-->
Get new posts by email:
Informasi jadwal, lokasi, dan numpang ujian bagi mahasiswa UT yang akan mengikuti Ujian Akhir Semester UAS pada semester 2023/2024 Ganjil di wilayah UT Denpasar. Jangan lupa untuk cetak KTPU melalui https://myut.ut.ac.id Jika mahasiswa ingin mengajukan numpang ujian, silahkan mengajukan melalui form online https://sl.ut.ac.id/numpang-ujian77

Contoh Soal TAKE HOME EXAM (THE) UT Universitas Terbuka EKSI4416 Sistem Pengendalian Manajemen Beserta Jawabannya

 on Thursday, November 9, 2023  

Soal TAKE HOME EXAM (THE) UT Universitas Terbuka EKSI4416/Sistem Pengendalian Manajemen Beserta Jawabannya

Contoh Soal TAKE HOME EXAM (THE) UT Universitas Terbuka EKSI4416 Sistem Pengendalian Manajemen Beserta Jawabannya


Pertanyaan :
1). Sebuah organisasi dapat dikatakan sebagai sebuah sistem. Hal ini karena sebuah organisasi terdiri dari berbagai departemen, komponen organisasi dan fungsi kerja masing-masing yang bertindak sebagai subsistem untuk menjalankan sebuah aktivitas sehingga mampu mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Namun banyak juga sebuah organisasi yang gagal dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
Diminta:
1. Jelaskan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kegagalan organisasi dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan!
2. Jelaskan yang dimaksud dengan pengendalian interaktif!

Jawaban:
1. Berikut merupakan hal hal-hal yang mengakibatkan kegagalan pencapaian tujuan organisasi sudah ditetapkan

a. Kekurang jelasan dalam memberikan alasan. Beberapa orang kadang kala gagal menjalankan pekerjaan yang mudah, karena dia tidak benar-benar paham Apa tujuan sebenarnya dari yang dia kerjakan. Oleh karena itu, salah satu fungsi sistem pengendalian adalah Untuk menginformasikan kepada pegawai bagaimana agar mereka bisa memaksimalkan kontribusinya untuk mencapai tujuan keseluruhan dari organisasi.

b. Motivasi untuk mencapai tujuan. Kadangkala walaupun seseorang paham apa yang harus dikerjakan, namun dia tidak mengerjakannya karena tidak memiliki motivasi untuk mengerjakannya. Hal ini salah satunya disebabkan oleh ketidaksamaan antara tujuan pribadi dan tujuan organisasi. Hal yang paling bahaya dari masalah ini adalah Pegawai bisa melakukan kecurangan dan pencurian. Dengan adanya sistem pengendalian hal-hal tersebut tentu saja dapat dihindari dengan cara menyelaraskan antara tujuan individu dengan tujuan organisasi secara keseluruhan.

c. Keterbatasan individu. Apabila arahan sudah jelas dan motivasi untuk mencapai tujuan Sudah dimiliki oleh para pegawai, namun pencapaian tujuan juga bisa jadi gagal dilakukan dikarenakan keterbatasan orang tersebut untuk mencapai tujuan. Keterbatasan tersebut mencakup keterbatasan dalam hal kepandaian, pengalaman, pengetahuan, fisik, maupun hal-hal lainnya. Dengan adanya sistem pengendalian, masalah tersebut bisa dengan cepat diketahui dan dibuatkan solusi alternatif untuk memecahkan permasalahan tersebut.

2. Sistem pengendalian yang baik selain digunakan sebagai media pengendalian dari strategi yang sedang dilaksanakan, juga dapat berfungsi sebagai dasar pembuatan strategi baru di masa yang akan datang, yang biasa dikenal sebagai pengendalian interaktif. Pengendalian interaktif merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pengendalian manajemen.

Pertanyaan ;
2). Sebuah organisasi yang baik harus mampu berkomunikasi dengan berbagai pihak, baik dengan pihak internal maupun eksternal. Komunikasi dengan pihak internal dan eksternal sangat penting untuk menjamin keberlangsungan hidup sebuah organisasi.

