumpulan, analisis, dan pelaporan secara sistematis terhadap data dan segala penemuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan.

Menurut American Marketing Association, riset pemasaran adalah fungsi yang dapat menghubungkan antara pihak pemasar dengan konsumen dan publik melalui informasi dalam mengidentifikasi peluang maupun masalah dalam pemasaran.

Jadi Riset Pemasaran dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di bidang pemasaran. Kegiatan ini dapat memberikan informasi atau gambaran tentang jenis produk dan jasa baru apa yang bisa mendatangkan keuntungan bagi sebuah bisnis. Sedangkan untuk produk dan jasa yang sudah ada, riset pasar (market research) dapat memberikan informasi dan gambaran tentang tingkat kepuasan para pelangan terhadap sebuah perusahaan.

Tujuan dari riset pemasaran yang hendak dilakukan baik untuk usaha baru ataupun usaha yang berukuran kecil.

1. Mengidentifikasikan dari mana konsumen potensial selama ini biasanya membeli barang atau jasa yang sedang dipelajari.
2. Mengapa konsumen potensial memilih membeli dari sumber tersebut?
3. Sebesar apa kira-kira potensi pasar yang tersedia, dan seberapa besar yang dapat direbut oleh perusahaan kita?
4. Bagaimana perbandingan kekuatan usaha yang hendak dijalankan dibandingkan perusahaan-perusahaan pesaing?
5. Sejauh mana dampak promosi terhadap sikap atau minat konsumen?
6. Jenis produk atau jasa seperti apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen potensial?

Manfaat Riset Pemasaran bagi usaha Baru dan usaha kecil

a). Menentukan Target Pasar
Dengan melakukan riset pemasaran, bisnis baru dapat mengetahui calon pembeli dari produk atau jasa yang disediakan untuk pasar.

b). Mengetahui Kekurangan Pesaing
Dengan banyaknya bisnis yang sudah ada, kecil kemungkin bahwa usaha baru tidak memiliki pesaing dengan bisnis serupa. Dengan melakukan riset pemasaran pengusaha bisa melihat kekurangan pesaing di mata konsumen.

c). Memanfaatkan peluang
Setelah mengetahui kekurangan pesaing, pengusaha bisa memanfaatkan peluang tersebut. Kekurangan pesaing dapat diguakan untuk meningkatkan kualitas bisnis sesuai keinginan konsumen.

d). Meminimalkan Risiko
Risiko bisa diminimalisasi dengan melakukan target pemasaran, risiko-risiko dari faktor luar seperti kurangnya daya jual bisa diatasi dengan hal ini.

e). Melihat Rencana Jangka Panjang
Karena telah memiliki dasar-dasar yang jelas, maka menentukan langkah bisnis ke depannya pun menjadi semakin terarah. Pembuatan rencana jangka panjang bagi bisnis pun menjadi lebih mudah.

Contoh kasus :

1). Contoh Riset Pemasaran Produk Baru mie gelas pada Perusahaan Mie instan.
Mie instan sudah ditemukan sejak lama, namun dengan kemasan yang umum dan banyak beredar di pasaran. Beberapa konsumen mulai menginginkan mie instan dengan kemasan yang berbeda yaitu gelas plastik yang praktis dan dapat diseduh langsung dalam kemasan gelasnya.

Suara konsumen ini didengarkan oleh perusahaan mie, yang kemudian mulai mengeksekusi permintaan tersebut. Dengan memproduksi mie dalam kemasan gelas plastik yang praktis tersebut, sehingga konsumen dapat membawa dan mengkonsumsinya dengan mudah hanya dengan menyeduh dengan air panas langsung di kemasan gelas plastiknya.

Dengan adanya permintaan tersebut, perusahaan mie akan mulai melakukan proses riset pemasaran. Dimulai dengan menentukan masalah, menentukan metode pengambilan data, hingga pembuatan kesimpulan. Yang terpenting juga menetapkan siapa saja konsumen yang nantinya menjadi sasaran tepat mie gelas tersebut.

2). Riset pemasaran untuk menaikkan harga jual sepatu pada pabrik sepatu di Karawang.
Contoh riset pemasaran tidak hanya pada produk baru saja, tapi juga dapat dilakukan karena perusahaan akan menaikkan harga jual produknya. Misalnya pabrik sepatu di Karawang berencana menaikkan harga produk karena adanya kenaikan harga bahan baku dan tenaga kerja.

Perusahaan tidak langsung menaikkan harga dengan gegabah. Tentunya, perusahaan melakukan terlebih dahulu riset pemasaran. Dimulai dengan melakukan proses riset pemasaran dengan menentukan masalah, kemudian melanjutkan dengan tahapan proses riset pemasaran lainnya.

Kemudian, perusahaan melakukan tes kenaikan harga pada suatu daerah, membandingkan dengan pesaing, dan menghitung laba bersih. Yang akhirnya menghasilkan kesimpulan bahwa penjualan tetap stabil dan tidak banyak terpengaruh karena kenaikan harga. Yang akhirnya perusahaan memutuskan untuk menaikkan harga di seluruh daerah pemasaran.

Demikian dan terima kasih.

Sumber :
LUBIS, S.B Hari. (2015). EKMA4370. Materi pokok kewirausahaan. Modul 8. Jakarta: Universitas Terbuka
https://ekonomi.bunghatta.ac.id/index.php/id/artikel/563-riset-pasar-memahami-pengertian-tujuan-jenis-dan-contoh-riset-pasar-2
https://accurate.id/bisnis-ukm/pentingnya-riset-pemasaran/

Diskusi 8 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan 4.5 5 Bank soal UT Wednesday, December 27, 2023 Diskusi 8 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan Diskusi 8 Tuton UT Universitas Terbuka EKMA4370 Kewirausahaan Pertanyaan Diskusi 8 Tuton EKMA4370 Kewirausahaan Berikan contoh kasus mengena...



No comments:

Post a Comment