Diminta:
1. Jelaskan yang dimaksud dengan pihak eksternal dan siapa saja yang termasuk pihak eksternal dari sebuah perusahaan. Berikan penjelasan Saudara!

2. Pihak eksternal tersebut dapat juga memberikan peluang ataupun ancaman bagi sebuah perusahaan. Bagaimana pendapat Saudara atas pernyataan tersebut? Jelaskan!

Jawaban:
1. Sebuah organisasi yang baik tidak hanya dituntut untuk membuat proses komunikasi internal berjalan baik, tetapi juga diharapkan dapat menjalin komunikasi efektif dan memperhatikan segala yang terjadi di lingkungan eksternal. Proses manajemen perlu memperhatikan faktor-faktor eksternal seperti aturan pemerintah keadaan ekonomi keadaan masyarakat sekitar, perkembangan teknologi, kebijakan pesaing atau mitra kerja, dan masih banyak faktor lainnya. Lingkungan eksternal ini dipengaruhi oleh pihak-pihak tertentu  sehingga menjadi sebuah norma dan kebiasaan. Secara prinsip pada organisasi bisnis dan nonbisnis memiliki pihak eksternal yang hampir sama, namun pada organisasi bisnis lebih banyak pihak eksternal yang terlibat berikut pihak-pihak eksternal yang terdapat dalam organisasi bisnis.

a. Pemerintah. Peran pemerintah sebagai regulator atau pembuat keputusan tentu akan berpengaruh pada keputusan manajemen. Peran pemerintah mencakup aspek ekonomi, hukum, politik, keamanan, dan beberapa hal lainnya. Sebagai contoh, aturan pemerintah tentang sistem Ketenagakerjaan tentu saja harus diikuti oleh organisasi agar tidak memiliki dampak hukum pada suatu saat.

b. Konsumen. Konsumen merupakan pengguna dari barang ataupun jasa yang dihasilkan oleh suatu organisasi bisnis. Kaitan konsumen terletak pada kebutuhan dan keinginan terhadap produk yang dihasilkan. Organisasi yang baik tentu saja harus mengharmonisasi strategi bisnisnya dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, agar target penjualan dapat terpenuhi.

c. Pemasok. Dalam hal ini pemasok tidak hanya diartikan sebagai pemasok Bahan baku untuk menghasilkan produk sebuah organisasi. Pemasok diartikan dalam arti yang lebih luas yang mencakup pemasok bahan baku, sumber daya manusia, keuangan/investor, dan sumber informasi eksternal.

d. Pesaing. Strategi manajemen pesaing juga perlu diperhatikan karena sedikit atau banyak kebijakan yang dimiliki oleh pesaing yang akan berdampak pada organisasi kita. Di samping itu manajemen yang baik harus memiliki nilai kompetitif yang lebih bagus dibandingkan dengan organisasi pesaing.

e. Kelompok organisasi. Pada era sekarang ini hampir seluruh Lini organisasi memiliki wadah perkumpulan kelompok masing-masing. Hal ini tentu saja memberikan banyak pengaruh pada proses manajemen sebuah organisasi. Dengan adanya kelompok ini sehingga dapat menjadi media untuk saling berbagi dan memberikan masukan antara anggota kelompok yang satu dengan kelompok lainnya.

f. Masyarakat umum. Masyarakat umum merupakan individu maupun kelompok masyarakat di luar kelompokkelompok yang sudah diuraikan diatas yang memiliki alur komunikasi dengan organisasi.

2. Manajemen harus melihat perubahan lingkungan eksternal dalam dua sisi, yaitu peluang dan ancaman yang akan berpengaruh pada organisasi. Apabila manajemen melihat adanya aspek lingkungan eksternal yang bersifat ancaman, maka harus dibuatlah sebuah sistem manajemen yang dapat mengatasi ancaman dari lingkungan eksternal tersebut. Namun apabila faktor eksternal yang ada Dapat dibaca sebagai sebuah peluang, maka manajemen harus dapat membuat formulasi strategi yang baik sehingga peluang tersebut dapat dimaksimalkan kembali untuk memberikan manfaat bagi organisasi.

Pertanyaan :
3). Bank Perkreditan Rakyat (BPR) ABC merupakan salah satu BPR di wilayah Tangerang dengan aset sebesar Rp300.000.000. BPR ABC dari awal berdiri sampai dengan tahun 2020 sudah memberikan kinerja yang baik terhadap dana pihak ketiga. Dengan adanya kepercayaan masyarakat, BPR ABC dapat tumbuh dan berkembang sampai dengan saat ini asetnya mencapai Rp300.000.000.000. Pertumbuhan tersebut harus diimbangi dengan ketersediaan karyawan yang mumpuni, sehingga pertumbuhan BPR dapat lebih cepat dari yang diharapkan.

Diminta:
Saat ini BPR ABC sedang membutuhkan karyawan untuk kepala bagian penghimpunan dana, kepala bagian pemberian kredit, dan kepala bagian akuntansi. Silahkan melakukan analisis mengenai 5 tahapan yang harus dilakukan oleh BPR ABC dalam rekrutmen 3 (tiga) kepala bagian tersebut.

Jawaban:
proses rekrutmen dan seleksi kerja terdiri dari beberapa tahap mulai dari seleksi administrasi, seleksi kemampuan teknis, wawancara, tes kesehatan, tes psikologi 

Seleksi administrasi yaitu seleksi surat-surat yang dimiliki pelamar untuk menentukan apakah sudah sesuai dengan persyaratan yang diminta perusahaan, antara lain: surat lamaran, ijazah, umur, status, pengalaman kerja, domisili, sertifikat keahlian, pas foto, fotokopi identitas, surat kesehatan dari dokter, dan akte kelahiran.

Seleksi Kemapuan teknis mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

Wawancara dilakukan untuk mendapatkan gambaran lebih rinci dari tindakan dan sikap pelamar. Dalam wawancara perusahaan akan mengundang pelamar untuk datang ke kantor atau dapat melalui video conference.

Tujuan perusahaan menggunakan Tes Psikologi antara lain untuk mengetahui kemampuan kandidat, mengenal kepribadian kandidat, hingga memprediksi kinerjanya.

TES kesehatan adalah salah satu tahapan seleksi yang harus dijalani seorang calon pegawai. Cek kesehatan kandidat karyawan merupakan alat yang digunakan mengukur manajemen risiko di tempat kerja. Dengan data kesehatan tersebut, perusahaan bisa menghitung faktor risiko demi keselamatan dan efektivitas dalam pekerjaan. Berikut beberapa komponen yang diukur dalam tes kesehatan calon pegawai.

• Tinggi, berat, dan indeks massa tubuh
• Pemeriksaan kardiovaskular (jantung, tekanan darah dan denyut nadi)
• Pemeriksaan sistem syaraf pusat
• Pemeriksaan hernia dan kelainan perut lainnya
• Pemeriksaan urine untuk mengecek diabetes dan gangguan ginjal atau kandung kemih • Pemeriksaan
pernapasan
• Pemeriksaan buta warna Selain itu, beberapa perusahaan yang membutuhkan pegawai dengan
kemampuan spesifik melakukan pemeriksaan kesehatan lain seperti tes fungsi pendengaran, paru-paru hingga penggunaaan obat-obatan terlarnag dan alkohol. Inilah alasan mengapa tes kesehatan untuk calon pegawai penting bagi perusahaan .

Pertanyaan :
4). Keberlangsungan hidup sebuah perusahaan salah satunya tergantung dari kualitas produk yang dihasilkan dan bagaimana strategi pemasaran produk tersebut ke konsumen. Aktivitas manajemen pemasaran yakni mempromosikan dan memperkenalkan produk yang dimiliki perusahaan kepada konsumen. Untuk memperkenalkan produknya, perusahaan memiliki cara atau strategi masing-masing agar produknya dikenal dan diminati oleh konsumen. Dengan adanya pandemi Covid-19 mengharuskan setiap orang menjalankan protokol kesehatan, salah satunya yakni mengurangi interaksi satu sama lainnya.

Diminta:
1. Kondisi pandemi sudah memberikan pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap strategi pemasaran produk. Masyarakat sangat diharapkan mematuhi protokol kesehatan antara lain dengan menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Menurut Saudara, bagaimanakah strategi pemasaran yang tepat untuk kondisi pandemi Covid-19?

2. Salah satu strategi yang harus dimiliki oleh perusahaan adalah melakukan komunikasi dengan pelanggan atau konsumen. Salah satu metode untuk berkomunikasi dengan pelanggan adalah dengan menggunakan metode Customer Relationship Management (CRM). Jelaskan apa yang Saudara ketahui dari CRM tersebut!

Jawaban:
1. Strategi pemasaran yang dapat adalah melakukan promosi penjualan/jasa melalui internet, Strategi pemasaran yang digunakan di tengah pandemi covid-19 yaitu dengan menggunakan media sosial, antara lain, facebook, instagram, Whatsapp, telegram untuk memperluas target pasarnya, karena jangkauan beriklan dengan jejaring sosial sangat luas dan perusahaan juga berkesempatan mendapatkan pasar yang tidak terbatas. Perusahaan juga bisa mulai melakukan distribusi langsung produknya kepada pengguna akhir dengan cara membuat toko online, agar perusahaan dapat lebih dekat dengan pelanggannya dan dapat menjangkau pasar sasaran yang lebih luas. Perusahaan dapat membuka lapak online di Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lain-lain. Dengan demikian perusahaan akan mendapatkan feedback langsung dari pengguna akhir tentang kualitas produknya dan segera dapat memperbaikinya jika diperlukan.

2. Komunikasi yang baik adalah hal yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran. Proses komunikasi tidak hanya sebatas pada komunikasi langsung sebagai upaya untuk melakukan penjualan saja tetapi juga perlu dilakukan untuk memelihara hubungan baik dan kedekatan. Salah satu konsep yang dapat dilakukan guna memelihara proses komunikasi dengan konsumen yaitu dengan dikembangkannya konsep customer relationship management (CRM). CRM adalah sebuah sistem terintegrasi, yang mengintegrasikan kegiatan komunikasi pemasaran yang mencakup aktivitas-aktivitas sebelum penjualan dan sesudah penjualan. Sistem tersebut dimaksudkan untuk mempercepat dan mempermudah proses komunikasi dan penerimaan umpan balik dari pihak konsumen. Hal ini juga dapat memudahkan pihak manajemen untuk mengendalikan aktivitas kerja yang dilakukan bagian pemasaran, serta dapat menerima secara langsung umpan balik serta informasiinformasi penting lainnya dari para konsumen. Informasi yang disimpan untuk setiap pelanggan dan calon pelanggan dianalisis dan digunakan Salah satunya untuk tujuan pengendalian manajemen. Proses otomatis dalam CRM digunakan untuk menghasilkan personalisasi pemasaran otomatis Berdasarkan informasi pelanggan yang disimpan di dalam sistem.

Sumber referensi:
Mulyani, Sri. (2021). Sistem Pengendalian Manajemen (BMP)/EKSI4416.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Contoh Soal TAKE HOME EXAM (THE) UT Universitas Terbuka EKSI4416 Sistem Pengendalian Manajemen Beserta Jawabannya 4.5 5 Bank soal UT Thursday, November 9, 2023 Contoh Soal TAKE HOME EXAM (THE) UT Universitas Terbuka EKSI4416 Sistem Pengendalian Manajemen Beserta Jawabannya Soal TAKE HOME EXAM (THE) UT Universitas Terbuka EKSI4416/Sistem Pengendalian Manajemen Beserta Jawabannya Pertanyaan : 1). Sebuah organisas...



No comments:

Post a Comment